PUASA untuk melakukan terobosan rohani

stanza

IndoForum Staff
PENYALAHGUNAAN PUASA​


Oleh Orang Munafik

"Mengapa kami berpuasa dan Engkau tidak memperhatikannya juga? Mengapa kami merendahkan diri dan Engkau tidak mengindahkannya juga?" Sesungguhnya, pada hari puasamu engkau masih tetap mengurus urusanmu, dan kamu mendesak-desak semua buruhmu. Sesungguhnya, kamu berpuasa sambil berbantah dan berkelahi serta memukul dengan tinju dengan tidak semena-mena. Dengan caramu berppuasa seperti sekarang ini suaramu tidak akan didengar di tempat tinggi (Yesaya 58:3,4)

TUHAN berfirman kepdaku: "Janganlah engkau berdoa untuk kebaikan bangsa ini! Sekalipun mereka berpuasa, Aku itfak akan mendengaran seruan mereka; sekalipun mereka mempersembahkan korban bakaran dan korban sajian, Aku tidak akan berkenan kepada mereka, melainkan Aku akan menghabiskan mereka dengan perang,dengan kelaparan, dan dengan penyakit sampar" (Yeremia 14:11,12)

"Apabila kamu berpuasa, janganlah muram mukamu seperti orang munafik. Mereka mengubah air mukanya, supaya orang melihat bahwa mereka sedang berpuasa. Sesungguhnya aku berkata kepadamu: Merka sudah mendapat upahnya" (Matius 6:16)

Oleh Orang Farisi

Orang Farisi itu berdiri dan berdoa dalam hatinya begini: Ya Allah, aku mengucap syukur kepada-Mu, karena aku tidak sama seperti semua orang lain, bukan perampok, bukan orang lalim, bukan pezina dan bukan juga seperti pemungut cukai ini; aku berpuasa dua kali seminggu, aku memberikan sepersepuluh dari segala penghasilanku (Lukas 18:11,12)

Oleh Ratu Izebel

Dalam surat itu ditulisnya demikian: "Maklumkanlah puasa dan suruhlah Nabot dududk paling depan di antara rakyat. uruh jugalah dua orang dursila duduk menghadainya, dan mereka harus naik aksi terhadap dia, dengan mengatakan: Engkau telah mengutuk Allah dan raja. Sesudah itu bawalah dia keluar dan lemparilah dia dengan batu sampai mati" (1 Raja-raja 21:9,10)

Oleh Para Pemimpin Yizreel

Orang-orang sekotanya, yakni tua-tua dan pemuka-pemuka, yang dia di kotanya itu, melakukan seperti yang diperintahkan Izebel kepada mereka, seperti yang tertulis dalam surat yang dikirimkannya kepada mereka. Mereka memaklumkan puasa dan menyuruh Nabot duduk paling depan di antara rakyat. Kemudian datanglah dua orang, yakni orang-orang dursila itu, lalu duduk menghadapi Nabot. Orang-oran dursila itu naik saksi terhadap Nabot di depan rakyat, katanya: "Nabot telah mengutuk Allah dan raja." Sesudah itu mereka membawa dia ke luar kota, lalu melempari dia dengan batu sampai mati (1 Raja-raja 21:11-13)

Oleh pengajar-pengajar sesat

Tetapi Roh dengan tegas mengatakan bahwa pada waktu-waktu kemudian, ada orang yang akan murtad lalu mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran setan-setan oleh tipu daya pendusta-pendusta yang hati nuraninya memakai cap mereka. Mereka melarang orang kawin, melarang orang makan makanan yang diciptakan Allah supaya dengan pengucapan syukur dimakan oleh orang yang percaya dan yang telah mengenal kebenaran (1 Timotius 4:1-3)


CONTOH-CONTOH PUASA BERSAMA

Israel,Sebelum Perang Melawan Benyamin

Kemudian pegilah semua orang Israel, yakni seluruh bangsa itu, lalu sampai di Betel; di sanan mereka tinggal menangis di hadapan TUHAN, berpuasa sampai senja pada hari itu dan mempersembahkan korban bakaran dan korban keselamatan di hadapan TUHAN (Hakim-hakim 20:26)

Israel, di Mizpa

Setelah berkumpul di Mizpa, mereka menimba air dan mencurahkan di hadapan TUHAN. Mereka juga bpuasa pada hari itu dan berkata di sana: "Kami telah berdosa kepada TUHAN." Dan Samuel menghakimi orang Israel di Mizpa (1 Samuel 7:6)

