• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Apa hidup kudus itu mutlak perlu bagi orang Kristen untuk selamat?

@ bro Manuk D..
Thanks atas tanggapannya. Jika kita amati TS bro Miracles.. pertanyaannya
sesungguhnya sangat dalam...Apa hidup kudus itu mutlak perlu bagi orang Kristen untuk selamat?
Oleh sebab itu saya ingin mengajak bro M untuk kembali merenungkan beberapa kata2
yang saya tanyakan di post saya. contoh: Bait Allah pengertian secara umum adalah gereja atau tempat kita berkumpul dan berdoa bersama. Tapi bisa juga adalah symbol
sepeti Yesus katakan: Akan kuhancurkan bait Allah ini dan membangunnya kembali
dalam 3 hari. Dan itu dibuktikanNya. Ok ?
Jadi untuk menjawab TS itu benar2 diperlukan wawasan yang luas-luas sekali serta
pendalaman iman yang aduhay. Katholic tetap katholik dan selamanya aku tetap
katholic karena aku sudah katholic sejak di perut ibuku. dan Itu lah aku.(confess)
Ajaran2 lainnya selain katholik adalah bantuan untukku menjadi lebih Katholic.Inilah
Imamat ku. Salam damai dalam Kristus.

@Bagas Respati:
Saya bukan penganut Kepercayaan/kejawen/kebatinan.
Tapi saya percaya aliran2 tsb., baik adaya. Saya pernah berdialog dengan beberapa
teman/kenalan penganut aliran tsb.
Mungkin anda sedikit terpengaruh dengan 1 kalimat yang saya tulis: Bersatu dengan
Allah. Ini saya kutip dari sebuah kalimat dalam syahadat Agung : Seperti Engkau
di dalam aku dan aku di dalam Engkau.
Banyak sekali misteri dalam Bible yang mesti kita kupas dan mengerti maksud yg
sesungguhnya sehingga kita hidup dalam kasih dan kuduslah (?)kita.
Selembut sutra kata : Kasih...namun seluas jagat raya maksudnya.

@Miracles...
Thanks atas TSnya...membuat hidup lebih hidup.

Salam.

Upz...sorry, kirain Katolik yg ngikuti aliran kejawen, soalnya aku juga pernah diskusi dengan seorang kawan yg punya pandangan seperti bro kokoganteng dan dia ngakunya juga katolik tapi ikut aliran kejawen:(

Menurutku kita sbg orang kristen perlu hidup kudus dengan cara mengamalkan kasih. Intinya Iman dan perbuatan harus seiring.

Apa maksudnya sudah katolik sejak dalam perut ibumu:-/

Mohon pencerahannya

Salam damai
 
Wah Katolik sejak di perut ibu? Wah mana mungkin itu?

Dibaptis bayi seh mungkin. Tapi sejak kandungan mah kaga mungkin sama sekali.
 
Hi Koko Ganteng,

Pertama tama saya minta maaf kalau memang anda seorang Katolik karena selama ini saya tidak melihat kalau anda seorang Katolik, saya melihat itu (sebab saya masih dalam tahap belajar) karena selama ini saya sering membandingkan apa pendapat orang dgn pendapat Gereja, sebagai orang Katolik saya berpendapat bahwa setiap orang Katolik boleh boleh saja (bahkan harus) mempelajari / meng eksplore (menguji) apapun yg berkaitan dengan keimanan seseorang baik itu dari Alkitab, ajaran Gereja atau apapun demi memperkaya ke imanan diri kita sendiri.
Tapi harus tetap selaras dengan pandangan Gereja, jika timbul suatu hal yg tidak selaras dgn apa yg di ajarkan oleh Gereja maka sebaiknya di bicarakan dan meminta pandangan kepada orang orang yg lebih berpengalaman atau Romo atau Uskup dan coba di konfirmasikan ke beberapa Romo atau Uskup atau juga menggali ajaran ajaran Gereja dengan membaca karya karya Bapak Bapak Gereja awal.
Kenapa saya berpandangan seperti ini, karena saya mengacu kepada :

1Tim 3:15 Jadi jika aku terlambat, sudahlah engkau tahu bagaimana orang harus hidup sebagai keluarga Allah, yakni jemaat dari Allah yang hidup,tiang penopang dan dasar kebenaran.

