• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Rem Cakram Pada Roda Belakang Berbahaya !

tergantung speed ngebawanya.............
 
kalo dilihat dari ilmu fisika emang bener... energi kinetik nya lebih gede...

tapi tergantung cara ngerem lo... jangan ngejut
setelah rem belakan lalu langsung susul rem depan...

gimana menurut mu??
tapi rem depan kira-kira...
bisa kebalik deh... /swt
 
kalo dilihat dari ilmu fisika emang bener... energi kinetik nya lebih gede...

tapi tergantung cara ngerem lo... jangan ngejut
setelah rem belakan lalu langsung susul rem depan...

gimana menurut mu??
tapi rem depan kira-kira...
bisa kebalik deh... /swt

Kebalik, Gan. Teori yg bener rem depan dulu br disusul rem belakang. Coba tanya Valentino Rossi kalo gak percaya.....:P
 
@atas
Klo kira2 lg lari 100km/h keatas
Terus lu rem mendadak pake rem dpn duluan apa ga jungkir balik pak ?
Gw aja dl pas awal2 belajar motor cm lari 60an aja sampe mental dr tempat duduk gara2 rem pake rem dpn dulu .
Mohon pencerahan nya
 
wah... guys...
justru klo ga terbantu banget ama rem cakram ^^
kadang suka ceroboh juga...

nih rem sangat membantu untuk rem full...

mungkin yg bikin bahaya tuh bukan rem nya tapi medan yang di tempuh....

misal: jalan berpasir / basah trus dia rem full..
berarti tuh orang bener2x gegabah n ga bisa berpikiran jernih saat 2x kaya gitu ( ga di perhitungkan ngerem nya)

pengalaman ku sih pas ngerem mendadak di jalan berbasah ( licin ) gara2x liat supir angkot yg keluar dari gang ( blind spot gw )
gw memilih untuk menjatuhkan diri daripada melukai tuh orang...

tapi resikonya sendal putus hauhuahua /sob

wakakka

nice thread /no1
 
klo mnurut ku lbbh bgs rem depan tromol rem blakang cakram utk mtor bebek

krn klo dlm kecepatan tinggi 60km/jam ++++ bisa bahya klo ngerem pke rem dpn dluan bisa berserak d aspal tuh..../heh

krn rem dpn tuh lbh gk stabil dibandingin rem blakang....
klopun ban blakang ngesot psti gk bkalan jatuh (cma mereng ja ngesotnya)...

cba bukttin sendiri............ :P
 
^
rem depan tromol n rem belkang cakram.........................
jadi klo high speed lgs rem pake kaki lgs d depan ga stabil n langsung jatuh............
pernha baca artikelnya ttg kenapa rem cakram depan dan tromol blkg.................(ntar saya kasih linknya< via vm>)

bgsnya 2-2 nyacakram atau depan cakram blkg trom...............(best suite for human life)
 
wah..
nice info gan..

thanks yak...
MX ane kgak jadi ane pasang cakram blakang dah..
 
Kayanya udah pernah dibahas deh...

Diperlukan atau tidaknya rem cakram belakang tergantung dari tipikal motor itu sendiri dibarengi dengan speed dan bobot dari kendaraan tersebut. Jadi kalau motor sport memakai rem cakram belakang dengan motor bebek teromol sudah jelas beda peruntukkannya kan...

Ketika ban depan mengunci, dapat dipastikan 90% pengemudi jatuh, sedangkan ketika roda belakang mengunci pengemudi masih dapat mengendalikan kestabilan motornya (50% kemungkinan jatuh tergantung dari keahlian mengemudi).

Jadi ya tergantung karakteristik pengemudinya... Mau pake rem belakang sistem teromol atau cakram, keahlian mengemudi tetap menjadi faktor utama keselamatan berkendaraan.
 
mending naek speda ontel dobel cakram..

tapi gw tuju ma bang cimohai. gw jg sering brakelock gitu. sumpah, mending ban blakang pake cakram dah. tromol tuh bikin daya pengereman kurang.
trus tadi juga udah disebutin kayanya. MELATIH REFLEK itu sangat penting sekali + TETAP TENANG sewaktu akan terjadi impact. penting banget untuk tau kemana harus ngarahin motor ketika keputusan sepersekian detik itu bisa menyelamatkan anda dari petaka atau ketika impact telah terjadi, anda tau bahwa badan anda tidak mengarah ke tempat yang salah.
 
