• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Which Jesus will you trust?

mungkin anda salah mengerti. Saya juga setuju bahwa tidak akan ada yang bisa mengerti 100%. Sayapun juga tidak akan mampu. Tetapi dengan kuasa dan bantuan Roh Kudus, saya yakin kita bisa! :) Dan setiap hari kita lalui untuk mengenal Tuhan lebih lagi.
Selamat mencari Allah, Bro!
Cobalah mencari Allah semampu kamu... :):)

Untuk kasus kedua, saya katakan untuk kita. karena itu berlaku untuk kita.
Meskipun dalam tulisan itu memang ditujukan untuk para rasul. Tetapi berlaku sampai sekarang, untuk kita semua, kita dijanjikan akan dipenuhi dengan Roh Kudus, Roh Penghibur yang akan memberikan kita karunia-karunia baru dan akan menemani kita kemanapun kita pergi, apakah untuk keperluan pribadi, maupun untuk keperluan kerajaan Allah. Dan jika anda melihat Firman itu di depan mata anda sendiri, itulah bukti bahwa itu sudah dinyatakan pada dunia, bukan, melalui Alkitab, buku terlaris di dunia dan yang terjemahannya paling banyak, dan tidak akan bisa ditandingi oleh buku manapun, bukan?
Tidak Bro....
Kasus ini sudah jelas bahkan sudah ada pembandingnya:

Yoh 14:22 Yudas, yang bukan Iskariot, berkata kepada-Nya: "Tuhan, apakah sebabnya maka Engkau hendak menyatakan diri-Mu kepada kami, dan bukan kepada dunia?"

1. Kalimat itu diucapkan kepada dan untuk hanya Para Rasul
2. Kalau memang itu dimaksudkan untuk umum, pastilah kata bukan kepada dunia? tidak akan masuk dalam kalimat itu.

Hati2 dengan orang yg merasa dipenuhi Roh Kudus, dan merasa berhak menjelaskan Kitab Suci diluar Ajaran Apostolik!

2Tesalonika 2:15
Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis.?

2 Tesalonika 3:6
Tetapi kami berpesan kepadamu, saudara-saudara, dalam nama Tuhan Yesus Kristus, supaya kamu menjauhkan diri dari setiap saudara yang tidak melakukan pekerjaannya dan yang tidak menurut ajaran yang telah kamu terima dari kami.


Siapakah dengan "kami" yg dimaksud diatas?
Itulah Para Rasul, dan lewat suksesi Apostolik itulah ajaran Para Rasul diwariskan secara hidup kepada Gereja Katolik!


Salam
Jebling
 
Bukankah sekarang seluruh isi dari Alkitab itu sudah dinyatakan kepada kita? Dan Tuhanpun memberikan kita juga Penghibur itu, yaitu Roh Kudus, supaya kita diajarkan oleh Roh Kudus, dan mengingatkan kita akan segala ucapan Yesus, yaitu Firman Tuhan itu sendiri, dan kita mengajarkannya kepada orang lain, menurut pengertian dari Firman Tuhan dan dari Roh Kudus?
 
ehm..mengenai tradisi2.

saya respek dng tadisi2 tsb.
cuma kalo ada tradisi yg tidak lulus ujian bible LAI, ga mau terima deh.

saya ga mau dibilang Jesus:Mat 15:3 Whydo ye also transgress the commandment of God by your tradition?
 
jangan salah lho, terjemahannya LAI juga ada salah-salahnya.
 
ehm..mengenai tradisi2.

saya respek dng tadisi2 tsb.
cuma kalo ada tradisi yg tidak lulus ujian bible LAI, ga mau terima deh.

saya ga mau dibilang Jesus:Mat 15:3 Whydo ye also transgress the commandment of God by your tradition?

jangan salah lho, terjemahannya LAI juga ada salah-salahnya.

Saya jadi tidak tau harus berkata apa apa...................ha ha ha .........

Saya juga jadi tidak yakin apakah Katolik mengerti atau bisa berbahasa Indonesia atau tidak, rasa rasa ngomong sama Cinta Laura, sudah banjier, beciek and ga ada ojiek.... ha ha ha ............
 
