• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Ruang Konsultasi Ajaran Buddha

...tidak ada kemelekatan dalam mengatakan mana angsa mana kuda..
itu sudah jelas, tidak perlu berputar2 menyamakan angsa dengan kuda.. /gg

......angsa dan kuda sama2 mahluk hidup. Tidak ada yg mengatakan angsa itu adalah kuda.
 
Jika kita tidak kesepian di tengah khalayak ramai ataupun di pegunungan yang
sunyi, maka kita adalah orang yang mampu mengetahui bagaimana menikmati
kebebasan mutlak.


^
^
^

agak susah di cerna , mesti ngebaca ngulang2 baru ngerti
tolong jelasin pak guru
murid mau belajar
wkoakwoa
 
Seorang guru memang perlu sekali. Jika anda ingin membeli sebuah mobil dan sebaliknya mendapat semua bagian mobil itu dan buka instruksi mengenai bagaimana merakit mobil itu, anda akan panic : “Apa ini? Dimana mobilku?”

Anda membutuhkan seseorang untuk memberi tahu anda bagaimana merakitnya. Kita membutuhkan seseorang untuk memperlihatkan kepada kita bagaimana meletakkan segala sesuatu semestinya dalam pikiran-pikiran kita.
 
Jika kita tidak kesepian di tengah khalayak ramai ataupun di pegunungan yang
sunyi, maka kita adalah orang yang mampu mengetahui bagaimana menikmati
kebebasan mutlak.


^
^
^

agak susah di cerna , mesti ngebaca ngulang2 baru ngerti
tolong jelasin pak guru
murid mau belajar
wkoakwoa

Jb. artinya kita tidak terikat oleh apapun, ketika kita berada di tempat yang sepi maupun keramaian hati dan pikiran kita tetap tenang dan fokus terhadap apa yang kita lakukan. itu adalah kebebasn mutlak.

semoga bahagia sellau

psikolog/sinshe fudin
www.accuratehealth.blogspot.com
 
sorry ni ikut jawab.. :)

saya ingin bilang..
membina diri pun harus dgn cara yg benar..

kalau tidak benar..
maka bisa2 keblinger sendiri..
sudah banyak koq contoh kasus dimana guru2 spiritual itu..
melakukan perbuatan tidak senonoh, contoh saja jiddu krishnamurti, atau yg baru2 ini terjadi yaitu anand krishna.. (maaf bkn bermaksud menyerang pribadi manapun)

hanya saja, cara yang salah... tidak akan menghasilkan buah yg benar..
mereka ini orang2 yg dikatakan telah membina diri, bahkan berpuluh2 taun..
ajaran mereka bagus koq, tentang KASIH, KESADARAN dsb..

tapi mengapa masih terjatuh dalam hal2 semacam itu ? :)


demikian juga dgn kita, kalau kita hanya berpikir..
Selama saya membina diri, maka saya pasti menjadi manusia yg lebih baik..
itu belum tentu ! Membina diri dgn cara yg bagaimana yg bisa menjadi yg lebih baik ? :)

Karena disini kita berpegang pada 3 mustika, maka ajaran DHAMMA yg sesungguhnya lha yg bisa membawa kita menjadi manusia yg lebih baik..

lalu, mungkin timbul pertanyaan..
mana yg bisa dikatakan sebagai DHAMMA dan mana yg bukan.. ?

tulisan ini bisa dijadikan bahan rujukan




tidak semua ajaran kebaikan pantas disebut DHAMMA..
tapi DHAMMA adalah ajaran kebaikan /no1

Sie-Sie
.....
Katakanlah begitu......>:D<
Hs ini pemeluk IGD ...mbak.....tentunya memiliki perbedaan dgn apa yg mbak yakini....dan itu hanya pendapat hs semata tanpa mewakili apapun hanya diri pribadi.....:D
...............
Tapi makasih ya...mbak atas saran na....
 
mo tanya nih :)

Apakah kriteria sesuatu dapat dikatakan sempurna ?

