• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

apakah harus vegetarian ?

buddhist menyayangi binatang hidup.......,tetapi bukan menyayangi bangkai...,Seharusnya bangkai itu bukan mati DI MATA PISAU/GOLOK manusia...., melainkan bangkai yg mati karena penyakit sendiri, penuaan,bencana alam barulah benar2 bangkai yg BOLEH dimakan....!!!!
memang buddhis seperti itu..cari bangkai yang mati secara wajar tanpa ada unsur pembunuhan....sudah baca post di atas-atas belum sih?
KAMMA.
lagian siapa demi hidup sampai membunuh?,,,,ajaran buddhis mana ada seperti itu...baca donk ajaran buddha..

Wahhhh.....enaknya...!!!! LEMPAR BATU SEMBUNYI TANGAN......,CUMAN MAU MAKAN doang....,tapi DOSANYA semuanya TOLAK ke SI PEMBUNUH !!!!! ilmu tolak BALA yg sangat SEMPURNA....!!!!! Si pembunuh bisa unjuk rasa kalo gitu, minta KEADILAN....!!!! setelah makan, ngomong," aku cuman makan doang, bukan yg membunuh...!!!" WAHAI saudaraku yg budiman....,DIMANA TANGGUNG JAWAB mu......,dimana...??????????????

terus terang frekwensi saya lebih banyak ke spiritual magis....,tapi bukan berarti saya buta akan yg lain2....!!!!

Orang jepang itu pintar( karena seafood)???? karena terlalu pintar, maka perang dunia I & II meletus dan makan milyaran orang....!!!!!!

"Lebih BAGUS jadi orang BIJAK daripada jadi orang PINTAR...."

**NB : Orang Bijak adalah orang yg bertindak tanduk, berucap kata, berniat pikiran yg sopan dan tau tata krama serta rela BERKORBAN demi MAKHLUK HIDUP lainnya...........!!!!!!!

Orang Pintar adalah orang yg tindak tanduknya, ucap katanya, niat pikirannya selalu DEMI diri SENDIRI.......,MENGORBANKAN KEHIDUPAN MAKHLUK HIDUP lainnya DEMI diri SENDIRI..........**

orang seperti anda yang bikin gw cape jelasin...
begini saja...kita tukaran gimana?
saya balik bertanya dengan menggunakan pemikian sempit mu...

anda makan nasi? anda makan sayur? oke bebas katanya dari pembunuhan ^^

mari buktikan dan ANALISA......

sebelum menanam padi,,tentu nya tanah di gemburkan terlebih dahulu...menggunakan traktor / kerbau...

tanah waktu di gembur....APA ADA MAKHLUK YANG MATI?...
tentu ada...seperti cacing,semut,dll...

ketika anda telah berhasil menanam bibit...tentu di semprot racun agar tanaman itu TUMBUH DENGAN BAIK TANPA RUSAK MAUPUN CACAT....
misalkan gangguan TIKUS,DLL....
ini juga makhluk mati bukan?....

lalu...ANDA KATANYA MENJUNJUNG TINGGI BINATANG...KENAPA MASIH MAKAN NASI? KENAPA MASIH MAKAN SAYUR?

tentu nya bodoh kan pertanyaan ini...
itu lah diri anda.

=======

sudah lah..saya malas membahas nya lagi....
anda menutup telinga dan mata...tapi mau membuka mulut... alias hanya mau pendapat anda di benarkan tanpa mau melihat BANYAK SISI.
harusnya menjadi bijak dengan memperhatikan SEMUA SISI...baru keputusan di ambil.
 
@miracle
Dan, bagaimana dengan iklan baygon? Bagaimana dengan hewan tak boleh makan manusia? hanya kita manusia punya akal dan pikiran, maka ada pergerakan seperti Peta, atau ada ide mengenai vegetarian? Mau mengharapkan sekelompok harimau, singa dan hiu bikin organisasi yang melarang umatnya makan manusia? Yang benar saja bro. Manusia mengkerangkeng Harimau dan Singa serta mahluk buas lainnya untuk mengamankan manusia (hukum rimba), juga untuk keperluan melestarikan (kebun binatang) dan ada lagi yang lain, untuk dijadikan peliharaan (pet). Kalau hewan-hewan itu sanggup, percayalah.... kita tak hanya dimakan, kita akan dimusnahkan.... bila saja pertarungannya adil. Sama sama tidak pakai senjata. tangan kosong.... saya mau lihat bagaimana reaksi anda saat menghadapi harimau lapar di hutan yang sayangnya tidak vegetarian.

Kalau nyamuk tidak dibasmi? berapa jiwa manusia yang harus melayang setiap hari karena demam berdarah? malaria?

kemudian kalau ayam atau unggas lain yang sudha terkena virus Avian yang bikin FLu burung tidak dimusnakan secara masal, bagaimana dong? Apa bisa cuman dihapus pake anti virus saja? Mc Afee, Norton? AVG? atau PC Mav? Tidak kan? kalau mau tidak menjangkiti manusia yang lain, yah terpaksa dimusnakan, biasanya dibakar... wanginya sampe ke mana-mana loh.... masa gak tercium Peta?...

Apa ada anggota Peta yang protes waktu iklan baygon ditayangkan tiap hari? atau adakah anggota Peta yang protes waktu ribuan bahkan jutaan ayam atau unggas yang sudah terjangkit flu burung dimusnahkan di seluruh dunia?

