• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

The Christian Buddhist / The Buddhist Christian

Status
Tidak terbuka untuk balasan lebih lanjut.
THE METTA PRAYER​

(Translated and adapted by Bodhipaksa from the Pali Metta Sutta.)


In order that I may be skilled in discerning what is good,
in order that I may understand the path to peace,

Let me be able, upright, and straightforward, of good speech, gentle, and free from pride;

Let me be contented, easily satisfied, having few duties, living simply, of controlled senses, prudent, without pride and without attachment to nation, race, or other groups.

Let me not do the slightest thing for which the wise might rebuke me.

Instead let me think:
"May all beings be well and safe, may they be at ease.
Whatever living beings there may be,
whether moving or standing still,
without exception,
whether large, great, middling, or small,
whether tiny or substantial,
Whether seen or unseen,
whether living near or far,
Born or unborn;
may all beings be happy.
Let none deceive or despise another anywhere.
Let none wish harm to another, in anger or in hate.”​

Just as a mother would guard her child, her only child, with her own life, even so let me cultivate a boundless mind for all beings in the world.

Let me cultivate a boundless love for all beings in the world, above, below, and across, unhindered, without ill will or enmity.

Standing, walking, seated, or lying down, free from torpor, let me as far as possible fix my attention on this recollection.

This, they say, is the divine life right here.


 
Doa Metta
Diterjemahkan dan diadaptasi dari Pali Metta Sutta


Agar saya menjadi terlatih dalam menyadari apa yang baik (tercerahkan),
Agar saya dapat memahami jalan menuju kedamaian (terbebaskan).

Perkenankanlah saya memiliki kemampuan, kebaikan, kejujuran, berbicara yang baik, santun dan bebas dari keangkuhan;
Perbolehkan saya untuk merasa tercukupi, tidak banyak menuntut, tidak terbebani (dengan tugas duniawi), hidup dalam kesederhanaan, dengan keinginan yang terkendali, seimbang, tidak ada yang disombongkan, dan tidak melekat kepada bangsa, ras atau pengelompokan apapun.
Jangan biarkan saya melakukan hal yang terkecil sekalipun yang ditolak oleh para bijak.

Sebaliknya biarkanlah saya untuk senantiasa merenungkan:
“Semoga semua makhluk senantiasa baik dan selamat, semoga semuanya dalam kemudahan.
Makhluk hidup dalam bentuk apapun, yang bergerak maupun yang diam, tanpa pengecualian,
Apakah yang besar, sangat besar, menengah ataupun sangat kecil,
Baik yang terlihat maupun tidak terlihat, yang dekat maupun jauh.
Yang telah lahir ataupun yang tidak dilahirkan;
Semoga semua makhluk berbahagia.
Semoga tidak lagi terjadi ada yang menipu atau menindas yang lainnya.
Semoga tidak ada yang mengharapkan kemalangan bagi yang lainnya, dalam kemarahan maupun kebencian.”​

Sama seperti Ibu yang menjaga anaknya, anak satu-satunya, dengan menggunakan(mengorbankan) hidupnya sendiri;
Sama seperti itu, semoga saya dapat membina suatu kesadaran yang tak terbatas (brahma-vihara) terhadap segala makhluk di dunia.

Semoga saya dapat mengembangkan cinta kasih yang tak terbatas, bagi semua makhluk di dunia,
di atasnya maupun di bawahnya, di semua tempat; tak terhalangi, tanpa kehendak yang buruk ataupun permusuhan.

Baik saat berdiri, berjalan, duduk ataupun berbaring, bebaskanlah saya dari ketidak perdulian;
Semoga saya selalu, sedapat mungkin, meletakkan semua kesadaran saya pada hal-hal ini.

Ini, seperti yang Mereka telah nyatakan, adalah kehidupan Surgawi, tepat di sini (di dunia svaha).


**
 
Lalu..siapa Buddhis yang sebenarnya............

"Contemplate to see that awakened people,
while not being enslaved by the work of serving living beings,
never abandon their work of serving living beings."

(Thich Nhat Hanh, "The Miracle of Mindfulness!"; 1976, p. 98)



Buddhis adalah dia yang tengah di dalam perjalanan menuju Ke-Budha-an,
adalah dia yang tengah dan telah:


"Merenungkan hingga memahami sepenuhnya bahwa ia yang Telah Tercerahkan,
walau tidak akan menjadi budak dari karya untuk melayani makhluk hidup,
tidak pernah meninggalkan karya mereka untuk melayani makhluk hidup."