Tentara Saul

Ketika orang-orang Israel terdesak pada hari itu, Saul menyuruh rakyat mengucapkan kutuk, katanya: "Terkutuklah orang yang memakan sesuatu sebelum matahari terbenam dan sebelum aku membalas dendam terhadap musuhku." Sebab itu tidak ada seorang pun dari rakyat yang memakan sesuatu (1 Samuel 14:24)

Orang-orang Yabesy-Gilead

Ketia penduduk Yabesy-Gilead mendengar tentang apa yang telah dilakukan orang Filistin kepada Saul, maka bersiaplah segenap orang gagah perkasa, mereka berjalan terus semalam-malaman, lalu mengambil mayat Saul dan mayat anak-anaknya dari tembok kota Bet-Sean. Kemudian pulanglah mereka ke Yabesy dan membakar mayat-mayat itu di sanan. Mereka mengambil tulang-tulangnya lalu menguburkannya di bawah pohon tamariska di Yabesy. Sesudah itu berpuasalah mereka tujuh hari lamanya (1 Samuel 31:11-13)

Ketika seluruh Yabesy-Gilead mendengar tentang segala yang telah dilakukan orang Filistin terhadap Saul, maka bersiaplah segenap orang aggah perkasa, lalu pergi mengambil mayat Saul dan mayat anak-anaknya. Mereka membawanya ke Yabesy dan menguburkan tulang-tulang mereka di bawah pohon besar, di Yabesy. Sesudah itu berpuasalah mereka tujuh hari lamanya (1 Tawarikh 10:11,12)

Para Pengikut Daud yang Perkasa

Dan mereka meratap, menangis dan berpuasa sampai matahari terbenam karena Saul, karena Yonatan, anaknya, karena umat TUHAN dan karena kaum Israel, sebab mereka telah gugur oleh pedang (2 Samuel 1:12)

Yehuda

Yosafat menjadi takut, lalu mengambil keputusan untuk mencari TUHAN Ia menyerukan kepada seluruh Yehuda supaya berpuasa. Dan Yehuda berkumpul untuk meminta pertolongan daripada TUHAN. Mereka datang dari semua kota di Yehuda untuk mencari TUHAN (2 Tawarikh 20:3,4)
 

stanza

IndoForum Staff
Penduduk Niniwe

Orang Niniwe percaya kepada Allah, lalu mereka mengumumkan puasa dan mereka, baik orang dewasa maupun anak-anak, mengenakan kain kabung. Setelah sampai kabar itu kepada raja kota Niniwe, turunlah ia dari singgasananya, ditanggalkanlah jubahnya, diselubungkannya kain kabung, lalu duduklah ia di abu. Lalu atas perintah raja dan para pembesarnya orang memaklumkan dan mengatakan di Niniwe demikian: "Manusia dan ternak, lembu sapi dan kambing domba tidak boleh makan apa-apa, tidak boleh makan rumput dan tidak boleh minum air. Haruslah semuanya, manusia dan ternak, berselubung kain kabung dan berseru dengan keras kepada Allah serta haruslah masing-masing berbalik dari tingkah lakunya yang jahat dan dari kekerasan yang dilakukannya. Siapa tahu, mungkin Allah akan berbalik dan menyesal serta berpaling dari murka-Nya yang bernyala-nyala itu, sehingga kita tidak binasa" (Yunus 3:5-9)

Penduduk Yehuda (Selama Pemerintahan Yoyakim)

Adapun dalam tahun yang kelima pemerintahan Yoyakim bin Yosia, raja Yehuda, dalam bulan yang kesembilan, orang telah memaklumkan puasa di hadapan TUHAN bagi segenap rakyat di Yerusalem dan bagi segenap rakyat yang telah datang dari kota-kota Yehuda ke Yerusalem - Maka Barukh membacakan kepada segenap rakyat perkataan Yeremia dari kitab itu, di rumah TUHAN, di kamar Gemarya anak panitera Safan, di pelataran atas di muka pintu gerbang baru dari rumah TUHAN (Yeremia 36:9, 10)

Remnant(Sekelompok orang yang tertinggal) yang Kembali Setelah Perhambaan

Kemudian di sana, di tepi sungai Ahawa itu, aku memaklumkan puasa supaya kami merendahkan diri di hadapan Allah kami dan memohon kepada-Nya jalan yang aman bagi kami, bagi anak-anak kami dan segala harta benda kami. Karena aku malu meminta tentara dan orang-orang berkuda kepada raja, demikian: "Tangan Allah kami melindungi semua orang yang mencari Dia demi keselamatan mereka, tetapi kuasa murka-Nya menimpa semua orang yang meninggal Dia." Jadi berpuasalah kami dan memohonkan hal itu kepada Allah dan Allah mengabulkan permohonan kami (Ezra 8:21-23)