Gak ada kan? Tahu kenapa? Karena Peta organisasi yang profesional. Mereka mempunyai orang-orang yang duduk di manajemen yang tahu benar bagaimana seharusnya mencintai mahluk hidup lain selain manusia. Tidak seperti anda yang teriak-teriak secara sempit mengenai Peta.
 
barangkali ada yang tertarik foto ini.
Terimakasih kepada yang bisa membantu masukin foto ini.

Trims.
http://www.flickr.com/photos/rundwolf/2167429744/sizes/o/

o

2167429744
 
Saya bantu yah....
copy paste linknya ke icon di atas (icon insert pick)

2167429744_050cca7212_o.jpg
 
Thanks Bro,
Sudah saya coba tetap aja belum ngerti, huahaha. maklum gagapteknologi.
Thanks anyhow.
 
Thanks Bro,
Sudah saya coba tetap aja belum ngerti, huahaha. maklum gagapteknologi.
Thanks anyhow.

Udah tuh, sorry tadi server/speddy nya ngadat jadi gak mau jalan.

Udah gitu, yang dicopy itu link address-nya. Coba kamu klik kanan pic yang dimaksud, kan ada pilihan copy link address... nah, itu yang dicopy paste.
 
masalah nya kita sendiri ingin makan hewani, kita tidak mo jujur aja. lalu berdalih .....terserah aja. kalo anda bhante tak punya dapur..itu lain cerita. anda makan apa yg diberikan orang lain. anda tidak mengatakan : hai anu..lain kali bawa ayam goreng ya, ato bawa da tumis ikan tuna, ato kodok goreng, sate kambing , ato tim obat usus babi... mo ciak po, uda cape meditasi. kalo anda minta itu lain cerita. tapi sebaiknya anda bilang anda lebih suka sayur sayuran, agar org yg amal makanan tahu anda bukan bhante meat lover.
@Akiong, hanya memperjelas, bahwa Bikkhu (theravada) tidak boleh memesan makanan kepada umatnya, baik sayuran maupun daging. jadi anda harus paham itu, dan untuk nambah pengetahuan anda.

@Marcedes, kan di posting saya sebelumnya udah dibahas panjang lebar, gimana petani membunuh hama2 di sawah/kebunnya untuk menyediakan beras dan sayuran untuk kita. tapi kayanya mereka hanya melihat pada kenyataan bahwa makan daging adalah tidak benar (salah) dan mengandung karma buruk, tapi makan sayuran (yang hamanya dibunuh oleh petani untuk kita) adalah baik dan tidak mengandung karma buruk. tidak heran anda malas menjawab hal ini.

@miracle, anda hebat sekali, saya kagum dengan anda. anda meng-quote kata2 saya, tapi anda tidak membaca atau memperhatikan apa yang tertulis setelah dan sebelum itu. sampai2 @marcedes mengulangi pertanyaan saya dengan pernyataan tentang pembunuhan hama bahkan digambarkan dengan jelas mulai dari pembajakan sawah. nah setelah itu, saya ingin tahu apa komentar anda yang penyayang binatang ini?
Dilihat dari postingan anda, anda sangat mengagumi PETA, apakah anda sudah mengetahui apa yang menjadi dasar perjuangan PETA ini? bila sudah saya ada nah pertanyaan simpel nan mudah dimengerti,
1. apakah dalam waktu 3 bulan ke belakang ini, anda tidak pernah membunuh 1 binatang pun dengan kesadaran penuh? ingat yach, nyamuk/kecoa/lalat/semut/binatang kecil lainnya pun adalah makhluk hidup, jangan anda bilang bahwa itu ga masuk dalam PETA.
2. Apakah di rumah anda, anda pernah menyetujui penyemprotan untuk membasmi nyamuk demam berdarah? jika iya, mengapa? kan anda sayang dengan binatang?

Nah, ada binatang2 yang membahayakan manusia seperti nyamuk demam berdarah, harimau, singa, dll. bahkan penyakit hewan pun dapat membunuh manusia. pertanyaan saya sama seperti pertanyaan @Roughtorer, apakah PETA tidak tahu hal ini dan setelah mengetahuinya mengapa tidak melarang?

Kemudian tahukah anda, di barat (USA, Eropa) terdapat banyak penyayang binatang, bahkan ada yang mengumpulkan anjing2 terlantar, saya yakin anda tahu hal ini, karena anda memiliki pengetahuan luas. Tapi pernah kah anda tahu, pada suatu saat dimana para penyayang anjing ini membunuh sebagian besar anjing yang mereka pelihara? karena apa? karena tempat yang tersedia tidak lagi mencukupi untuk memelihara sekian banyak anjing yang dibuang oleh majikannya, atau mereka tidak memiliki dana yang cukup untuk memberi makan sekian banyak anjing. jadi mereka memilih anjing yang sakit atau tua untuk di bunuh, karena jarang ada orang yang mo mengambil anjing2 yang mereka pelihara. Mengapa hal ini terjadi?ingat mereka penyayang binatang loh, sampe2 harus mengeluarkan duit sendiri untuk hal ini.

Dan sekali lagi saya tekankan kepada @miracle, saya pernah berkata, binatang pun memiliki hak untuk memakan manusia, tapi pertanyaan saya pasti udah dilupakan, untuk sekedar mengingatkan kembali, Siapa sih (manusia) yang mao di makan oleh binatang, binatang aja melawan kok waktu mo di bunuh manusia, apalagi manusia.

**NB : Orang Bijak adalah orang yg bertindak tanduk, berucap kata, berniat pikiran yg sopan dan tau tata krama serta rela BERKORBAN demi MAKHLUK HIDUP lainnya...........!!!!!!!

