Which Jesus will you trust?

jebling

IndoForum Beginner C
Salam Damai

Di thread Pertanyaan unt direnungkan dlm Katolik. (in english), yg sudah di closed oleh modie, ada beberapa pertanyaan yg baik juga kalau didiskusikan. Tanpa flame tentunya.... dan tidak usah in english.

Seperti kata Bro Manukdadali yg akan membahas satu-satu, maka saya mencoba membahas yg ini dulu.

Which Jesus will you trust?
Xerox sudah mencoba menjawabnya dengan puanjaaangggg (bahkan sampai sekarang belum selesai dan kita dilarang mereply :P) di trid Khusus yang ingin Mengenal Jesus Kristus. (memang seharusnya ada beberapa catatan yg akan saya buat di sana)

Which Jesus will you trust?
Jawaban paling singkat, namun jelas dan lengkap, adalah dalam Syahadat Singkat! Inilah Yesus yg kita imani:



Dan akan Yesus Kristus,
Putera-Nya yang tunggal, Tuhan kita,
Yang dikandung dari Roh Kudus,
Dilahirkan oleh Perawan Maria,
yang menderita sengsara dalam pemerintahan Pontius Pilatus,
disalibkan, wafat, dan dimakamkan,
Yang turun ke tempat penantian,
pada hari ketiga bangkit dari antara orang mati,
Yang naik ke surga,
duduk di sebelah kanan Allah Bapa yang Mahakuasa.
Dari situ Ia akan datang,
mengadili orang hidup dan mati.



Nah, siapa yg mau membahas lebih lanjut?
Boleh reply dan quote mulai dari sekarang....:D:D:D


Salam
Jebling
 

manukdadali

IndoForum Beginner E
Sebenarnya yg aku herankan itu pertanyaan nya

Which Jesus will you trust?

yg which itu loh, emang ada berapa Jesus yg Jesus itu ?

Seperti pertanyaan orang yg seberang :-O
 

effie

IndoForum Staff Personnel
@manukdadali
nyebrang mana ya =))
aneh-aneh saja ya judulnya, baru membahas judul saja sudah membingungkan
apalagi mau mereply ...
ok2 silakan sharingnya dilanjut, God Bless
no flame ya /gawi
 

jebling

IndoForum Beginner C
Sebenarnya yg aku herankan itu pertanyaan nya

Which Jesus will you trust?

yg which itu loh, emang ada berapa Jesus yg Jesus itu ?

Seperti pertanyaan orang yg seberang :-O
Siapa tahu yg dia maksudkan adalah Yesus yg lain
Yesus itu banyak, lhoh....

Ngga usah jauh2 ke Israel
Coba jalan2 ke Filipina...
Disana juga banyak Yesus, kok...
Apalagi di Meksiko, Spanyol atau negara lain di amerika latin
Kamu bisa kenalan sama:
Yesus Gonzales,
Yesus de Rojas....



:D:D:D:D


nyebrang mana ya
tuh, ke forum tetangga....
cuman di sana dia kagak seberani di sini...
modienya serem2....hiiiiii



jah emg jesus ada berapa?? Isa = Yesus (Jesus)

jadi inti nya apa yah ??
Kalau Yesus yg sering disebut Isa Almasih (arab) memang cuma 1 orang.

Intinya:
mungkin dia (yg nanya itu) mempercayai Yesus yg lain!

:D:D:D:D


Salam
Jebling
 

ImmanuelJc

IndoForum Newbie D
i agree that. itu Yesus yg sama dng yg dipercayai orng protes,karis,presbetry..dll.
so..kenapa katolik anggap Jesus orng di luar grj K, adlh Jesus yg lain?

