• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

International News Today

wakz
Bill Gates
My Idol /sob /sob
gpp d
nnt nma g d sandign kan jg tu d sebela dya /heh /heh

trz Singapura
mksd na partai oposisi tu ap an/?
koq kyk na jelek amat
/hmm /hmm
 
Tentara Buta Masuk Satuan Elite

FORT BRAGG - Kehilangan penglihatan ternyata tak harus menghentikan karir di kemiliteran. Itu dibuktikan Kapten Ivan Castro. Dengan kedua mata buta akibat ledakan mortir, Castro malah mencatatkan diri sebagai anggota pasukan khusus.

''Yang dialami Castro merupakan contoh bahwa tentara buta pun bisa tetap memiliki karir cemerlang,'' kata Thomas Zampieri, direktur hubungan pemerintah di Asosiasi Veteran Buta.

Saat bergabung dengan militer, Castro menyusun sederet sasaran, termasuk melompat keluar dari pesawat dan memimpin pasukan untuk berperang. Semua telah diraihnya. Lalu, sebuah mortir meledak hanya berjarak satu meter dari tempatnya berdiri dan merenggut penglihatannya.

''Setelah menjadi buta, kita harus menyusun sasaran baru,'' kata Castro.

Castro memilih menyusun sasaran lebih tinggi. Bukan saja bertekad tetap bertugas di kemiliteran, dia juga mencatatkan diri sebagai satu-satunya tentara buta yang mampu menjadi anggota Satuan Khusus. Itu jelas prestasi luar biasa. Sebab, Satuan Khusus adalah unit elite yang terkenal selalu diterjunkan ke daerah musuh (behind enemy lines) dalam misi-misi tempur.

''Saya akan mendobrak batasan. Saya tidak mau hanya melihat dan duduk di kantor saat dikirim ke Fort Bragg. Saya ingin bekerja tiap hari dan terlibat dalam misi,'' tutur pria 40 tahun itu saat diwawancarai di kantor pusat 7th Special Forces Group di Fort Bragg, North Carolina.

Sejak pecah perang Iraq, sedikitnya 100 tentara AS mengalami kebutaan total dan 247 lainnya kehilangan penglihatan di sebelah mata. Dari jumlah tersebut, hanya dua orang yang tetap aktif bertugas. Salah seorang di antaranya adalah seorang kapten yang kini menempuh pendidikan instruktur di West Point. Seorang lagi menjadi instruktur di Pusat Pasukan Gabungan di Fort Leavenworth, Kansas.

Kini Castro mencatatkan diri sebagai anggota Satuan Khusus. Itu bukan sekadar kebetulan. Dia ditarik karena pengalamannya sebagai anggota Satuan Khusus dan pemimpin peleton 82nd Airborne Division. ''Satu-satunya alasan seseorang bisa masuk 7th Special Forces Group adalah dia punya bakat,'' kata Kolonel Sean Mulholland.

Castro sudah 18 tahun menjadi tentara. Dia adalah seorang ranger sebelum menyelesaikan training Special Forces, sebuah latihan sangat berat selama setahun penuh. Jarang ada yang mampu menyelesaikan latihan itu dengan baik. Begitu menyelesaikan training, Castro bergabung dalam pasukan khusus sebagai sersan bagian persenjataan. Saat itu dia bertekad memimpin tim pasukan khusus.

Pada September 2006, saat menggantikan teman berjaga di atap gedung di Youssifiyah, Iraq, sebuah mortir meledak tepat di depannya. Semua menjadi gelap sejak itu. Saat sadar enam pekan berikutnya, mata kanannya tidak ada dan dokter tidak bisa menyelamatkan mata kirinya. Selain itu, lengan dan bahunya patah.

Setelah menjalani masa pemulihan selama 17 bulan, Castro berusaha mendapatkan tugas permanen di Komando Operasi Khusus dan akhirnya ditempatkan di 7th Special Forces Group. Dia fokus pada tugas manajerial sembari menyelesaikan training bahasa Spanyol, bahasa yang sangat berguna bagi unit yang rutin diterjunkan untuk melatih tentara Amerika Selatan.

''Dia memang tidak bisa melakukan hal yang biasa dilakukan orang yang punya penglihatan normal. Tapi, saya terkesan melihat tekadnya untuk tetap mengabdi negara setelah yang dialaminya,'' ujar Mulholland
 
Dongkrak Vista, Stop Penjualan XP



REDMOND - Mulai kemarin (30/6) Microsoft Corp tidak lagi menjual Windows XP kepada peritel dan produsen komputer berskala besar. Itu cara produsen software raksasa asal Amerika Serikat (AS) tersebut memaksa konsumennya memakai Vista, generasi penerus XP yang tidak terlalu diminati konsumen.

Keputusan itu langsung direaksi konsumen yang selama ini sudah nyaman dengan XP. Apalagi, menyusul penghentian penjualan sistem operasional komputer buatan Microsoft itu, produsen PC seperti Dell Inc dan Hewlett-Packard Co juga berhenti menggunakan XP. "Mereka yang ingin tetap pakai XP harus membeli Vista Ultimate atau Vista Business," ulas The Associated Press (AP) kemarin (30/6).

Selanjutnya, mereka bisa men-downgrade Vista Ultimate atau Vista Business yang sudah mereka beli ke sistem XP lagi. Dengan demikian, konsumen setia XP bisa kembali menggunakan program favorit mereka secara legal. Cara memiliki XP kembali dengan cara downgrade semacam itu dianggap sah oleh Microsoft.

Hingga akhir Januari tahun depan, Microsoft masih mengizinkan beberapa retail komputer berskala besar menjual stok XP mereka. XP juga masih tersedia bagi komputer dan laptop supermurah yang sekarang sedang booming, misalnya Asus Eee PC. Bahkan, perusahaan yang baru saja ditinggalkan sang pendiri, Bill Gates, tersebut akan memberikan dukungan teknis penuh terhadap XP hingga 2009. Namun, sedikit demi sedikit Microsoft mengurangi dukungannya, lalu benar-benar mencabutnya pada 2014.
 
