• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Tanyakan [ASK] seputar islam disini (discussion)

@Cimohai: wah makasih ya udah di jawab, semoga bisa bermanfaat bagi yg lain juga ^_^..

tapi saya mau nanya lagi nih,, apabila saya takut tdk bisa bangun pada akhir malam sehingga saya memutuskan untuk shalat witir di awal malam.. Tapi di akhir malam saya terbangun dan memutuskan shalat tahajud dan shalat witir itu sha gak??

Tidak ada yang dapat mengetahui apakah kita akan bangun kembali atau tidak bangun lagi selamanya dari tidur kita melainkan hanya oleh dan atas ijin Allah Ta'ala.

Allah maha mengetahui segala sesuatunya kang, jadi saya kira untuk sah atau tidaknya kita serahkan kepada Allah ta'ala.

Wallahaualam...
 
mau nanya lagi aah...

Saya pernah dapet hadis disitu dituliskan bahwa air yg sebelum air mani itu jika keluar tidak perlu mandi wajib ya?? terus jika terkena ke pakaian kita katanya cukup di basuh air dan digaruk2 ya?? trus pakaianya itu jika dipakai shalat masih bisa gak??
 
mau nanya lagi aah...

Saya pernah dapet hadis disitu dituliskan bahwa air yg sebelum air mani itu jika keluar tidak perlu mandi wajib ya?? terus jika terkena ke pakaian kita katanya cukup di basuh air dan digaruk2 ya?? trus pakaianya itu jika dipakai shalat masih bisa gak??

wah, untuk penjelasannya harus kita tanyakan langung kepada ustad, tapi ada beberapa hadits yang dapat kita jadikan sebagai referensi :

Dari Abi Sa’id Al Khudri dari Nabi sallallahu alaihi wa aalihi wasallam, bahwa beliau bersabda : “Hanyalah air itu (yakni mandi) adalah karena air pula (yakni karena keluar air mani”. HR. Muslim dalam Shahihnya.

Dalam menerangkan hadits ini Al Imam Abu Zakaria Muhyiddin bin Syaraf An Nawawi menyatakan : “Dan Ma’nanya ialah : Tidak wajib mandi dengan air, kecuali bila telah keluarnya air yang kental, yaitu mani”.

jadi air selain air kensing adalah air mani, (meski dalam biologi kita kenal cairan tersebut adalah cairan pelicin), dan akan lebih baik apabila kita menunaikan mandi wajib.

untuk baju yang terkena air mani :

Yang lebih kuat dari pendapat ulama bahwa mani adalah suci.

Dalilnya adalah apa yang diriwayatkan oleh Imam Muslim bahwasanya 'Aisyah radhiyallahu 'anha berkata::
وَلَقَدْ رَأَيْتُنِى أَفْرُكُهُ مِنْ ثَوْبِ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فَرْكًا فَيُصَلِّى فِيهِ
"ٍSungguh aku dahulu menggosoknya (mengeriknya) dari baju Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam kemudian beliau shalat dengannya" (HR. Muslim)

Kalau mani itu najis maka tidak cukup hanya menggosoknya, akan tetapi harus dengan membersihkan semuanya dengan air.

Berkata Syeikhul Islam rahimahullahu:

الأصل وجوب تطهير الثياب من الأنجاس قليلها وكثيرها فإذا ثبت جواز حمل قليله في الصلاة ثبت ذلك في كثيره فإن القياس لا يفرق بينهما

"Pada asalnya wajib membersihkan pakaian dari semua najis sedikitnya dan banyaknya, maka apabila diperbolehkan yang sedikit di dalam shalat maka diperbolehkan juga banyaknya, karena qiyas tidak membedakan antara keduanya" (Majmu Al-Fatawa 21/589)

Namun yang lebih utama adalah membersihkan air mani dengan air karena meski suci mani adalah sesuatu yang menjijikkan, seperti halnya dahak.

Sebagaimana ucapan Ibnu 'Abbas radhiyallahu 'anhuma:

إِنَّمَا هُوَ بِمَنْزِلَةِ النُّخَام وَالْبُزَاقِ أَمِطْهُ عَنْكَ بِإِذْخِرَةٍ .