berikut tulisan blog teman saya: (swear ini bukan blog i)
Which Jesus will you trust?
The Jesus of the Bible promises eternal life, the complete forgiveness of sins, a permanent right standing with God and the power to live a victorious life. The Catholic Jesus is a Jesus that was never preached by the Apostles (2 Cor. 11:4). This counterfeit Christ provides only conditional life, partial forgiveness of sins, an ongoing need for priests and mediators, uncertainty, fear and doubt. Those who reject the true Jesus, who is clearly and conclusively revealed in His Word, will be judged accordingly. The Lord Jesus Christ said, "The word I spoke is what will judge him at the last day" (John 12:48)

thanks all, buat contribute answer2 nya.
 

manukdadali

IndoForum Beginner E
i agree that. itu Yesus yg sama dng yg dipercayai orng protes,karis,presbetry..dll.
so..kenapa katolik anggap Jesus orng di luar grj K, adlh Jesus yg lain?

berikut tulisan blog teman saya: (swear ini bukan blog i)
Which Jesus will you trust?
The Jesus of the Bible promises eternal life, the complete forgiveness of sins, a permanent right standing with God and the power to live a victorious life. The Catholic Jesus is a Jesus that was never preached by the Apostles (2 Cor. 11:4). This counterfeit Christ provides only conditional life, partial forgiveness of sins, an ongoing need for priests and mediators, uncertainty, fear and doubt. Those who reject the true Jesus, who is clearly and conclusively revealed in His Word, will be judged accordingly. The Lord Jesus Christ said, "The word I spoke is what will judge him at the last day" (John 12:48)

thanks all, buat contribute answer2 nya.
Kamu percaya apa kata teman kamu ?

Coba aku pingin dengar dulu apa jawaban kamu
 

jebling

IndoForum Beginner C
dia punya reasoning sangat kuat (bible based).
ak ga bisa bantah. karna itulah yg tertulis di bible.
ak percaya.
1. Seorang Katolik menolak ajaran "sola scriptura"

2. Seorang sola scriptura, seperti yg terjadi pada imannuel, tidak bisa menjawab "pertentangan" yg ada dalam ayat2 KS. Yg dahulu dia lakukan adalah menghadirkan lagi ayat2 yg mendukung sola fidenya untuk melawan ayat2 yg menolak sola fide. Justru seorang sola scriptura tidak bisa menjelaskan mengapa terjadi pertentangan itu.

Which Jesus will you trust?
The Jesus of the Bible promises eternal life, the complete forgiveness of sins, a permanent right standing with God and the power to live a victorious life. The Catholic Jesus is a Jesus that was never preached by the Apostles (2 Cor. 11:4). This counterfeit Christ provides only conditional life, partial forgiveness of sins, an ongoing need for priests and mediators, uncertainty, fear and doubt. Those who reject the true Jesus, who is clearly and conclusively revealed in His Word, will be judged accordingly. The Lord Jesus Christ said, "The word I spoke is what will judge him at the last day" (John 12:48)
Seperti yg Bro Manukdadali tanyakan, saya tidak akan menjawab blog temak kamu! Tetapi saya akan menjawab apa yg menjadai iman kamu!

Ada beberapa ayat yg akan saya kutip untuk mengingatkan seberapa besar pengenalan kamu terhadap Yesus daripada pengenalan para Rasul, yg ajarannya telah diwariskan kepada GerejaNya (Gereja Katolik), terhadap Guru mereka?

Yoh 21:25 Masih banyak hal lain yg dilakukan oleh Yesus. Andaikata semuanya itu ditulis satu-persatu, saya rasa tak ada cukup tempat diseluruh bumi untuk memuat semua buku yg akan ditulis.

2Tesalonika 2:15
Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis.?


Dan ini:

Kisah para rasul 8: 29-31

29 Roh Allah berkata kepada Filipus, "Pergilah mendekati kendaraan itu." 30 Maka Filipus pergi mendekati kendaraan itu, lalu ia mendengar orang itu membaca Buku Yesaya. Filipus bertanya kepadanya, "Apakah Tuan mengerti yg Tuan baca itu?"
31 Orang itu menjawab, "Bagaimana aku mengerti, kalau tidak ada yg menjelaskannya kepadaku?" Lalu ia mengajak Filipus naik ke kereta dan duduk bersama-sama dia.