Orang Pintar adalah orang yg tindak tanduknya, ucap katanya, niat pikirannya selalu DEMI diri SENDIRI.......,MENGORBANKAN KEHIDUPAN MAKHLUK HIDUP lainnya DEMI diri SENDIRI..........**
dan satu lagi yang saya kagum dari @miracle, dari kata2 beliau diatas, beliau lebih suka orang bijak daripada orang2 pintar karena memang lebih baik jadi orang bijak daripada pintar dan karena dibawahnya dijelaskan kriteria orang pintar menurut anda. maka berdasarkan kriteria yang anda katakan, saya ingin lihat jika beliau punya anak, apakah anaknya akan di sekolahkan biar pintar karena pintar adalah untuk diri sendiri, mengorbankan makhluk hidup lainnya demi diri sendiri, tapi ingat, mana yang lebih dahulu terjadi, pintar dulu atau bijak dulu? pada anak kecil yach kira2 kurang dari 12 tahun deh, apakah anda bisa menuntut mereka untuk bijak?. but just wait n see what will you do with your children, if you say like that, i believe your children never go to school. but only you can answer this question with your action in future and we will not know what happen in that time.
Sebagai catatan, Listrik, mobil, televisi, mesin, telepon, hp, komputer, internet, pesawat terbang dll adalah hasil karya orang2 pintar yang anda cela, mereka kemungkinan bukan orang bijak (karena saya tidak tahu kelakuan dan pribadi mereka) tapi jelas mereka adalah orang pintar. sebagai contoh, internet awalnya adalah untuk komunikasi di USA dalam mengahadapi konflik dengan Rusia karena wilayah USA besar dan komunikasi agak sulit dilakukan dengan tingkat keamanan yang tinggi,jelas maksudnya adalah agar USA menang perang bukan untuk hal yang baik2 seperti mencegah pembunuhan binatang, atau perdamaian. tapi ternyata anda memakai juga teknologi orang2 pintar yang kemungkinan besar tidak bijak.
Sekarang anda itu pintar atau bijak?karena saya bukan keduanya. karena saya terus belajar untuk keduanya.

plus 1 catatan penting, pada perang dunia 1, jepang tidak terlibat yach. dan diperang dunia ke 2, jepang ikut berperan serta setelah PD 2 berlangsung yach, bukan sebagai penyebab utama / pertama perang ini terjadi.

@miracle n @Akiong, jika kata2 saya menyinggung anda, tolong dimaafkan karena saya bukanlah orang pintar apalagi bijak, saya hanyalah orang biasa yang berusaha menjadi lebih baik setiap harinya walau cuma 1/100 kemajuan yang saya dapat dari hari sebelumnya

Sori keluar dari topik, kembali ke topik vegetarian, tolong @akiong dan @miracle bersedia share tentang pandangan kalian tentang adanya hewan yang mati pada saat petani menggemburkan tanah sampai membasmi hama. karena ternyata sayuran dan beras pun tidak lepas dari pembunuhan makhluk hidup. kecuali anda menanam sendiri tanaman tersebut (walau ga yakin juga sih pada saat mencangkul tidak ada hewan yang mati) karena anda tahu terdapat binatang yang hidup di tanah sehingga dengan teliti anda melakukan hal itu. untuk masalah hama tikus, belalang, burung, dll, saya rasa anda harus menyumbangkan ide kreatif anda untuk para petani agar mereka terbebas dari pembunuhan makhluk hidup.
 
@ atas
Sya setuju mengenai Jepang dengan perang dunia ke dua. Bukan karena mereka pintar maka mereka menjadi pelaku perang dunia ke dua. Jangan salahkan rakyat Jepang dan orang Jepang yang pintar-pintar, kalau Kaisar mereka memutuskan berpihak pada poros Itali - Jerman dalam perang dunia Kedua. Picik sekali menyalahkan sebuah ras yang pernah ikut perang dunia kedua, hanya gara-gara mereka pintar-pintar karena suka makan ikan laut/seafood.... Anggota Peta sendiri akan ketawa mengetahui hal ini.

Lihat tuh, orang Jahudi yang juga pintar-pintar, buktinya mereka dibasmi habis oleh Hitler di Perang dunia kedua. Lu mau salahin apa? Mana ada hubungannya dengan vegetarian.

Vegetarian masalah individu. Tidak bisa dijalankan secara global. Karena, untuk makan pun itu hak asasi manusia.... sayangnya, sampai detik ini, hak asasi manusia hanya tidak membolehkan pembunuhan pada tingkat manusia. Belum sampai ke tingkat Binatang.

Dan, bagaimana dong dengan Iklan Baygon, Vape, Hit dll yang tiap hari bunuh nyamuk? Kenapa gak kirim surat/email ke SBY... siapa tahu dilarang? Terus kasus pemusnahan ayam yang kena flu burung..... kejam sekali loh....

Kalau mau lebih kejam lagi, gimana dengan hukuman mati. Kali ini bahkan pada manusia-manusia yang secara hukum dinyatakan dijatuhi hukuman mati. Bisa digantung, dilistrik, ditembak dll....

Bagaimanapun, dimanapun, sampai kapanpun.... akan berbahaya kalau sampai ada salah satu agama yang hukumnya dianggap hukum universal dan dilakukan dengan paksa lewat negara. jadi, kembali lagi ke wacana Vegetarian. Ini tetap hak individu, bukan kewajiban umum.
 
