• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Wonders of Indonesia [Atlantis23 's 5000th Post]

Revelation

IndoForum Senior A
No. Urut
80589
Sejak
20 Sep 2009
Pesan
7.499
Nilai reaksi
220
Poin
63
Tidak terasa pula telah sampailah saya pada saat yang seperti sekarang ini di post ke 5000 /heh

Setelah sekian lama di IF dan banyak dukungan serta support dan tidak lupa juga kritik dari para member2 IF yang saya kasihi dalam persahabatan /gg maka :

Thread ini saya persembahkan buat semua member2 IF yang telah membantu saya hingga saya bisa sampai di titik ini /heh

Ok stop basa - basinya kita langsung aja yah /hmm

Topik kali ini :
WONDERS OF INDONESIA

Terdapat sekian banyak keindahan tanah air kita yang tercinta ini bahkan hingga diketahui di seluruh dunia seperti Raja Ampat, Bunaken, Kelimutu, Borobudur, dan sebagainya tetapi apakah kita tahu ada banyak lagi keindahan - keindahan di Indonesia yang wajib untuk kita gali lebih dalam lagi untuk mengetahui apa saja itu dan dimana letaknya... /heh

Here we go /gg :

1. Taman Nasional Gunung Leuser,NAD
Taman Nasional Gunung Leuser merupakan perwakilan tipe ekosistem hutan pantai, dan hutan hujan tropika dataran rendah sampai pegunungan.

Hampir seluruh kawasan ditutupi oleh lebatnya hutan Dipterocarpaceae dengan beberapa sungai dan air terjun. Terdapat tumbuhan langka dan khas yaitu daun payung raksasa (Johannesteijsmannia altifrons), bunga raflesia (Rafflesia atjehensis dan R. micropylora) serta Rhizanthes zippelnii yang merupakan bunga terbesar dengan diameter 1,5 meter. Selain itu, terdapat tumbuhan yang unik yaitu ara atau tumbuhan pencekik.

Satwa langka dan dilindungi yang terdapat di taman nasional antara lain mawas/orangutan (Pongo abelii), siamang (Hylobates syndactylus syndactylus), gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus), badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis sumatrensis), harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae), kambing hutan (Capricornis sumatraensis), rangkong (Buceros bicornis), rusa sambar (Cervus unicolor), dan kucing hutan (Prionailurus bengalensis sumatrana).


Taman Nasional Gunung Leuser merupakan salah satu yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai Cagar Biosfir. Berdasarkan kerjasama Indonesia-Malaysia, juga ditetapkan sebagai “Sister Park” dengan Taman Negara National Park di Malaysia.

p47c529cd88492.jpg
anak-sungai-taman-nasional-gunung-halimun.jpg
tangkahan1.jpg

2. Danau Maninjau, Sumatera Barat

Danau Maninjau adalah sebuah danau di kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Danau ini terletak sekitar 140 kilometer sebelah utara Kota Padang, ibukota Sumatera Barat, 36 kilometer dari Bukittinggi, 27 kilometer dari Lubuk Basung, ibukota Kabupaten Agam.

Maninjau yang merupakan danau vulkanik ini berada di ketinggian 461,50 meter di atas permukaan laut. Luas Maninjau sekitar 99,5 km² dan memiliki kedalaman maksimum 495 meter. Cekungannya terbentuk karena letusan gunung yang bernama Sitinjau (menurut legenda setempat), hal ini dapat terlihat dari bentuk bukit sekeliling danau yang menyerupai seperti dinding. Menurut legenda di Ranah Minang, keberadaan Danau Maninjau berkaitan erat dengan kisah Bujang Sembilan.

Danau Maninjau merupakan sumber air untuk sungai bernama Batang Antokan. Di salah satu bagian danau yang merupakan hulu dari Batang Antokan terdapat PLTA Maninjau. Puncak tertinggi diperbukitan sekitar Danau Maninjau dikenal dengan nama Puncak Lawang. Untuk bisa mencapai Danau Maninjau jika dari arah Bukittinggi maka akan melewati jalan berkelok-kelok yang dikenal dengan Kelok 44 sepanjang kurang lebih 10 km mulai dari Ambun Pagi sampai ke Maninjau.

Danau ini tercatat sebagai danau terluas kesebelas di Indonesia. Sedangkan di Sumatera Barat, Maninjau merupakan danau terluas kedua setelah Danau Singkarak yang memiliki luas 129,69 km² yang berada di dua kabupaten yaitu Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Solok.