1Tim 3:15 But if I tarry long, that thou mayest know how thou oughtest to behave thyself in the house of God, which is the church of the living God, the pillar and ground of the truth.

Gereja adalah Tiang penopang dan dasar kebenaran.

Jadi kesitulah saya berpegang.

Untuk hal hal yg bersifat pendapat pribadi sangat mungkin bisa terjadi kesalahan, tapi juga bisa sangat kuat karena di dukung oleh dokuman atau ajaran Gereja, jadi saya pun mohon maaf dan koreksi jika dalam pernyataan saya ada kesalahan kesalahan

Nah dari apa yg di tulis oleh Koko Ganteng (yg emang ganteng itu….), ada beberapa hal yg agak tidak selaras.
(Eh sebelum lupa, di salah satu thread saya ada pertanyaan utk koko ganteng soal Alkitab yg sedalam bimasakti itu, belum di jawab ya ?)

Kita akan terus mereka-reka sampai kapanpun tentang hal ini(TS anda), sebelum
kita membuka tabir dan maksud terselubung dibalik ajaran-ajaran agama(apapun)
TS anda tak akan pernah terjawab dengan jawaban yang bolak balik mengutip dari Alkitab.
Dan itu semua juga bukan jawabannya.
Saya sama sekali bukan mau minterin/kepinteran. Saya pernah mengalami dimana
bathin saya bergolak...kepala saya dipenuhi sejuta pertanyaan dan tak terjawabkan.
Jika semua berkata mereka benar, lalu siapa yang salah. Darimana aku tau mereka benar,
jika tak ada kesalahan, lalu bagaimana aku tau kesalahan jika tiada kebenaran ?
Lalu apa bedanya benar dan salah ?

Pertanyaan apa yg di maksud ? sebagai orang Katolik apakah anda sudah bertanya kepada Romo/Uskup/Paus , apakah sudah membaca ajaran Gereja, apakah sudah mengali dan membaca tulisan tulisan Bapak Gereja ?
Sebenarnya apakah itu semua betul betul murni “pertanyaan karena tidak tahu” atau “rasa tidak percaya” , kalau hanya tidak tahu sangatlah mudah untuk mengetahui, tetapi jika urusanya “kepercayaan”, ini sangat sulit mungkin Cuma Roh Kudus lah yg dapat membuka hati anda untuk “percaya”, untuk menjadi percaya kita harus menyangkal diri sendiri dan akan sulit untuk menjadi percaya kalau menganggap diri kita sudah sangat “tahu” tanpa mengerti apa arti “kebenaran” itu sendiri.

TS anda sangat dalam dan kalau saya tukar dengan kalimat lain akan berbunyi
" Bagaimana aku bersatu dengan Allahku"

Apa yg di maksud dgn kalimat diatas itu ?
Sulit saya mengerti makna dari tulisan di atas (mungkin karena masih dalam tahap belajar kali ya….. ilmu belum sampai) :(
Sebagai orang Katolik kapan saya bersatu dgn Allah ?, yaitu ketika saya merayakan Sakramen Ekaristi – ketika saya menyambut komuni, disitu saya bersatu dengan Allah Tuhan kita Yesus Kristus.

CCC 1331 Komuni, karena didalam Sakramen ini kita menyatukan diri dengan Kristus yang mengundang kita mengambil bagian dalam tubuh dan darah-Nya, supaya kita membentuk satu tubuh Bdk. 1 Kor 10:16-17.. Orang juga menamakan Ekaristi hal-hal kudus [ta hagia; sancta] (const. ap. 8,13,12; Didache 9,5; 10,6) - ini sejajar dengan arti pertama ungkapan "persekutuan para kudus" dalam syahadat apostolik. Nama-nama yang lain adalah: roti malaikat, roti surgawi, "obat kebakaan" (Ignasius dari Antiokia, Eph. 20,2) dan bekal perjalanan.

Selanjutnya

Saya Kira : Beliau sangat arif, karena beliau tau untuk mencapai tingkat bersatu
dengan Allah adalah suatu yang amat sangat sulit. Jadi cukuplah
bila kita hanya percaya saja.