Jika tak ada inti diri, tidak ada personal, lalu bagaimana semua mekanisme ini bisa ada ?

Pastilah ada sesuatu yg terlewat.

Apakah mekanisme kehidupan muncul begitu saja ? Misalnya adanya kesadaran mata menangkap objek maka memunculkan bla..bla..bla.. Mekanisme ini loh , mekanisme kesadaran bisa menangkap objek dan kemudian muncul kesadaran yg lain. Bagaimana mekanisme ini bisa ada begitu sempurna ? Mekanisme bekerjanya 5 skhanda yg terpadu dimana menopang terbentuknya satu individu. Bagaimana mekanisme itu bisa ada ? Siapa yg bertanggung jawab atas pekerjaan software ini ?
 
Keheningan sering menjawab sendiri persoalan2 yg kita hadapi. Tidaklah penting siapa yg menciptakan hukum karma. Tidaklah penting kenapa ada kebodohan awal yg menyebabkan lingkaran tumimbal lahir. Tidaklah penting siapa yg bertanggung jawab atas software mekanisme semua proses pemunculan dan lenyap.

Tak ada inti diri. Karenanya tidak ada yg bertanggung jawab. Hanya Ada sebab karenanya Ada akibat.

Ada keadaan yg tak berkondisi, yg tak dilahirkan, yg tak muncul maupun lenyap. Karena ada keadaan seperti itu maka kita bisa mencapai keadaan seperti itu.

Kondisi ini oleh nabi konghucu dikatakan sebagai titik hening -netral/ zero zona. Ini Disebutkan di dalam kitab cung yung. Bahwa Keadaan hening ini adalah keadaan dimana semua belum di mulai. Manusia bisa mencapai Keheningan ini. Tetapi saat hening ini mulai gerak, maka 6 indra dan 7 perasaan berfungsi. seseorang hendaklah menjaganya agar 6 indra dan 7 perasaan itu tidak melewati batas maksimal, juga tidak terlalu dibawah..

Cung Yung ... Berarti bahwa 6 indra dan 7 perasaan berada pada posisi yg pas-tepat dalam menghadapi semua proses kehidupan.
Nabi khonghucu berkata : orang2 kerdil tidak bisa mencapai kondisi Cung Yung. Sedangkan orang2 suci melampaui batas Cung Yung. Aku belum pernah melihat satu orangpun yg mencapai titik keseimbangan Cung Yung.

Kehendak Tuhan berwujud dalam watak manusia yg belum tercemar. ( watak sejati )
Seseorang harus menemukan watak sejatinya. Jika bisa hidup sesuai dengan watak sejatinya maka dikatakan dia memiliki TAO. Dalam mengajar dan melatih serta membina manusia agar bisa hidup sesuai dengan watak sejati sehingga memiliki TAO , itulah dikatakan Ajaran.

Nabi khonghucu berkata : Ajaran ku adalah hanya Satu / EKA ... tetapi menembus semua yg ADA. He said : " wo Tao , ie - ie kwan ze "

Beliau lahir se zaman dengan sang Budha.
 
Anggap semua masalah sebagai tantangan. Pandanglah hal-hal yang negative yang timbul sebagai peluang-peluang untuk belajar dan bertumbuh. Jangan lari darinya, nyatakan bahwa diri anda salah dan kubur beban anda dengan membungkam seperti orang saleh, anda punya masalah ? bagus, lebih banyak lagi tantangan untuk dipecahkan. Bergembiralah, tangani dan selidiki.
 