Bagaimana kamu mengerti, kalau Gereja Katolik, sebagai penurus Apostolik yg sah, tidak menjelaskan kepadamu?


Nah silakan menjawab bagaimana tanggapan kamu ttg blog itu, seperti yg Bro Manukdadali tanyakan juga.

Sedangkan ttg jawaban ke katolik saya akan membuat trid baru tentang sola scriptura!

Salam
Jebling
 

jebling

IndoForum Beginner C
Yang dipercaya ya JESUS CHRIST
Bagaimana kamu bisa mengerti ttg Jesus Christ?
Apakah dengan kamu membaca bible kamu hal itu sudah cukup?

Renungkan ayat ini:

Kisah para rasul 8: 29-31

29 Roh Allah berkata kepada Filipus, "Pergilah mendekati kendaraan itu." 30 Maka Filipus pergi mendekati kendaraan itu, lalu ia mendengar orang itu membaca Buku Yesaya. Filipus bertanya kepadanya, "Apakah Tuan mengerti yg Tuan baca itu?"
31 Orang itu menjawab, "Bagaimana aku mengerti, kalau tidak ada yg menjelaskannya kepadaku?" Lalu ia mengajak Filipus naik ke kereta dan duduk bersama-sama dia.
Silakan direnungkan dan dijawab pertanyaan saya


Salam
Jebling
 

AzV

IndoForum Activist A
Gak usah dimenerti 100%
Cukup jalani aja ajaran kristus
Jauhi larangannya
Kalo mau lebih ngerti ya tanya sama orang yang lebih ngerti
 

jebling

IndoForum Beginner C
Gak usah dimenerti 100%
Kenapa kamu membatasi diri untuk tidak mengerti 100%?
Meskipun sulit kita harus mencoba dan terus belajar untuk mengetahui.

Cukup jalani aja ajaran kristus
Jauhi larangannya
Bagaimana kamu bisa engerti apa saja laranganNya apabila kamu tidak mau mengerti 100% tentang apa saja yg dilarangnya?

Kalo mau lebih ngerti ya tanya sama orang yang lebih ngerti
Siapakah yg lebih mengerti itu???


Salam
Jebling
 

manusa lebu

IndoForum Newbie E
Bagaimana kamu bisa mengerti ttg Jesus Christ?
Apakah dengan kamu membaca bible kamu hal itu sudah cukup?
Kenapa kamu membatasi diri untuk tidak mengerti 100%?
Meskipun sulit kita harus mencoba dan terus belajar untuk mengetahui.
Saya jadi teringat kata-kata Yesus dalam Injil Yohanes:
Yoh 14:25 Semuanya itu Kukatakan kepadamu, selagi Aku berada bersama-sama dengan kamu;
Yoh 14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Ada yang ingin saya tanyakan mengenai perkataan Yesus tersebut, apakah ditujukan khusus kepada murud-murind-Nya atau ditujukan kepada umum?

GBU
 

Rafa02

IndoForum Newbie D
Gak usah dimenerti 100%
Di satu sisi ada benarnya, karena Allah bukanlah Allah yang rational sehingga bisa dipahami total, namun Allah Sejati adalah Allah yang a-rational (di luar ratio manusia). Mengaku bisa memahami Allah 100% sama artinya mereduksi ke-Allah-an itu sendiri :D.

Namun dengan begitu bukan berarti kita tidak berusaha untuk mengenal dan tetap dekat kepada Allah, karena ada tertulis: "Aku percaya supaya mengerti, dan aku mengerti supaya percaya lebih baik"
Dan di sini kita sebagai umat Katholik harus memahami bahwa, kita tidak hanya mendasarkan pada Alkitab namun juga pada tradisi dan pengajaran. Yesus sendiri turun kebumi untuk menebus dosa manusia dan menjelaskan suatu hal yang blur agar kita bisa lebih mengerti dan memahami diri-Nya. Kepercayaan bahwa kita mampu untuk mengintepretasikan ayat Alkitab dengan pasti benar, adalah merupakan bagian dari DOSA KESOMBONGAN, karena dalam iman Katholik intepretasi ayat yang tidak bisa salah hanya ada pada kuasa pengajaran Magisterium Gereja yang dibimbing oleh Roh Kudus sendiri.