@bro caro and bro rou

SETUJU BOSS....hidup ini bukan selebar daun kelor aja, hidup bukan seperti katak dalam tempurung....
Berpikir realistis aja deh, bervegetarian bukan artinya bebas dari segala macam bentuk pembunuhan...
Contoh yang sangat simpel, suka makan petai gak? (sejenis makanan yg menurut saya cukup lezat tp abis makan harus inget gosok gigi yah...):)
Bagi yang bervegetarian hati2 kalo lagi makan petai soalnya kadang suka ada ulat yang tidur2an diantara petai tsb, kalau kemakan gimana???batal donk vege-nya.

Jangan terlalu melekat kepada kata vegetarian apalagi orang yang bervegetarian dengan cara disumpah/berikrar terlebih dahulu. Sebenarnya apasih isi daripada ikrar tsb. Walaupun saya gak mengetahui isi secara rincinya tapi secara inti pastilah berikrar bahwa mulai saat itu juga berpantang MEMBUNUH dan makan yang bernyawa.

Tapi apakah anda sebagai "orang biasa" yang masih melekat pada keduniawian mampu melaksanakannya?
contoh simple yang saya ungkapkan diatas pada saat makan petai apa anda akan selamatkan ulat2 tsb sebelum dimasak? kalau anda makan diluar gimana kalau ada ulat petai yang kemakan?

Begitu juga pada saat makan sayur,buah de el el
Pertanyaan :
1. mengapa bagi umat Maitreya sebelum bervegetarian harus berikrar terlebih dahulu? apa isi ikrar tsb?
2. apabila umat yang sudah berikrar untuk bervegetarian dan suatu hari melanggar ikrar tsb (kembali makan daging) apakah dampak yg akan terjadi?
 
SILA PERTAMA: MENGHORMATI KEHIDUPAN

Menyadari penderitaan yang diakibatkan oleh hancurnya kehidupan,
saya berjanji untuk menumbuhkan welas kasih dan mempelajari segala cara untuk melindungi kehidupan manusia, binatang, tumbuhan maupun mineral.
Saya berketetapan hati untuk tidak membunuh, tidak membiarkan yang lain untuk membunuh (untukku), dan tidak mendukung segala bentuk pembunuhan apapun di dunia, tidak juga dalam pikiranku, tidak juga dalam pilihan sikap hidupku.


(Thich Nhat Hanh)

..cuplikan dari
https://www.forum.or.id/showthread.php?t=22275&page=3

mbulet terus.. jadi repost dari postingan #22


.
 
@Caro...
Apakah bhante boleh menyatakan posisi nya dengan berkata saya lebih suka makan sayur2an ? Soalnya orang pasti menyediakan makanan hewani karena tahu bhante makan daging dan bukan seorang vegetarian.

Masalah makan makanan hewani, karena kita juga pengen makan daging hewani dengan berbagai pertimbangan gizi terutama. Jadi kita memang berniat. Mungkin bhante juga, hny ga mo kasih tau aja.

Petani mereka membunuh hama, petani mustinya kreatip. Sekarang suda ada hidro....jadi bebas hama... Walaupun makanan itu tidak bebas pembunuhan tapi setidaknya memang kita tidak ada mo makan mereka karena alasan gizi. Beda titik awalnya. Meat lover karena takut kurang gizi. Ada niat dari start awal nya mo daging hewan .
 
@Caro...
Apakah bhante boleh menyatakan posisi nya dengan berkata saya lebih suka makan sayur2an ? Soalnya orang pasti menyediakan makanan hewani karena tahu bhante makan daging dan bukan seorang vegetarian.

Masalah makan makanan hewani, karena kita juga pengen makan daging hewani dengan berbagai pertimbangan gizi terutama. Jadi kita memang berniat. Mungkin bhante juga, hny ga mo kasih tau aja.

Petani mereka membunuh hama, petani mustinya kreatip. Sekarang suda ada hidro....jadi bebas hama... Walaupun makanan itu tidak bebas pembunuhan tapi setidaknya memang kita tidak ada mo makan mereka karena alasan gizi. Beda titik awalnya. Meat lover karena takut kurang gizi. Ada niat dari start awal nya mo daging hewan .
seorang bikhu makan apa adanya yang dihindangkan oleh umat.
asalkan tidak melanggar vinaya.
 
Pertanyaan :
1. mengapa bagi umat Maitreya sebelum bervegetarian harus berikrar terlebih dahulu? apa isi ikrar tsb?
2. apabila umat yang sudah berikrar untuk bervegetarian dan suatu hari melanggar ikrar tsb (kembali makan daging) apakah dampak yg akan terjadi?

Kata mereka sih masuk neraka avici, dosanya setara dengan akusala garuka kamma, malah mereka edit sendiri akusala garuka kamma itu jadi begini . . . .

http://indoforum.org/showthread.php?t=12480

5 dosa terberat instant masuk neraka avici
1. melanggar ikrar vegetarian
2. membunuh ayah kandung
3. membunuh ibu kandung
4. melukai buddha / orang suci
5. Memecah belahkan Sagha

Neraka Avicci adalah neraka yg paling rendah. keadaan disana sangat gelap gulita tak ada cahaya sama sekali.dan disana roh kita akan hancur dan menjadi bagian2 kecil menjadi virus,nyamuk/atau pun bakteri

sungguh mengerikan.
 