@manukdadali

kalo km ada wktu tlg list lan beberapa tradisi suci.dan penjelasan singkat nya.
 
ehm..mengenai tradisi2.

saya respek dng tadisi2 tsb.
cuma kalo ada tradisi yg tidak lulus ujian bible LAI, ga mau terima deh.

saya ga mau dibilang Jesus:Mat 15:3 Whydo ye also transgress the commandment of God by your tradition?

Di Forum sebelah kamu juga mempost Mat. 15:3 untuk membenarkan pandangan anti tradisimu. Kamu tidak paham arti sebenarnya dari Matius 15:3 dan hanya mengambil sebagian kalimat yang kamu suka saja.....berbahaya...berbahaya....X( Ini adalah rangkuman tulisan dari Sdr. DV yang sudah aku modifikasi untuk menjawab pernyataan katolik aka immanueljc

Mari kita lihat ayat Matius 15:3-9 secara lebih lengkap!

Tetapi jawab Yesus kepada mereka: "Mengapa kamupun melanggar perintah Allah demi adat istiadat nenek moyangmu? Sebab Allah berfirman: Hormatilah ayahmu dan ibumu; dan lagi: Siapa yang mengutuki ayahnya atau ibunya pasti dihukum mati. Tetapi kamu berkata: Barangsiapa berkata kepada bapanya atau kepada ibunya: Apa yang ada padaku yang dapat digunakan untuk pemeliharaanmu, sudah digunakan untuk persembahan kepada Allah, orang itu tidak wajib lagi menghormati bapanya atau ibunya. Dengan demikian firman Allah kamu nyatakan tidak berlaku demi adat istiadatmu sendiri. Hai orang-orang munafik! Benarlah nubuat Yesaya tentang kamu:Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh dari pada-Ku. Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia."

Seperti yang kamu tau dalam 10 perintah Allah penghormatan kepada Ayah dan Ibu kita merupakan suatu hal yang sangat penting, dan ini adalah yang ditulis oleh Allah sendiri! Dan penghormatan kepada ayah dan ibu merupakan perintah 1 dari Allah terhadap hukum hubungan antara sesama manusia!

Ayat Matius di atas merupakan teguran kepada para ahli Farisi yang menyalahgunakan konsep "kurban" (sama seperti akar kata bahasa Indo "korban"). Dengan konsep "kurban" ini para umat Yahudi bisa mempersembahkan semua miliknya (rumah, ternak etc) kepada Kuil NAMUN si orang tesebut masih dapat memakainya. Dan "kurban" yang dipersembahkan ini dianggap sebagai milik kuil meskipun masih dipake orang yang menyumbangkannya. Implikasi dari praktek ini adalah seseorang jadi menghilangkan kewajibannya untuk menjaga orang tua mereka yang sudah lanjut usia dengan miliknya. Dia bisa mengatakan kalo dia sebenarnya tidak memiliki apa-apa untuk diberikan pada orang tua yang sudah renta, semua milik dia sudah di"kurban"kan ke kuil, meskipun dia sendiri sebenarnya masih menggunakan dan menikmati hasil dari milik dia sendiri! Kedua Kuil semakin kaya. Dan tentu saja para Imam Farisi semakin kaya!

Itulah inti dari ayat teguran di atas kepada Ahli Farisi munafik...namun kamu menggunakannya untuk menyalahkan tradisi yang dianut dengan benar oleh Gereja Katholik yang kudus, dimana jelas2 dalam alkitab juga terdapat ayat2 lain dimana Yesus menyuruh untuk mengikuti Tradisi yang benar (Matius 23:2-3) dan juga berbagai surat dari Paulus yang menyuruh Umat Kristus untuk mengikuti Tradisi Suci yang benar (2Tes 2:15, 2Tes 3:6, 1Kor 11:2).

Kamu (katolik aka immanueljc) seperti halnya orang Saduki pada jaman dahulu yang sangat Sola Scriptura (seakan2 :D karena jaman sekarang Protestant menurutku sangat Sola Fide namun tidak Scriptura :D )....sedangkan orang Farisi adalah sekte yang mengacu pada tradisi! Dan separah-parahnya kemunafikan orang Farisi dan sesatnya pandangan sekte Saduki, Yesus sendiri masih memuji ajaran FARISI yang mengikuti TRADISI! (bukan perbuatan munafiknya)...Yang dikutuk oleh Yesus bukan tradisinya, melainkan KEMUNAFIKAN ORANG FARISI!