Remnant di Yerusalem Setelah Perhambaan

Pada hari yang kedua puluh empat bulan itu berkumpulah orang Israel dan berpuasa dengan mengenakan kain kabung dan dengan tanah di kepala (Nehemia 9:1)

Orang Yahudi Selama Pemerintahan Ahasyweros

Di tiap-tiap daerah, ke mana titah dan undang-undang raja telah sampai, ada perkabungan yang besar di antara orang Yahudi disertai puasa dan ratap tangis; oleh banyak orang dibentangkan kain kabung dengan abu sebagai lapik tidurnya (Ester 4:3)

Maka Ester menyuruh menyampaikan jawab ini kepada Mordekhai: "Pergilah, kumpulkanlah semua orang Yahudi yang terdapat di Susan dan berpuasalah untuk aku; janganlah makan dan minum tiga hari lamanya, baik waktu malam, baik waktu siang. Aku serta dayang-dayangku pun akan berpuasa demikian, dan kemudian aku akan masuk menghadap raja, sungguhpun berlawanan dengan undang-undang; kalau terpaksa aku mati, biarlah aku mati" (Ester 4:15, 16)

Orang Farisi

Kemudian datanglah murid-murid Yohanes kepada Yesus dan berkata "Mengapa kami dan orang Farisi berpuasa, tetapi murid-murid-Mu tidak?" (Matius 9:14)

Pada suatu kali ketika murid-murid Yohanes dan orang-orang Farisi sedang berpuasa, datanglah orang-orang dan mengatakan kepada Yesus, "Mengapa murid-murid Yohanes dan murid-murid orang Farisi berpuasa, tetapi murid-murid-Mu tidak?"(Markus 2:18)

Orang-orang Farrisi itu berkata lagi kepada Yesus,"Murid-murid Yohanes sering berpuasa dan sembahyang, demikian juga murid-murid orang Farisi,tetapi murid-murid-Mu makan dan minum" (Lukas 5:33)

Murid-murid Yohanes Pembaptis

Kemudian datanglah murid-murid Yohanes kepada Yesus dan berkata, "Mengapa kami dan orang Farisi berpuasa,tetapi murid-murid-Mu tidak?"

Pada suatu kali ketika murid-murid Yohanes dan orang-orang Farisi sedang berpuasa, datanglah orang-orang dan mengatakan kepada Yesusu, "Mengapa murid-murid-Mu tidak?" (Markus 2:18)

Orang-orang Farisi itu berkata lagi berkata lagi kepada Yesus,"Murid-murid Yohanes seing berpuasa dan sembahyang, demikian juga murid-murid orang Farisi, tetapi murid-murid-Mu makan dan minum" (Lukas 5:33)

Orang Banyak yang Mengikuti Yesus

Lalu Yesus memanggil murid-murid-Nya dan berkata,"Hati-Ku tergerak oleh belas kasihan kepada orang banyak itu. Sudah tiga hari mereka mengikuti Aku dan mereka tidak mempunyai makanan. Aku tidak mau menyuruh mereka pulang dengan lapar, nanti mereka pingsan di jalan" (Matius 15:32)

"Hati-Ku tergerak belas kasihan kepada orang banyak ini, karena sudah tiga hari mereka mengikuti Aku dan mereka tidak mempunyai makanan. Jika mereka Kusuruh pulang ke rumahnya dengan lapar, mereka akan rebah di jalan, sebab ada yang datang dari jauh" (Markus 8:2,3)

Para Pemimpin Gereja di Anthiokhia

Pada waktu itu dalam jemaat di Anthiokia ada beberapa nabi dan pengajar, yaitu: Barnabas dan Simeon yang disebut Niger, dan Lukius orang Kirene, dan Menahem yang diasuh bersamam dengan raja wilayah Herodes, dan Saulus. Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus, "Khusukanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka." Lalu mereka berpuasa dan berdoa dan setelah meletakkan tangan ke atas kedua orang itu, mereka membiarkankeduanya pergi (Kisah Para Rasul 13:1-3)

Orang Yahudi yang Ingin Membunuh Paulus

Setelah hari siang orang-orang Yahudi mengadakan komplotan dan mengikat diri dengan sumpah bahwa mereka tidak akan makan atau minum, sebelum mereka membunuh Paulus. Jumlah mereka yang mengadakan komplotan itu ebih daripada empat puluh orang (KIsah Para Rasul 23:12,13)

