The Lounge Forum Katholik

effie

IndoForum Staff Personnel
Syalom member Katolik yang diberkati Tuhan >:D<
Atas permintaan salah satu member disini, maka saya buatkan The Lounge juga ya...
Silakan ramaikan thread ini dengan berbagai topik dan info kerohanian yang berkaitan dengan kegiatan gerejani bagi umat Katholik IndoForum dimanapun anda berada.
Semoga dengan adanya tempat ngobrol di sini, bisa menambah suasana segar dan boleh mendatangkan anugerah berkat dari Tuhan Yesus Kristus :)

Nah jika hari peringatan kenaikan Tuhan Yesus ke surga 1 Mey besuk, apakah digereja kalian juga ada perayaan khusus ?
yuk sharing disini ya, Gbu :)
 

Catholic

IndoForum Newbie B
Syalom member Katolik yang diberkati Tuhan >:D<
Atas permintaan salah satu member disini, maka saya buatkan The Lounge juga ya...
Silakan ramaikan thread ini dengan berbagai topik dan info kerohanian yang berkaitan dengan kegiatan gerejani bagi umat Katholik IndoForum dimanapun anda berada.
Semoga dengan adanya tempat ngobrol di sini, bisa menambah suasana segar dan boleh mendatangkan anugerah berkat dari Tuhan Yesus Kristus :)

Nah jika hari peringatan kenaikan Tuhan Yesus ke surga 1 Mey besuk, apakah digereja kalian juga ada perayaan khusus ?
yuk sharing disini ya, Gbu :)
Paling hanya Misa Kudus Hari Raya Kenaikan Tuhan.

Kalau mengenai info yg terbaru, sekarang ini Paus Benediktus XVI sedang melaksanakan Apostolik Journey-nya di USA untuk membahas berbagai masalah. Bisa ikuti beritanya di http://www.vatican.va/holy_father/benedict_xvi/travels/2008/index_stati-uniti_en.htm

Di Kompas juga ada beritanya.
 

Bagas Respati

IndoForum Newbie E
Nah jika hari peringatan kenaikan Tuhan Yesus ke surga 1 Mey besuk, apakah digereja kalian juga ada perayaan khusus ?
yuk sharing disini ya, Gbu :)

GK merayakan Misa Kudus, hari raya Kenaikan Tuhan Yesus selalu jatuh pada hari Kamis, kendatipun demikian hari tsb disamakan dengan hari Minggu dan setiap orang Katolik wajib ke gereja.:)

Salam damai
 

effie

IndoForum Staff Personnel
@Catholic & Bagas Respati
wah sekarang kita punya the lounge ya, jadi bisa ngobrol disini membicarakan berbagai topik yang sedang hangat dibicarakan :)
iya gereja sy juga ada 5 kali kebaktian pada 1 Mey besuk, lalu dilanjutkan dengan doa puasa masal 10 hari dari 2-11 Mey nanti...
trus tiap sore pk 18.00 ada kebaktian pengurapan roh kudus, mungkin bagi umat Katholik tidak ada acara begini :)
tapi gpp bagaimanapn juga peringatan2 yang kita adakan adalah untuk kemuliaan-Nya.
btw ada yang pernah ikut Holyland ke Roma Vatikan kah ?
klo boleh tahu acaranya apa saja yang paling penting dalam acara itu ?
katanya ada juga tempat mengambil air kudus apa ya ? trus apa manfaatnya juga ?
 