Cukup jalani aja ajaran kristus
Jauhi larangannya
Menjauhi larangan dari Allah merupakan hak yang baik, namun kepatuhan kita pada Gereja yang merupakan mempelai Yesus Kristus juga merupakan bagian dari mengikuti ajaran dan perintah Yesus, karena Gereja adalah Tiang Penopang Kebenaran dari Yesus Kristus sendiri...itu sudah ada dalam pesan-Nya lo :D

Kalo mau lebih ngerti ya tanya sama orang yang lebih ngerti
Yep itu lebih bijak...dan dalam iman Katholik kuasa mengajar dan intepretasi ayat adalah pada Magisterium Gereja :D

Salam,
Rafa02
 

manukdadali

IndoForum Beginner E
Ikutan nambahin ya.

Ada pernyataan dari AzV seperti di bawah ini.

Kalo mau lebih ngerti ya tanya sama orang yang lebih ngerti
Darimana kita tau orang yg akan kita tanya adalah orang yg lebih mengerti dari kita, dan adakah jaminan orang yg lebih mengerti dari kita akan/mau menjawab dengan benar ? Bisa jadi malah akan menyesatkan kita dengan jawaban2nya.

Jadi sebaiknya kemana kita bertanya ?

Sesuai dengan apa yg tertulis di Alkitab ya bertanyalah kepada Gereja Nya, karena Gereja adalah

I Timotius 3
3:15 Jadi jika aku terlambat, sudahlah engkau tahu bagaimana orang harus hidup sebagai keluarga Allah, yakni jemaat dari Allah yang hidup, tiang penopang dan dasar kebenaran.

3:15 But if I tarry long, that thou mayest know how thou oughtest to behave thyself in the house of God, which is the church of the living God, the pillar and ground of the truth.

Dalam hal ini tentunya Magisterium Gereja.
 

r3ck0rd

IndoForum Activist E
maaf numpang posting di sini :)

Gak usah dimenerti 100%
Cukup jalani aja ajaran kristus
Jauhi larangannya
Kalo mau lebih ngerti ya tanya sama orang yang lebih ngerti
Menurut saya, harus dimengerti 100%. Mengapa? Karena semuanya akan kita butuhkan dalam kehidupan sehari-hari dan menghadapi hari-hari akhir zaman.

Saya jadi teringat kata-kata Yesus dalam Injil Yohanes:
Yoh 14:25 Semuanya itu Kukatakan kepadamu, selagi Aku berada bersama-sama dengan kamu;
Yoh 14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Ada yang ingin saya tanyakan mengenai perkataan Yesus tersebut, apakah ditujukan khusus kepada murud-murind-Nya atau ditujukan kepada umum?

GBU
untuk semua orang.
 

jebling

IndoForum Beginner C
Di satu sisi ada benarnya, karena Allah bukanlah Allah yang rational sehingga bisa dipahami total, namun Allah Sejati adalah Allah yang a-rational (di luar ratio manusia). Mengaku bisa memahami Allah 100% sama artinya mereduksi ke-Allah-an itu sendiri :D.
Benar sekali Rafa02...
Tidak ada yg akan bisa mengerti Allah 100%.
Saya jadi malu....hikhikhik.... :">

Menurut saya, harus dimengerti 100%. Mengapa? Karena semuanya akan kita butuhkan dalam kehidupan sehari-hari dan menghadapi hari-hari akhir zaman.
sudah dijawab oleh Rafa02 dan saya setuju, bahwa mengerti 100% akan Allah justru akan mereduksi Allah itu sendiri, mengapa?