Simulasi Penyanderaan, 17 Tertembak



CARCASSONNE - Sebuah insiden mewarnai latihan pembebasan sandera di barak militer di Kota Carcassonne, Prancis, Minggu (29/6). Tujuh penonton terpaksa dilarikan ke rumah sakit karena terkena tembakan salah seorang tentara yang ikut dalam latihan tersebut.

"Tiba-tiba mereka berjatuhan. Awalnya, kami pikir itu bagian dari latihan. Tapi, kami lalu melihat darah di tubuh mereka," kata seorang saksi mata kepada Agence France-Presse (AFP) kemarin (30/6). Di antara 17 korban yang tertembak, terdapat lima anak dan dua serdadu. Semua langsung dilarikan ke rumah sakit

Menurut Kolonel Benoit Royal, kepala bagian informasi militer Prancis, insiden pada Minggu (29/6) tersebut sama sekali tidak disengaja. Seharusnya, serdadu yang terlibat dalam latihan pembebasan sandera itu tidak menggunakan amunisi aktif. Dia menegaskan, insiden yang memaksa dua anak menjalani operasi tersebut murni kelalaian.

Tentara yang melepaskan tembakan ke arah penonton tersebut langsung diamankan. Penyelidik militer dan sipil dikerahkan untuk menginvestigasi insiden di barak militer Third Marine Parachute Regiment itu. Pihak militer menyatakan, serdadu yang menembakkan peluru aktif itu tidak punya catatan buruk sebelumnya.

"Saya belum bisa memberikan keterangan apa-apa karena penyelidikan masih berlangsung," komentar Menteri Pertahanan Herve Morin dalam wawancara dengan radio France Info
 
9434large.jpg


Bunuh Ibu Hamil, Ambil Bayinya


Gunakan Cutter, Janin Selamat

KENNEWICK - Perbuatan Phiengchai Sisouvanh Synhavong benar-benar keji. Akhir pekan lalu, perempuan Amerika Serikat (AS) keturunan Laos terebut menikam Araceli Camacho Gomez hingga tewas. Setelah itu, dia merenggut janin di dalam perut ibu 27 tahun tersebut.

Kepala Polisi Kennewick Ken Hohenberg melaporkan, saat ditemukan oleh petugas di Taman Columbia pada Sabtu pagi lalu waktu setempat, Gomez sudah tewas. "Korban mengalami trauma yang sangat hebat di bagian perut," katanya pada Senin sore waktu setempat (kemarin WIB). Selain karena sejumlah luka tikaman di bagian dada, ibu dua putra asal Kota Pasco, Franklin County, Washington, itu diperkirakan meninggal akibat perdarahan.

Dalam dokumen resmi yang diajukan ke pengadilan, kepolisian Kennewick menyatakan menemukan Gomez dalam keadaan terikat. Tangan dan kakinya terikat tali, sedangkan bagian perutnya terburai. "Korban menderita luka serius karena janin di dalam rahimnya diambil dengan paksa menggunakan cutter dari luar," terang Hohenberg. Diperkirakan, kekejian terhadap Gomez tersebut dilakukan di Taman Columbia pada Jumat malam lalu waktu setempat.

Pembunuhan itu terungkap setelah "drama kelahiran" yang dirancang Synhavong untuk mengelabui petugas gagal. Sesaat setelah merenggut janin laki-laki dari rahim Gomez, perempuan 23 tahun tersebut menelepon pemadam kebakaran. Dia lantas mengaku baru saja melahirkan seorang bayi di dalam mobil dan butuh bantuan. Petugas langsung meluncur ke lokasi yang terlacak via pembicaraan telepon itu. Yakni, sebuah lahan parkir yang tak jauh dari Taman Columbia.

Saat tiba di sana, mereka menemukan bayi laki-laki di jok belakang dan seorang perempuan di belakang kemudi. Perempuan yang belakangan diketahui sebagai tersangka tersebut setengah telanjang dari bagian pinggang ke bawah. Selain itu, dia memegang tali pusar di tangannya seolah-olah baru saja melahirkan. "Apakah bayiku baik-baik saja?" kata Synhavong saat petugas berusaha menolongnya.

"Kapten tim pemadam kebakaran itu langsung mengambil bayi laki-laki di jok belakang mobil tersangka," lanjut Hohenberg. Tersangka dan bayi yang baru saja dipaksa lahir tersebut langsung dilarikan ke Deaconess Medical Center di Spokane. Di situlah drama Synhavong terbongkar. Tes medis membuktikan bahwa perempuan keji itu tidak baru saja melahirkan bayi. Kondisi bayi laki-laki yang dia klaim sebagai anaknya tersebut kritis. Bayi itu sampai saat ini masih dirawat di Deaconess Medical Center.

Selanjutnya, rumah sakit mengontak kepolisian Kennewick. Petugas pun segera bergerak dan menggeledah tas yang dibawa Synhavong. Hohenberg mengatakan bahwa polisi menemukan sepasang sarung tangan yang masih bersimbah darah, handuk kertas dengan noda darah, sarung tangan lateks, cutter, senar, botol bayi, dan kaus kaki bayi di dalam tas itu.

Mengendus aksi kriminal di balik penemuan tersebut, polisi lantas menginterogasi Synhavong. Berdasar keterangan tersangka, polisi berhasil menemukan jasad Gomez dalam kondisi mengenaskan. Senin lalu waktu setempat, Synhavong langsung ditangkap dan dibawa ke kantor polisi guna diperiksa lebih lanjut. Perempuan tambun itu ditahan tanpa jaminan dan bakal menghadapi sidang pertamanya di Benton County Superior Court dengan dakwaan pembunuhan tingkat satu pada Rabu waktu setempat.
 