"Dia (mani) itu seperti dahak dan ludah, hilangkanlah dengan idzkhirah (sejenis rumput yang harum baunya)" (Dikeluarkan oleh Ad-Daruquthny di dalam As-Sunan 1/225 no:448 , cet. Mu'assasatur Risalah)

Oleh karena itu terkadang 'Aisyah radhiyallahu 'anhaa membersihkan air mani tersebut dengan air, dari Sulaiman bin Yasaar rahimahullah beliau berkata:

سألت عائشة عن المني يصيب الثوب فقالت كنت أغسله من ثوب رسول الله صلى الله عليه و سلم فيخرج إلى الصلاة وأثر الغسل في ثوبه بقع الماء
"Aku bertanya kepada 'Aisyah tentang air mani yang mengenai pakaian, maka beliau menjawab: Dahulu aku mencucinya dari pakaian Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, kemudian beliau pergi shalat dan bekas cucian di pakaiannya berupa noda air" (Muttafaqun 'alaihi).

Berkata Ibnu 'Abbaas radhiyallahu 'anhuma:
إذا احتلمت في ثوبك فأمطه بإذخرة أو خرقة ولا تغسله إن شئت إلا أن تقذر أو تكره أن يرى في ثوبك

"Apabila kamu mimpi basah dan air mani mengenai pakaianmu maka usaplah dengan idzkhirah (sejenis rumput) atau secarik kain dan jangan dicuci kalau kamu mau, kecuali kalau kamu merasa jijik dan kamu tidak suka kalau hal itu terlihat pada pakaianmu" (Dikeluarkan oleh Abdurrazzaq dalam Al-Mushannaf 1/368 no: 1438)

Berkata At-Tirmidzy rahimahullahu:

وَحَدِيثُ عَائِشَةَ أَنَّهَا غَسَلَتْ مَنِيًّا مِنْ ثَوْبِ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- - لَيْسَ بِمُخَالِفٍ لِحَدِيثِ الْفَرْكِ لأَنَّهُ وَإِنْ كَانَ الْفَرْكُ يُجْزِئُ فَقَدْ يُسْتَحَبُّ لِلرَّجُلِ أَنْ لاَ يُرَى عَلَى ثَوْبِهِ أَثَرُهُ

"Dan hadist 'Aisyah dimana beliau mencuci mani dari pakaian Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tidak bertentangan dengan hadist yang menyatakan bahwa 'Aisyah menggosok mani tersebut, karena meskipun bila digosok sudah mencukupi akan tetapi dianjurkan untuk menghilangkan bekasnya" (Sunan At-Tirmidzy 1/201-202 )

Berkata Syeikh Muhammad bin Shalih Al-'Utsaimin rahimahullahu:

أما المني فإنه طاهر لا يلزم غسل ما أصابه إلا على سبيل إزالة الأثر فقط

"Adapun mani maka dia suci, tidak wajib mencuci apa yang dikenainya kecuali hanya sekedar menghilangkan bekas saja" (Majmu' Fatawa wa Rasail Syeikh 'Utsaimin 11/222 no:169 )
Wallahu a'lam.

dari berbagai sumber...

Wallahualam...
 
ini pake fikih ga kang Cimohi? kayaknya ga gitu deh kalo menurut ilmu fiqih. kan ada air madli, mani, seni
 
Saya mau nanya lagi nih ( maaf nih kalau kebanyakan nanya)

beberapa menit lalu saya baru selesai menunaikan shalat ashar,, tiba2 dipenhujung atahiyat akhir perut saya mules dan ingin mengeluarkan gas.. Akhirnya saya tidak sanggup menahanya lagi dan keluar,, keluarnya gas itu pada saat saya sudah menyelesaikan salam ke kanan belum ke kiri. itu, kira2 gimana ya.?? apakah harus salam kanan kiri baru dianggap selesai atau gimana ya??

Tolong penjelasannya dong..
 
ini pake fikih ga kang Cimohi? kayaknya ga gitu deh kalo menurut ilmu fiqih. kan ada air madli, mani, seni

silahkan ditambahkan atau diralat apabila salah atau kurang tepat :)

Saya mau nanya lagi nih ( maaf nih kalau kebanyakan nanya)

beberapa menit lalu saya baru selesai menunaikan shalat ashar,, tiba2 dipenhujung atahiyat akhir perut saya mules dan ingin mengeluarkan gas.. Akhirnya saya tidak sanggup menahanya lagi dan keluar,, keluarnya gas itu pada saat saya sudah menyelesaikan salam ke kanan belum ke kiri. itu, kira2 gimana ya.?? apakah harus salam kanan kiri baru dianggap selesai atau gimana ya??

Tolong penjelasannya dong..