40 Karena pengetahuan kita tentang Allah itu terbatas, maka pembicaraan kits tentang Allah pun demikian juga. Kita hanya dapat berbicara tentang Allah dari sudut pandang ciptaan dan sesuai dengan cara mengerti dan cara berpikir manusiawi kita yang terbatas.

Dan santo Agustinus berkata: "Tanyakanlah keindahan bumi, tanyakanlah keindahan samudera,tanyakanlah keindahan udara yang menyebarluas,tanyakanlah keindahan langit .... tanyakanlah semua benda. Semuanya akan menjawab kepadamu: Lihatlah, betapa indahnya kami. Keindahan mereka adalah satu pengakuan [confessio]. Siapakah yang menciptakan benda-benda yang berubah, kalau bukan Yang Indah [Pulcher], yang tidak dapat berubah" (Sean. 241,2).

Tetapi kita harus selalu berusaha mengenal Allah secara lebih baik, seperti kata Rafa:
Namun dengan begitu bukan berarti kita tidak berusaha untuk mengenal dan tetap dekat kepada Allah, karena ada tertulis: "Aku percaya supaya mengerti, dan aku mengerti supaya percaya lebih baik"

--------


Saya jadi teringat kata-kata Yesus dalam Injil Yohanes:
Yoh 14:25 Semuanya itu Kukatakan kepadamu, selagi Aku berada bersama-sama dengan kamu;
Yoh 14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Ada yang ingin saya tanyakan mengenai perkataan Yesus tersebut, apakah ditujukan khusus kepada murud-murind-Nya atau ditujukan kepada umum?
Untuk mengetahui ini, kita coba melihat ayat ini secara lebih lengkap!

Yoh 14:22 Yudas, yang bukan Iskariot, berkata kepada-Nya: "Tuhan, apakah sebabnya maka Engkau hendak menyatakan diri-Mu kepada kami, dan bukan kepada dunia?"

Yoh 14:23 Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.

Yoh 14:24 Barangsiapa tidak mengasihi Aku, ia tidak menuruti firman-Ku; dan firman yang kamu dengar itu bukanlah dari pada-Ku, melainkan dari Bapa yang mengutus Aku.

Yoh 14:25 Semuanya itu Kukatakan kepadamu, selagi Aku berada bersama-sama dengan kamu;

Yoh 14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.


Kita lihat Yoh 14:22...
SIapakah yg dimaksud dengan "kami"?
SIapakah yg dimaksud dengan "dunia"?

Nah, pasti kamu sudah bisa menjawab bahwa itu hanya ditujukan kepada Para Rasul bukan kepada orang umum.


Salam
Jebling
 

r3ck0rd

IndoForum Activist E
mungkin anda salah mengerti. Saya juga setuju bahwa tidak akan ada yang bisa mengerti 100%. Sayapun juga tidak akan mampu. Tetapi dengan kuasa dan bantuan Roh Kudus, saya yakin kita bisa! :) Dan setiap hari kita lalui untuk mengenal Tuhan lebih lagi.

Untuk kasus kedua, saya katakan untuk kita. karena itu berlaku untuk kita.
Meskipun dalam tulisan itu memang ditujukan untuk para rasul. Tetapi berlaku sampai sekarang, untuk kita semua, kita dijanjikan akan dipenuhi dengan Roh Kudus, Roh Penghibur yang akan memberikan kita karunia-karunia baru dan akan menemani kita kemanapun kita pergi, apakah untuk keperluan pribadi, maupun untuk keperluan kerajaan Allah. Dan jika anda melihat Firman itu di depan mata anda sendiri, itulah bukti bahwa itu sudah dinyatakan pada dunia, bukan, melalui Alkitab, buku terlaris di dunia dan yang terjemahannya paling banyak, dan tidak akan bisa ditandingi oleh buku manapun, bukan?

Saya menjawab kedua pertanyaan tersebut, bukan berdasarkan literal saja, tetapi, juga melihat keadaan kita sekarang. GBU&JLU.
 

Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact us untuk memulai.
Top