Anak 18, Dapat Izinkan Nikahi Istri Keempat
KUALA LUMPUR - Mohamed Nor Awang akhirnya berhasil meyakinkan hakim di pengadilan syariah Malaysia untuk mengizinkannya menikah lagi kali keempat. Padahal, pengadilan yang sama telah tiga kali menolak permohonannya. Peristiwa ini jadi pembicaraan luas karena Awang sudah punya 18 anak dari tiga istri sebelumnya. Apalagi, dia juga tidak punya pekerjaan tetap.

Diduga, hakim akhirnya mengabulkan permohonan Awang karena Suzi Sulong, 34, telah menyatakan bersedia menjadi istri keempat Awang.''Sejujurnya, sebelum proses ini, saya telah bertemu dengan calon istri Anda beserta keluarganya. Saya minta mereka mencari calon lain saja karena Anda telah memiliki tiga istri. Tapi Suzi meyakinkan saya tidak ada pria lain yang bisa menggantikan Anda di dalam hatinya,'' kata Sheikh Ahmad Ismail, hakim dalam persidangan di Pengadilan Syariah Islam.

Sepertinya, Suzi telah benar-benar terjerat pesona Awang. "Dia mengaku benar-benar telah jatuh cinta kepada Mohamed Nor Awang, yang 16 tahun lebih tua darinya," lansir The Star.

Keduanya sebetulnya telah sejak lama berniat menikah. Namun, hingga tiga kali Awang mengajukan permohonan, pengadilan berkukuh menolak. Dalih pengadilan, penghasilan bulanan Awang hanya MYR 3.000 (sekitar Rp 8 juta). Hasil dari pekerjaan tidak tetap itu dianggap tidak cukup untuk menghidupi seluruh keluarganya.

Tapi, seperti dikatakan hakim, tiga istri tua Awang menyatakan siap bahu-membahu (secara financial). Itulah sebabnya, pengadilan akhirnya mengizinkan Awang menikah lagi kali keempat. Awang berencana menikahi Suzi sebelum bulan Ramadan.
 
9428large.jpg


Anwar: Saya Punya Alibi
KUALA LUMPUR - Dilaporkan sudah berbuat tidak senonoh (sodomi) terhadap salah seorang kepercayaannya, tokoh oposisi Malaysia Anwar Ibrahim tampak tak gentar. Kemarin (1/7) dia mengatakan punya alibi kuat bahwa dirinya tidak bersalah.

Dia juga kembali menuding bahwa tuduhan itu sengaja diembuskan untuk menghambat jalannya kembali ke panggung politik. "Saya tidak akan memberikan jalan mudah bagi mereka kali ini. Ini bagian kedua dari konspirasi kotor," kata Anwar.

Seperti diberitakan, Anwar kembali dilaporkan menyodomi seorang staf di kantornya, Saiful Bahari, 23. Anwar dengan tegas menyangkal punya hubungan dengan pria muda itu. "Saya katakan bahwa ini sebuah konspirasi. Saya punya bukti dan alibi yang mendukung saya," tutur politikus berusia 60 tahun tersebut.

Kemarin Anwar juga melaporkan Kepala Polisi Musa Hassan dan Jaksa Agung Abdul Gani Patail dengan tuduhan memalsukan bukti dalam pemeriksaan kasus sodomi Anwar pada 1998. Saat itu, Anwar yang masih menjabat wakil perdana menteri dituduh menyodomi sopir dan orang kepercayaannya.

Dalam laporan kemarin, Anwar membeberkan bahwa Musa dan Abdul Gani sengaja memalsukan laporan medis untuk memojokkannya. Hingga berita ini diturunkan, baik Musa maupun Abdul Gani tidak bisa dimintai keterangan.

Sementara itu, Perdana Menteri (PM) Abdullah Ahmad Badawi kembali menegaskan bahwa pemerintah sama sekali tidak terkait dengan konspirasi seperti ditudingkan Anwar. "Pemerintah tidak akan memperlakukan seseorang dengan tidak adil," ujar Badawi setelah bertemu Wan Azizah, istri Anwar.

Dalam pertemuan tersebut, Badawi meyakinkan ibu enam anak itu bahwa dirinya menjamin keselamatan Anwar. Orang nomor satu dalam struktur pemerintahan Malaysia tersebut juga menyatakan akan memastikan investigasi atas mantan wakil PM itu berjalan seadil-adilnya.

Hal senada disampaikan Menteri Perdagangan Dalam Negeri Shahrir Abdul Samad. Shahrir menegaskan, pemerintah tidak merisaukan rencana Anwar untuk kembali memasuki parlemen. Ditambahkan, pemerintah sama sekali tidak terkait dengan tuduhan sodomi atas Anwar. "Konspirasi apa? Pemerintah telah dituding sedemikian tidak efisien dan tak bisa berkoordinasi. Kok sekarang tiba-tiba pemerintah dituding bisa sedemikian efisien menyusun konspirasi. Sepertinya, kok bertolak belakang," sindirnya.
 
Guru Ngesek dengan Bocah Minta Keringanan Hukuman


Rabu, 2 Juli 2008 | 09:32 WIB

OMAHA, RABU - Mantan guru AS yang dituduh melakukan hubungan seksual dengan muridnya akan membacakan pembelaannya untuk mengurangi massa hukuman, kata pengacaranya, Selasa (1/7).



James Martin Davis, pengacara Kelsey Peterson (26), guru perempuan itu, mengatakan kliennya akan membacakan pembelaan, Rabu (2/7), terhadap tuduhan melakukan hubungan seksual dengan anak di bawah umur.



"Hal ini sama dengan tuntutan awal menyeberangi perbatasan untuk melakukan hubungan seksual dengan anak di bawah umur, namun hukumannya tidak akan melebihi 10 tahun penjara," kata Davis, Selasa (1/7) atau Rabu (2/7) waktu Indonesia.



Peterson dan bocah 13 tahun tersebut meninggalkan Lexington Oktober lalu. Mereka ditemukan seminggu kemudian di Meksikali, Meksiko.