Awak dan Penumpang Kapal Adramitium

Menjelang fajar, Paulus mengajak semua orang untuk makan, katanya, " Sudah empat belas hari kamu menanti-nanti saja, menahan lapar dan tidak makan apa-apa" (Kisah Para Rasul 27:33)


CONTOH-CONTOH PUASA PRIBADI​

Ahab

Lalu masuklah Ahab ke dalam istananya dengan kesal hati dan gusar karena perkataan yang dikatakan nabot, orang Yizreel itu, kepadanya: "Tidak akan kuberikan kepadamu milik pusaka nenek moyangku." Maka berbaringlah ia di tempat tidurnya dan menelungkupkan mukanya dan tidak mau makan. Lalu datanglah Izebel, istrinya, dan berkata kepadanya: "Apa sebabnya hatimu kesal, sehingga engkau tidak makan?" (1 Raja-raja 21:4,5)

Segera sesudah Ahab mendengar perkataan itu, ia mengoyakkan pakaiannya, mengenakan kain kabung pada tubuhnya dan berpuasa. Bahkan ia tidur dengan memakai kain kabung, dan berjalan dengan langkah lamban (1 Raja-raja 21:27)

Hana

Lagi pula di situ ada Hana, seorang nabi perempuan, anak Fanuel dari suku Asyer. Ia sudah sangat lanjut umurnya. Sesudah kawin ia hidup tujuh tahun lamanya bersama suaminya. Lalu ia menjadi janda sampai ia berumur delapan puluh empat tahun sekarang. Ia tidak pernah meninggalkan Bait Allah dan siang malam beribadah dengan berpuasa dan berdoa (Lukas 2:36,37)

Kornelius

Jawab Kornelius, "Empat hari yang lalu aku sedang berpuasa hingga saat sekarang, dan jamtiga petang, aku sedang berdoa di rumahku. Tiba-tiba ada seseorang berdiri di depanku, pakaiannya berkilau-kilauan dan ia berkata: Kornelius, doamu telah didengarkan Allah dan sedekahmu telah diingat di hadapan-Nya" (Kisah Para Rasul 10:30,31,NKJV)

Daniel

Lalu mengarahkan mukaku kepada Tuhan Allah untuk berdoa dan bermohon, sambil berpuasa dan mengenakan kain kabung serta abu (Daniel 9:3)

Pada waktu itu aku, Daniel, berkabung tiga minggu penuh: makanan yang sedap tidak kumakan, daging dan anggur tidak masuk ke dalam mulutku dan aku tidak berurap sampai berlalu tiga minggu penuh (Daniel 10:2,3)

Darius

Lalu pergilah raja ke istananya dan berpuasalah ia semalam-malaman itu; ia tidak menyuruh dataang penghibur-penghibur, dan ia tidak dapat tidur (Daniel 6:19)

Daud

Tetapi aku, ketika mereka sakit, aku memakai pakaian kabung; aku merendahkan diriku dengan berpuasa, dan doaku kembali timbul dalam dadaku (Mazmur 35:13,NKJV)

Aku meremukkan diriku dengan berpuasa, tetapi itu pun menjadi cela bagiku (Mazmur 69:11)

Seluruh rakyat datang menawarkan kepada Daud untuk makan roti selagi hari siang, tetapi Daud bersumpah, katanya: "Kiranya Allah menghukum aku, bahkan lebih lagi daripada itu, jika sebelum matahari terbenam aku mengecap roti apapun" (2 Samuel 3:35)

Kemudian pergilah Natan ke rumahnya. Dan TUHAN menulahi anak yang dilahirkan bekass istri Uria bagi Dud, sehingga sakit. Lalu Daud memohon kepada Allah oleh karenan anak itu, ia berpuasa dengan tekun dan apabila ia masuk ke dalam, semalam-malaman itu ia berbaring di tanah. Maka datanglah kepadanya para tua-tua yang dirumahnya untuk meminta ia bangun dari lantai, tetapi ia tidak mau; juga ia tidak makan bersama-sama dengan mereka (2 Samuel 12:15-17)

Lututku melentuk oleh sebab berpuasa, dan badanku menjadi kurus, habis lemaknya (Mazmur 109:24)