Jika seseorang shalat dalam keadaan tidak suci baik dalam keadaan hadats kecil atau hadats besar, maka wajib baginya ketika ingat, ia mengulangi shalatnya dan ini disepakati (ijma’) para ulama.

Pada kasus diatas terjadi ketika kita lupa dan ingat kembali, sedangkan pada kasus ente, ente sadar telah mengeluarkan gas, sehingga shalat harus diulang.

Fatwa Syaikh Muhammad bin ‘Abdil Maqshud (salah satu anggota Al Lajnah Ad Daimah, ulama besar Riyadh-KSA)
Dinukil dari Fatwa Al Mar-ah Al Muslimah, Dar Ibn Al Haitsam, hal. 94

Mohon ditambah atau diralat apabila terdapat kesalahan.

dari berbagai sumber

Semoga bermanfaat.
 
Assalammualaikum.Wr.Wb

Sekarang saya sedang bingung untuk menentuka suatu perkara, maka saya memutuskan untuk shalat istikharah.. Tapi sekarang saya bingung, karena menurut temen saya yg sudah pernah menjalankannya ada beberapa macam versi doa setalah shalat..
saya jadi bingun mengikuti yang mana doanya,, Sedangkan yg saya dpat di internet dari beberapa sumber semuanya sama..
kalau bisa saudara2 semua bisa tolong bantu saya gak?? atau saya cukup mengikuti yg saya dapet sekarang saja ya??
((اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ -وَيُسَمَّى حَاجَتَهُ- خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ -أَوْ قَالَ: عَاجِلِهِ وَآجِلِهِ- فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ -أَوْ قَالَ: عَاجِلِهِ وَآجِلِهِ- فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِيْ بِهِ)). <<< itu doan yang saya dapet di internet, artinya :“Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pilihan yang tepat kepadaMu dengan ilmu pengetahuanMu dan aku mohon kekuasaanMu (untuk mengatasi persoalanku) dengan kemahakuasaanMu. Aku mohon kepadaMu sesuatu dari anugerahMu Yang Maha Agung, sesungguhnya Engkau Mahakuasa, sedang aku tidak kuasa, Engkau mengetahui, sedang aku tidak mengetahuinya dan Engkau adalah Maha Mengetahui hal yang ghaib. Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini (orang yang mempunyai hajat hendaknya menyebut persoalannya) lebih baik dalam agamaku, dan akibatnya terhadap diriku atau Nabi i bersabda: …di dunia atau akhirat sukseskanlah untuk ku, mudahkan jalannya, kemudian berilah berkah. Akan tetapi apabila Engkau mengetahui bahwa persoalan ini lebih berbahaya bagiku dalam agama, perekonomian dan akibatnya kepada diriku, maka singkirkan persoalan tersebut, dan jauhkan aku daripadanya, takdirkan kebaikan untuk ku di mana saja kebaikan itu berada, kemudian berilah kerelaanMu kepadaku.”
 
buat dua momod diatas (walaupun anda berdua tidak bertugas di subforum ini):

kontradiksi:
"Allah sumber dari segala kebaikan yang patut dipuji": ada kebaikan yg tidak diajarkan oleh Allah, yaitu menyayangi mereka yang memusuhinya/mensekutuinya.

kontradiksi:
"murka" = di mana letak maha penyayang jika ada pilih kasih

implikasi:
banyak orang yg tidak percaya Allah namun hatinya sungguh baik, dengan demikian orang semacam itu juga dimurkai. sedangkan mereka yg percaya dg Allah namun hatinya egois, diberi ni'mat. ini artinya kebaikan bukan hal yg penting dlm ajaran Allah.

implikasi:
Allah sengaja menutup mata, hati, dan telinga seseorang agar tidak bisa mengikuti ajarannya, untuk kemudian disiksa. Jadi Allah memang sengaja mengkondisikan sebagian ciptaannya untuk disiksa.

kontradiksi:
"lalu ditambah Allah penyakitnya": bukan sifat maha penyayang. apalagi dengan kekuasaan yg mutlak atas ciptaanya, seharusnya Allah sanggup mengatasi segala penyakit, bukan malah memperparahnya.

implikasi:
Akibat dari Allah memperparah penyakitnya, muncullah kedengkian terhadap agama Islam. Artinya Allah sengaja mengadu domba ciptaannya. Para umat Islam yang sadar akan hal ini seharusnya tidak memerangi mereka yg anti Islam, karena kedengkian terhadap Islam adalah hasil dari perbuatan Allah sendiri.

