• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Rem Cakram Pada Roda Belakang Berbahaya !

Vans eiger

IndoForum Senior C
No. Urut
69130
Sejak
22 Apr 2009
Pesan
5.332
Nilai reaksi
212
Poin
63
Hati hati jika membeli motor yang memiliki rem cakram pada roda belakangnya. Karena ternyata rem cakram pada roda belakang motor di indonesia tidak dilengkapi dengan sistem ABS (Antilock Braking System) atau sistem pengereman anti kunci.

Hal ini sangat berbahaya karena ketika pengendara motor berada dalam keadaan darurat atau tegang reaksi otot bekerja lebih cepat dan keras sehingga pengendara cenderung menginjak rem belakang lebih keras sehingga pengereman membuat roda belakang terkunci dan motor mengesot.

kegunaan rem cakram sebetulnya lebih diutamakan kepada rem depan, karena gaya kinetik motor saat melaju jauh lebih efektif pada ban depan.

untuk rem belakang lebih diutamakan untuk motor yang berperforma tinggi dan berbobot besar karena daya keja rem memang sangat diperlukan disitu. jadi untuk motor kecil seperti motor bebek tidak begitu berpengaruh, apalagi jika tidak dilengkapi ABS, justru semakin berbahaya jika terjadi situasi yang kritis.


Jadi jika ingin beli motor, beli yang jenis CBU aja kalo mau pake cakram belakang, lebih aman & nyaman....:D:D

be carefull ya../no1
 
Amit...Amit...
Anak Bagong mau post...

Mhmmm gtu..... /hmn
nice info...... /no1

Grazie...... /thx /thx /thx
 
dikasih tambahan ABS juga bisa kok, dan harganya nggak mahal-mahal amat :-bd
 
wah gak jadi beli honda injeksion deh
 
Mangkanya yang udah terlanjur punya motor dengan rem cakram di belakang(kaya gw)...bawanya santai aja...biar lambat asal sampai tujuan.....
 
tergantung pemakai gan selama ini g sih santai aja pakai rem belakang cakram dari pada tromol cepet aus dan gt kurang pakem kalo abs setau g dipakai dimobil aja deh kalo ada info lagi lagi kayak gamabrnya lebih bagus. guna pengetahuan
 
Hati hati jika membeli motor yang memiliki rem cakram pada roda belakangnya. Karena ternyata rem cakram pada roda belakang motor di indonesia tidak dilengkapi dengan sistem ABS (Antilock Braking System) atau sistem pengereman anti kunci.

Hal ini sangat berbahaya karena ketika pengendara motor berada dalam keadaan darurat atau tegang reaksi otot bekerja lebih cepat dan keras sehingga pengendara cenderung menginjak rem belakang lebih keras sehingga pengereman membuat roda belakang terkunci dan motor mengesot.

kegunaan rem cakram sebetulnya lebih diutamakan kepada rem depan, karena gaya kinetik motor saat melaju jauh lebih efektif pada ban depan.

untuk rem belakang lebih diutamakan untuk motor yang berperforma tinggi dan berbobot besar karena daya keja rem memang sangat diperlukan disitu. jadi untuk motor kecil seperti motor bebek tidak begitu berpengaruh, apalagi jika tidak dilengkapi ABS, justru semakin berbahaya jika terjadi situasi yang kritis.


Jadi jika ingin beli motor, beli yang jenis CBU aja kalo mau pake cakram belakang, lebih aman & nyaman....:D:D

be carefull ya../no1


Ane juga pernah bro, ngalamin Roda belakang ngunci pake Shogun NR. Jadi Gua lagi ngebut, tiba-tiba ada mobil didepan mau muter sennya tiba-tiba, nah spontan kaget, dan injek rem belakang sampe ngunci, dan motor ngesot lumayan jauh 10 meter lebih kayanya, dan miring-miring kiri-kanan, tapi untugngnya gua selamet dan gak jatoh Fiuuh. Nah sekarang kalo ngerem nih cara gua sih, rem depan dulu, kalau gak kuat tambahin pake rem belakang. Soalnya Ngerem pake rem belakang(Cakram dan Teromol) kekencengan nginjek/nariknya. Bakal bikin Body motor ngebuang ke kiri kanan.
 
gw juga pernah ngalamin bro.. motor tiba2 berhenti gitu aja.. rem cakram belakangnya ngerem terus. nggak mau balik lagi.. akhirnya gw ganti rem belakang jadi tromol.
 
ow....gitu...
unrung motor gw pake tromol
 
Oh iya, Tambahan. Supaya Gak ngesot saat Pakai Rem belakang, Pake Ban dengan standar bagus jangan Swallow dll sekelasnya , Minimal IRC. Soalnya setelah gua pake IRC gejala ngesot rem belakang gua udah ilang
 
Padahal Mtr Saya Baru Mw Di Tambahin Cakram Blkng...>.<
 
pasang BAS murah kuq,

atau cara pengeraman kita di ganti, jgn sekali injek, tapi, injek-lepas-injek-lepas
 
wah untung gak kepikiran mau pake cakram belakang /no1
 
ganti aja iringan cakram ama yang produk lokal, dijamin anti nge-blok... terbukti ama motor vixion ane, spek cakram belakang > master : ori ninja, kaliper : ori satria 120R + selang, piringan cakaram : produk lokal (karatan)...
Piringan cakram ori satrianya jadi pensiun ya karena sering ngeblok gitu... udah ganti yang lokal, jadi aga keras waktu nginjeknya...
 
klo di kasih tambahin sendiri rem cakram belakang bahya ga ya?
soalnya tigi gw mw tak kasih tambahin cakram belakang
 
Tergantung cara ngeremnya, Sob. Mayoritas pengendara motor di sini salah dlm melakukan teknik pengereman. Kebanyakan ngerem pada rem belakang.Padahal teknik ngerem yg bener ngerem lbh kuat di rem depan. Rem belakang hny ngimbangin. Perbandingan kekuatan ngerem yg bener, kalo jalan gak basah, 60% rem depan, 40% rem belakang. Kalo jalan basah (hujan) 50% rem depan, 50% rem belakang.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.