Bagas Respati

IndoForum Newbie E
@Catholic & Bagas Respati
wah sekarang kita punya the lounge ya, jadi bisa ngobrol disini membicarakan berbagai topik yang sedang hangat dibicarakan :)
iya gereja sy juga ada 5 kali kebaktian pada 1 Mey besuk, lalu dilanjutkan dengan doa puasa masal 10 hari dari 2-11 Mey nanti...
Di GK puasa dilakukan pada masa pra paskah dimulai dari Rabu abu s/d Jumat Agung. Namun puasa tidak dilakukan tiap hari, hanya tiap hari Jumat saja. Puasa GK lain dengan saudara kita yg muslim. Setiap hari jumat selama masa pra paskah tsb Gk mengadakan ibadat jalan salib ato via dolorosa.

btw saya belum pernah ke Holyland, nanti kalo Tuhan mengijinkan dan ada rejeki ingin kesana, doakan ya:)
So saya blm bisa cerita banyak ttg Holyland :(
 

effie

IndoForum Staff Personnel
@Bagas Respati
ok, nti malam ini sy bawa dalam doa ya :)
walau sy hanya mengenal anda di forum maya, tapi sy percaya bahwa kita tetap bersaudara didalam Tuhan :)

kalau boleh tahu cara puasa hari Jumat seperti apa ya ? apakah 1 X 24 jam puasa full atau sarapan pagi saja trus sorenya sudah berbuka begitu ?
 

PRINCEOFLIGHT

IndoForum Junior B
@cc effie...biar saya coba bantu jawab...Di katolik kita berpuasa itu hanya boleh 1 kali makan kenyang kok...beda dengan puasa2 pada umum nya...makan 3 kali sehari dengan 1 kali makan kenyang...yang lain nya boleh makan tapi 1/3 dari porsi biasa...setau saya puasa di katolik boleh dilakukan tiap hari kan??? CMiIW...
 

Detective Mackenzie

IndoForum Newbie E
trus tiap sore pk 18.00 ada kebaktian pengurapan roh kudus, mungkin bagi umat Katholik tidak ada acara begini
Di Katholik sudah ada Sakramen Krisma.

kalau boleh tahu cara puasa hari Jumat seperti apa ya ? apakah 1 X 24 jam puasa full atau sarapan pagi saja trus sorenya sudah berbuka begitu ?
Satu kali makan kenyang. seperti yang disebutkan Prince.

Apa saja yang dilakukan umat Katholik sebelum Paskah(disebut masa pra-paskah):
-Rabu abu (penorehan abu sebagai lambang pertobatan)
-Jalan Salib
-Puasa dan pantang. Puasa hanya untuk yang sudah dewasa. Pantang untuk semuanya.
-Pengumpulan dana APP (Aksi Puasa Pembangunan): Sebagai buah dari puasa, Umat Katholik menyisihkan dana/pendapatan yang hasilnya akan disumbangkan untuk masalah yang menyangkut issue2 sosial(kemiskinan, pengangguran, etc).
-Pengakuan dosa.
btw ada yang pernah ikut Holyland ke Roma Vatikan kah ?
klo boleh tahu acaranya apa saja yang paling penting dalam acara itu ?katanya ada juga tempat mengambil air kudus apa ya ? trus apa manfaatnya juga ?
Holyland bukannya di Israel? Air Suci mah di setiap Gereja/Paroki mah ada. liat aja di pintu masuk. Air suci di Gereja itu dioleskan sebelum masuk karena air adalah lambang pemurnian.
Kalo maksud kamu miraculous spring yang contohnya muncul setelah Bunda maria menampakan diri kepada St.Bernadette di Lourdes itu terserah kamu mau ambil apa tidak. Katanya banyak yang sembuh di sana. Tapi kamu boleh gak percaya kok. Soalnya Penampakan dalam Gereja Katolik itu sifatnya tidak menambah deposit iman. Karena pewahyuan sempurna Allah sudah terdapat dalam Injil.
Kalo umat Katholik rame di Vatican itu waktu ada misa Pontificat Natal atau Paskah yang dipimpin oleh Paus. CMIIW. Soalnya saat itu Paus menyalurkan rahmat Paskah dan natal, yaitu Indulgensi. Tapi nonton dari Indosiar juga dapet kok.
 

v0LtaGe

IndoForum Senior A
Buat sesama yang katolik

Mau tanya,apakah ada hari dimaan kita harus wajib berpuasa setiap bulan nya?
Misalnya pada hari apa gitu,coz dl g pernah dikasih tahu dan sudah lpa..
 