kontradiksi:
tidak semua orang kafir menentang orang-orang Islam. yg ada adalah banyak orang kafir yg menentang agama Islam, namun menyayangi orang-orang Islam seperti menyayangi dirinya sendiri. ayat ini malah sengaja menyamaratakan semua orang kafir dan memberi image yg buruk tentang mereka.
kontradiksi:
"membalas": bukan pemurah/penyayang

kontradiksi:
"setelah api itu menerangi sekelilingnya Allah hilangkan cahaya": Allah suka membuat orang tetap kafir, tapi Allah tidak suka dg orang kafir.

jawaban:
karena Allah menutup mata, hati, dan telinga orang yg kafir sehingga tiada kesempatan bagi mereka utk mengakhiri kekafirannya.

kontradiksi:
Allah yang maha mengetahui seharusnya sudah tahu dari awal bahwa cepat atau lambat Adam dan istrinya akan mendekati pohon terlarang tsb.

implikasi:
"keduanya digelincirkan oleh syaitan dari surga itu": dari sepasang menjadi banyak, artinya terjadi incest taboo sejak awal.
"sebagian kamu menjadi musuh bagi yang lain": Allah sengaja menyiapkan peperangan di muka bumi, antar kerabat sendiri.

quote diatas dari post si lilin2kecil

thread ini dibuka untuk tempat bertanya mengenai ISLAM, bukan mempertanyakan keberadaan/kebenaran ISLAM sesuai dengan versi member lilin2kecil.
MASIH PANTASKAH POST YANG BEGINI DIBIARKAN????
BUKANKAH RULES YANG DIBUAT UNTUK MENCEGAH YANG KAYAK GINI? ATAUKAH FA SUDAH MENYEBAR DI FR JUGA?
 
maksudnya itu nicknya sesuai dgn aksinya yah :D
menyalakan lilin dimana apinya kecil akan membakar Forum Religi sehingga muncul perdebatan dan permusuhan ye :D

gw bingung, yg seperti ini masih dibiarkan, kalo gak ya tanggapannya lama /hmm
 
mungkin karena momod yg bertugas di FR ISLAm kurang memadai, blitz udah jarang aktiv, sedangkan vans sama jin punya tugas di sub forum lain....
ataukah bisa request utk momod bertugas disini kali ya? moa berminat?
 
buat dua momod diatas (walaupun anda berdua tidak bertugas di subforum ini):
























quote diatas dari post si lilin2kecil

thread ini dibuka untuk tempat bertanya mengenai ISLAM, bukan mempertanyakan keberadaan/kebenaran ISLAM sesuai dengan versi member lilin2kecil.
MASIH PANTASKAH POST YANG BEGINI DIBIARKAN????
BUKANKAH RULES YANG DIBUAT UNTUK MENCEGAH YANG KAYAK GINI? ATAUKAH FA SUDAH MENYEBAR DI FR JUGA?

Peraturan sudah jelas di sampaikan oleh bung dontLoad, segala tindakan yang menyimpang memang harus di tindak lanjuti sesuai dengan rules yang berlaku. semua postingan lilin2kecil sudah saya hapus karena melanggar kode etik di FR Islam. Untuk saat ini saya beri peringatan berupa teguran. Semoga nanti tidak di ulangi lagi kesalahan seperti ini. Terima kasih kepada rekan-rekan yang telah membantu meluruskan masalah-masalah yang ada di FR Islam kita yang tercinta ini! Keep in touchh ya..:D

maksudnya itu nicknya sesuai dgn aksinya yah :D
menyalakan lilin dimana apinya kecil akan membakar Forum Religi sehingga muncul perdebatan dan permusuhan ye :D

gw bingung, yg seperti ini masih dibiarkan, kalo gak ya tanggapannya lama /hmm

mungkin karena momod yg bertugas di FR ISLAm kurang memadai, blitz udah jarang aktiv, sedangkan vans sama jin punya tugas di sub forum lain....
ataukah bisa request utk momod bertugas disini kali ya? moa berminat?
Assalamu'alaikum teman2..
Terima kasih atas apresiasinya kepada teman2 yang sudah saya quote postingannya di atas yang selama ini telah membantu serta menjaga FR Islam tetap utuh dan terlindungi. Yeah, beginilah keadaanya.. sebagian moderator yang berjaga di sini memang belum dapat terlalu cekatan dalam menanggapi segala kerancuan yang ada, sebagian besar faktornya adalah kesibukan real life maupun jangkauan patrolinya belum menjangkau ke FR Islam ini.