mending naek speda ontel dobel cakram..

tapi gw tuju ma bang cimohai. gw jg sering brakelock gitu. sumpah, mending ban blakang pake cakram dah. tromol tuh bikin daya pengereman kurang.
trus tadi juga udah disebutin kayanya. MELATIH REFLEK itu sangat penting sekali + TETAP TENANG sewaktu akan terjadi impact. penting banget untuk tau kemana harus ngarahin motor ketika keputusan sepersekian detik itu bisa menyelamatkan anda dari petaka atau ketika impact telah terjadi, anda tau bahwa badan anda tidak mengarah ke tempat yang salah.

heheheheh... berarti harus banyak latihan ya bos... awas jangan sampai latihan jatuh aja bos :D
 
mending naek speda ontel dobel cakram..

tapi gw tuju ma bang cimohai. gw jg sering brakelock gitu. sumpah, mending ban blakang pake cakram dah. tromol tuh bikin daya pengereman kurang.
trus tadi juga udah disebutin kayanya. MELATIH REFLEK itu sangat penting sekali + TETAP TENANG sewaktu akan terjadi impact. penting banget untuk tau kemana harus ngarahin motor ketika keputusan sepersekian detik itu bisa menyelamatkan anda dari petaka atau ketika impact telah terjadi, anda tau bahwa badan anda tidak mengarah ke tempat yang salah.

sering2 deh bawa honda pake speed yg cukup tinggi ya............
 
soale remcakram membuat perlambatan yang sangt drastis, ituyang bahaya, kalo tromol kan bisa dimainin.
 
klo di kasih tambahin sendiri rem cakram belakang bahya ga ya?
soalnya tigi gw mw tak kasih tambahin cakram belakang


klo tigi selama ini aman2 aja koq tapi aq saranin ganti dengan seperangkat alat solat he.he..... :p ga kok maksudnya seperangkat berikut velg, master, kaliper, piring cakram,yang pas kalo bisa comot aja dari new tigi /produk AHM selain lebih aman semua peralatan itu sudah di perhitungkan oleh produsen :D

biar mahal asal selamat :P
 
mending pake tromol dah.
pake cakram belakang bikin nambahin berat motor.

blum lagi ngebersihinnya susah kalau udah kena lumpur.
untung2 dibersihin, kalau lagi ga sempet. ujung2nya piston kalipernya yang kena.
 
nice info gan, ikut-ikut, gan itu kayak bro mungkin...

ikuti aja buku petunjuk waktu beli kendaraan
cara mengemudi yang aman
tiap sepeda itu memang beda, tapi pasti ada petunjuknya supaya pembeli aman
ini diatur oleh pemerintah, supaya rakyatnya tidak banyak yang kecelakaan... Viva Indonesia
 
Tergantung cara ngeremnya, Sob. Mayoritas pengendara motor di sini salah dlm melakukan teknik pengereman. Kebanyakan ngerem pada rem belakang.Padahal teknik ngerem yg bener ngerem lbh kuat di rem depan. Rem belakang hny ngimbangin. Perbandingan kekuatan ngerem yg bener, kalo jalan gak basah, 60% rem depan, 40% rem belakang. Kalo jalan basah (hujan) 50% rem depan, 50% rem belakang.

setuju gan, ane juga mikir kurang lebih gitu...
lagi juga pabrikan juga udah mikirin koq resiko memasang double disc gitu n cuma motor yang akselerasinya kencang aj yg dipasang biasanya...
dan lagi ide itu lebih ke faktor safety gan makanya dibuatlah hal itu dengan dilengkapi manual safety riding yang benar...

Makanya yang jadi pertanyaan adalah masih ad aj pabrikan yang mengeluarkan motor dengan akselerasi kencang tapi gk ad faktor2 safety-nya / teknologi masih jadul aj dah jaman gini...

jadi tergantung si pemakai aj, kalo dia kagetan yg kaya agan bilang ya jangan kenceng bawanya lah. lagi juga orang tipe gitu gk disarankan membawa kendaraan koq.... (ibarat pisau dapur yang dijual untuk motong wortel tapi dipake buat mutilasi, tergantung pemakai kan atau piso koq dikasih anak bayi buat maenan)

no offense - ubah paradigma aj

tq
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.