2038471-sunset_over_maninjau_c_ukirsari-Danau_Maninjau.jpg
maninjau.jpg
Lake+Maninjau_l.jpg

3. Air Terjun Sembilan Tingkat, Bengkulu
Bengkulu (ANTARA News) – Curug (air terjun) Sembilan Tingkat masih menjadi obyek wisata andalan Kabupaten Bengkulu Utara, provinsi Bengkulu yang banyak dikunjungi wisatawan baik domestik maupun asing.


“Obyek wisata itu menjadi salah satu favorit para wisatawan yang berkunjung ke Bengkulu, karena unik dan memiliki kekhasan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Edi Nevian di Bengkulu, Minggu.

Keunikan air terjun itu, yakni air yang mengalir dari atas bukit membentuk sembilan tingkatan, sangat berbeda dengan air terjun di tempat lain yang airnya jatuh lurus dari atas ke bawah.

airterjuntinoor_large.jpg
air-terjun-12.jpg
air+terjun+dolo1.JPG

Sekarang kita menyebrang ke Jawa dan Nusa Tenggara deh /heh

1. Gunung Rinjani
Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 m dpl serta terletak pada lintang 8º25' LS dan 116º28' BT ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha dan ini akan diusulkan penambahannya sehingga menjadi 76.000 ha ke arah barat dan timur.
Gunung Rinjani dengan titik tertinggi 3.726 m dpl, mendominasi sebagian besar pemandangan Pulau Lombok bagian utara.

Di sebelah barat kerucut Rinjani terdapat kaldera dengan luas sekitar 3.500 m × 4.800 m, memanjang kearah timur anda barat. Di kaldera ini terdapat Segara Anak (segara= laut, danau) seluas 11.000.000 m persegi dengan kedalaman 230 m. Air yang mengalir dari danau ini membentuk air terjun yang sangat indah, mengalir melewati jurang yang curam. Di Segara Anak banyak terdapat ikan mas dan mujair sehingga sering digunakan untuk memancing. Bagian selatan danau ini disebut dengan Segara Endut.

Di sisi timur kaldera terdapat Gunung Baru (atau Gunung Barujari) yang memiliki kawah berukuran 170m×200 m dengan ketinggian 2.296 - 2376 m dpl. Gunung kecil ini terakhir aktif/meletus sejak tanggal 2 Mei 2009 dan sepanjang Mei, setelah sebelumnya meletus pula tahun 2004.[1][2] Jika letusan tahun 2004 tidak memakan korban jiwa, letusan tahun 2009 ini telah memakan korban jiwa tidak langsung 31 orang, karena banjir bandang pada Kokok (Sungai) Tanggek akibat desakan lava ke Segara Anak.[3] Sebelumnya, Gunung Barujari pernah tercatat meletus pada tahun 1944 (sekaligus pembentukannya), 1966, dan 1994.

Selain Gunung Barujari terdapat pula kawah lain yang pernah meletus,disebut Gunung Rombongan.
300px-Gunung_Rinjani_from_Gili_Trawangan_1.jpg
300px-Kawahsegaraanak.jpg
300px-Rinjani_1994.jpg
rinjani11.jpg

2. Ngada Old Village
Orang-orang Ngada Flores sentral, seperti suku-suku yang paling asli di Asia, produk dari sejarah panjang dan berbelit melibatkan kolonialisme, penaklukan dan migrasi. kebiasaan aneh mereka pemakaman dan pengorbanan binatang menghubungkannya dengan suku-suku di Sulawesi, Malaku dan Sumatra - dan bahkan sejauh Cina, Laos dan Myanmar - namun di sini mereka mengempaskan turun di tengah pulau Indonesia yang paling Katolik.
Luba, sebuah desa kecil sekitar 20 jerami, rumah kaku ditetapkan dalam konfigurasi bujur sangkar yang mengelilingi sebuah halaman pusat. halaman itu dipenuhi dengan makam leluhur penting mengangkat dan payung kanopi berbentuk jerami yang mewakili laki-laki - ngadhu. Bhaga, untuk mewakili, yang feminin mini mengukir rumah-rumah kecil yang duduk bertengger di atas rumah-rumah yang sebenarnya, bersama dengan gambar boneka kayu seperti laki-laki dan perempuan, yang mewakili keluarga baik lama meninggal dan baru-baru ini meninggal.