So, saya pribadi mengajak diri saya dan teman2 yang aktif di FR Islam untuk saling menjalin komunikasi yang baik agar silaturahmi di antara kita tetap terjalin agar FR Islam terus terjaga kesucianya dari segelintir member2 forum yang tidak bertanggung jawab.

Maka dari itu, saya berharap kepada teman2 semuanya apabila menemukan kerancuan ataupun sesuatu yang salah di forum ini, segera melaporkan hal yang salah tersebut kepada saya via VM ataupun PM. Insya Allah saya akan segera menindaklanjuti laporan tersebutt.. akhirul kalam, wassalamu'alaikum. :D
 
berhati hati

assalamualaikum,ijin numpang tx blh y...bgni misal ada suatu keluarga,di mana dlm klarga trsbt dari generasi turun temurun,mndpt ujian selalu didzolmi orang lain,hidup ssh.apakah ini takdir allah?pdhl sdh brusha mlkkn perinth agama.
 
assalamualaikum,ijin numpang tx blh y...bgni misal ada suatu keluarga,di mana dlm klarga trsbt dari generasi turun temurun,mndpt ujian selalu didzolmi orang lain,hidup ssh.apakah ini takdir allah?pdhl sdh brusha mlkkn perinth agama.

Wa'alaikumsalam,
Sedapat mungkin saya akan coba memberikan pencerahan kepada saudara berdasarkan pelajaran-pelajaran kehidupan yang saya dapatkan selama ini.

Melihat dari kisah hidup saudara, saya menggaris bawahi kata TAKDIR. Rasulullah SAW mengajak kita untuk beriman kepada qadha dan qadar, serta kita di wajibkan untuk beriman kepada qadha dan qadar. Coba saudara baca tulisan yang di quote di bawah ini :

Diriwayatkan bahwa suatu hari Rasulullah SAW didatangi oleh seorang laki-laki yang berpakaian serba putih , rambutnya sangat hitam. Lelaki itu bertanya tentang Islam, Iman dan Ihsan. Tentang keimanan Rasulullah menjawab yang artinya: Hendaklah engkau beriman kepada Allah, malaekat-malaekat-Nya, kitab-kitab-Nya,rasul-rasulnya, hari akhir dan beriman pula kepada qadar(takdir) yang baik ataupun yang buruk. Lelaki tersebut berkata” Tuan benar”. (H.R. Muslim)

Lelaki itu adalah Malaekat Jibril yang sengaja datang untuk memberikan pelajaran agama kepada umat Nabi Muhammad SAW. Jawaban Rasulullah yang dibenarkan oleh Malaekat Jibril itu berisi rukun iman. Salah satunya dari rukun iman itu adalah iman kepada qadha dan qadar. Dengan demikian , bahwa mempercayai qadha dan qadar itu merupakan hati kita. Kita harus yakin dengan sepenuh hati bahwa segala sesuatu yang terjadi pada diri kita, baik yang menyenangkan maupun yang tidak menyenangkan adalah atas kehendak Allah.

Sebagai orang beriman, kita harus rela menerima segala ketentuan Allah atas diri kita. Di dalam sebuah hadits qudsi Allah berfirman yang artinya: ” Siapa yang tidak ridha dengan qadha-Ku dan qadar-Ku dan tidak sabar terhadap bencana-Ku yang aku timpakan atasnya, maka hendaklah mencari Tuhan selain Aku. (H.R.Tabrani)

Takdir Allah merupakan iradah (kehendak) Allah. Oleh sebab itu takdir tidak selalu sesuai dengan keinginan kita. Tatkala takdir atas diri kita sesuai dengan keinginan kita, hendaklah kita bersyukur karena hal itu merupakan nikmat yang diberikan Allah kepada kita. Ketika takdir yang kita alami tidak menyenangkan atau merupakan musibah, maka hendaklah kita terima dengan sabar dan ikhlas. Kita harus yakin, bahwa di balik musibah itu ada hikmah yang terkadang kita belum mengetahuinya. Allah Maha Mengetahui atas apa yang diperbuatnya.

Allah SWT telah menentukan segala sesuatu, namun manusia tetap berkewajiban untuk berikhtiar. Kita tidak mengetahui apa-apa yang akan terjadi pada diri kita, oleh sebab itu kita harus berikhtiar. Jika ingin pandai, hendaklah belajar dengan tekun. Jika ingin kaya, bekerjalah dengan rajin setelah itu berdo’a. Dengan berdo’a kita kembalikan segala urusan kepada Allah SWT. Dengan demikian apapun yang terjadi kita dapat menerimanya dengan ridha dan ikhlas.