@Akiong, thanks atas penjelasannya, tapi sebagai seorang Bhikkhu, maka mereka harus makan apa yang diberikan oleh umatnya seperti yang disebutkan oleh @marcedes karena pada zaman sang Buddha, bhikkhu melakukan pindapata dari satu rumah ke rumah lainnya sampai mereka mendapatkan makanan yang cukup. na bisa dibilang mereka adalah "pengemis" (sori ini kiasan) karena mereka makan dari pemberian orang lain.

tolong dipahami, sebagai seorang Bhikkhu dimana makanannya disediakan oleh umat, adalah tidak pantas apabila berkata seperti itu, karean bila kebetulan ada umat yang membawa makanan berupa daging, maka mereka akan merasa dana mereka tidak disukai. lagi pula sebenarnya para bhikkhu lebih banyak berpatidana dari satu rumah ke rumah yang lain sampai mereka mendapatkan makanan yang cukup untuk hari ini, bahkan setahu saya tidak boleh menyiapkan/menyisakan makanan untuk besok supaya tidak berpatidana. lagi pula para bhikkhu hanya membawa 1 mangkuk saja, jadi semua makanan dicampur jadi satu, so pasti rasanya seperti apa, anda bisa tahu sendiri bila mencobanya, ada kuah sayur kental, ada kuah yang encer, ada permen, nasi, dll deh, mungkin buat yang ga biasa akan muntah.

nah sebagai orang yang menerima sedekah/pemberian orang lain, pantaskah kita untuk mengajukan syarat2 tertentu?

Dan bila seorang Bhikkhu berkata seperti itu, takutnya malah menjadi bahan celaan atau jadi disalah artikan oleh para umatnya. karean seorang Bhikkhu harus berusaha melepaskan diri dari kemelekatan, dan melekat tidak hanya pada daging tapi bisa juga pada sayuran.

Sebagai catatan, di Tangerang sering diadakan pabaja samanera, tapi karean yang ikut itu biasanya anak2 sekitar Tangerang juga, jadi makanan yang disediakan mewah2, kenapa? karena para orang tua yang anaknya ikut samanera akan menyiapkan makanan yang mewah untuk anaknya supaya tidak kelaparan.

Sebagai ilustrasi lain, anda berpergian ke suatu daerah kebetulan tidak ada toko dan air yang anda bawa habis. Setelah berjalan cukup jauh dan anda merasa sangat kehausan, anda melihat rumah, dan anda meminta air kepada tuan rumah tersebut. maksud anda adalah anda hanya ingin air putih tapi malah disediakan sirup / air kelapa yang manis, sebagai orang yang meminta bantuan apakah anda pantas bersikeras meminta air putih atau berkata lebih baik air putih daripada air kelapa/sirup ini? (catatan anda tidak memiliki penyakit apapun, terutama diabetes). gimana perasaan tuan rumah yang menolong anda dengan memberikan air sirup/kelapa tersebut? apakah anda memikirkan hal ini?
 
berarti seorang sammasambuddha gotama itu masuk neraka avici donk...hahahaha.
 
@Akiong,
Hidra? apaan tuh? bisa diterangin sedikit aja ga tentang garis besarnya, maklum ga tau hal2 ginian. mahal ga yach kalo menanam sayuran pake hidra? buat saya sih, saya rasa mahal, dan bila memang mahal, apakah anda pikir petani bisa memakai teknologi ini untuk menanam sayuran mereka? bila bisa dan anggap bisa, gimana dengan harga sayuran saat ini? sekarang ini biaya hidup udah mahal banget, kalo ditambah naeknya harga sayuran karena harus memakai hidra, wah kasihan donk rakyat kecil yang kekurangan? apa anda mikir sampe sini?
Kemudian saya rasa tidak pantas anda meminta petani bercocok tanam dan memikirkan cara kreatif mengatasi hama tanpa membunuh. kenapa saya bilang tidak pantas, malah tidak bijaksana.
1. Biasanya petani adalah orang yang pintar dalam bercocok tanam, bukan orang pintar dalam teknologi maju. karena biasanya mereka hidup di perdesaan (yach kota susah lah, buat rumah aja susah apalagi lahan buat bercocok tanam)
2. Biasanya mereka adlaah orang2 praktek yang praktis, maksudnya adalah, mereka mencari cara yang paling cepat, aman, dan murah untuk mengatasi suatu hal. jadi kalo hidra itu mahal, kayanya susah untuk dipraktekan oleh petani apalagi petaninya beda agama ama anda dan anda menjelaskan pembunuhan hama itu tidak benar/berdosa, wah bisa2 anda harus lari sekencang2nya tuh, takutnya petaninya kalap bawa golok atau cangkul...hehehe..
3. Biasanya petani adalah orang miskin yang mengandalkan hidupnya dari sawah/perkebunan mereka, jadi mereka ga mungkin mencoba2 sesuatu yang belum tentu hasilnya lebih baik dan berhasil daripada menggunakan cara lama. apalagi petaninya seperti yang saya sebutkan di no 2 itu. karena hidup aja susah, masa harus lebih susah lagi demi anda yang menginginkan tidak ada pembunuhan saat menanam sayuran tapi harga sayuran tidak boleh naik karena kasihan rakyat miskin yang lain (karean saya percaya anda bukan orang miskin.)
4. Petani udah cape kerja seharian dari pagi sampe petang disawah/kebun mereka.dan anda masih meminta mereka berpikir kreatif untuk masalah anda, wah...wah...wah...kok anda ga adil banget yach (seperti yang anda bilang kepada penikmat daging dengan menerapkan konsep yang di berikan oleh sang Buddha), anda hanya mo menikmati tanpa mao berpikir gimana caranya mengatasi hal ini. sudah sepatutnya anda dan komunitas anda yang vegetarian dengan alasan demi menjamin tidak ada makanan yang dipersiapkan dengan melakukan pembunuhan makhluk hiduplah yang memikirkannya, karena ini untuk kepentingan anda sekalian. dan juga harus memenuhi syarat2 seperti murah, mudah dipraktekan dan bisa dibuktikan minimal memberikan hasil yang sama banyaknya dengan cara yang lama digunakan oleh petani, bila tidak, wah sayang sekali, ide anda akan di tinggalkan.
Dan bila para petani mengikuti anjuran anda dan tetap memikirkan nasib rakyat kecil (sehingga harga jual sayuran dan menaman sayuran bisa sama besarnya) lalu siapa yang mo mikirin nasib para petani, makanya ga heran negara agraris seperti indonesia ditinggalkan oleh para petani.
Jadi dengan uraian diatas, apakah anda masih bisa melepas tangan anda dan berkata petani itu ga kreatif dalam bercocok tanam seperti anda meng"kritik" para penikmat daging yang anda katakan turut serta dalam pembunuhan makhluk hidup? tolong donk, jangan lepas tangan seperti itu (kayanya inti kata2 ini sepriti yang @miracle katakan kepada saya tuh, tapi versi dia beda karena dia mengunakan kata2 lain) jadi mungkin lebih baik anda membentuk group penelitian yang bertujuan untuk mencapai cita2 anda, tentunya masalah dana harus anda pikirkan sendiri jangan minta orang lain yang memikirkannya.