Matius 23:1-3
Maka berkatalah Yesus kepada orang banyak dan kepada murid-murid-Nya, kata-Nya:"Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi telah menduduki kursi Musa. Sebab itu turutilah dan lakukanlah segala sesuatu yang mereka ajarkan kepadamu, tetapi janganlah kamu turuti perbuatan-perbuatan mereka, karena MEREKA MENGAJARKAN TAPI TIDAK MELAKUKANNYA."


Pemahaman "kursi Musa" itu adalah kursi dimana ahli Taurat mengajarkan taurat kepada Umat Yahudi. Ini tidak ada dalam perjanjian lama karena ini adalah hasil dari tradisi. Dan Yesus merasa tidak ada masalah dengan tradisi ini.

Dan, bagaimana kamu bisa bilang kalo Alkitab menyuruh untuk merendahkan Tradisi sedangkan jelas ditulis:

2 Tesalonika 2:15
Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis.


Lisan maupun tertulis

Beberapa ayat yang mendukung Tradisi Suci

2 Tesalonika 3:6
Tetapi kami berpesan kepadamu, saudara-saudara, dalam nama Tuhan Yesus Kristus, supaya kamu menjauhkan diri dari setiap saudara yang tidak melakukan pekerjaannya dan yang tidak menurut ajaran yang telah kamu terima dari kami.

Disini ditunjukkan bagaimana Paulus menyuruh orang umat untuk menjauhkan diri dari umat lain yang tidak menuruti tradisi/ajaran yang telah diterima dari Rasul.


Pernyataan di atas yang diulas oleh Sdr. DV sejalan dengan tulisanku selanjutnya di bawah ini yang aku kutip dari surat Santo Athanasius yang kedua, dan beliau menggunakan kutipan ayat dari Matius yang sangat disuka oleh immanueljc, namun dengan intepretasi yang benar dan sekaligus mengutuk KEMUNAFIKAN dan juga para sekte YANG HANYA MENGAKUI KITAB SUCI NAMUN MENOLAK TRADISI SUCI....beliau menulis sebagai berikut:

For not only in outward form did those wicked men dissemble, putting on as the Lord says sheep's clothing, and appearing like whited sepulchres; but they took those divine words in their mouth, while they inwardly cherished evil intentions. And the first to put on this appearance was the serpent, the inventor of wickedness from the beginning— the devil—who, in disguise, conversed with Eve, and forthwith deceived her. But after him and with him are all inventors of unlawful heresies, who indeed refer to the Scriptures, but do not hold such opinions as the saints have handed down, and receiving them as the traditions of men, err, because they do not rightly know them nor their Matthew 22:29 power.

Therefore Paul justly praises the Corinthians 1 Corinthians 11:2, because their opinions were in accordance with his traditions. And the Lord most righteously reproved the Jews, saying, 'Wherefore do you also transgress the commandments of God on account of your traditions Matthew 15:3.' For they changed the commandments they received from God after their own understanding, preferring to observe the traditions of men. And about these, a little after, the blessed Paul again gave directions to the Galatians who were in danger thereof, writing to them, 'If any man preach to you anything else than that you have received, let him be accursed Galatians 1:9.'


Salam,
Rafa02
 
yes rafa..i understand what u mean.

rafa if u want..plz write for us all...some of the holly tradition, and short explanation bout that..
 
yes rafa..i understand what u mean.

rafa if u want..plz write for us all...some of the holly tradition, and short explanation bout that..

Apa yang ingin kamu harapkan dari jawaban yang akan aku berikan dari pertanyaan di atas? Darimana aku bisa tau kamu ingin tulus belajar dan memahami iman Katholik?