Jika kita ingin mencapai status untuk diri kita sendiri, kita hanya perlu melakukan apa yang bisa membantu orang lain. Bukankah mereka yang ingin membersihkan wajah mereka terlebih dahulu harus mengelap bersih permukaan cermin.
 
murid khonghucu bertanya : Guru tidak pernah menceritakan tentang roh dan hantu.
Khonghucu berkata : hal2 yg hidup saja kalian tidak mengetahuinya. Bagaimana kalian bisa mengetahui hal2 yg setelah mati ? ' Pu ce shen, Hae ce she ? '

Konghucu berkata : mendisplinkan diri sepanjang hayat tidak melakukan kesalahan adalah sebuah perjalanan yg sangat panjang. Seseorang hendaklah kembali pada wataknya yg sejati Dan mengetahui kehendak Tuhan dengan demikian dia tidak harus bersusah payah untuk tidak melakukan kesalahan.

kehendak Tuhan berwujud dalam watak manusia sejati. Watak sejati manusia itulah Hati Nurani.
Sehingga dikatakan @ ren ce zhu, sing pen shan. Pada dasarnya watak manusia itu adalah baik. Karenannya manusia itu pada dasarnya baik. Seorang penjahat sekalipun dia memiliki sifat2 kebaikan. Karena gejolak emosi dan ambisinya yg melampaui batas, maka dia menjadi jahat.
Khonghucu berkata : Jika kamu tidak tahu apa yg menjadi kehendak Tuhan, kamu bisa mengikuti kehendak orang banyak.

Hidup sesuai dengan kehendak Tuhan itulah jalan tertinggi manusia. Seseorang hendaklah memiliki pengetahuan, dia harus tidak henti hentinya menyelidiki, dengan pengetahuan yg baik, dia bisa meluruskan pikirannya, jika pikirannya lurus, dia bisa meluruskan hatinya, jika hatinya lurus maka dia akan tulus niatnya, jika dia telah tulus, maka semua tindakannya akan benar, demikian sebaliknya jika tindakannya benar, ia akan tulus, jika niat telah tulus, maka hatinya akan lurus, jika hati lurus maka pikiran akan lurus, pikiran lurus maka ia akan mempelajari pengetahuan dengan benar.

Tuhan wisnu dalam diri konghucu. Dia menjadikan manusia menjadi manusia.
 
Apa yang anda kira adalah masalah berasal dari pikiran anda sendiri, apa yang anda kira adalah kegembiraan berasal dari pikiran anda sendiri. Kebahagiaan anda tidak tergantung kepada sesuatu apapun dari luar.
 
Kamu belum mengalami saat-saat yang sempurna, sekalipun kamu memiliki banyak uang, kecuali kamu telah melakukan sesuatu untuk seseorang yang tidak akan pernah bisa membalasmu
 
aku tak ingin melakukan apapun yg org lain tak bisa membalas. Jika mereka tak bisa membalas, lalu apa gunanya aku melakukan itu ?

Aku ingin mereka bisa membalasnya, dengan demikian mereka bisa belajar, dan batin mereka menjadi lebih sempurna karenanya, jika mereka bisa membalas dan ada peluang utk membalasnya. Aku akan bersyukur, tetapi bukan berharap.
 
mohon tanya :
1. apa yg menjadi ketidak tahuan yg mendasar ?
2. bagaimana memotong akar penyebabnya ?
3. bagaimana memotong agar tuntas jika di dalam kondisi adanya banyak tuntutan hidup dan tanggung jawab yg harus dipenuhi ?
4. bagaimana mensucikan pikiran ?
5. apakah artinya suci ?
6. apakah itu pikiran ?
7. apakah itu yg dikatakan lestari ?
8. apakah di dunia ini ada yg lestari ?
9. apakah lestari itu mengandung unsur waktu ?
10. apakah yg dikatakan damai sejahtera ?
11. dalam hal apa terdapat kedamaian sejati ?
12. apakah itu bahagia ?
13. apakah bahagia itu sebuah pikiran atau sebuah perasaan ? atau keadaan ?
13. mengapa kita mencari bahagia itu ?
14. apakah bahagia yg sejati itu real / nyata ?
------------------------------------------------------------------------

terima kasih
...:D >:D<

mgkn gw bisa bantu jawab nih..