Bagas Respati

IndoForum Newbie E
Buat sesama yang katolik

Mau tanya,apakah ada hari dimaan kita harus wajib berpuasa setiap bulan nya?
Misalnya pada hari apa gitu,coz dl g pernah dikasih tahu dan sudah lpa..
Setahuku puasa setiap bulannya nggak ada kecuali masa pra paskah. Tapi GK tidak melarang bila kita ingin puasa sendiri
Dulu sebelum kita menerima ekaristi mesti puasa dulu satu hari.. CMIIW........sekarang syaratnya sudah diperingan, 1 jam sebelum menerima komuni harus puasa.;)

Untuk effie
Pertanyaannya sdh dijawab oleh PL & DM dengan baik

Salam damai
 

effie

IndoForum Staff Personnel
@cc effie...biar saya coba bantu jawab...Di katolik kita berpuasa itu hanya boleh 1 kali makan kenyang kok...beda dengan puasa2 pada umum nya...makan 3 kali sehari dengan 1 kali makan kenyang...yang lain nya boleh makan tapi 1/3 dari porsi biasa...setau saya puasa di katolik boleh dilakukan tiap hari kan??? CMiIW...
oh puasanya makan sekali saja ya ?
kalau di gereja saya ga ada peraturannya, bebas saja mo model puasa seperti apa,
tapi klo yg biasa sy lakukan sama dengan puasa katholik dong, yaitu makan sekali saja biasanya sy suka sarapan sekali, tapi tetap minum air putih... /heh

Puasa kan banyak macamnya seperti yg pernah sy baca :
- Puasa Para Murid
Puasa untuk kebebasan kecanduan ( Matius 17 : 20,21). Jika kita berpuasa, kita bisa mematahkan dosa-dosa yang menyerang, yang membatasi suatu kehidupan yang merdeka didalam Kristus.

- Puasa Ezra
Puasa untuk menyelesaikan masalah ( Ezra 8 : 21-23).JIka kita puasa untuk tujuan tertentu, kita dapat menyelesaikan suatu masalah yang menghambat.

- Puasa Samuel
Puasa untuk memenangkan jiwa bagi Kristus ( I samuel 7 : 1-8). Jika kita puasa dan berdoa untuk kebangunan rohani, Allah akan mencurahkan diri-Nya kepada Umat-Nya.

- Puasa Elia
Puasa untuk mematahkan ketakutan yang melumpuhkan dan masalah-masalah mental lainnya ( I Raja-Raja 19 : 2-18). Melalui puasa, Allah akan menunjukkan kepada kita cara mengatasi emosi dan kebiasaan pribadi yang negatif.

- Puasa Janda
Puasa untuk memenuhi kebutuhan orang miskin ( I Raja-raja 17:12). Ketika kita mengorbankan fisik kita, Allah memampukan kita untuk berfokus pada dan mencukupi kebutuhan orang lain.

- Puasa Para Rasul
Puasa untuk mencari hikmat dan mengambil keputusan ( Kisah Para Rasul 9 : 9-19). Jika kita berpuasa untuk menundukkan kehendak kita pada kehendak Allah, Ia akan menyingkapkan kehendak-Nya kepada kita.

- Puasa Daniel
Puasa untuk kesehatan dan kesembuhan fisik (Daniel 1 : 12-20). Bila kita berpuasa untuk kesehatan fisik, Allah akan menjamah tubuh kita dan memperkaya jiwa kita.

- Puasa Yohanes Pembabtis
Puasa untuk kesaksian yang berpengaruh ( Mat 3 :4). Jika kita berpuasa untuk pengaruh dari kesaksian kita, Allah akan memakai kita.