Oh iya, saya masih penasaran dengan telor (bisa saja calon ayam atau dengan ayam petelur + obat, tapi kita tidak pernah tahu mana yang calon ayam dan mana yang bukan) dan susu, apakah ini termasuk makanan yang di perbolehkan di aliran vegetarian anda atau tidak?

@DragonHung, dulu kayanya ini dipostingkan oleh GF(GLoryFrench) dan ada 2 versi, yang satu lagi bukan melanggar vegetarian tapi melakukan aborsi deh. saya dan beberapa rekan lainnya pernah tanya kepada GF dan chineseCulture tapi ga pernah di tanggapi sampe sekarang. tapi ini harus dibahas di thread lain tentunya dengan bantuan rekan2 dari Maitreya agar tidak terjadi kesalah pahaman seperti ini.

Kembali ke topik utama dan mengapa topik ini di munculkan (minimal menurut saya setelah saya membaca dan berdiskusi), jadi sekarang kita harus makan apa nih? daging, pasti ada pembunuhan. Sayuran, ada pembunuhan juga, karena proses penggemburan tanah dan pembasmian hama. makan angin aja bisa membunuh kok, contohnya, pada saat anda menguap, masuklah seekor nyamuk/lalat dan tertelan oleh anda dengan sadar, so anda membunuh kan....hehehe....sori joke yach, jadi initnya makan apa nih???
 
@ Carodhammo & @ marcedes

mas...., anda tahu gak kata " BERUSAHA / DO THE BEST ".....???? dan " TEKNIK MENYELESAIKAN MASALAH ?????" PETA is human being !!! Vegetarians also human being !!!! mereka melaksanakan PROGRAM NYAYANG binatang itu di MULAI dari binatang yg gede/ bertulang belakang/vertebrata.......dulu !!!!! Secara bertahap dan BERSKALA !!!!!! nah, setelah Orang2 udah tidak membunuh ataupun memakan hewan2 yg gede/ bertulang belakang.......,BARU masuk ke tahap ke-2 yaitu NYAYANG SERANGGA.....yg selalu digembar-gemborkan oleh anda2 itu..........., nah !!!! kalo tahap ke-2 berhasil....,maka BARU masuk ke tahap 3 yaitu NYAYANG BAKTERI/microba2....( KALO BISA !!!!! )

jadi..., PROGRAM itu gak bisa sekali berlayar 2,3 pulau terlampaui......,( emangnya tukang sihir !!!!) satu satu dong.....!!!!! PROGRAM PETA dan VEGAN ini bukan program kecil2an atau program yg segampang membalikkan telapak tangan.....!!!! ini berat bung...!!!! perlu KESADARAN dari MA_NU_SI_A......

jadi....,PETA & ALL vegan adalah masih manusia biasa, dan mereka BERUSAHA sekuat TENAGA....and do the best......., anda tahukan apa itu BERUSAHA SEKUAT TENAGA ????? artinya : walaupun mereka gak bisa meraih nilai 10, paling tidak mereka tidak meraih nilai merah ( 5 ), so...walaupun PETA & all vegan BELUM bisa menyelamatkan PARA SERANGGA....., at least ( PALING TIDAK )....!!!! mereka TIDAK MEMBUNUH/ MEMAKAN hewan vertebrata , artinya TAHAP 1 harus diwujudkan dulu....! itulah apa yg dimaksud dengan teknik management/ cara dalam menyelesaikan masalah !!!!
================================================================
anggota PETA ada membunuh anjing karena keterbatasan tempat ????? apa itu ???I've never heard it !!!! kalo bisa sekalian di kasi websitenya yg bisa dipercaya......ok? supaya Jelas...and clear !
================================================================
@ carodhamma
Siapa sih (manusia) yang mao di makan oleh binatang, binatang aja melawan kok waktu mo di bunuh manusia, apalagi manusia.