Sorang Budak Mesir dari Seorang Amalek

...dan memberikan kepadanya sepotong kue ara dan dua buah kue kismis, dan setelah dimakannya, ia segar kembali, sebab ia tidak makan dan minum selama tiga hari tiga malam (1 Samuel 30:12)

Elia

Maka bangunlah ia, lalu makan dan minum, dan oleh kekuatan makanan itu ia berjalan empat puluh hari empat puluh malam lamanya sampai ke gunung Allha, yakni gunung Horeb (1 Raja-raja 19:8)

Ester

Maka Ester menyuruh menyampaikan jawab ini kepada Mordekhai: "Pergilah, kumpulkanlah semua orang Yahudi yang terdapat di Susan dan berpuasalah untuk aku; janganlah makan minum tiga hari lamanya, baik waktu malam, baik waktu siang. Aku serta dayang-dayangku pun akan berpuasa demikian, dan kemudian aku akan masuk menghadap raja, sungguh pun berlawanan dengan undang-undang; kalau terpaksa aku mati, biarlah aku mati" (Ester 4:15, 16)

Ezra

Pada waktu korban petang bangkitlah aku dan berhenti menyiksa diriku, lalu aku berlutut dengan pakaianaku dan jubahku yang koyak-koyak sambil menadahkan tanganku kepada TUHAN,Allahku (Ezra 9:5)

Sesudah itu Ezra pergi dari depan rumah Allah menuju bilik Yohanam bin Elyasib, dan di sanan ia bermalam dengan tidak makan roti dan minum air, sebab ia berkabung karena orang-orang buangan itu telah melakukan perbuatan tidak setia (Ezra 10:6)

Hana

Demikianlah terjadi dari tahun ke tahun; setiap kali Hanan pergi ke rumah TUHAN, Penina menyakiti hati Hana, sehingga ia menangis dan tidak mau makan. Llau Elkana, suaminya, berkata kepadanya: "Hana, mnegapa engkau menangis dan mengapa engkau tidak makan? Mengapa hatimu sedih? Bukankah aku lebih berharga bagimu daripada sepuluh anak laki-laki?" (1 Samuel 1:7,8)

Yesus

Lalu Yesus di bawa oleh Roh ke padang gurun untuk dicobai iblis. Setelah berpuasa empat puluh hari empat puluh malam, akhirnya laparlah Yesus (Matius 4:1,2)

Yesus, yang penuh dengan Roh Kudus, kembali dari Sungai Yordan, lalu dibawa oleh Roh Kudus ke padang gurun. Di situ empat puluh hari lamanya Ia dicobai iblis. Selama hari-hari itu Ia tidak makan apa-apa dan setelah itu Ia lapar (Lukas 4:1,2)

Yohanes Pembaptis

Karena Yohanes datang, ia tidak makan, tidak minum, dan mereka berkata: Ia kerasukan setan (Matius 11:18)

Karena Yohanes Pembaptis datang, ia idak makan,tidak minum anggur, dan kamu berkata: Ia kerasukan setan (Lukas 7:33)

Yonatan

Sebab itu Yonatan bangkit dan meninggalkan perjamuan itu dengan kemarahan yang bernyala-nyala. Pada hari yang kedua bulan baru itu ia tidak makan apa-apa, sebab ia bersusah hati karena Daud, sebab ayahnya telah menghina Daud (1 Samuel 20:34)

Musa

Dan Musa ada di sana bersama-sama dengan TUHAN empat puluh hari empat puluh malam lamanya, tidak makan roti dan tidak minum air, dan ia menuliskan pada loh itu segala perkataan perjanjian., yakni Kesepuluh Firman (Keluaran 34:28)

Setelah aku mendaki gunung untuk menerima loh-loh batu, loh-loh perjanjian yang diikat TUHAN dengan kamu, maka aku tinggal empat puluh hari empat puluh malam lamanya di gunung itu; roti tidak kumakan dan air tidak kuminum (Ulangan 9:9)

Sesudah itu aku sujud di hadapan TUHAN, empat puluh hari empat puluh malam lamanya, seperti yang pertama kali-roti tidak kumakan dan air tidak kuminum - karenan segala dosa yang telah kamu perbuat, yakni kamu melakukan apa yang jahat di mata TUHAN, sehingga kamu menimbulkan sakit hati-Nya (Ulangan 9:18)

Nehemia

Ketika kudengar berita ini, duduklah aku menangis dan berkabung selama beberapa hari. Aku berpuasa dan berdoa ke hadirat Allah semsta langit (Nehemia 1:4)

Paulus

Selama tiga hari ia tidak dapat melihat dan selama itu juga ia tidak makan dan minum (Kisah Para Rasul 9:9)