***
 
Going Back to Our Religious Roots
Questions and Answers by Thich Nhat Hanh



Q: Thay, what do you mean when you say to go back to our religious roots? How can we do that and continue to study and practice Buddhism, which is so practical and helpful?

A: I think we have to look into our religious roots, because sometimes we are not capable of identifying our spiritual roots. If you are a Buddhist, then you know that Buddha is a root, but you are aware that before the Buddha there was already something -- the Buddha was somebody who also had roots. So your roots did not begin with the Buddha. To inquire about the Buddha and the ancestors of the Buddha is important.

When you are a Christian, of course Jesus Christ is your spiritual root, but before Christianity there were other things. Therefore it is interesting and even exciting to inquire about our roots. Our roots can be very old, and our roots can also be new. We inherit things like democracy and freedom. The people who made democracy and freedom possible for us to enjoy are our roots also, so to go back and search for our roots is a very joyful, very important thing. Of course, we will encounter negative aspects and elements, but that does not prevent us going back to our own source. Our roots are also the roots of many people around us. If we can go back to our roots and try to discover the real values, the jewels contained in that tradition, we will be able to benefit many people who have come from these roots. This morning a young person asked me what should she do if she is in love with a young man who belongs to another religious tradition, since she doesn't want to betray her roots. She is a Buddhist, and the other family might require that she abandon her Buddhism to become a Catholic.

I would like to tell you a story. Thirty five years ago I had a student who fell in love with a young man who was Catholic, and the family of that young man required that the young lady abandon the practice of Buddhism in order to be baptized as a Catholic. That was the basic condition for the marriage, and she suffered very much. Her family was also opposed to that. She cried and cried, and one day she came to me. I said that Buddhism is not there to make you unhappy. Buddhism is not an obstacle, so I think in the name of the Buddha I can tell you that you can become a Catholic and marry him, but I would like to make a recommendation. You have received The Five Mindfulness Trainings; you should continue to look on them as the guidelines of your life. You don't have to be called a Buddhist; you only have to be a true Buddhist within yourself. Live accordingly and practice the Five Mindfulness Trainings, and that would make me happy enough. She was so joyful that she was allowed to marry the person she loved. But she did not sleep during that night, and the next morning she came very early, and she said, "Thay, a tradition that is so embracing, so tolerant, so open, if I abandon it and turn my back to it, I am not a person of value. A tradition that is so strict, that has no tolerance, that is not able to understand, how could I formally identify myself with it?" So she just refused to get married to that person. I thought that I would help her get married to that young man, but I caused the opposite to happen. Today, thirty five years later, she is here somewhere in this Sangha.

When I was in Korea a few years ago, I participated in the first dialogue between Buddhists and Christians, and I said that many young people have suffered due to being caught in that kind of situation. So I proposed that we should be able to allow Buddhists and Christians to marry each other, with the condition that the young man would learn and also practice the tradition of the young woman, and the young woman would also learn and practice the tradition of the young man. Instead of having one root, you have two roots. Why not? If you love mangoes, you are free to continue to eat mangoes, but no one forbids you to eat pineapples or oranges. Your favorite fruit is the mango, yes, but you don't betray your mango when you eat pineapple. I think it's too narrow-minded, even stupid, to enjoy only mango, when there are so many different fruits around in the world. Spiritual traditions are like spiritual fruits, and you have the right to enjoy them. It is possible to enjoy two traditions, to take the best of two traditions and live with that. If you like to eat Italian food, you can still enjoy French and Chinese cooking. You cannot say, "I have to be faithful to my Italian cooking", that's too funny.

This year I would like to publish another book, as a continuation of my book Living Buddha, Living Christ. I would like to publish the book with the title: Buddha and Jesus as Brothers. In fact, they could have taken each other's hands and practiced walking meditation, so why not the two of you, one as a Buddhist and one as a Christian? You are the continuation of the Buddha, and you are the continuation of Jesus Christ. That is only beautiful, if you can share your wisdom, your insights, and you can learn from each other and enrich yourselves. That is what I envision for the future, that we remove the barriers between different spiritual traditions, and we behave as people do in the circle of psychotherapists. They enjoy and learn from all other traditions, and I think that each tradition of psychotherapy has something to offer. It's too narrow if we only want to be faithful to one school of psychotherapy.

