• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

mini 4WD (tapi biasanya dijadiin 2WD)

penasaran neyh alatnyaa... heheh...

@all:
punya trik khusus gak buat setel mini '2WD' biar aman di tikungan? soale secar logika, klo depan ga ada penariknya, ntar pas di tikunga kan dia adi 'enteng' dpannya, sehingga dikhawatirkan loncat/gak stabil.
thx.
 
iya donk kasih lihat alatnya, saya juga mo belajar ngelilit dinamo nich
masa kalo lagi maen kalah terus nich.
 
ehhh/!
kok mini 4wd gw cepet banget ngabisin baterai yah/?
dan jjuga ga bisa make baterai abc,energizer,hanya bisa pake baterai cas..
apa masalahnya tuh/?
 
sori..
ada yang kurang..
2 wd..
bukan 4 wd..
 
Berarti dinamonya Memang butuh daya listrik yang besar,
Dinamonya pasti boros yach. Tapi kalo larinya kuenceng sich nggak masalah kan..
ABC ama Energizernya yang Alkaline bukan, Kalo Alkaline seharusnya bisa lho.
Atau mungkin on-off nya nggak ketemu sama kutub batterei. Soalnya Cas an itu relatif lebih panjang dikit dari batterei biasa.

Yang mo ngasih lihat alat gulung dinamo mana nich !!!!!!!!
Ntar Tamiya udah nggak musim baru tahu alatnya kan nggak lucu,...
harus nunggu tahun depan ......
 
uhmm
klo gitu gitu dinamo gw ukuran berapa ga inget..
yang warna merah..
satu parit 15 gulungan(piramid)
harus diapain tuh?
 
Saya juga nggak begitu paham, tapi seperti yang pernah saya baca di forum yg laen, lilitan 15 biasanya pakai kawat yg agak besar diatas 0.5.
Makin sedikit lilitan dan semakin besar diamtr kawat, maka dia semakin boros.
Lilitan sperti ini cenderung memiliki rpm yang tinggi namun kurang di torsi.
Kalo mo lebih irit, lilitan ditambahin di buang luar atau kedalam, yang penting padat, tidak harus berbentuk piramid, variasinya beraneka ragam, seperti pada postingan yang pernah ada yang dibuat oleh "Bakekok". Dia ini ahlinya soal dinamo, cuma ya itu jarang banget onlinenya. Cobain aja gbr lilitan dari dia. Larinya kenceng kata yang udah pernah nyoba.
 
Makin sedikit lilitan dan semakin besar diamtr kawat, maka dia semakin boros.
Lilitan sperti ini cenderung memiliki rpm yang tinggi namun kurang di torsi.

wah, bner bos! udah pengalaman gw kyk gitu...! baru 1 Lap, udh soak batere... tapi jujur ajah, powernya jadi 'uncontrol' banget!
 
klo gitu koq ada temen gw dia juara 1 terus...
lilitan sama..
jumlah sama n piramid..
tapi ga boros tuh..
malah pake batere ekso(klo ga salah namanya itu..)dan abc juga bisa jalan..
 
Lilitan sama, jumlah sama yang dibuat oleh satu orang pun tidak menjamin hasilnya sama, karena banyak faktor yang mempengaruhi juga saat ngelilit, apalagi yang ngelilit orang yang berbeda.
Juga selain lilitan, faktor lain juga perlu diperhatikan, apakah dia menggunakan magnet yang sama, tabung yang sama, dan juga settingan chasis.
Kalo mo gampangnya dicoba aja angkur yang mas punya ke Tabung dia dan pake juga tamiyanya sekalian,... nanti hasilnya bisa mas simpulkan deh.

