• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Ragam cara menikmati keju

Constantine

IndoForum Senior A
No. Urut
64676
Sejak
19 Feb 2009
Pesan
6.946
Nilai reaksi
320
Poin
83
Kebanyakan orang Indonesia hanya mengonsumsi keju saat sarapan sebagai isi roti atau sandwich, atau bahan pembuat kue kering di setiap hari raya. Padahal, sebetulnya masih ada banyak cara untuk menikmati keju.

Misalnya, mencampurkan keju ke dalam salad. Keju cheddar iris dipotong dadu, dan disajikan bersama salad hijau, tomat, dan bahan lain. Ada lagi salad khas Mediterania: irisan keju mozzarella, tomat, daun basil, dan buah zaitun disajikan dengan dressing dari minyak zaitun dan cuka.

Keju juga dapat dimasak sebagai taburan pada schotel atau gratin. Atau, sebagai teman makan pasta. Terkadang ada juga yang memanggang steak atau sayur-mayur dengan keju di atasnya sekitar 10 menit hingga keju meleleh.

Sebagai isi pai, keju dengan sayur-mayur dapat dijadikan pilihan yang baik untuk mengurangi konsumsi daging. Blue cheese sering dibuat salad dressing, meski baunya seringkali kurang akrab untuk hidung orang Indonesia. Untuk teman makan steak, ada pula yang membuat sausnya dari keju. Bahkan, orang Swiss terkenal suka sekali membuat sup dari keju.

Sedangkan dalam bentuk kue dan hidangan penutup, kita mengenal cheese cake dari keju krim, atau tiramisu manis beraroma kopi terbuat dari mascarpone. Orang Italia juga biasa membuat kue dari keju ricotta. Di Perancis dan negara-negara Eropa Selatan, keju juga dikenal sebagai “penutup lambung” atau dessert, disajikan dengan segelas anggur yang sesuai.

Cara menyajikan keju
Setiap negara memiliki tradisi berbeda dalam menyajikan keju. Di Italia keju disajikan sebagai hidangan pembuka, di Prancis keju disajikan justru setelah hidangan utama, sedangkan di Inggris dan Amerika keju lebih sering dihidangkan setelah hidangan penutup.

Sementara di Indonesia, tak ada aturan baku dalam menyajikan keju. Anda sah-sah saja menyantap keju pada saat hidangan pembuka, utama, maupun penutup. Namun, lain halnya jika menyantap keju dengan segelas anggur sebagai minuman penyerta.

Red wine hanya cocok disantap dengan keju jenis cammembert dan emmenthal. Hanya white wine yang cocok dipadukan dengan semua jenis keju. Namun yang pasti, semakin tua kejunya, sebaiknya semakin lama pula masa fermentasi wine penyertanya. Nah, selamat mengolah keju kesukaan keluarga!

sumber: harian kompas
 
Kalo gw sih di pasangin mah roti tawar saja dah Pu-AS...................../heh/heh/heh
 
Amit...Amit...
Anak Bagong mau post...

Ada caranya juga rupanya makan keju....... /ok
Nais info & Keep Posting....... /no1
Grazie...... /thx /thx /thx
 
keju parmesan buat taburan rasanya juga enak banget loh /no1
 
enaknya klo w sih roti isi keju aja dah enak koq :))
 
kalo gua sih roti bakar tambah keju tambah susu kental manis tambah meses enak kok
hahahah...
gua kan gak suka sayur jadi gak suka salad wkwkwkw =))
tapi mba constantine
jenis2 keju apa aja ya??
 
Keju buat sandwich emang mantep kok, nyatu rasanya.


^dit kalo gak suka sayur pesennya plain aja
 
wah makan keju aja ada caranya /heh
 
wah jd enak ngebayangin keju

keju meleleh... panas
yummy @@~
 
iy bner! /!
keju yg dipanggang dalam kentang (dipotong terbuka)
keju yg meleleh paling mantap /no1
 
g bs diputer dijilat dicelupin ya:))
 
hoo jangan salah lu /!
kan ada richeese bretos rotinya dicelup-celup =))
 
biar klo diliat orang agak elit dikit B-)
 
kalau gw di campur sama kopi gan , beuh madeep dah tuh kopi rasa keju :))
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.