Bocah, yang sekarang berusia 14 tahun, mengatakan bahwa ia tidak menganggap Peterson kekasihnya, namun mereka melakukan hubungan seksual. Tuntutan terhadap Peterson tidak pantas karena hal tersebut ditujukan untuk memerangi prostitusi.



"Ia selalu melakukan apa yang saya katakan, dan ia akan membacakan pembelaannya terhadap apa yang ia lakukan, bukan apa yang ia tidak lakukan," kata Davis. Ia memperkirakan kliennya akan dihukum enam sampai tujuh tahun penjara.



Lebih lanjut, Davis mengharapkan tuntutan, yang termasuk penculikan dan pelecehan seksual tingkat pertama, akan dicabut.



AP sebelumnya menyebutkan nama bocah tersebut karena kepolisian mencari-carinya. Namun mereka berhenti menyebutkan nama itu setelah pihak berwenang menuntut Peterson dengan kejahatan seksual.



Bocal tersebut imigran ilegal di AS ketika ia pergi bersama Peterson. Ia kembali ke Nebraska untuk sementara setelah dijamin oleh Departemen Dalam Negeri AS. C9-08
 
Dibakar Dendam, Pemuda Bunuh 5 Polisi

Selasa, 1 Juli 2008 | 17:29 WIB

BEIJING, SELASA - Seorang pria menyerang sebuah pos polisi dan menikam lima petugas sampai tewas.

Kantor keamanan masyarakat di Shanghai China melaporkan bahwa seorang pria berusia 28 tahun menyerbu ke dalam kantor polisi, Selasa (1/7) pagi. Sebelumnya ia membakar gerbang. Begitu sampai di dalam ia menyerang para petugas yang bekerja di dalam.

Kelima korban itu meninggal setelah sempat dirawat beberapa saat di rumah sakit. Selain korban tewas, lima petugas lainnya terluka.

Tidak jelas bagaimana nasib pemuda itu. Kabarnya, pria itu berasal dari Beijing dan pengangguran. Beberapa petugas mengatakan, ada kemungkinan pemuda itu membalas dendam karena pernah diperiksa atas tuduhan mencuri sepeda tahun lalu.
 
Rabu, 2 Juli 2008 | 12:23 WIB

JAKARTA, RABU - Gagal merayu Yahoo, Microsoft akhirnya mengakuisisi Powerset untuk memperkuat mesin pencariannya di Internet. Sistem pencarian berikut fitur bahasa natural yang dikembangkan Powerset akan diintegrasikan dengan mesin pencarian Live Search.

Powerset merupakan perusahaan start up yang fokus pada pengembangan sistem kecerdasan buatan untuk menghasilkan pencarian lebih manusiawi. Pengguna tidak tergantung pada keyword (kata kunci) saja, namun dapat melakukan pencarian dengan memasukkan kalimat, misalnya pertanyaan.

Microsoft membeli perusahaan tersebut karena memiliki kesamaan visi untuk menyediakan hasil pencarian yang selangkah lebih maju. Yakni mesin pencarian yang menausiawi sehingga pengguna seolah-olah berkomunikasi langsung dengan komputer.

Untuk memproses hal tersebut dibutuhkan jaringan komputer yang sangat besar. Barney Pell, salah stau pendiri Powerset, mengatakan, "Penggabungan dengan Microsoft memberi kesempatan kepada Powerset untuk memperbesar diri untuk memperkenalkan teknologinya ke dunia web."
Perkuat Live Search, Microsoft Beli Powerset

Sementara Microsoft berharap penggabungan ini akan memperbaiki kualitas mesin pecariannya dan menyediakan pengalaman baru yang menarik untuk dikunjungi. Akusisi Powerset hanya berselang tiga mingguan sejak Yahoo menolak proposal Microsoft kedua kalinya, yang menawarkan bayaran 9 miliar dollar AS untuk bertukar layanan dalam bisnis pencarian di Internet.
 
9699large.jpg


Abadikan Nama pada Cacing Laut


LOS ANGELES - Hasrat Jeff Goodhartz untuk mewariskan nama keluarganya begitu besar. Karena lajang dan tidak memiliki keturunan, pria 55 tahun itu memilih memberikan nama keluarganya kepada generasi baru spesies cacing laut yang baru ditemukan. Demi mewujudkan keinginan nyelenehnya itu, dia rela membayar USD 5.000 (sekitar Rp 46 juta).

"Semua ini membuat saya sangat bersemangat," seru Goodhartz dalam wawancara yang dipublikasikan The Associated Press (AP) Selasa waktu setempat. Generasi baru keturunan Goodhartz itu lantas disebut goodhartzorum. Kini nama keluarga guru matematika tersebut identik dengan makhluk biru dengan tubuh lunak yang ditemukan di hutan mangrove Belize, Amerika Tengah.

Meski bukan disandang manusia, Goodhartz tetap bangga bisa melestarikan nama keluarganya. Apalagi, sampai usianya lewat setengah abad, dia masih hidup tanpa pendamping. "Akhirnya, nama keluarga saya akan dikenal dan tetap lestari setelah saya meninggal nanti," lanjutnya.

Belakangan, pemberian nama spesies baru memang menjadi proyek yang dikomersialkan. Goodhartz membeli hak cipta pemberian nama spesies baru cacing laut itu dari Scripps Institution of Oceanography. Lembaga tersebut mengomersialkan pemberian nama spesies baru mulai awal tahun. Dana yang terkumpul dari proyek itu digunakan untuk membiayai riset.

Kebijakan di Scripps menuntut ilmuwan benar-benar memahami latar belakang spesies baru yang ditemukan. Spesies anonim itu harus benar-benar unik dan menjalani serangkaian tes DNA. Setelah semua persyaratan dipenuhi, spesies baru tersebut baru bisa ditawarkan ke publik untuk mendapatkan nama. "Kami tidak akan menawarkan suatu spesies tanpa tahu pasti bahwa ia benar-benar baru," ujar kurator Scripps, Greg Rouse.