You are welcome to continue your practice of Buddhist meditation, because you find it practical and helpful, transforming and healing. But you can think of other people who have come from the same tradition as you, and who have not encountered the practice. You can do it by sharing your Buddhist practice, and also proposing to them that you go back to your spiritual roots, and you might discover things that you have not seen. You might begin anew, so that your tradition will become very refreshing, something that can provide true answers to the questions of the new generations, and that will benefit many people. When I say that you have to go back to your roots, that does not mean that you have to abandon the Buddhist practice that you enjoy now. But the Buddhist practice will help you to understand more deeply, so that your work of transformation and renewing of your tradition will be possible; and especially so that your heart will open to embrace the people who do not seem to be open and understanding enough when they try to transmit their tradition and values to the new generations of people.

..
 
“As a Buddhist monk my concern extends to all members of the human family and,
indeed, to all sentient beings who suffer.
I believe all suffering is caused by ignorance.
People inflict pain on others in the selfish pursuit of their own happiness or satisfaction.”
=Dalai Lama=



..
 
A proposal offered by Thich Nhat Hanh at the end of the Israeli-Palestinian meeting in November, 2001 .


Before you go home I would like to share something that you might like to consider in the near future, a "Peoples' Peace Conference."

You could come together as people and organize a peace conference where you can offer your insights, solutions, and proposals. This would be a process of education within the country as well as for the outside world. The participants would act as people and not as governments. And they would come having already cultivated some peace and compassion inside of themselves. This kind of peace conference must be organized in an entirely new and different way. There are two aspects to peace - making peace and being peace. In order to make peace you must also be peace.

We can organize a peace conference where we bring a number of people together to practice breathing, calming, smiling, and embracing our despair and anger. After several days we can begin to sit down, to smile at each other, to share our suffering, and so on. That is the process of practicing peace. We can organize a rehearsal peace conference in Plum Village.

As the peace inside us grows, we will grow, and we can organize a second similar conference. As we make more progress, we can invite people who are more officially representative than we are. We can try it several times in several places, and finally you can hold it in a place where the whole world can see. You can call it a "Peoples' Peace Conference." By that time supporters of peace all over the world will try their best to draw the attention of the world to the event. And we can invite reporters and the mass media to cover this work.

I think that in this process of practice we cannot expect a miracle. We have to go step by step towards real peace. That is the most realistic way - we should not be too dreamy. We cannot rely on our leaders because they have not been educated in peace; they are not accustomed to making peace, talking peace, or listening deeply. That is why we have to take the situation into our own hands, the hands of the people. This is very much the Plum Village way. We must start from the grassroots.



...
There are two aspects to peace - making peace and being peace.
In order to make peace you must also be peace.
... In order to make peace you must also be peace.
... In order to make peace you must also be peace.
Gate gate paragate para samgate Bodisvaha.......



. . .
 
'Man is made of non-me elements.
I am made of so many non-me elements — my parents, the food I eat, the education I received, animals, vegetables.
Take away all the 'non-me', and there is no 'me' left.
Buddhism is made of non-Buddhist elements.
A Christian is made of non-Christian elements and a Muslim is made of non-Muslim elements,''

---"Thay"---


Once we realise that we are all interconnected, we will begin caring for all other things.


**
 
Alkisah, saat Josef dan Maria tengah dalam perjalanannya menuju Bethlehem, seorang malaikat mengadakan pertemuan rahasia dengan semua binatang untuk memilih siapa diantara mereka yang sesuai untuk membantu keluarga suci kelak di dalam kandang. Serta-merta Singa yang mengajukan diri terlebih dahulu. "Hanya seorang raja," katanya "yang pantas untuk melayani Sang penguasa dunia. Saya akan mencabik-cabik siapapun yang berani untuk mendekatinya."

"Anda terlalu memaksakan kekuatanmu, "kata sang malaikat.

Selanjutnya giliran si 'licik' serigala dengan tampang tidak bersalahnya, "saya akan memastikan si bayi Yesus mendapatkan madu yang termanis, dan saya akan mencuri seekor ayam untuk bunda setiap paginya."

"Anda terlalu licik," Malaikat mengatakan kepadanya.

Selanjutnya merak berdiri dan membuka lebar ekor indahnya. ia berkatya, "Saya akan menghias kandang itu hingga lebih indah dari yang dapat dilakukan Sulaiman pada istananya.."

"Anda terlalu sombong," kata sang malaikat.

Banyak yang lain menawarkan diri, tetapi tetap tidak ada yang terpilih. malikat melihat sekelilingnya sekali lagi, kemudian melihat seekor keledai dan kerbau yang masih bekerja di ladang dengan seorang petani. Si malaikat memanggil mereka, "Apa yang kamu berdua dapat tawarkan?"