Semoga tulisan di atas dapat mencerahkan hati dan kehidupan saudara, amien.
 
thread ini dibuka untuk tempat bertanya mengenai ISLAM, bukan mempertanyakan keberadaan/kebenaran ISLAM sesuai dengan versi member lilin2kecil.
MASIH PANTASKAH POST YANG BEGINI DIBIARKAN????
BUKANKAH RULES YANG DIBUAT UNTUK MENCEGAH YANG KAYAK GINI? ATAUKAH FA SUDAH MENYEBAR DI FR JUGA?

mempertanyakan kebenaran ISLAM adalah bagian dari bertanya mengenai ISLAM. kenapa dikecualikan? tidakkah ada umat ISLAM yg berani menjawab pertanyaan tentang kebenaran? di lain pihak, kebenaran seharusnya tidak memiliki versi, kebenaran ya kebenaran, jadi tidak ada yg namanya kebenaran versi lilin2kecil. jika ada kebenaran yg hanya benar dari 1 sisi, itu namanya kebenaran semu.

kenapa umat ISLAM sering menanggapi tantangan diskusi dengan emosi? apakah tidak bisa berpikir logis? saya berusaha menyelami jalan berpikir anda, mungkin ketika anda membaca postingan saya, anda merasa tidak "nyaman". kenapa tidak nyaman? mungkin karena anda mulai merasakan pahitnya kebenaran yg hendak terkuak, yg terpendam dlm dasar batin anda yg selama ini tertutup oleh doktrin2 yg anda terima sejak kecil. jika argumen saya salah, betulkan, jangan diusir seperti ini. jadilah orang yg punya integritas, orang yg memahami dg betul apa yg diyakininya, orang yg mampu meluruskan pandangan salah orang lain.

ketahuilah, saya tidak melanggar satupun aturan posting:
- saya tidak merasa tersinggung sama sekali dg segala postingan yg ada di sini, skarang dan nanti
- tujuan posting saya jelas, mempertanyakan tentang ISLAM
- saya tidak berkata kasar
- postingan saya semata-mata argumentasi logis
- saya tidak memberikan ajaran simpangan ISLAM
- saya memilih thread ini karena yg paling cocok
- saya tidak merasa double post, 1 posting 1 ayat yg berbeda, sengaja untuk memudahkan membaca
- saya tidak membuat thread baru, karena memang tidak bisa

saya baru sampai pada ayat Al-Baqarah 36, tapi sudah begini sambutannya. saya jadi ragu apakah anda sudah membaca seluruhnya dari Al-Fatihah hingga An-Naas.

mungkin sebaiknya saya berhenti sampai di sini, karena rasanya forum ini hanya bicara ISLAM di permukaan. saya tidak mau makin banyak yg marah2 gara2 diajak menyelam lebih dalam. buat para pembaca yg masih sanggup berkepala dingin, sadarilah bahwa hidup ini sangat singkat, tapi anda masih punya waktu untuk menyelidiki jalan yg anda pilih. ingat, kebanyakan dari kita didoktrin sejak kecil tanpa pernah diberi kesempatan utk berpikir. itu sangat berbahaya. seperti membawa karung yg tidak jelas apa isinya, hanya dituliskan label "harta yg berharga" dan mendengar orang2 berteriak mengatakan bahwa isinya benar harta yg berharga. kita harus berani membukanya, agar tidak menyesal saat kematian datang.
 
mempertanyakan kebenaran ISLAM adalah bagian dari bertanya mengenai ISLAM. kenapa dikecualikan? tidakkah ada umat ISLAM yg berani menjawab pertanyaan tentang kebenaran? di lain pihak, kebenaran seharusnya tidak memiliki versi, kebenaran ya kebenaran, jadi tidak ada yg namanya kebenaran versi lilin2kecil. jika ada kebenaran yg hanya benar dari 1 sisi, itu namanya kebenaran semu.

kenapa umat ISLAM sering menanggapi tantangan diskusi dengan emosi? apakah tidak bisa berpikir logis? saya berusaha menyelami jalan berpikir anda, mungkin ketika anda membaca postingan saya, anda merasa tidak "nyaman". kenapa tidak nyaman? mungkin karena anda mulai merasakan pahitnya kebenaran yg hendak terkuak, yg terpendam dlm dasar batin anda yg selama ini tertutup oleh doktrin2 yg anda terima sejak kecil. jika argumen saya salah, betulkan, jangan diusir seperti ini. jadilah orang yg punya integritas, orang yg memahami dg betul apa yg diyakininya, orang yg mampu meluruskan pandangan salah orang lain.