Tidak, Katolik tidak pernah mengajarkan itu, tidak ada dalam kamus Katolik “hanya percaya saja” cukup, coba lihat pernyataan anda selanjutnya

Itulah sebabnya Dia mengajarkan kita Doa BAPA KAMI, sehingga
hubungan kita dengan Allah tetap terjaga (IMAN) . hubungan antar manusia juga terjaga (PERBUATAN), sekaligus kebutuhan materi kita juga terpenuhi(RAHMAT).
Lengkap kan ?


Lengkap, Iman dan Perbuatan, Rahmat ya, kami juga percaya akan Sola Gracia.
Hanya percaya saja (sola fide) belum lengkap.

Posting selanjutnya Koko Ganteng

Bait Allah pengertian secara umum adalah gereja atau tempat kita berkumpul dan berdoa bersama. Tapi bisa juga adalah symbol
sepeti Yesus katakan: Akan kuhancurkan bait Allah ini dan membangunnya kembali
dalam 3 hari. Dan itu dibuktikanNya. Ok ?

Tidak, bagi orang Katolik tidak pernah ada “pengertian secara umum”, apalagi memandangnya sebagai “symbol”, tidak pernah.

Dalam syahadat yg kita ucapkan setiap minggu (paling tidak) adalah :

…. Aku percaya akan Gereja yang Satu, Kudus, Katolik dan Apostolik…..

Bagi orang Katolik, Gereja merupaka tubuh mistis Yesus dan Yesus sebagai KepalaNya.
Jadi sangat tidak mungkin bahwa Gereja bisa disebut sebagai Symbol.

CCC 823 "Kita mengimani bahwa Gereja... tidak dapat kehilangan kesuciannya. Sebab Kristus, Putera Allah, yang bersama Bapa dan Roh dipuji, bahwa 'hanya Dialah Kudus', mengasihi Gereja sebagai mempelai-Nya. Kristus menyerahkan Diri baginya, untuk menguduskannya, dan menyatukannya dengan diri-Nya sebagai Tubuh-Nya. Ia melimpahinya dengan karunia Roh Kudus" (LG 39). Dengan demikian Gereja adalah "Umat Allah yang kudus" (LG 12), dan anggota-anggotanya dinamakan "kudus" Bdk. Kis 9:13; 1 Kor 6:1; 16:1..

CCC 857 Gereja itu apostolik, karena ia didirikan atas para Rasul dalam tiga macam arti:
• ia tetap "dibangun atas dasar para Rasul dan para nabi" (Ef 2:20) Bdk. Why 21:14., atas saksi-saksi yang dipilih dan diutus oleh Kristus sendiri Bdk. misalnya Mat 28:16-20; Kis 1:8, 1 Kor 9:1; 15:7-8; Gal 1:1.;
• dengan bantuan Roh yang tinggal di dalamnya, ia menjaga ajaran Bdk. Kis 2:42., warisan iman, serta pedoman-pedoman sehat para Rasul dan meneruskannya Bdk. 2 Tim 1:13-14..
• ia tetap diajarkan, dikuduskan, dan dibimbing oleh para Rasul sampai pada saat kedatangan kembali Kristus - dan justru oleh mereka yang mengganti para Rasul dalam tugasnya sebagai gembala: Dewan para Uskup, "yang dibantu para imam, dalam kesatuan dengan pengganti Petrus, gembala tertinggi Gereja" (AG 5).
"Engkaulah Gembala kekal yang tidak pernah meninggalkan kami, kawanan-Mu, tetapi selalu menjaga dan melindungi dengan perantaraan para Rasul-Mu. Engkau telah melantik para Rasul itu sebagai gembala yang memimpin kawanan-Mu, yaitu umat yang percaya kepada Putera-Mu" (MR, Prefasi Rasul).


Selanjutnya

epeti Yesus katakan: Akan kuhancurkan bait Allah ini dan membangunnya kembali
dalam 3 hari. Dan itu dibuktikanNya. Ok ?

Bukankah Yesus sedang berbicara tentang kematianNya di kayu salib dan bangkit pada hari ke 3 ?

Jadi untuk menjawab TS itu benar2 diperlukan wawasan yang luas-luas sekali serta
pendalaman iman yang aduhay. Katholic tetap katholik dan selamanya aku tetap
katholic karena aku sudah katholic sejak di perut ibuku. dan Itu lah aku.(confess)

Seperti kata Miracle menjadi Katolik hanya ketika di Baptis tidak dari dalam kandungan.