"Tidak ada apapun." kata sang keledai sambil menjatuhkan telinga panjangnya. "Tidak ada yang pernah kami pelajari kecuali kerendahan hati dan kesabaran. Apapun yang lain yang kami pelajari hanya akan berakhir dengan lebih banyak cambukan."

Kemudian kerbau menambahkan dengan ragu-ragu, "Mungkin ada sesuatu yang dapat kita lakukan, misalnya mengusir lalat dengan terus menerus mengibaskan ekor kami."

"Tepat!" kata sang malaikat. "Anda berdualah yang dibutuhkan."


Willi Hoffsuemmer​

Yang di atas hanyalah merupakan rekaan....

"Tidak ada yang pernah kami pelajari kecuali kerendahan hati dan kesabaran.
Apapun yang lain yang kami pelajari hanya akan berakhir dengan lebih banyak cambukan."​

@@
 
hm.. saya niubi nih...
trus saya baca baca... jd pengen komen nih

boleh2 saja kalo si TS mo mengatakan kalo agama B dan K sama dalam hal mengajarkan kebaikan.. tapi jangan lupa esensi dasar dari B dan K tuh jauh berbeda, tujuan akhir aja beda
pokoknya jgn mencampuradukkan agama2 deh..
 
hm.. saya niubi nih...
trus saya baca baca... jd pengen komen nih

boleh2 saja kalo si TS mo mengatakan kalo agama B dan K sama dalam hal mengajarkan kebaikan.. tapi jangan lupa esensi dasar dari B dan K tuh jauh berbeda, tujuan akhir aja beda
pokoknya jgn mencampuradukkan agama2 deh..


Mau kasih komentar tidak apa-apa namun jangan sampai menghujat, menghina,atau sejenisnya.

Yang anda bilang tidak salah,kalau kita mencari perbedaan tentu tidak ada habisnya kenapa kita tidak sekali-kali mencari kesamaan. Mencari perbedaan itu sangat mudah sekali sedangkan kesamaan sangat sulit sekali.

Orang awam akan membangun tembok pemisah dalam hatinya,
Orang bijaksana akan merobohkan tembok pemisah tersebut dan hidup berdampingan secara damai dengan orang lain.
 
Mau kasih komentar tidak apa-apa namun jangan sampai menghujat, menghina,atau sejenisnya.

Yang anda bilang tidak salah,kalau kita mencari perbedaan tentu tidak ada habisnya kenapa kita tidak sekali-kali mencari kesamaan. Mencari perbedaan itu sangat mudah sekali sedangkan kesamaan sangat sulit sekali.

Orang awam akan membangun tembok pemisah dalam hatinya,
Orang bijaksana akan merobohkan tembok pemisah tersebut dan hidup berdampingan secara damai dengan orang lain.

setuju... asal jangan menjadi sinkritisme paham baru.
 
Mau kasih komentar tidak apa-apa namun jangan sampai menghujat, menghina,atau sejenisnya.

Yang anda bilang tidak salah,kalau kita mencari perbedaan tentu tidak ada habisnya kenapa kita tidak sekali-kali mencari kesamaan. Mencari perbedaan itu sangat mudah sekali sedangkan kesamaan sangat sulit sekali.

yoi.. se7 seh.. tp sbnrny gw ga bermaksud menghina, cuma menyampaikan pendapat..

soalny gw punya pengalaman pribadi thdp hal demikian..
dulu gw juga merasa kalo smua agama sama, yaitu mengajarkan kebaikan..
trus ada temen dr agama tetangga yg bilang nah, krn smua agama sama (mengajarkan kebaikan), lo masuk agama gw aja, kan lbh terjamin..
hm.. gw bilang gw pelajari dulu deh
setelah mempelajari lbh seksama, hanya di agama Buddha lah diajarkan kebaikan universal..
contohnya :
dalam agama tetangga, selain yg beragama tetangga, semua pasti masuk neraka meskipun lo berbuat kebaikan yg berlimpah
dalam Buddhis, lo mo agama apa, makhluk apa, yg penting sila, samadhi n panna dijalankan dgn benar, lo akan masuk alam bahagia

coba kalo dulu saya cuma menerima mentah2 apa yg dikatakan temen saya tentang kebaikan, mgkn skrg saya tidak akan mengenal Buddha Dharma

justru karena ada lumpur, maka kita dapat mengenal berlian

Orang awam akan membangun tembok pemisah dalam hatinya,
Orang bijaksana akan merobohkan tembok pemisah tersebut dan hidup berdampingan secara damai dengan orang lain.

gw belum sampe tahap org bijaksana, jd maaf jika ada kata2 yg kurang berkenan, mohon bimbingan

SSBS
 
mana ada yang baru,
yang sama sekali tidak mengambil sedikitpun kearifan dari yang telah terbentuk sebelumnya..
tidak ada..
Hanya si naif yang berbangga diri mengatakan ianya original..
 