Rouse yang menjadi bapak cacing Australia Pseudofabriciola rousei itulah yang menemukan cacing laut goodhartzorum. Sejauh ini, dia mengaku belum menemukan nama genus cacing tersebut. Mengenai kekhawatiran sejumlah pihak tentang kecenderungan munculnya spesies-spesies baru yang palsu demi profit, Rouse menyatakan bahwa dugaan tersebut salah. Sebab, penemuan itu pun membutuhkan perjalanan panjang.
 
9698large.jpg


Polling: Anwar Tidak Bersalah

KUALA LUMPUR - Bukan tanpa alasan, Anwar Ibrahim tak tampak gentar menghadapi tuduhan sodomi yang kembali dialamatkan padanya. Sebuah sigi menyebutkan, kebanyakan warga Malaysia yakin tokoh oposisi itu tidak bersalah dan menganggap tuduhan tersebut bermotif politik.

Sebuah survei yang dilakukan lembaga riset Merdeka Center atas 225 warga etnis Melayu menemukan, hanya enam persen responden yang percaya tuduhan itu benar. Sebaliknya, 60 persen responden menilai tuduhan tersebut bermotif politik.

''Ini akan menjadi pertempuran yang berat bagi pemerintah. Sebab, kini mereka menghadapi rakyat yang sinis,'' kata Ibrahim Suffian, salah seorang penggagas survei atas responden berusia 20 tahun ke atas tersebut.

Suffian tahu, masih terlalu dini memastikan tuduhan itu benar atau sekadar rekayasa. Sebab, pihak kepolisian baru memulai penyelidikan. Aparat hukum juga belum meminta keterangan kepada Anwar. Meski begitu, Suffian yakin hasil survei itu menunjukkan bahwa pemerintah sedang menghadapi masalah. ''Pemerintah menghadapi problem kredibilitas. Kalau itu tidak segera diatasi, Anwar akan mendapatkan keuntungan lebih besar dari kasus ini," ujarnya kepada The Associated Press.

Survei terpisah dilakukan situs berita independen, Malaysiakini (www.malaysiakini.com). Hasilnya, responden justru memperlihatkan dukungan lebih tinggi kepada Anwar. Dalam survei itu, 94,4 persen responden yakin tuduhan tersebut merupakan bagian dari konspirasi politik yang sengaja dimunculkan untuk menjegal langkah Anwar.

Sementara itu, ketidakpastian politik yang terpicu tuduhan sodomi tersebut kembali memengaruhi pasar saham. Hingga saat jeda tengah hari kemarin, Kuala Lumpur Composite Index turun 1,7 persen. Sepekan terakhir, indeks turun hingga 3 persen.

''Yang perlu diperhatikan adalah situasi politik mulai memengaruhi sudut pandang terhadap kebijakan. Kami melihat ada sebuah transisi politik yang sedang berlangsung di Malaysia. Pertanyaannya, seberapa cepat transisi itu bergerak dan seberapa besar pengaruhnya. Saya pikir soal ini belum jelas benar," kata James McCormack, kepala pemeringkatan Asia di Fitch, kepada Reuters.
 
9771large.jpg


Berakhir, 2.321 Hari Penyanderaan Betancourt

BOGOTA - Berkat kegigihan militer Kolombia, Ingrid Betancourt akhirnya bisa kembali menghirup udara segar. Setelah enam setengah tahun disandera kawanan pemberontak Revolutionary Armed Forces of Colombia (FARC) di hutan Kolombia, aktivis antikorupsi berkewarganegaraan Prancis-Kolombia itu bebas pada Rabu (2/7).

Bersama Betancourt, dibebaskan pula tiga warga AS dan 11 anggota pasukan keamanan Kolombia. ''Belum pernah ada operasi penyelamatan sesempurna ini sepanjang sejarah,'' ujar politikus perempuan 46 tahun tersebut.

Betancourt dan 14 sandera yang lain berhasil dibebaskan tanpa ada pertumpahan darah sedikit pun. Tim penyelamat yang mengaku sebagai anggota organisasi nonpemerintahan berhasil mengelabui kelompok penculik. Dengan mudah, tim penyelamat pun bisa meyakinkan pemberontak FARC untuk menyerahkan ke-14 sandera ke tangan mereka.

Upaya penyelamatan yang sangat mulus itu mengundang simpati para pemimpin dunia. Ucapan selamat terus mengalir ke pemerintahan Presiden Alvaro Uribe. ''Operasi ini akan tercatat dalam lembaran sejarah karena keberhasilan dan efektivitasnya,'' tegas Menteri Pertahanan Juan Manuel Santos dalam wawancara dengan Caracol Radio kemarin.
 
9770large.jpg


Pelapor Sodomi Berlindung ke Wakil PM

KUALA LUMPUR - Pelapor kasus sodomi yang kembali menyeret nama ikon oposisi Malaysia Anwar Ibrahim menemui Wakil Perdana Menteri (PM) Najib Razak. Si pelapor, Saiful Bukhari Azlan (dalam berita sebelumnya disebut Saiful Bahari), mengaku bahwa dirinya trauma atas kasusnya itu. Bahkan, sebelum melapor ke polisi, dia berkonsultasi kepada Najib.

Menurut wakil PM, pria 23 tahun itu mendatangi rumahnya, meminta pertolongan karena trauma atas kasus yang dialaminya. Itu terjadi beberapa hari sebelum Saiful memasukkan laporan ke polisi, Sabtu.

''Sama sekali tidak ada konspirasi. Dia (Saiful) mendatangi rumah saya untuk memberitahukan sodomi yang dilakukan Anwar. Awalnya saya memang meragukan itu,'' kata Najib.

''Dia memerlukan pertolongan karena mengalami trauma. Terserah dia dan polisi untuk memutuskan masalah tersebut di persidangan,'' lanjutnya. Itulah sebabnya Najib tidak habis pikir mengapa Anwar jadi menyangkutpautkan itu. Hingga kini, polisi belum memeriksa Anwar.