Ajaran2 lainnya selain katholik adalah bantuan untukku menjadi lebih Katholic.Inilah
Imamat ku.

Dari CCC
Dalam Sabda-Nya Allah telah Mengatakan Segala-galanya

65 "Setelah pada zaman dahulu Allah berulang kali dan dalam pelbagai cara berbicara kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi-nabi, maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya" (Ibr 1:1-2). Kristus, Putera Allah yang menjadi manusia, adalah Sabda Bapa yang tunggal, yang sempurna, yang tidak ada taranya. Dalam Dia Allah mengatakan segala-galanya, dan tidak akan ada perkataan lain lagi. Hal ini ditegaskan dengan jelas oleh santo Yohanes dari Salib dalam uraiannya mengenai Ibrani 1:1-2:
"Sejak Ia menganugerahkan kepada kita Anak-Nya, yang adalah Sabda-Nya, Allah tidak memberikan kepada kita sabda yang lain lagi. Ia sudah mengatakan segala sesuatu dalam Sabda yang satu itu... Karena yang Ia sampaikan dahulu kepada para nabi secara sepotong-sepotong, sekarang ini Ia sampaikan dengan utuh, waktu Ia memberikan kita seluruhnya yaitu Anak-Nya. Maka barang siapa sekarang ini masih ingin menanyakan kepada-Nya atau menghendaki dari-Nya penglihatan atau wahyu, ia tidak hanya bertindak tidak bijaksana, tetapi ia malahan mempermalukan Allah; karena ia tidak mengarahkan matanya hanya kepada Kristus sendiri, tetapi merindukan hal-hal lain atau hal-hal baru" (Carm. 2,22).


Apakah kita mau mempermalukan Allah dgn mempercayai hal hal yg lain ?

Semoga bermanfaat, kalau ada salah mohon di koreksi, saya juga masih dalam tahap belajar.

MGBU
 
Ngga koq itu Katolik. Bahkan ada istilah Katoliknya bagi orang hidup yang bersatu dengan Tuhan. Summa apa gitu. Lupa.

Orang yang bersatu dengan Tuhan juga turut mencerminkan kemuliaan Tuhan biasanya punya yang orang laen anggap kekuatan supernatural. Misal bilokasi(berada di 2 tempat atao lebih pada waktu yang sama), bisa terbang, bisa tahu pikiran orang, bisa tau masa depan ato apa yang akan terjadi, bisa melihat keadaan jiwa seseorang, dsb.

Dibilangnya mereka seperti cermin yang sebetulnya hanya memantulkan kemuliaaan Tuhan jadi diri mereka sebenarnya tidak memiliki kekuatan apa2.

Belum pernah denger tuh :-/

Bisa sebut 1 nama aja yg seperti itu :)
 
Sori numpang lewat doang....

Orang yang bersatu dengan Tuhan juga turut mencerminkan kemuliaan Tuhan biasanya punya yang orang laen anggap kekuatan supernatural. Misal bilokasi(berada di 2 tempat atao lebih pada waktu yang sama), bisa terbang, bisa tahu pikiran orang, bisa tau masa depan ato apa yang akan terjadi, bisa melihat keadaan jiwa seseorang, dsb.

Ini ketuker sama Film Heroes kali????...Hiro Nakamura, Nathan Patrelli..:P..jadi inget..:P
 
@ bro Manuk D..
Thanks atas tanggapannya. Jika kita amati TS bro Miracles.. pertanyaannya
sesungguhnya sangat dalam...Apa hidup kudus itu mutlak perlu bagi orang Kristen untuk selamat?
Oleh sebab itu saya ingin mengajak bro M untuk kembali merenungkan beberapa kata2
yang saya tanyakan di post saya. contoh: Bait Allah pengertian secara umum adalah gereja atau tempat kita berkumpul dan berdoa bersama. Tapi bisa juga adalah symbol
sepeti Yesus katakan: Akan kuhancurkan bait Allah ini dan membangunnya kembali
dalam 3 hari. Dan itu dibuktikanNya. Ok ?
Jadi untuk menjawab TS itu benar2 diperlukan wawasan yang luas-luas sekali serta
pendalaman iman yang aduhay. Katholic tetap katholik dan selamanya aku tetap
katholic karena aku sudah katholic sejak di perut ibuku. dan Itu lah aku.(confess)
Ajaran2 lainnya selain katholik adalah bantuan untukku menjadi lebih Katholic.Inilah
Imamat ku. Salam damai dalam Kristus.