@komposit
sebaiknya tidak usah di bahas masalah perbedaan....karena memang beda. ^^
tujuan ajaran buddha adalah nibbana...

jika seseorang ingin hidup sebagai pertapa dengan tujuan nibbana...masa mau disamakan dengan perumah tangga yang tujuannya jelas berbeda....

menginginkan kesamaan ayam dan bebek yang jelas berbeda bukankah sia-sia...hehehe
 
yoi.. se7 seh.. tp sbnrny gw ga bermaksud menghina, cuma menyampaikan pendapat..

soalny gw punya pengalaman pribadi thdp hal demikian..
dulu gw juga merasa kalo smua agama sama, yaitu mengajarkan kebaikan..
trus ada temen dr agama tetangga yg bilang nah, krn smua agama sama (mengajarkan kebaikan), lo masuk agama gw aja, kan lbh terjamin..
hm.. gw bilang gw pelajari dulu deh
setelah mempelajari lbh seksama, hanya di agama Buddha lah diajarkan kebaikan universal..
contohnya :
dalam agama tetangga, selain yg beragama tetangga, semua pasti masuk neraka meskipun lo berbuat kebaikan yg berlimpah
dalam Buddhis, lo mo agama apa, makhluk apa, yg penting sila, samadhi n panna dijalankan dgn benar, lo akan masuk alam bahagia

coba kalo dulu saya cuma menerima mentah2 apa yg dikatakan temen saya tentang kebaikan, mgkn skrg saya tidak akan mengenal Buddha Dharma

justru karena ada lumpur, maka kita dapat mengenal berlian



gw belum sampe tahap org bijaksana, jd maaf jika ada kata2 yg kurang berkenan, mohon bimbingan

SSBS

Sama-sama masih belajar, sama-sama masi mencari bagaimana jadi bijaksana. Sejauh pernyataan tidak menyerang member/ts... dipersilahkan. Namun bila sudah mengarah ke sana, berantem, flame dan oot.... yah tidak diperkenankan.

@komposit
sebaiknya tidak usah di bahas masalah perbedaan....karena memang beda. ^^
tujuan ajaran buddha adalah nibbana...

jika seseorang ingin hidup sebagai pertapa dengan tujuan nibbana...masa mau disamakan dengan perumah tangga yang tujuannya jelas berbeda....

menginginkan kesamaan ayam dan bebek yang jelas berbeda bukankah sia-sia...hehehe

Tanpa bermaksud menyinggung umat manapun, menyatakan berbeda tidak sama dengan merasa sebagai yang original. Sangat tidak sesuai bila original berarti sama.

Berbeda tidak salah. Saya beda dengan anda, seperti anda juga bukan seperti saya. Kalau cari persamaan yah.... Iblis dengan Tuhanpun ada kesamaan (sama-smaa cari panganut :D). Kalau mau cari perbedaan, hmmmm......... bahkan kakak beradik seleranya bisa beda. Padahal lahir sari bibit yang sama, dari rahim yang sama.
 
mana ada yang baru,
yang sama sekali tidak mengambil sedikitpun kearifan dari yang telah terbentuk sebelumnya..
tidak ada..
Hanya si naif yang berbangga diri mengatakan ianya original..

sebenarnya yg lebih naif adalah yg melakukan duplikasi dan kemudian menghilangkan sifat2 ke asliannya.
 
Thread ini sudah jadi reply saling olok, dan hal itu dilarang terjadi di Forum Religi, karena sepengetahuan Alkitab Kristiani, yang mana perjalanan Yesus hanya di sekitar Israel dan waktu bayi saja Dia dipindah sementara hanya sampai ke Mesir, dan tidak pernah di kisahkan Yesus berjalan-jalan keluar Israel, dan untuk menjaga agar Rules Forum Religi tetap dipatuhi, maka thread ini sy closed saja, mohon pengertian TS, terima kasih :)
 
Status
Tidak terbuka untuk balasan lebih lanjut.
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.