mulai dr yg gw bisa n mulai dr paling bawah aja ya.. biar asik kan gk hrs slalu dr atas :)

14. nyata, tapi gk kekal, krn sgala yg berkondisi tidak kekal
13. ya krn itulah sifat dasar manusia... terutama yg blm bisa terlepas dr loba moha tanha
8,9,10,11,12 gak tau... >.<
7. gak tau..
6. awal dari segala sesuatu :)
5. gak tau..
4. sama kyk pandangan benar gk ? klo iya, jawapannya :
mengerti 4 Kesunyataan Mulia
mengerti kusala akusala kamma
mengerti anicca dukkha anatta
mengerti paticca samuphada
mengerti lobha dosa moha, dan cara melenyapkannya
3. ya dipelajari n dijalani aja... kan buddha dharma itu sifatnya fleksibel, gk ada sesuatu yg HARUS, yg penting bertekad dan berusaha.., klo mw bner2 murni, ya jadi bante aja, itupun gk jaminan bakalan terpotong ampe 'gundul'
2. pelajari aja ttg "4 Kesunyataan mulia"
1. loba moha tanha < stau gw
 
mgkn gw bisa bantu jawab nih..

mulai dr yg gw bisa n mulai dr paling bawah aja ya.. biar asik kan gk hrs slalu dr atas :)

14. nyata, tapi gk kekal, krn sgala yg berkondisi tidak kekal
13. ya krn itulah sifat dasar manusia... terutama yg blm bisa terlepas dr loba moha tanha
8,9,10,11,12 gak tau... >.<
7. gak tau..
6. awal dari segala sesuatu :)
5. gak tau..
4. sama kyk pandangan benar gk ? klo iya, jawapannya :
mengerti 4 Kesunyataan Mulia
mengerti kusala akusala kamma
mengerti anicca dukkha anatta
mengerti paticca samuphada
mengerti lobha dosa moha, dan cara melenyapkannya
3. ya dipelajari n dijalani aja... kan buddha dharma itu sifatnya fleksibel, gk ada sesuatu yg HARUS, yg penting bertekad dan berusaha.., klo mw bner2 murni, ya jadi bante aja, itupun gk jaminan bakalan terpotong ampe 'gundul'
2. pelajari aja ttg "4 Kesunyataan mulia"
1. loba moha tanha < stau gw

Kalo itu sih....bro Akiong pastilah tahu.....
Namun yg implisitnya tuh !!!!
Gitukan.....pendahulu Akiong ????
 
Kalo itu sih....bro Akiong pastilah tahu.....
Namun yg implisitnya tuh !!!!
Gitukan.....pendahulu Akiong ????

Tidak pasti juga bro taneda. Pemahaman tiap2 orang bisa berbeda. Tetapi secara garis besarnya bisa sama jawabannya.

@indonesiaku.

Kebodohan awal Adalah kebodohan yg pertama muncul. Ya, ia muncul dari tanha.
 
Kita bertahan hidup dengan apa yang kita dapat, tetapi kita kita menjalani hidup dari apa yang kita berikan
 
Menyempurnakan diri sendiri adalah jalan suci. Membantu orang lain agar bisa sempurna adalah jalan mulia. Carilah jalan suci kemudian bangunlah jalan mulia.
 
Kalo bisa senior FUDINPANG.......untuk tidak membuat doble post.....ada rules nya tuh....pake aja fitur edit......
..........
Usul nih...senior
 
melihat ke dalam, perhatian ke dalam diri, menyadari postur tubuh, mengamati yg muncul dari dalam dan yg datang dari luar, dan rasakanlah ketenangan yg indah. Berhentilah beberapa saat kebiasaan menilai ini , itu, jadilah kosong seperti kosongnya batang bambu. Betapa lapangnya keadaan yg tanpa waktu. Seperti Tak ada awal dan tak ada ujung pangkalnya.

Kenapa aku terjebak dalam putaran waktu ?
Ahh...
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.