- Puasa Ester
Puasa untuk mendapatkan perlindungan dari sijahat (Ester 4 :16). Jika kita berpuasa untuk mendapatkan perlindungan dan kelepasan dari setan, Allah akan melepaskan kita dari sijahat.

macam-macam ya cara berpuasa, tapi semuanya tetap harus melihat kemampuan dan kesehatan tubuh kita sendiri dulu. kadang orang lain mampu melakukan, tapi diri sendiri tidak mampu menjalankan karena berbagai hal, misal gangguan lambung dll

@Detective Mackenzie
btw kalau ga pas kita retreat Holyland lalu kalau akan melakukan jalan salib itu dilakukan dimana ya ?


@Mod Voltage
ayo dong kita ramaikan the Lounge disini :)
wew ga terasa the Loungenya forum Katholik kita udah mayan rame nih /heh
 

v0LtaGe

IndoForum Senior A
^
G usahakan seramai mungkin /gg

Sekedar bertanya lagi,untuk berbagai macam tipe puasa itu apakah ada tenggang waktu nya? Misalnya puasa A selama X hari,puasa B selama Y hari..

Dan untuk doa Novena,siapa yg sering melakukan nya? Jujur g smp skrg blm pernah.. Palingan dl waktu msh kecil saja..
 

Bagas Respati

IndoForum Newbie E
^
G usahakan seramai mungkin /gg

Sekedar bertanya lagi,untuk berbagai macam tipe puasa itu apakah ada tenggang waktu nya? Misalnya puasa A selama X hari,puasa B selama Y hari..

Dan untuk doa Novena,siapa yg sering melakukan nya? Jujur g smp skrg blm pernah.. Palingan dl waktu msh kecil saja..
Itu terserah ama kita mau puasa berapa hari

Doa Novena adalah doa favorit dlm keluarga kami disamping doa Rosario, doa novenapun ada beberapa (contoh bisa dilihat di thread novena ). Novena sampe skrg masih sering kami lakukan.
Doa Litani jarang kami daraskan.

Untuk effie
Ma kasih ya atas jenis-jenis puasa yg kamu post, menambah wawasanku.
btw solonya dimana ? Cos aku pernah tinggal di Manahan

Salam damai
 

PRINCEOFLIGHT

IndoForum Junior B
@cc effie..thx atas info nya...tapi kalo diliat dari itu kaya pantang ya??? kalo pantang sih ada banyak cara..tapi kalo puasa ya...cuma makan sekali...
bwat doa novena tiga salam Maria...itu merupakan doa kesukaan gw...doa nya terbukti manjur...asal kita mau sabar menunggu nya...
oh ya mau nanya dunz kalo lagi doa novena itu kita musti pantang atau puasa ga agar permohonan kita cepat terkabul???
 

Catholic

IndoForum Newbie B
@cc effie..thx atas info nya...tapi kalo diliat dari itu kaya pantang ya??? kalo pantang sih ada banyak cara..tapi kalo puasa ya...cuma makan sekali...
bwat doa novena tiga salam Maria...itu merupakan doa kesukaan gw...doa nya terbukti manjur...asal kita mau sabar menunggu nya...
oh ya mau nanya dunz kalo lagi doa novena itu kita musti pantang atau puasa ga agar permohonan kita cepat terkabul???
Tidak diharuskan, tapi boleh kalau mau dilakukan. Dan jangan lupa bahwa dengan kita berpuasa atau berpantang tidak akan mempercepat terkabulnya permohonan kita.

Kalau aku sih,biasanya dalam doa permohonan, selalu mengucapkan kalimat penutup "Bukan kehendakku yang terjadi, melainkan kehendak-Mu lah yang terjadi, Ya Bapa":D
 

PRINCEOFLIGHT

IndoForum Junior B
@OM catholic thx ya atas jawaban nya..
@voltage kok yang jadi momod sekarang lu ya??? bukan lovelytze lagi??? ada apa nih???
putra altar??? gw pernah nyobain sekali..tapi cuma sekali doank..itupun pas jumat pertama doank dapet tugas dari sekolah..tadi nya waktu sma 1 mau ikut tapi katanya uda ketuaan..hehehe..
BTW thanx ya atas doa temen2..UAN ku berlangsung dengan sukses..Thx banget
 

Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact us untuk memulai.
Top