• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Berita Zimbabwe Keluarkan Uang Senilai 100 Juta

*LuCiFer*

IndoForum Junior B
No. Urut
43036
Sejak
9 Mei 2008
Pesan
2.677
Nilai reaksi
92
Poin
48
Langit makin mendung di Zimbabwe. Negeri miskin di Benua Hitam itu kian terpuruk dalam krisis ekonomi superdahsyat. Hiperinflasi yang diderita sampai-sampai membuat otoritas setempat harus mengeluarkan mata uang kertas baru bernilai ZWD 100 juta.

Harian The Herald melaporkan, Bank Sentral Zimbabwe melempar lembar mata uang teranyar itu ke publik pada Rabu (3/12). Nilainya beragam. Mulai ZWD 10 juta, ZWD 50 juta, hingga ZWD 100 juta. Padahal, nominal mata uang terbesar yang sebelumnya beredar "hanya" ZWD 1 juta.

"Pengeluaran nilai mata uang baru itu mengikuti tinjauan ulang baru-baru ini tentang batas penarikan tunai hingga ZWD 100 juta dan ZWD 50 juta untuk orang per orang dan pemilik rekening perusahaan setiap minggu berturut-turut," tulis The Herald.

Diperkirakan, nilai mata uang tersebut semakin tak berharga karena angka inflasi yang sangat tinggi, yakni 231 juta persen dan diprediksi terus menanjak.

Angka inflasi supertinggi itu memicu naiknya jumlah pengangguran hingga di atas 80 persen. Warga kini terancam kelaparan karena langkanya makanan, air bersih, dan minyak. Langkanya air bersih telah mengakibatkan 500 orang lebih meninggal dan belasan ribu lainnya terinfeksi penyakit karena wabah kolera.

Akibat pemerintah tak mampu membendung laju inflasi yang meroket, Bank Sentral berulang memangkas angka nol pada nilai mata uang tersebut. Pada Juli lalu, pemerintah memangkas sepuluh nol pada nilai mata uang yang baru diluncurkan, yakni ZWD 100 miliar. Artinya, nilai uang ZWD 100 miliar sama dengan ZWD 10. Sebagai perbandingan, Rp 1 setara dengan ZWD 2 juta. Maka, walau pada selembar mata uang tertera angka ZWD 100 miliar, nilainya tak cukup untuk membeli sepotong roti sekalipun.
 
triple petromax......:D


om,gw bayar 10 trilyun dolar zimbabwe mau =))
 
... kenapa dunia ga ada yg perduli dengan negara satu ini ?
 
Bagaimana mau mikirin ZIMBABWE,,,, INDONESIA aja NGOS-NGOS an,,,,

Kurang tahu deh kalo NEGARA SUPER POWER, kenapa tidak menolong ;)
 
dunia lagi memasuki krisis yg sulit di hadapi...
pada mikirin diri sendiri...
mungkin nasib kita juga gak akan jauh" dari zimbabwe...
moga aja gak!!!
 
katanya sekarang malah ngeluarin uang pecahan 200juta....
makin parah bgt tuh sekarang!!!
 
wadoh kenapa uangnya ngga dipotong saja, seperti jamannya sukarno ada inflasi jadi 600%
 
lebih parah dari indonesia rupanya :D
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.