Dari teras rumah setiap mengintip keriput pria, wanita kuno dan balita kotoran-dioleskan - semua orang baik yang bekerja atau di sekolah. Kami melambai alih oleh kepala desa ompong tua dan diminta untuk mengisi buku tamu yang ia dihasilkan dengan berkembang, bersama dengan sebuah sumbangan kecil untuk mendukung penyebab lokal. Begitu kita mengatakan "" kami Selamats "dan Hello Misters sudah berbelok kita di antara dwelings melihat ikat yang indah, permadani dan sarung tenun warna-warni.



Desa Bena adalah dua kali ukuran Luba dan dibangun dengan gaya yang lebih tradisional dari dua baris rumah saling berhadapan. Seperti di Luba, ruang di antara barisan paralel diisi dengan berbagai akrab totems, gundukan kuburan dan ngadhu.

Dia tenggelam dalam pikirannya mencoba memutuskan apa yang harus jawab kami. Catatan kaki biru nila nya dicelup.

Wanita-wanita tua terkekeh yang duduk di masing-masing teras yang indah dalam penampilan mereka aneh, gigi mereka melesat dengan jus sirih kacang merah darah, blueberry kaki berwarna dari nila yang zat ikat mereka, memutar-mutar rambut panjang abu-abu ke dalam roti dan ditempelkan dengan dihiasi mengkilap tongkat.

Ketika kami berbicara dengan mereka dalam kita rusak (sangat rusak) Bahasa mereka mengangkat kepala mereka dan tertawa, sirih lebih terbang keluar dari mulut mereka kusut. Kami membeli beberapa potong tenun yang indah, dan saat aku mencoba tambang sebagai syal wanita itu mulai melolong tertawa dan menggelengkan kepala, menunjuk bahwa itu harus dipakai sebagai sabuk lebar. Aku wajib, dan bahkan tidak terlalu banyak .... barter.


Di ujung desa ada Virgin Mary kuil di puncak bukit kecil yang menghadap ke puncak gunung berapi merokok dekat Wawo Muda dan jurang yang dalam di bawah ini. Tampilan, baik dari desa dan gunung, itu hati.

IMG_0191.jpg
Bena+village.jpg
Bhaga+Ngada+in+Bena+village.jpg

3. Taman Sari Water Palace, Jogjakarta
Taman Sari Yogyakarta atau Taman Sari Keraton Yogyakarta adalah sebuah situs bekas taman atau kebun istana (royal garden) Keraton Yogyakarta. Hal ini dapat dibandingkan dengan Kebun Raya Bogor sebagai kebun Istana Bogor. Kebun ini dibangun pada zaman Sultan Hamengku Buwono I (HB I) pada tahun 1758-1765/9. Awalnya, taman yang mendapat sebutan "The Fragrant Garden" ini memiliki luas lebih dari 10 hektar dengan sekitar 57 bangunan baik berupa gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, maupun danau buatan beserta pulau buatan dan lorong bawah air. Kebun yang digunakan secara efektif antara 1765-1812 ini pada mulanya membentang dari barat daya kompleks Kedhaton sampai tenggara kompleks Magangan. Namun saat ini, sisa-sisa bagian Taman Sari yang dapat dilihat hanyalah yang berada di barat daya kompleks Kedhaton saja.

Konon, Taman Sari dibangun di bekas keraton lama, Pesanggrahan Garjitawati, yang didirikan oleh Susuhunan Paku Buwono II sebagai tempat istirahat kereta kuda yang akan pergi ke Imogiri. Sebagai pimpinan proyek pembangunan Taman Sari ditunjuklah Tumenggung Mangundipuro. Seluruh biaya pembangunan ditanggung oleh Bupati Madiun, Tumenggung Prawirosentiko, besrta seluruh rakyatnya. Oleh karena itu daerah Madiun dibebaskan dari pungutan pajak. Di tengah pembangunan pimpinan proyek diambil alih oleh Pangeran Notokusumo, setelah Mangundipuro mengundurkan diri. Walaupun secara resmi sebagai kebun kerajaan, namun bebrapa bangunan yang ada mengindikasikan Taman Sari berfungsi sebagai benteng pertahanan terakhir jika istana diserang oleh musuh. Konon salah seorang arsitek kebun kerajaan ini adalah seorang Portugis yang lebih dikenal dengan Demang Tegis.