...dalam menangung pukulan, dalam penjara dan kerusuhan, dalam berjerih payah, dalam berjaga-jaga dan berpuasa...(2 Korintus 6:5)

Aku banyak berjerih lelah dan bekerja berat; kerap kali aku tidak tidur; aku lapar dan dahaga; kerap kali aku berpuasa, kedinginan dan tanpa pakaian...(2 Korintus 11:27)

Saul

Pada saat itu juga rebahlah Saul memanjnag ke tanh sebab ia sangat ketakutan oleh karena perkataan Samuel itu. Juga tidak ada lagi kekuatannya, karena sehari semalam itu ia tidak makan apa-apa (1 Samuel 28:20)

Uria

Tetapi Uria berkata kepada Daud: "Tabut serta orang Israel dan orang Yehuda diam dalam pondok, juga tuanku Yoab dan hamba-hamba tuanku sendiri berkemh di padang; masakan aku pulang ke rumahku untuk makan minum dan tidur dengan istriku? Demi hidupmu dan demi nyawamu, aku takkan melakukan hal itu!" (2 Samuel 11:11)


PUASA YANG DIKHUSUSKAN (DIET TERBATAS)​

Tidak Makan Serelia atau Padi-padian (Pesta Buah-buahan)

Sampai pada hari itu juga janganlah kamu makan roti, atau bertih gandum atau gandum baru, sampai kamu telah membawa persembahan Allahmu; itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya bagi kamu turun temurun di segala tempat kediamanmu (Imamat 23:14)

Tidak Makan Anggur atau Segala Sesuatu yang Terbuat dari Anggur (Nazar orang Nazir)

...maka haruslah ia menjauhkan dirinya dari anggur dan minuman yang memabukkan, jangan meminum cuka anggur atau cuka minuman yang memabukkan dan jangan meminum sesuatu minuman yang dibuat dari buah anggur, dan jangan memakan buah anggur, biak yang segar maupun yang kering. Selama waktu kenazirannya janganlah ia makan sesuatu apa pun yang berasal dari pohon anggur, dari bijinya sampai kepada pucuk rantingnya (Bilangan 6:3,4)

Hanya Makan Makanan Vegetarian (Daniel di Babel)

"Adakanlah percobaan dengan hamba-hambamu ini selama sepuluh hari dan biarlah kami diberikan sayur untuk dimakan dan air untuk diminum; sesudah itu bandingkanlah perawakan kami dengan perawakan orang-orang muda yang makan dari santapan raja, kemudian perlakukanlah hamba-hambamu ini sesuai dengan pendapatmu." Didengarkannyalah permintaan mereka itu, lalu diadakanlah percobaan dengan mereka lebih baik dan mereka kelihatan lebih gemuk daripada semua orang muda yang telah makan dari santapan raja. Kemudian penjenang itu selalu mengambil makanan mereka dan anggur yang harus mereka minum, lalu memberikan sayur kepada mereka (Daniel 1:12-16)

Berpantang terhadap Makanan-makanan yang Dipertanyakan

Janganlah engkau merusak pekerjaan Allah karena makanan! Segala sesuatu adalah suci, tetapi celakalah orang, jika oleh makanannya orang lain tersandung! Baiklah engkau jangan makan daging atau minum anggur, atau melakukan sesuatu yang menyebabkan saudara seimanmu tersandung (Roma 14:20,21)

Karena itu, apabila makanan menjadi batu sandungan bagi saudara seimanku, aku untuk selama-lamanya tidak akan mau makan daging lagi, supaya aku jangan menjadi batu sandungan bagi saudara seimanku (1 Korintus 8:13)
 

Florentina

IndoForum Beginner A
wah ternyata macam-macam puasa juga banyak banget ya ....
baca thread ini jadi nambah wawasan tentang macam puasa dan tujuan2nya
 

Florentina

IndoForum Beginner A
Ah saya belum puasa nih...
lagi UAN soalnya kk...
nanti lah mendekati Paskah, saya ingin puasa 50 hari sampai hari Pentakosta
bareng-bareng kok sekeluarga :)
 

St. Yosef

IndoForum Newbie A
Shalom..............
^Tidak dong, kalau kamu tidak bisa gereja hanya menyarankan agar kita wajib di hari Rabu Abu dan Jumat Agung. Tapi alangkah lebih baiknya agar kita berpuasa setiap harinya. Tadi pagi anda sudah misa belum?
 

Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact us untuk memulai.
Top