ketahuilah, saya tidak melanggar satupun aturan posting:
- saya tidak merasa tersinggung sama sekali dg segala postingan yg ada di sini, skarang dan nanti
- tujuan posting saya jelas, mempertanyakan tentang ISLAM
- saya tidak berkata kasar
- postingan saya semata-mata argumentasi logis
- saya tidak memberikan ajaran simpangan ISLAM
- saya memilih thread ini karena yg paling cocok
- saya tidak merasa double post, 1 posting 1 ayat yg berbeda, sengaja untuk memudahkan membaca
- saya tidak membuat thread baru, karena memang tidak bisa

saya baru sampai pada ayat Al-Baqarah 36, tapi sudah begini sambutannya. saya jadi ragu apakah anda sudah membaca seluruhnya dari Al-Fatihah hingga An-Naas.

mungkin sebaiknya saya berhenti sampai di sini, karena rasanya forum ini hanya bicara ISLAM di permukaan. saya tidak mau makin banyak yg marah2 gara2 diajak menyelam lebih dalam. buat para pembaca yg masih sanggup berkepala dingin, sadarilah bahwa hidup ini sangat singkat, tapi anda masih punya waktu untuk menyelidiki jalan yg anda pilih. ingat, kebanyakan dari kita didoktrin sejak kecil tanpa pernah diberi kesempatan utk berpikir. itu sangat berbahaya. seperti membawa karung yg tidak jelas apa isinya, hanya dituliskan label "harta yg berharga" dan mendengar orang2 berteriak mengatakan bahwa isinya benar harta yg berharga. kita harus berani membukanya, agar tidak menyesal saat kematian datang.

Iya, terima kasih atas klarifikasi yang saudara berikan. Peraturan di semua forum religi sudah jelas. Coba saudara baca "RULES Terakhir tertanda 2 Januari 2008" yang saya share melalui code link di bawah ini, silakan di copas :

Kode:
https://www.forum.or.id/t18332/

Sebelumnya, saya ingin bertanya kepada saudara.. apakah saudara seorang Muslim ? Ataukah seorang non islam yang coba-coba memberikan ayat-ayat yg belum dapat di akui kebenaranya ? Jika saudara seorang non muslim, saudara sudah melanggar Rules No. 1 & 2.

Selain itu, saudara juga telah memberikan ayat-ayat yang menyimpang dari ajaran islam dan sebagian ayat tersebut tidak dilandaskan oleh bukti yang otentik. Oleh karena itu saudara sudah melanggar Rules No. 5.

Selanjutnya, saudara telah melanggar Rules no. 7 yaitu telah melakukan beberapa kali postingan dalam waktu yang bersamaan padahal di forum ini sudah jelas ada menu "Edit". Walaupun saudara bersikukuh ingin instan dalam postingan, alangkah lebih baiknya lagi postingan tersebut di merge jadi 1, ingat ini bukan Forum Jual Beli yang seenak jidatnya melakukan double postingan.

Terakhir pesan dari saya, apabila saudara masih ngotot untuk menyalahkan ajaran agama Islam, silakan saudara menuangkan ide saudara itu di FORUM INI (SILAKAN DI CLICK!). Insya Allah, saudara-saudara islam yang lain akan senantiasa menjawab segala kerancuan yang ada di dalam benak saudara dan semoga hati saudara menjadi lebih terbuka terhadap ajaran Islam.
 
@lilin2kecil

kesalahan anda telah dijawab oleh MOD Vans eiger.

sedikit berkomentar mengenai stat anda
mempertanyakan kebenaran ISLAM adalah bagian dari bertanya mengenai ISLAM. kenapa dikecualikan? tidakkah ada umat ISLAM yg berani menjawab pertanyaan tentang kebenaran? di lain pihak, kebenaran seharusnya tidak memiliki versi, kebenaran ya kebenaran, jadi tidak ada yg namanya kebenaran versi lilin2kecil. jika ada kebenaran yg hanya benar dari 1 sisi, itu namanya kebenaran semu.