Kompleks Taman Sari setidaknya dapat dibagi menjadi 4 bagian. Bagian pertama adalah danau buatan yang terletak di sebelah barat. Bagian selanjutnya adalah bangunan yang berada di sebelah selatan danau buatan antara lain Pemandian Umbul Binangun. Bagian ketiga adalah Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati yang terletak di selatan bagian kedua. Bagian terakhir adalah bagian sebelah timur bagian pertama dan kedua dan meluas ke arah timur sampai tenggara kompleks Magangan.

tamansari.jpg
tamansaribaru0gk.jpg
p155547-jogjakarta-taman_sari.jpg
http://files.myopera.com/pratanti/albums/537647/Taman%20Sari%202%20BW.jpg/IMG][/CENTER][/spoiler]
[/spoiler]

Sekarang kita langsung ke Timur Indonesia tepatnya di daerah Papua yang sekaligus menjadi tempat tujuan kita yang terakhir /heh

[spoiler=Papua]
1. Cartenz Pyramid , Papua
Carstensz Pyramid (tidak harus bingung dengan Puncak Jaya - "Kemenangan Peak") adalah titik tertinggi di Oseania. Ini berdiri sendiri antara Himalaya dan Andes. Dengan demikian, membuatnya juga titik tertinggi antara belahan Timur dan Barat. Mengingat fakta bahwa itu adalah kurang tertinggi (4,884 m / 16,023 meter dpl) di antara Tujuh Summits Agung, tetapi itu adalah puncak-satunya yang membutuhkan teknik rock climbing keterampilan untuk skala itu.

Batu granit besar ini dikelilingi oleh keindahan pulau Papua, paling timur Indonesia (dahulu disebut Irian Jaya). Mereka keindahan terletak pada aspek bervariasi berupa tanah, tanaman dan kehidupan hewan, dan terutama, orang-orang.

Trekking ke Base Camp melalui rute klasik dari Ilaga akan memberikan pengalaman seumur hidup ekspedisi dengan menghadapi suku-suku yang sebagian besar dari mereka masih mempertahankan gaya hidup batu-usia.

[spoiler=picture][CENTER][IMG]http://dwp.bigplanet.com/lincolnh/nss-folder/irianjaya/IJ.1CarstenszSIce.20x.jpg
carstensz2002.jpg
carstensz-pyramid1.jpg
bs2Carstensz%20Pyramid%20rom%20Pass.jpg

2. Lorentz National Park, Papua
Taman Nasional Lorentz merupakan perwakilan dari ekosistem terlengkap untuk keanekaragaman hayati di Asia Tenggara dan Pasifik. Kawasan ini juga merupakan salah satu diantara tiga kawasan di dunia yang mempunyai gletser di daerah tropis. Membentang dari puncak gunung yang diselimuti salju (5.030 meter dpl), hingga membujur ke perairan pesisir pantai dengan hutan bakau dan batas tepi perairan Laut Arafura. Dalam bentangan ini, terdapat spektrum ekologis menakjubkan dari kawasan vegetasi alpin, sub-alpin, montana, sub-montana, dataran rendah, dan lahan basah.

Selain memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi, terdapat pula beberapa kekhasan dan keunikan adanya gletser di Puncak Jaya dan sungai yang menghilang beberapa kilometer ke dalam tanah di Lembah Balliem.

Sebanyak 34 tipe vegetasi diantaranya hutan rawa, hutan tepi sungai, hutan sagu, hutan gambut, pantai pasir karang, hutan hujan lahan datar/lereng, hutan hujan pada bukit, hutan kerangas, hutan pegunungan, padang rumput, dan lumut kerak.

Jenis-jenis tumbuhan di taman nasional ini antara lain nipah (Nypa fruticans), bakau (Rhizophora apiculata), Pandanus julianettii, Colocasia esculenta, Avicennia marina, Podocarpus pilgeri, dan Nauclea coadunata.

Jenis-jenis satwa yang sudah diidentifikasi di Taman Nasional Lorentz sebanyak 630 jenis burung (± 70 % dari burung yang ada di Papua) dan 123 jenis mamalia. Jenis burung yang menjadi ciri khas taman nasional ini ada dua jenis kasuari, empat megapoda, 31 jenis dara/merpati, 30 jenis kakatua, 13 jenis burung udang, 29 jenis burung madu, dan 20 jenis endemik diantaranya cendrawasih ekor panjang (Paradigalla caruneulata) dan puyuh salju (Anurophasis monorthonyx).

