• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

Waktu yang Tepat untuk Tes Kehamilan Jika Menstruasi Tidak Teratur

jennywijaya

IndoForum Newbie D
No. Urut
288379
Sejak
10 Nov 2020
Pesan
70
Nilai reaksi
0
Poin
6
Rata-rata siklus menstruasi normal terjadi dalam 28 hari, sedangkan ovulasi terjadi pada hari ke 12 hingga 14. Pada waktu-waktu tersebut perempuan mengalami masa subur dan kemungkinan terjadi kehamilan tinggi jika melakukan hubungan seksual. Waktu tepat untuk tes kehamilan pun dapat dilakukan seusai dengan prediksi. Namun, beda halnya dengan perempuan yang mengalami menstruasi tidak teratur.

Kapan waktu yang tepat untuk mengecek kehamilan?

Tes kehamilan biasanya dilakukan beberapa hari setelah terlambat menstruasi. Akan tetapi, Anda akan kesulitan memprediksi kehamilan jika selama ini mengalami menstruasi yang tidak teratur. Pada dasarnya, menstruasi dikatakan tidak teratur jika:

  • Siklus menstruasi kurang dari 22 hari atau lebih dari 35 hari
  • Siklus menstruasi setiap bulannya berbeda-beda, misal bulan ini selama 22 hari dan bulan berikutnya selama 33 hari
Waktu yang tepat untuk mengetes kehamilan jika menstruasi Anda tidak teratur yaitu dengan mengetahui siklus menstruasi Anda paling lama. Tes bisa dilakukan satu hari setelahnya. Misalnya, siklus menstruasi Anda selama ini paling lama 39 hari maka lakukan tes pada hari ke-40. Inilah pentingnya mencatat siklus menstruasi setiap bulannya.

Cara lain yaitu dengan menghitung 36 hari setelah hari menstruasi pertama atau 4 minggu setelah Anda melakukan hubungan seks. Apabila Anda terbukti hamil, maka hormon hCG akan terdeteksi melalui urin atau darah.

Apabila hasil menunjukkan negatif, namun Anda merasakan serangkaian gejala awal kehamilan, tunggu selama beberapa hari dan lakukan tes kehamilan lagi.

Penyebab menstruasi tidak teratur

Menstruasi tidak teratur akan memengaruhi kesuburan perempuan. Hal ini disebabkan waktu ovulasi atau masa subur tidak bisa diprediksi. Beberapa hal yang menyebabkan menstruasi tidak teratur antara lain:

  1. Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)
PCOS terjadi pada lebih dari 21% perempuan dan menjadi penyebab ketidaksuburan paling besar. Penyebab PCOS diantaranya kelainan genetik, gaya hidup yang buruk, kegemukan, serta gaya hidup sedentari atau kurang aktivitas fisik.

  1. Perimenopause
Kondisi ini terjadi saat perempuan mendekati masa menopause dimana hormon progesteron dan estrogen sedang mengalami penurunan secara alami. Perimenopause biasanya terjadi di usia 47 hingga 51 tahun.

  1. Gangguan tiroid
Organ tiroid membantu mengontrol hormon yang mengatur ovulasi dan menstruasi. Menurut Journal of Obstetrics and Gynecology of India, hampir 14% remaja putri yang megalami gangguan tiroid juga mengalami menstruasi yang tidak teratur.

  1. Berat badan tidak normal
Berat badan terlalu gemuk atau kurus akan memengaruhi fungsi hormonal di dalam tubuh sehingga ovulasi dan menstruasi akan terganggu. Sebuah studi menunjukkan bahwa perempuan yang mempunyai Indeks Massa Tubuh (IMT) kurang dari 20 atau lebih dari 25 memiliki risiko 1,1 kali lebih besar mengalami menstruasi tidak normal dibandingkan mereka dengan IMT antara 20 hingga 25.

  1. Stres
Stres seringkali menjadi penyebab berbagai penyakit, termasuk ketidakseimbangan hormon. Perempuan yang mengalami stres tingkat tinggi cenderung mengalami ketidakteraturan menstruasi.

Bagaimana caranya agar menstruasi teratur?

Pemeriksaan dokter merupakan cara terbaik untuk mengetahui penyebab menstruasi tidak teratur, terlebih jika Anda sedang merencanakan kehamilan. Selanjutnya dokter akan memberikan perwatan dan pengobatan. Selain itu, Anda juga harus mendukungnya dengan beberpa aktivitas ringan dengan tujuan memperbaiki gaya hidup Anda, seperti:

  • Lakukan relaksasi melalui yoga atau meditasi
  • Kontrol berat badan
  • Lakukan aktivitas fisik dan olahraga secara teratur
  • Konsumsi vitamin dan mineral dalam jumlah cukup
  • Atur kualitas dan jumlah jam tidur
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.