Di sisi lain, Malaysia menanggapi reaksi Amerika Serikat (AS) yang mempertanyakan cara negeri jiran itu menangani kasus sodomi Anwar. Senin (30/6) AS menyatakan bahwa mereka menentang adanya penyidikan yang bermuatan politik atas kasus yang sepuluh tahun silam membuat Anwar diganjar hukuman penjara. Intervensi AS itu membuat berang Menteri Dalam Negeri Syed Hamid Albar.

''AS seharusnya tidak ikut campur dalam urusan yurisdiksi kami. Masalah ini masih diperiksa dan hingga kini belum diputuskan. AS selalu mencoba memperingatkan negara kecil seperti kami. Tapi, kami belum diancam atau setidaknya merasa terancam,'' kata Syed Hamid.

Syed Hamid juga menyerang Anwar dengan mengaitkan kedekatan bapak enam anak itu dengan Washington. Bahkan, Syed Hamid menyebut Anwar sebagai pengadu bagi AS. ''(Sebab) setiap terjadi sesuatu dia selalu menyampaikan kepada AS.''

Kasus sodomi juga pernah terjadi pada diri Anwar, pada 1998. Gara-gara kasus tersebut, dia mendekam di penjara enam tahun. Dia juga dilarang berpolitik. Larangan tersebut berakhir 14 April lalu. Menandai berakhirnya larangan itu, belasan ribu pendukung Anwar menggelar perayaan. Hal itu berbuntut pada pemanggilan oleh polisi kepada beberapa petinggi Partai Keadilan Rakyat yang didirikan Anwar.

Di tempat terpisah, Anwar yang juga menjadi advisor Partai Keadilan menyerang balik Wakil PM Najib Razak. Dia memprakarsai konferensi pers yang menghadirkan Balasubramaniam Perumal. Detektif swasta itu menyelidiki kasus pembunuhan terhadap Altantuya Shaariibuu, seorang penerjemah Mongolia yang diduga terlibat hubungan spesial dengan Najib Razak. Altantuya ditemukan tewas mengenaskan pada 19 Oktober 2006 di hutan akibat diledakkan.
 
Lilin Cinta Bakar Hotel
TAIPEI - Maksud hati ingin menyenangkan kekasih hati. Sayang, malah harus berakhir di terali besi. Itulah yang terjadi pada pria Taiwan yang diidentifikasi sebagai Lin. Untuk menunjukkan rasa cintanya kepada pujaan hatinya, dia menata lilin di kamar hotel hingga berbentuk tulisan I love you.

Malang, lilin cinta itu justru memicu kebakaran hotel tersebut. Media setempat melaporkan, petaka itu terjadi ketika pasangan tersebut baru 40 menit berada dalam kamar. Lin yang bekerja sebagai pengantar makanan beku itu pun harus berurusan dengan pihak yang berwajib. ''Lin ditangkap polisi dan menjalani pemeriksaan,'' tulis China Post.

Tuduhan yang dialamatkan kepada dirinya adalah dia telah membahayakan keamanan masyarakat umum. Lin juga harus membayar ganti rugi kepada hotel. Dia sepakat membayar TWD 120 ribu (sekitar Rp 36,55 juta).

Tragedi tersebut terjadi pada 31 Mei lalu, tapi baru disidangkan kemarin. Jaksa penuntut umum (JPU) menuntut Lin untuk membuat pernyataan permintaan maaf dan memberikan donasi TWD 30 ribu (sekitar Rp 9 juta) yang akan diberikan kepada keluarga serta anak-anak yang membutuhkan.
 
Kisah Cinta Yang Weihua dan Wu Wenbin, Pahlawan Gempa Sichuan, Tiongkok
Hanya Bisa Bersanding dengan Foto dan Makam sang Kekasih


Perempuan mana yang tak bahagia menikah dengan pria idaman. Sayang, suka cita itu tak dirasakan oleh Yang Weihua. Foto pernikahannya terpaksa diambil di makam Wu Wenbin. Sebab, sang kekasih keburu meninggal akibat bekerja terlalu keras membantu korban gempa di Provinsi Sichuan, Tiongkok.

-------

Pasangan Wu dan Yang merupakan teman lama. Mereka akrab sejak duduk di bangku sekolah menengah atas. Jalinan cinta monyet mereka berlanjut hingga Wu bekerja sebagai tentara dan bergabung di Jinan Military Command Provinsi Shandong.

Beberapa bulan lalu, sepasang kekasih itu mantap melanjutkan hubungan ke pelaminan. Pada Februari lalu, mereka sudah mengantongi surat menikah. Rencananya, pesta perkawinan baru dihelat Juni. Sayang, gempa bumi yang mengguncang Provinsi Sichuan pada 12 Mei lalu mengubah total rencana mereka yang sudah matang. Pada 13 Mei lalu, Wu menelepon Yang guna mengabari bahwa dirinya berangkat ke Dujiangyan untuk membantu korban gempa bumi.

Sebagai siswa Information Engineering University di bawah Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), sejatinya Wu tidak harus berangkat ke Dujiangyan. Dia bisa tetap merampungkan pendidikannya. Apalagi, Juni lalu, seharusnya dia menjalani upacara kelulusan. Namun, dia bersikeras ingin turun tangan membantu para korban gempa meskipun keinginan itu pernah ditolak oleh komandannya.

"Saya akan merasakan penyesalan mendalam sepanjang sisa hidup saya bila tidak pergi ke Sichuan," ujar Wu kepada sang komandan. Karena Wu bersikeras, sang komandan memberikan lampu hijau dan mengirimnya ke daerah bencana.

Saat terpisah jarak dan waktu itu, tutur Yang, kekasihnya sama sekali tidak melupakan dia. Di tengah kesibukan tersebut, Wu selalu mengirimkan pesan pendek (SMS) kepadanya. "Setiap hari dia mengirim SMS untuk saya dan mengatakan bahwa dia baik-baik saja," kenang Yang.