Sebetulnya pertanyaanku di atas bisa dijawab olehmu sehingga aku bisa mengerti maksud dan tujuanmu dengan melihat pemahamanmu dari bagaimana kamu menjawab semua argumentasiku sebelumnya :D Tp ternyata kamu hanya mengatakan "i understand".....semudah itukah orang yang anti tradisi bisa memahami tulisanku tsb? :D

Atau kamu memang sudah mengerti bahwa caramu memotong ayat dan mengambil seenaknya saja sesuai pemahamanmu selalu berujung pada tembok dari penjelasan iman Katholik?....Kamu tau..yang sangat menyedihkan Rasul yang kamu klaim anti tradisi sangat tunduk pada Tradisi tersebut :D

Salam,
Rafa02
 
Jebing...

Salam Damai

Di thread Pertanyaan unt direnungkan dlm Katolik. (in english), yg sudah di closed oleh modie, ada beberapa pertanyaan yg baik juga kalau didiskusikan. Tanpa flame tentunya.... dan tidak usah in english.

Seperti kata Bro Manukdadali yg akan membahas satu-satu, maka saya mencoba membahas yg ini dulu.

Which Jesus will you trust?
Xerox sudah mencoba menjawabnya dengan puanjaaangggg (bahkan sampai sekarang belum selesai dan kita dilarang mereply :P) di trid Khusus yang ingin Mengenal Jesus Kristus. (memang seharusnya ada beberapa catatan yg akan saya buat di sana)

Which Jesus will you trust?
Jawaban paling singkat, namun jelas dan lengkap, adalah dalam Syahadat Singkat! Inilah Yesus yg kita imani:



Dan akan Yesus Kristus,
Putera-Nya yang tunggal, Tuhan kita,
Yang dikandung dari Roh Kudus,
Dilahirkan oleh Perawan Maria,
yang menderita sengsara dalam pemerintahan Pontius Pilatus,
disalibkan, wafat, dan dimakamkan,
Yang turun ke tempat penantian,
pada hari ketiga bangkit dari antara orang mati,
Yang naik ke surga,
duduk di sebelah kanan Allah Bapa yang Mahakuasa.
Dari situ Ia akan datang,
mengadili orang hidup dan mati.



Nah, siapa yg mau membahas lebih lanjut?
Boleh reply dan quote mulai dari sekarang....:D:D:D


Salam
Jebling

nih kalo gw yang baut tread dah dapet bata merah dua neh....
 
@manukdadali

kalo km ada wktu tlg list lan beberapa tradisi suci.dan penjelasan singkat nya.

Malas ah, udah nulis panjang2 kamu cuma menanggapinya seperti tidak serius, di jawab sepotong sepotong, apa kamu pikir menulis 2-3 halaman itu ngga pake dipikir apa ?

Apa lebih baik kamu saja yang menulis di Katolik ada tradisi seperti ini, trus kamu bilang ini tidak sesuai dgn bible LAI mu, karena bla bla bla ........

Nanti saya yg menjawab.

Bagaimana ? adil kan, kemarin aku yg nulis sekarang kamu yg nulis ?

Bisakah demikian ?
 
Bukankah sekarang seluruh isi dari Alkitab itu sudah dinyatakan kepada kita? Dan Tuhanpun memberikan kita juga Penghibur itu, yaitu Roh Kudus, supaya kita diajarkan oleh Roh Kudus, dan mengingatkan kita akan segala ucapan Yesus, yaitu Firman Tuhan itu sendiri, dan kita mengajarkannya kepada orang lain, menurut pengertian dari Firman Tuhan dan dari Roh Kudus?
Bukankah dalam perikop diatas, Roh Kudus hanya diturunkan kepada Para Rasul bukan kepada Dunia (umum)?
Itu berarti yg berhak mengajarkan ajaran Iman hanyalah Para Rasul dan para penggantinya.
Kita pun bisa juga mengatakan bahwa Roh Kudus hadir dalam diri kita, tetapi tidak untuk mengajarkan iman, apalagi menafsirkan KS yg ditulis oleh Bapa Gereja, dikanonkan oleh Bapa Gereja dan diajarkan oleh Bapa Gereja!

APakah kamu bisa mengartikan hal2 yg tertulis dalam KS setepat dan sebenar Bapa Gereja yg menulis, mengkanon dan mengajarkannya?