@Bagas Respati:
Saya bukan penganut Kepercayaan/kejawen/kebatinan.
Tapi saya percaya aliran2 tsb., baik adaya. Saya pernah berdialog dengan beberapa
teman/kenalan penganut aliran tsb.
Mungkin anda sedikit terpengaruh dengan 1 kalimat yang saya tulis: Bersatu dengan
Allah. Ini saya kutip dari sebuah kalimat dalam syahadat Agung : Seperti Engkau
di dalam aku dan aku di dalam Engkau.
Banyak sekali misteri dalam Bible yang mesti kita kupas dan mengerti maksud yg
sesungguhnya sehingga kita hidup dalam kasih dan kuduslah (?)kita.
Selembut sutra kata : Kasih...namun seluas jagat raya maksudnya.

@Miracles...
Thanks atas TSnya...membuat hidup lebih hidup.

Salam.

maaf ane mampir...ternyata Koko religius juga yah....:)
 
maaf ane mampir...ternyata Koko religius juga yah....:)

:D:D:D

Iya cuma sayang jarang jarang kesini, barangkali cuma kai ini saja he he he ....

Kelihatannya dia lebih happy di FA ha ha ha ......

Titip salam kalau ketemu >:D<
 
Hi teman2 apa hidup kudus itu menurut teman2 perlu untuk dapat selamat(dibangkitkan?)

Ya...logikanya:

Allah Maha Suci dan bertahta di Surga..tidak ada tempat bagi dosa sekecil apapun di Surga --> Dengan hidup kudus dan menaati ajaran-Nya melalui Gereja Katholik Kudus sebagai mempelai Yesus di Bumi, maka kamu akan jauh dari dosa dan dekat dengan kekudusan, walau harus diakui godaan daging sangat sulit.

Apa hidup kudus itu harus menjadi orang suci? Jadi apa itu hidup kudus di mata Tuhan menurut teman2?

Untuk menjadi suci bukan suatu yang mustahil, namun merupakan tantangan berat. Beberapa Santo dan Santa juga pernah mengalami pergumulan sulit sebelumnya dengan dosa..namun yang terpenting adalah kesadaran kita untuk selalu mengalahkan kelemahan daging tsb.

Jika harus menjadi orang suci yah hampir semua orang Kristen ngga selamat dunk?

Asal kamu tidak berbuat DOSA BERAT sebelum ajal menjemput dan hanya memiliki DOSA KECIL peluang kamu masuk Surga masih ada..karena dalam iman Katholik kita mengenal yang namanya PURGATORY...di situ dosa2 kecil kita akan dihancurkan...walau tentu saja kita akan mengalami senggsara sesal karena dosa2 tsb.

Regards,
Rafa02
 
Diskusi spt ini kan sangat menarik, adem, enak untuk membahas satu hal ke hal lain

/gg/gg

Silahkan dilanjutkan, saya bantu Up kan saja
 
Sedikit tambahan saja untuk quote dari miracles di bawah ini:

Jika harus menjadi orang suci yah hampir semua orang Kristen ngga selamat dunk?

Menambahkan apa yang sudah aku tulis sebelumnya...saya hanya ingin mengatakan bahwa sudah layak dan pantas kita manusia ciptaan Allah untuk selalu berbuat kebenaran dan kebaikan baik kepada-Nya maupun untuk sesama. Karena sudah layak dan sepantasnya, maka kita tidak bisa mengatakan bahwa dengan berbuat baik dan suci maka kita harus menerima berkah Surga. Surga yang dijanjikan Allah pada dasarnya bukan merupakan suatu bentuk reward ataupun reinforcement, namun suatu bentuk undangan Allah kepada kita untuk kembali berbahagia di Surga bersama-Nya suatu Rahmat yang diberikan secara luar biasa dari Allah.

Memang tidak akan mudah untuk hidup pantas di hadapan Allah karena kita selalu harus melawan kelemahan daging dan juga godaan iblis....bagi Allah jika hanya ada 1 orang saja yang layak dimata-Nya untuk masuk ke Surga ituun tak mengapa, karena Allah tidak membutuhkan manusia, manusialah yang membutuhkan Allah.

Regards,
Rafa02
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.