Satwa mamalia tercatat antara lain babi duri moncong panjang (Zaglossus bruijnii), babi duri moncong pendek (Tachyglossus aculeatus), 4 jenis kuskus, walabi, kucing hutan, dan kanguru pohon.
Taman Nasional Lorentz ditetapkan sebagai Situs Warisan Alam Dunia oleh UNESCO dan Warisan Alam ASEAN oleh negara-negara ASEAN.


Taman nasional ini memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi dan ditunjang keanekaragaman budaya yang mengagumkan. Diperkirakan kebudayaan tersebut berumur 30.000 tahun dan merupakan tempat kediaman suku Nduga, Dani Barat, Amungme, Sempan dan Asmat. Kemungkinan masih ada lagi masyarakat yang hidup terpencil di hutan belantara ini yang belum mengadakan hubungan dengan manusia modern.

Suku Asmat terkenal dengan keterampilan pahatan patungnya. Menurut kepercayaannya, suku tersebut identik dengan hutan atau pohon. Batang pohon dilambangkan sebagai tubuh manusia, dahan-dahannya sebagai lengan, dan buahnya sebagai kepala manusia. Pohon dianggap sebagai tempat hidup para arwah nenek moyang mereka. Sistem masyarakat Asmat yang menghormati pohon, ternyata berlaku juga untuk sungai, gunung dan lain-lain.

Lorentz ditunjuk sebagai taman nasional pada tahun 1997, sehingga fasilitas/sarana untuk kemudahan pengunjung masih sangat terbatas, dan belum semua obyek dan daya tarik wisata alam di taman nasional ini telah diidentifikasi dan dikembangkan.

manupeu.jpg

350px-Yosemite_2_bg_090404.jpg
f_5hvamgf5qw7m_a51b12b.jpg
lorentz.jpg
anak-sungai-taman-nasional-gunung-halimun.jpg


3. Raja Ampat
Yang ini sudah pernah gw angkat kan /heh ada disini

Nah dengan demikian berakhirlah kunjungan kita ke seluruh pelosok Indonesia /heh

Mungkin masih banyak yang tidak saya masukkan khususnya yang sudah banyak diketahui orang memang tidak saya masukkan /hmm

Akhir kata saya ucapkan terima kasih kalau bagus silahkan kasih GRP kalau misalnya repost maaf sekali /hmm

Makasih Semuanya Maju Terus Indoforum \m/ Yay ! /heh
 
wah emang keren alam indo btw selamt y udah 5k

kapan gw kasi cendol lagi deh wkwkwk:D:D
 
wah, sampe merinding baca-nya,.../wah

saking kerennya,..../no1

i lov indonesia,....../lv

Rate Full aja dah,....
rating_5.gif
 
kereennya indo /no1

sayang masyarakat kurang sadar akan halnya ini :(

nice thread bro /no1
 
Wah gan selamat ya post 5000 wkwkwk...
makin ketinggalan saya....

Btw,
Danau Toba mana gan...... /sob /sob
 
Danau Toba udah banyak yang tau alias udah terkenal fer /hmm gw angkat yang nggak banyak diketahui orang tapi memiliki potensi luar biasa /heh
 
slamet ya uda 5k post /no1

gue suka danau toba tuh padahal /heh
 
kenape yang di jawa cuman 1...?/hmm

bukannya banyak neh,,,?/hmm

btw, congratz ajalah.../gg

rate full.../gg

grepe ntar malem.../gg
 
Alam Indonesia memang indah, tapi sayang pemerintah tidak bisa memanfaatkan untuk hal yang berguna misal dijadikan tempat pariwisata /ok
 
keren" . . . .
cuma Indonesia yang seperti ini

btw Congtraz udh 5k /no1
 
bused cepet amat om 5 rebu :-SS
nice trit, mesti spread om :(
congruation ya om /no1
 
nice thread lah....
mana nih hadiahnya buat gw, kan udah mampir /gg
 
nice thread /no1
tapi ada yang kurang kek nya nih..
Danau tertinggi (Danau gunung tujuh) di dunia kok ga ada ya??/hmm
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.