Pada 17 Juni lalu, Wu mengirimkan pesan yang meminta agar Yang tidak mengkhawatirkannya. "Saya tidak lelah, jangan mengkhawatirkan saya," tulis Wu. Yang membalas dengan kata-kata yang menunjukkan penantian, "Sayang, saya menantimu."

Tidak pernah tebersit dalam benak Yang bahwa itulah SMS terakhir dari pria yang dicintainya. Sebab, setelah itu, mereka berdua tidak lagi saling berkirim kabar. Wu ambruk dan harus dirawat karena kelelahan.

Rupanya, selama sebulan lebih, Wu bekerja tanpa henti. Dia menyelamatkan para korban gempa bumi. Dia juga mengangkat barang-barang bantuan yang dikirimkan untuk para korban. Selain itu, dia membongkar muatan sekitar 50 ton tenda dan aneka bahan bangunan. Hal tersebut dilakukannya sekitar pukul 21.25 di bawah hujan deras.

Pertahanan fisik Wu jebol. Dia tidak bisa bertahan dan pingsan. Lalu, dia dilarikan ke rumah sakit. Keesokan hari sekitar pukul 04.45, para dokter yang merawat menyampaikan bahwa Wu meninggal. Penyebabnya adalah pendarahan di jantung karena bekerja terlalu keras. Dia menjadi satu-satunya anggota PLA yang meninggal karena bekerja berlebihan dalam menolong korban gempa bumi.

Hari itu juga, Yang beserta kedua orang tuanya dan orang tua Wu langsung menuju Dujiangyan. Ketika itu, yang dia tahu, Wu mendadak sakit. "Sepanjang jalan menuju Dujiangyan, saya memutuskan akan selalu mendampinginya meskipun dia menjadi cacat," ucap Yang. "Tapi, saat saya melihatnya, ternyata dia sudah terbujur kaku di ruang jenazah. Seorang dokter mengatakan bahwa tangannya dipenuhi kista berdarah (yang disebabkan beban yang dibawanya, Red)," terangnya.

Yu Yuanlai, seorang teman Wu, menyampaikan kata-kata terakhir yang diucapkan oleh pria 26 tahun itu. Dia berpesan, "Saya ingin merendam kaki di air hangat dan meneruskan pekerjaan lagi besok."

Tentu, kematian Wu tersebut bukan kematian sia-sia. Apa yang dilakukannya akan terus dikenang. Ribuan orang menghadiri pemakamannya pada 21 Juni lalu di Dujiangyan. Komandannya pun menganugerahi Wu dengan tanda jasa kelas utama. Selain itu, dia menyatakan bahwa Wu mati sebagai pahlawan.
 
Koin Pertama Berhuruf Braille
DALLAS - Diskriminasi untuk urusan mata uang yang selama ini dirasakan penyandang tunanetra di Amerika Serikat sedikit dikikis. Pemerintah Negeri Paman Sam itu segera meluncurkan koin istimewa yang menggunakan huruf braille. Koin dolar perak itu kemarin dipamerkan di Dallas.

Koin yang diberi nama Louise Braille Bicentennial 2009 itu pada permukaan depannya bergambar Louise Braille, penemu huruf abjad untuk tunanetra, dengan kata ''Liberty'' di atasnya. Di bagian belakang terdapat gambar seorang bocah sekolah membaca buku braille dengan tongkat bersandar di lengannya, sementara di belakangnya dilatari rak buku dengan pahatan kata "Independence". Kata "Braille" atau "Brl" dicantumkan di atas gambar sebagai kode.

Menurut Direktur Pencetakan Uang Koin Amerika Serikat Ed Moy, koin braille itu dibedakan dalam beberapa ukuran dan berat. Moy juga mengklaim bahwa koin yang akan diluncurkan pada musim semi 2009 tersebut adalah yang pertama memiliki karakter huruf braille.

Direncanakan, koin khusus itu dicetak 400.000 buah. Setiap keping dikenakan tambahan pajak USD 10 (Rp 93 ribu) guna membantu pelaksanaan program tunanetra.
 
Efek Semangka Hampir seperti Viagra


LUBBOCK - Bukan sekadar pelega dahaga, semangka ternyata juga bisa menjadi alternatif bagi kaum Adam yang ingin lebih greng tanpa bahan kimiawi. Buah dengan kadar air tinggi itu mampu memberikan efek rileks dan melancarkan peredaran darah, seperti Viagra yang tersohor itu, tanpa efek samping.

Berdasar penelitian sejumlah ilmuwan Texas, semangka mengandung zat bernama citrulline yang membantu melancarkan peredaran darah. Jika mengonsumsi semangka dalam jumlah banyak, citrulline yang terkandung pada daging dan kulit buah akan bereaksi dengan enzim tubuh dan berubah menjadi arginine.

''Arginine adalah asam amino yang bermanfaat bagi jantung, sistem peredaran darah, dan sistem imun tubuh,'' kata Direktur Fruit and Vegetable Improvement Center A&M Texas Bhimu Patil dalam wawancara yang dipublikasikan The Associated Press (AP) kemarin (3/7). Dia menambahkan, arginine juga mampu meningkatkan kadar nitric oxide dalam tubuh untuk membantu memberikan perasaan tenang.

Patil yang juga terlibat dalam penelitian itu mengatakan bahwa efek tenang itulah yang sama dengan kinerja awal Viagra. Setelah tubuh rileks, peredaran darah akan menjadi lebih lancar. ''Dengan demikian, terapi disfungsi ereksi bisa lebih maksimal. Bahkan, mungkin juga bisa dicegah,'' paparnya. Tapi, semangka belum tentu hanya bekerja pada organ tertentu seperti Viagra.

Namun, sebaliknya, Todd Wehner dari North Carolina State University mengatakan bahwa para pemakai Viagra pun tidak bisa berharap mendapatkan efek yang sama dari semangka. ''Memang, kedengarannya efek yang dihasilkan cukup menyenangkan. Tapi, (semangka) jelas tidak bisa dijadikan pengganti perawatan medis apa pun,'' terang ilmuwan yang juga meneliti semangka tersebut.