Salam
Jebling
 
Bukankah dalam perikop diatas, Roh Kudus hanya diturunkan kepada Para Rasul bukan kepada Dunia (umum)?
Itu berarti yg berhak mengajarkan ajaran Iman hanyalah Para Rasul dan para penggantinya.
Kita pun bisa juga mengatakan bahwa Roh Kudus hadir dalam diri kita, tetapi tidak untuk mengajarkan iman, apalagi menafsirkan KS yg ditulis oleh Bapa Gereja, dikanonkan oleh Bapa Gereja dan diajarkan oleh Bapa Gereja!

APakah kamu bisa mengartikan hal2 yg tertulis dalam KS setepat dan sebenar Bapa Gereja yg menulis, mengkanon dan mengajarkannya?


Salam
Jebling
jika itu menurut anda, berarti apakah misalyna setiap penginjilan ke daerah2 terpencil misalnya, harus atas nama dan instansi gereja?

Jika itu menurut anda, mengapa Tuhan melalui rasul-rasulNya Paulus, Petrus, Apolos, dkk, memberikan curahan Roh Kudus pada jemaat-jemaat di kota-kota? Bahkan Pauluspun menekankan akan kepenuhan Roh pula, melalui surat-surat kepada jemaat-jemaat di kota-kota asuhannya?

Terakhir, apakah anda pernah mendengar kata-kata seperti ini, bahwa anda tidak akan pernah ada habisnya mempelajari Alkitab, meskipun isi dari Alkitab tidak berkembang, hanya segitu-segitu saja?
 
jika itu menurut anda, berarti apakah misalyna setiap penginjilan ke daerah2 terpencil misalnya, harus atas nama dan instansi gereja?
Tidak. Bahkan Gerejapun belum mampu untuk itu.
Namun setiap pewartaan harusnya berdasarkan atas ajaran yg benar!
Kita di sini adalah mempelajari ajaran yg benar, ajaran yg sudah 20 abad diajarkan secara turun temurun lewat Suksesi Apostolik dan Tradisi Suci.
Sayapun tidak berhak mewartakan sesuatu yg lain, yg tidak diajarkan oleh Magisterium Gereja!


Jika itu menurut anda, mengapa Tuhan melalui rasul-rasulNya Paulus, Petrus, Apolos, dkk, memberikan curahan Roh Kudus pada jemaat-jemaat di kota-kota? Bahkan Pauluspun menekankan akan kepenuhan Roh pula, melalui surat-surat kepada jemaat-jemaat di kota-kota asuhannya?
Seperti yg saya katakan,
Rahmat Roh Kudus dibutuhkan dalam keselamatan.
Rahmat Roh Kuduslah yg membimbing kamu untuk menemukan iman yg benar!
Tetapi bukan memberikan hak kepada kamu untuk mengajarkan diluar ajaran Para Rasul yg diwariskan kepada Magisterium Gereja!


Terakhir, apakah anda pernah mendengar kata-kata seperti ini, bahwa anda tidak akan pernah ada habisnya mempelajari Alkitab, meskipun isi dari Alkitab tidak berkembang, hanya segitu-segitu saja?
Ya...
Tetapi tentu saja bukan ajaran yg menyimpang bahkan bertolak belakang dari Ajaran Para Rasul dan Magisterium Gereja!
Justru karena ALlah kita konsisten, alfa dan omega.
Bukankah sangat aneh kalau ALlah yg sama itu mengajarkan dua hal yg saling bertentangan?


Salam
Jebling
 
ah...kaku...ga fleksibel...itulah kantung kulit anggur lama.
 
ah...kaku...ga fleksibel...itulah kantung kulit anggur lama.

Bagaimana ukuran dari fleksibel dan tidak fleksible itu, apa yg membedakan kantung lama dan kantung baru itu ? perumpamaan itu di tujukan untuk siapa ?

Kalau aku lihat (mudah mudahan aku salah) kamu itu makin lama terlihat makin tidak Kristen, kalau orang Kristen harus menurut apa yg di ajarkan oleh Yesus, bukan menurut kehendak hatinya sendiri, semoga kamu mengerti :(
 
ah...kaku...ga fleksibel...itulah kantung kulit anggur lama.
Yg fleksible adalah:
Yg mengijinkan pernikahan gay
Yg melegalkan homosexsual
yg melegalkan aborsi
yg mengaku kepenuhan roh kudus.. ternyata kerasukan roh halus.
yg menolak Ajaran Bapa Gereja selama 16 abad bahkan sampai sekarang, 20 abad... wow....