makanya....,kalo MA_NU_SIA gak MAUUUU di makan.......,oleh karena itu JANGAN MEMAKAN......!!!!!!!! anda GAK MAU di PUKUL, maka JANGAN MEMUKUL....!!!!* apa yg TIDAK engkau sukai, JANGAN engkau berikan kpd yg lain!!!* is that CLEAR ????????????????????
=================================================================
@ carodhammo
anda misunderstood apa yg saya tulis....,dan saya mau tambahin sedikit.....
" Orang pintar belum tentu Bijak, tetapi orang Bijak sudah tentu dia pintar..."
mis :
* DR.Azahari ( teroris yg ditembak mati di Batu,malang), dia itu PINTAR ada gelar DR nya lagi,pintar dalam dunia ELEKTRO....,tapi dia itu TIDAK BIJAK.......karena jadi teroris,[ PINTAR semacam ini TAK ADA GUNANYA ]
*master Hui Neng( patriat ke-6 ),beliau itu buta huruf tapi , beliau itu BIJAK....,sehingga sampai sekarang ajaran BELIAU dikenang sepanjang masa.....
*Nabi ataupun buddha yg pernah ada di bumi, mereka itu BIJAK, sehingga mereka PINTAR menyelesaikan penderitaan manusia.....makanya mereka di kenang 4ever....
==================================================================
@carodhammo

saya tidak pernah tulis kalo ilmu itu tidak penting !!!!! tidak pernah !!!!
* BIJAK itu tidak BISA dituntut bang !!!! kebijaksanaan itu muncul dari kesadaran yg paling dalam.....
==================================================================
siapa bilang anak kecil GAK PUNYA kebijaksanaan ????? di AMERIKA ada seorang anak cilik yg berumur 6 taon, disaat ada seekor belalang hinggap di badannya, lalu org tua nya itu menangkap dan mau membunuhnya, lalu anak cilik itu memohon kpd org tuanya utk tidak membunuhnya dan give it a life....!!!!!!!!
==================================================================
maaf saya SALAH !!! jepang tidak terlibat dalam perang dunia 1, tapi JEPANGLAH yg mencetus perang dunia kedua ( pearl harbour )
==================================================================
MASALAH SERANGGA , saya ingatkan sekali lagi....,kalo TIDAK ????? itu itu terus yg menjadi ALASAN utk menembak para VEgan.......

Program PETA & all vegan adalah sbb :
*Tahap 1. Menyelamatkan BUMI & manusia di MULAI dari menyayangi hewan2 dgn cara TIDAK MEMBUNUH / MEMAKAN hewan2 VERTEBRATA....( jelas ????)
*Tahap 2. Menyelamatkan / melindungi hewan2 IN-VERTEBRATA.....( Jelas ???? )

NB: serangga yg MEMBAHAYAKAN manusia harus di basmi, karena melindungi BUMI & manusia termasuk program PETA & all vegan......( Jelas ?????)

kalo anda-anda yg terhormat belum bisa menerima,...itu HAK anda...., karena di dalam SPIRITUAL,kamma dan punarbhava...." siapa yg makan siapa yg kenyang, siapa yg tanam dialah yg akan menuainya, bukan aku, anda atau mereka !!!" GOOD LUCK , my Friendsss !!!
 
Wah salah mengerti donk saya, abis bacanya seperti ini , untuk gampangnya, anda ke tempat teman2 anda trus anda suruh mereka baca kata2 anda yang saya quote ini, dan minta pendapat mereka, mereka setuju ga dengan kata2 anda? tolong donk saya hanya memberi respon atas kata2 anda saja.

"Lebih BAGUS jadi orang BIJAK daripada jadi orang PINTAR...."

**NB : Orang Bijak adalah orang yg bertindak tanduk, berucap kata, berniat pikiran yg sopan dan tau tata krama serta rela BERKORBAN demi MAKHLUK HIDUP lainnya...........!!!!!!!

Orang Pintar adalah orang yg tindak tanduknya, ucap katanya, niat pikirannya selalu DEMI diri SENDIRI.......,MENGORBANKAN KEHIDUPAN MAKHLUK HIDUP lainnya DEMI diri SENDIRI..........**

Coba, kalo anda jadi saya dan membaca hal seperti ini, apa pendapat anda? Untuk masalah anak kecil, yang maksud dari kata2 saya adalah "LEBIH SULIT MENGHARAPKAN ANAK KECIL JADI BIJAK DIBANDINGKAN PINTAR". Karena banyak orang menjadi bijaksana karena telah di tempa dari berbagai pengalaman hidup. Memang saya salah saat menulis tentang pendidikan dan ilmu pengetahuan, tapi tolong donk, jangan gara2 pinter terus di anggap ga bener, karena banyak orang bijaksana dimata sebagian orang tapi tidak dimata orang lain.

Pinter itu banyak kondisi, sama dengan halnya bijaksana, dan untuk mencapai arahat (karena ini forum Buddhist), tidak harus pintar dan bijaksana tapi memahami tentang 4 kesunyataan mulia, contohnya tentang Bhikkhu Culapanthaka yang diposting oleh @Sinthung, dimana Culapanthaka bukanlah orang pintar dan bijaksana tapi dapat mengerti 4 kesunyataan mulia, saat bermeditasi dengan sesuai yang diajarkan sang Buddha, beliau mulai menyadari / memahami tentang 4 kesunyataan mulia, tapi saat itu saya belum tau beliau udah bijaksana atau belum, tapi sebelum meditasi saya bisa bilang beliau belum bijaksana.