mengenai kebenaran itu hanya satu (mutlak), maka bagi kami umat muslim, kebenaran itu adalah ISLAM, maka kebenaran versi anda (atheis ataupun bukan) adalah sebuah "kebenaran semu" tepatnya kebenaran yang dibuat-buat saja (seperti yang anda katakan sendiri).
CLOSE sampai disitu, why? dipaksakan pun anda tidak bisa memahaminya bila anda hanya ingin "menyelam" pikiran seorang muslim. Namun, bila anda "tertarik" untuk "belajar" jauh lebih jauh mengenai ISLAM, kita semua membuka tangan lebar-lebar menyambut anda, tapi dari post anda terlihat ayat-ayat yang anda ingin perdebatkan hanya buah pikiran (malah terkesan imajinasi) anda saja, dan untuk belajar mengenai ISLAM, tidak bisa hanya baca dan terjemah saja, ada penafsiran, ada cabang ilmu yang anda harus pelajari mengenai hal tersebut.

Bila anda memang ingin memperdebatkan ayat-ayat suci AL QUR'AN , itu terserah anda saja, tapi ya di tempat yang sesuai (di FA misalnya). Karena DI FR ISLAM kita tidak mempertanyakan mengenai ALLAH itu ada? apa? siapa? bagaimana? atau ISLAM itu ada? apa? dll... Disini kita belajar, share mengenai ISLAM agar sesama muslim mendapat hikmah dan non muslim mendapat hidayah.
 
Assalammualaikum..

Saat ini saya sedang bingung, karena saya sedang mengkaji aliran Wahabiyah via internet...
Dari sekian banyak referensi yg saya dapatkan dibilang bahwa, Wahabiyah adalah aliran yg memurnikan Islam dan memerangi kemusyrikan.. saya sependapat dengan 2 statement tersebut..
terus dibilang lagi segala ibadah yg tidak dilakukan rasul adalah bid'ah, saya pun setuju..
tapi berikutnya dibilang bahwa segala perbuatan yg tidak mencontoh Rasul adalah Bid'ah, nah ini saya tidak setuju..
karena perbuatan itu adalah sesuatu yg tidak ada kaitan dengan ibadah, apakah saya mengetik kalimat ini termasuk bid'ah itukan nggak masuk akal menurut saya...

jadi mohon penjelasan tmn2 yang mengetahu tentang wahabiyah??
 
gw paling benci sama wahabiyah yg sekarang. dulu disini ada orang penganut wahabiyah yg sekarang atau yg disebut salafi (mengaku ngaku penerus salaf)
tapi masalah nt itu sepertinya dalam ajaran wahabiyah tidak ada.
mungkin yg dimaksud perbuatan tersebut adalah yg mengandung ibadah..
 
Assalammualaikum..

Saat ini saya sedang bingung, karena saya sedang mengkaji aliran Wahabiyah via internet...
Dari sekian banyak referensi yg saya dapatkan dibilang bahwa, Wahabiyah adalah aliran yg memurnikan Islam dan memerangi kemusyrikan.. saya sependapat dengan 2 statement tersebut..
terus dibilang lagi segala ibadah yg tidak dilakukan rasul adalah bid'ah, saya pun setuju..
tapi berikutnya dibilang bahwa segala perbuatan yg tidak mencontoh Rasul adalah Bid'ah, nah ini saya tidak setuju..
karena perbuatan itu adalah sesuatu yg tidak ada kaitan dengan ibadah, apakah saya mengetik kalimat ini termasuk bid'ah itukan nggak masuk akal menurut saya...

jadi mohon penjelasan tmn2 yang mengetahu tentang wahabiyah??

bisa diperjelas "perbuatan" yang dimaksud?
perbuatan dalam ranah ibadah maksudnya?
definisi "perbuatan" seperti apa yang dimaksud?

gw paling benci sama wahabiyah yg sekarang. dulu disini ada orang penganut wahabiyah yg sekarang atau yg disebut salafi (mengaku ngaku penerus salaf)
tapi masalah nt itu sepertinya dalam ajaran wahabiyah tidak ada.
mungkin yg dimaksud perbuatan tersebut adalah yg mengandung ibadah..

saya tidak mengerti "kebencian" yang anda ungkapkan?
saya sendiri belajar ISLAM dengan metode salaf, perbedaan pendapat sehrusnya tidak menuai kebencian.
 
benci dan cinta karena ALLAH.
itu lah salah satu al wala wal bara.
perbedaan pendapat emang tidak boleh menuaikan kebencian. tapi ini bukan masalah perbedaan pendapat.
gw juga belajar metode salaf.. tapi bukan 'salafi'
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.