Salam
Jebling
 
permisi.. orang baru ikutan nimbrung.. :">

mungkin anda salah mengerti. Saya juga setuju bahwa tidak akan ada yang bisa mengerti 100%. Sayapun juga tidak akan mampu. Tetapi dengan kuasa dan bantuan Roh Kudus, saya yakin kita bisa! :) Dan setiap hari kita lalui untuk mengenal Tuhan lebih lagi.

dengan kuasa dan bantuan Roh Kudus serta bimbingan dan pengarahan dr ajaran Gereja Katolik yang berdasarkan ajaran para rasul ;)

Untuk kasus kedua, saya katakan untuk kita. karena itu berlaku untuk kita.
Meskipun dalam tulisan itu memang ditujukan untuk para rasul. Tetapi berlaku sampai sekarang, untuk kita semua, kita dijanjikan akan dipenuhi dengan Roh Kudus, Roh Penghibur yang akan memberikan kita karunia-karunia baru dan akan menemani kita kemanapun kita pergi, apakah untuk keperluan pribadi, maupun untuk keperluan kerajaan Allah. Dan jika anda melihat Firman itu di depan mata anda sendiri, itulah bukti bahwa itu sudah dinyatakan pada dunia, bukan, melalui Alkitab, buku terlaris di dunia dan yang terjemahannya paling banyak, dan tidak akan bisa ditandingi oleh buku manapun, bukan?

ya tp kalo dibaca sendiri dr depan sampai belakang tanpa ada keterangan/bimbingan/dll/dst.. ntr dianggap novel fiksi atawa buku dongeng loh ;;)

Alkitab terlaris di dunia dan terjemahannya paling banyak.. seep deh.. tapi firman tanpa tafsirnya yg benar bisa dipelintir loh.. iblis aja percaya Yesus tapi tetap sesat.. iblis aja bisa ngutip alkitab buat bikin pencobaan2(tempts)... nah jadi tafsir tuw penting.. ato ga bsk aku tafsir alkitab dengan caraku aja dahhh.. trs aku bikin denominasi baru.. boleh gaxx??? :P:P

uupppss.. jgn lupa.. kalo cari buku2 tafsir, katekumen, tradisi, ajaran katolik, juga uda banyak koQ yg d terjemahin.. so jgn lupa cari yahh :x

Saya menjawab kedua pertanyaan tersebut, bukan berdasarkan literal saja, tetapi, juga melihat keadaan kita sekarang. GBU&JLU.

kyaaa~ bukan berdasarkan literal saja.... sola scripturanya udah ga diakuin lagi yah T____T tolong dong tradisi gereja juga diakuin kalo bisa... kan berdasarkan keadaan para rasul pada masa mereka... :>
 
Malas ah, udah nulis panjang2 kamu cuma menanggapinya seperti tidak serius, di jawab sepotong sepotong, apa kamu pikir menulis 2-3 halaman itu ngga pake dipikir apa ?

Apa lebih baik kamu saja yang menulis di Katolik ada tradisi seperti ini, trus kamu bilang ini tidak sesuai dgn bible LAI mu, karena bla bla bla ........

Nanti saya yg menjawab.

Bagaimana ? adil kan, kemarin aku yg nulis sekarang kamu yg nulis ?

Bisakah demikian ?

pegel juga kalau gak ditanggapi serius :D

disaat hikmat itu datang percayalah itu semua akan terus terjadi dengan sendirinya! seperti air yang mengalir dengan deras keluar tanpa dipikir :);)

cuma kalau lagi mandek, sebuah katapun tak bisa tertuliskan, apalagi menjadi kalimat ataupun barisan barisan argumen :)

intinya? bingung sendiri :D

NB:
1. nanya kalau lupa password id lama gimana cara bangkitkan id lama kita?
2. email lama juga udah lupa :D
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.