Untuk masalah Anjing yang dibunuh, apakah saya menyebutkan mereka anggota PETA? yang saya sebutkan adalah mereka penyayang binatang yang mengumpulkan anjing2 terlantar dan diberi makan dengan biaya sendiri? tolong anda posting kata2 saya yang menyebutkan mereka anggota PETA? bila ada saya akan minta maaf di depan umum.
Berarti, pembunuhan serangga yang berbahaya untuk umat manusia diperbolehkan? tapi dalam agama Buddha, itu tetap menuai karma buruk, nah beda lagi kan. Jadi, sekali lagi, menurut saya, tolong jangan sama kan 2 hal yang berbeda. PETA memang baik, saya juga tidak pernah berkata PETA tidak baik, tapi konsep, tujuan dan pengertiannya berbeda, jadi jangan samakan donk. Karena dalam agama Buddha tidak ada konsep membunuh untuk kebaikan akan menerima karma baik. Membunuh tetap membunuh, hasilnya adalah karma buruk.

Untuk PETA, saya sampe baca2 lagi nih dengan jelas, disana PETA hanya mengajak, tidak agresif seperti sodara, untuk vegetarian bahkan caranya pun dengan mengurangi makan ayam dan telur, kenapa target pertamanya adalah telur dan ayam?. karena alasannya adalah tetap menjaga kesehatan orang yang belum terbiasa vegetarian. Dan karean alasan vegetariannya untuk kesehatan saya setuju, bukan dengan vegetarian lalu anda jadi lebih baik dalam hal spiritual. Dan PETA Memang menentang pemeliharaan binatang tapi hanya di Factory farm dan laboratorium, bukan untuk di rumah2 pribadi, nah loh, kok tanggung2 sih, kenapa yang dirumah pribadi ga dilarang juga?
Hati2 dalam membabarkan sesuatu,karena menurut saya ini adalah 2 hal yang berbeda. Kalo gitu Pamela Anderson lebih baik donk spiritualnya di bandingkan Bhikkhu yang menjalankan vinaya tapi masih makan daging karena umatnya berdana daging?

Ini salah satu contoh anjing yang akan di musnahkan karena kekurangan biaya, dan terjadi di indo, mungkin anda juga bisa bantu http://dogneedhome.blogspot.com/2008/06/41-dogs-need-home-urgent.html, setelah anda baca, bisakah anda bilang mereka bukan penyayang binatang? Dan apakah penyayang binatang harus PETA?untuk yang terjadi di negara lain, saya sedang cari, biar ada tambahan bukti nih.

Sekali lagi, Jepang bukan penyebab PD2, tapi kalo anda bilang untuk Asia OK. coba anda baca lagi, sejarah PD2, siapa yang memulai, karena sampai sekarang yang diakui perang dunia II dimulai tanggal 1 Sept 1939 (Jerman menduduki Polandia - walaupun ada yang berpendapat PD II dimulai saat jepang menyerang Mancuria pada tahun 1937 tapi ini tidak diakui oleh dunia secara umum, karena akan di kaitkan dengan penyerangan Jepang ke China tahun 1931, akhirnya ga ada batasan antara PD1 dan PD2) Sedangkan Jepang membom Pearl Harbour tanggal 7 Desember 1941. Jadi menurut sejarah yang diakui, Jepang turut serta dalam PD2 setelah PD 2 berlangsung, tapi benar bila jepang di anggap sebagai pencetus PD2 di asia. Karena sejarah mencatat PD 2 terjadi pada 1939 - 1945 (kok malah nyeritain PD yach, ga nyambung nih hehehe, biarlah buat tambah pengetahuan)

Saya tidak perduli siapa anda, anda aliran apa, kalo ingin share, mari share dengan baik, saya memang berkata keras dan kasar pada saat membaca tulisan anda tentang orang pintar dan bijak, itu murni kesalahan saya. saya minta maaf. tapi untuk hal2 yang lain, saya minta anda lebih dulu pelajari juga jangan sampai kejadian PD 2 dimulai oleh Jepang karena jepang mem-bom pearl harbour terulang. itu akhirnya membuat share kita tidak berjalan dengan baik.

BTW, ini kan thread apakah harus vegetarian? dan setahu saya @akiong menekankan bila orang melakukan kultivasi hati (mungkin di aliran lain melatih diri) itu [harus] vegetarian. (sori harus disini saya beri [] karena menurut saya setelah membaca thread ini, bila tidak masih dianggap pemula dan mungkin tidak akan maju). dan saya rasa dari awal2 rekan2 yang lain juga setuju bila vegetarian dengan maksud untuk kesehatan, seperti Ajakan PETA. jadi apa yach masalahnya? masalahnya adalah kata2 atau ajakan yang intinya kalo kita vegetarian, maka spiritual kita makin tinggi (menurut kesimpulan saya membaca thread ini). dan penerimaan ajaran sang Buddha tentang aturan memakan daging yang tidak diterima oleh beberapa rekan. so ini gimana donk, mungkin @miracle bisa bantu?
 
kalo nanya ama yg bkn vege , jawabnya ya, ga usah vege total.mungkin sekali kali boleh da. Kalo nanya ama yg vege, jawabnya ya, seharusnya vege total da.

Perlu saya tambahkan, pintu vegetarian itu ada beberapa , jadi kita bisa masuk dari pintu kesehatan < ini lebih logis >
Kita bisa masuk dari cinta kasih .
Kita bisa masuk dari pintu rasa peduli.
Kita bisa masuk dari pintu hendak memurnikan diri.

@ caro, bagaimana kalo membunuh untuk kebaikan ? Apakah bisa dikatakan mendapat karma buruk dan kemudian dapat karma baik ? Apakah bisa begitu , menurut anda ? Dan satu lagi pertanyaan , Seharusnya bagaimana kalo di rumah banyak nyamuk , Harus bagaimana ?
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.