Itu mah perkiraan saya aja, karena saya juga nggak pengalaman ngelilit dinamo,.. cuma tahu baca di forum aja, mungkin masnya lebih banyak uji coba ngelilit dinamo.
Mungkin rekan yang lain bisa kasih masukan.

btw, yang mo kasih lihat alat ngelilit kemana nich,...
kalo ada trick, bagi-bagi kita donk,..
 
ohh...
bisa ngga temen temen kasih contoh settingan?
gw lagi pusing ni..
dah mau lomba 1 bulan lagi..
mana gw dapet tugas setting lagi..
 
gw pernah balapan di event yg diselenggarakan oleh Tamiya sama Panasonic.....
gw pas mau balapan, sebelum balapan mobilnya di check, settingannya, bodynya apakah ada yg rusak ato ga,
pas di check dinamo, gw kan pake dinamo buatan sendiri...
katanya ga boleh....
untung gw bawa Plasma Dast, dinamo dari Tamiya, yg magnetnya udah gw ganti, terus besi penghantar dalemnya udah gw modif.....
akhirnya, katanya gpp, kalo dinamo nya di modif, asal kawatnya jgn di modif... /swt /swt

akhirnya balapan, gw dapet juara 3 /sob /sob
itupun cuma dapet 750 k /sob
sedihnya.....
bayar mahal2 buat satu tamiya cuma dapet 750 k.
abis itu, tamiya gw simpen ampe sekarang, /gg /gg
 
ohh...
bisa ngga temen temen kasih contoh settingan?
gw lagi pusing ni..
dah mau lomba 1 bulan lagi..
mana gw dapet tugas setting lagi..

Wah Mo lomba dimana tuh...? ikutan dong...
Kalo bikin dinamo kenceng kayanya ga begitu sulit yang sulit itu bikin kenceng dan mobil stabil....!
kebetulan ogut hobi juga.....jadi kita bisa shearing...
 
di binjai..
deket medan,sumatera utara..
800-an aja koq ama tropy hadiahnya...
 
wew gw rakit sendiri hasil nya ngga mau gerak dinamonya....terus ada perselisihan di bagian perseneling nya jd ban nggak muter walau dinamo muter...jd gmn neh?
 
Mang seh perlu beberapa kali ngegulung kan bisa krn biasa. kalo mau enak beli kawat email di toko elektronik minta yg jerman (kalo kwt email yg biasa mudah lecet) 1 ons = 25rb, lumayan banyak kalo buat coba2. pake kawat 0.45krn pas banget susunannya didlm lubang angkur dinamo pd saat bikin model piramid ga meleset2. trus biar nyaman pake tabung dinamo auldey (full bearing)
Kalo dinamo muter tapi ban ga muter, biasanya gir nya pada selek atau kurang pas atau karena putaran dinamo keceng tapi angkur tdk balace sehingga menimbulkan getaran dan gear box biasanya ke angkat dan gampang copot. Makanya angkur harus dibalance biar stabil.
 
Ada yang tau gak, di mana tempatnya beli onderdil tamiya di daerah malang
 
ada yg pernah coba, ball bearing di jadiin ban depan..??
casing depannya di modif, ban aslinya di ilangin dganti sm ball bearing,
trus ball bearingnya di smpen di bawah casing,
jadi terlihat ban depannya kecil berupa ball bearing..
temen" gw dsni pada modif kek gt dl n hasilnya lumayan kenceng tuh..

oo ia gw mau tanya, sambungan gear dynamo ma gear ban tuh yg knceng yg mana??
~ gear dynamo -->> gear perantara -->> gear ban blakang, ataw
~ gear dynamo -->> gear ban blakang??

trus pake gear ukuran brpa??
 
thianX, yang kamu maksud itu tamiya untuk kelas speed atau drag race beda lagi kalo main slup.

Kalo (istilahnya) Gear 3 dan Gear 2, yang stabil pakai gear 3 kalo pakai gear 2 kenceng seh tapi sering bermasalah.
Kalo pake sasis tamiya asli, ada 2 type gear rasio (saya lupa rasionya) tapi warnanya hitam & Coklat atau Biru dan Hijau. penggunaan sesuai setingan trek.

Kalo mau ikutan lomba, hari minggu tanggal 18 Feb 2007 ada di TAM SQUARE LT. 2 (Taman Mini).
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.