Dalam penelitian lain yang disponsori Departemen Agrikultur Amerika Serikat (AS) disebutkan bahwa nitric oxide juga bisa membantu penderita angina atau tekanan darah tinggi. Demikian juga penyakit-penyakit kardiovaskuler. ''Kandungan citrulline lebih banyak, sekitar 60 persen, justru terdapat pada bagian kulit semangka, bukan dagingnya,'' kata Patil. Namun, ilmuwan bisa melakukan rekayasa untuk mengubah komposisi tersebut.
 
Dongkrak Vista, Stop Penjualan XP



REDMOND - Mulai kemarin (30/6) Microsoft Corp tidak lagi menjual Windows XP kepada peritel dan produsen komputer berskala besar. Itu cara produsen software raksasa asal Amerika Serikat (AS) tersebut memaksa konsumennya memakai Vista, generasi penerus XP yang tidak terlalu diminati konsumen.

Keputusan itu langsung direaksi konsumen yang selama ini sudah nyaman dengan XP. Apalagi, menyusul penghentian penjualan sistem operasional komputer buatan Microsoft itu, produsen PC seperti Dell Inc dan Hewlett-Packard Co juga berhenti menggunakan XP. "Mereka yang ingin tetap pakai XP harus membeli Vista Ultimate atau Vista Business," ulas The Associated Press (AP) kemarin (30/6).

Selanjutnya, mereka bisa men-downgrade Vista Ultimate atau Vista Business yang sudah mereka beli ke sistem XP lagi. Dengan demikian, konsumen setia XP bisa kembali menggunakan program favorit mereka secara legal. Cara memiliki XP kembali dengan cara downgrade semacam itu dianggap sah oleh Microsoft.

Hingga akhir Januari tahun depan, Microsoft masih mengizinkan beberapa retail komputer berskala besar menjual stok XP mereka. XP juga masih tersedia bagi komputer dan laptop supermurah yang sekarang sedang booming, misalnya Asus Eee PC. Bahkan, perusahaan yang baru saja ditinggalkan sang pendiri, Bill Gates, tersebut akan memberikan dukungan teknis penuh terhadap XP hingga 2009. Namun, sedikit demi sedikit Microsoft mengurangi dukungannya, lalu benar-benar mencabutnya pada 2014.

ya cara itu emank cukup ampuh sih.Tapi harusnya kan Vista bisa d buat support dulu ke beberapa program...
 
10057large.jpg


Nenek 70 Tahun Lahirkan Kembar

NEW DELHI - Bukan main. Dalam usianya yang sudah 70 tahun, Omkari Panwar kembali melahirkan. Kebetulan, bayi yang dilahirkan nenek lima cucu asal Muzaffarnagar, tujuh jam perjalanan darat ke arah utara New Delhi, India, itu kembar pula.

"Saya kaget sekali saat wanita tua ini berkata bahwa dia hamil. Saya telah menggeluti dunia kedokteran selama 20 tahun. Tapi, baru kali ini saya temukan kasus seperti ini," kata Nisha Malik, ahli kandungan yang membantu persalinan Omkari di Muzaffarnagar, Uttar Pradesh.�

Sebetulnya, Omkari hanya ingin memenuhi keinginan sang suami, Charan Singh Panwar, untuk memiliki anak laki-laki. Nyatanya, Omkari melahirkan bayi kembar, satu lelaki dan satu lagi perempuan.

''Paling tidak, keinginan kami untuk memiliki anak laki-laki sekaligus penerus kesampaian. Kami berdoa kepada Tuhan, mengunjungi orang-orang suci, juga tempat-tempat suci, supaya diberi penerus,'' kata Panwar.

Pasangan itu sudah punya dua anak perempuan dan memberi mereka lima cucu. Tapi, tetap saja mereka menganggap kehadiran anak laki-laki sangat penting. Dalam kultur mereka, anak laki-laki memang akan mendapatkan maskawin saat menikah. Tapi, yang lebih penting bagi pasangan ini, anak laki-laki bisa mengerjakan ladang. Karena itulah, mereka ngotot menginginkan anak laki-laki.

Selama delapan bulan mengandung bayi kembarnya (si bayi lahir sebulan lebih dini), Omkari mengaku kehamilannya berat dan menyakitkan. Tapi, karena pernah hamil, Omkari bisa mengatasinya. ''Kadang, Anda memang harus merasakan sakit dulu bila ingin mendapatkan apa yang diinginkan,'' tutur Omkari bijak.

Panwar tidak memungkiri, diperlukan biaya besar untuk mendapatkan anak kembarnya ini. Untuk itu, Panwar harus menjual kerbau-kerbaunya. Bahkan, dia juga terpaksa menggadaikan sawahnya, menguras tabungan seumur hidupnya, juga pinjam di kartu kredit.

Meski begitu, Panwar menilai semua itu sepadan. ''Bisa-bisa saya tewas saking bahagia dan bangga sebagai seorang ayah,'' tuturnya.

Dengan peristiwa itu, Omkari disebut-sebut sebagai wanita tertua yang melahirkan. Sebelumnya, ada Adriana Iliescu, wanita asal Rumania yang melahirkan dalam usia 66 tahun pada 2005.

Omkari sebetulnya tidak punya akta kelahiran. Namun, dia punya penanda untuk mengingat umurnya. Yakni, saat India merdeka pada 1947 bertepatan dengan Inggris meninggalkan India, dirinya berumur sembilan tahun.

Kini Omkari menjalani pemulihan di rumah salah satu putrinya. Dia tidak terlalu bahagia saat diberi tahu memecahkan rekor dunia sebagai wanita tertua yang melahirkan. Sebab, dia belum bisa melihat anak-anaknya. Mereka dibawa ke dokter spesialis sebelum dirinya sadar.

''Kalaupun saya wanita tertua di dunia yang melahirkan, itu tidak berarti apa-apa bagi saya. Saya hanya ingin melihat bayi-bayi saya dan merawatnya selagi saya masih mampu,'' kata Omkari.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.