• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

Nasi Goreng Jawa /e14

shirene

IndoForum Newbie F
No. Urut
220
Sejak
31 Mar 2006
Pesan
10
Nilai reaksi
1
Poin
3
Ini hanya cara bikin dan bahan2 nya saja ya.. Sedangkan timbangan atau jumlahnya terserah kamu mau bikin seberapa banyak...

Bahan bumbu :
-Bawang Merah
-Bawang Putih
(Perbandingan jumlah bawang merah dan bawang putih 1 : 1 )
-Garam secukupnya
-Merica secukupnya

Bahan alternatif :
-Saos sambal / saos tomat

Bahan Utama :
-Nasi
-Ayam & Telor u/ lauk

Cara membuat :
1. Rebus ayam di panci, berikan air secukupnya dan tambahkan garam dan merica secukupnya agar ayam tidak tawar.
2. Telor juga direbus, berikan garam agar telor nya tidak tawar.
3. Cara membuat bumbu :
  • Haluskan bawang merah dan bawang putih menjadi 1 hingga benar2 halus.
  • Siapkan penggorengan dan berikan minyak goreng secukupnya, dan nyalakan kompor.
  • Bila minyak sudah cukup panas, masukkan bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan tadi, masak dengan api sedang.
  • Tambahkan garam dan merica secukupnya, tetapi dibuat agak sedikit asin agar tidak terasa tawar bila ditambah dng nasi.
  • Goreng dan aduk2 terus hingga bumbu tersebut matang berwana coklat ke hijau an. Angkat dan sisihkan.
4. Cara membuat nasi goreng :
  • 1. Siapkan penggorengan dan nyalakan kompor dengan api sedang.
  • Ambil beberapa sendok bumbu dan masukkan kedalam penggorengan.
  • Tambahkan Saos sambal bila suka, dan goreng hingga bumbu sedikit hangat.
  • Masukkan nasi putih kedalam penggorengan, dan kecilkan api kompor...
  • Aduk2 nasi dan bumbu hingga benar2 tercampur rata.. Tambahkan garam dan merica bila terasa perlu.
  • Bila sudah tercampur rata, angkat dan taruh di piring.
5. Untuk lauk & penyajian nasi goreng :
  • Panaskan Wajan dan berikan minyak goreng agak banyak
  • Bila minyak sudah benar2 panas.. tiriskan ayam yang sudah direbus tadi dan masukkan ke dalam penggorengan dan tutup wajan agar minyak tidak memercik kemana mana.
  • Tunggu beberapa saat sampai ayam berwarna kecoklatan dan angkat dr penggorengan dan tiriskan minyak nya.
  • Iris ayam tipis2 (seperti potongan ayam dlm soto) dan tata di atas nasi goreng yang sudah ditaruh di piring
  • Potong2 telur yang sudah direbus menjadi bentuk seperti sabit dan tata di atas nasi goreng.
  • Untuk penyedap, tambahkan bawang merah goreng di atas nasi goreng. Siap disajikan /e2

Selamat mencoba dan selamat menikmati ^^
 

cungz

IndoForum Senior B
No. Urut
15
Sejak
23 Mar 2006
Pesan
6.337
Nilai reaksi
12
Poin
38
Wah, sep neh!! /no1
Btw, pake mentega bisa gak??
 

shirene

IndoForum Newbie F
No. Urut
220
Sejak
31 Mar 2006
Pesan
10
Nilai reaksi
1
Poin
3
Bisa sih bisa aja... tapi rasanya jadi beda dengan aslinya.. Mungkin kalau mau pake mentega sedikit aja dicampur ama minyak. Jadi rasa asli nya tetep ada ^^
 

smart-brain

IndoForum Junior A
No. Urut
4
Sejak
20 Mar 2006
Pesan
2.801
Nilai reaksi
15
Poin
38
waaaaaaah,, tambahin sosis 'yanciang' donk /gg
 

shirene

IndoForum Newbie F
No. Urut
220
Sejak
31 Mar 2006
Pesan
10
Nilai reaksi
1
Poin
3
swt.. sosis yan ciang = lap ciong ?? sosis babi itu ?? Mana cocok makanan jawa dikasih sosis babi ? hehehe. Ya apapun kreasinya.. kayaknya sih tetep enak kok, /e2
 

LaVey

IndoForum Newbie C
No. Urut
191
Sejak
30 Mar 2006
Pesan
171
Nilai reaksi
1
Poin
18
Wakakakaka..... Nasi goreng Jawa pake Lap Ciong.... salut2....
 

cungz

IndoForum Senior B
No. Urut
15
Sejak
23 Mar 2006
Pesan
6.337
Nilai reaksi
12
Poin
38
shirene berkata:
Bisa sih bisa aja... tapi rasanya jadi beda dengan aslinya.. Mungkin kalau mau pake mentega sedikit aja dicampur ama minyak. Jadi rasa asli nya tetep ada ^^
Lho, pake mentega bukannya jadi tambah gurih dan enak kan?? :D
 

shirene

IndoForum Newbie F
No. Urut
220
Sejak
31 Mar 2006
Pesan
10
Nilai reaksi
1
Poin
3
Iya.. memang pake mentega bikin enak.. hanya saja..sedikit mengurangi ciri khas rasa nasi goreng jawa itu sendiri... Mungkin pada saat penggorengan membuat bumbu nya lebih baik pake minyak goreng... Sedangkan pada saat hendak menggoreng nasi nya.. pake sedikit mentega boleh juga ^^
 

mas6

IndoForum Senior E
No. Urut
110
Sejak
26 Mar 2006
Pesan
4.052
Nilai reaksi
9
Poin
38
kk shirene
Kalau nasi goreng yg kelillng pake grobak itu nasi goreng apa?
aq di jaksel
namanya apa ya?koq enak banget apa nasi goreng jawa??
 

shirene

IndoForum Newbie F
No. Urut
220
Sejak
31 Mar 2006
Pesan
10
Nilai reaksi
1
Poin
3
Wah kalo di jkt, aku ga ngerti modelnya seperti apa.. tapi kalo di surabaya, ada yg keliling pake gerobak trus bawa kentongan bunyi thok thok thok gitu.. itu termasuk nasi goreng jawa juga.. ^^
 

cungz

IndoForum Senior B
No. Urut
15
Sejak
23 Mar 2006
Pesan
6.337
Nilai reaksi
12
Poin
38
Wah, cc Shirene dapet resep ini dari mana sih? Hehehehe... /no1
 

mas6

IndoForum Senior E
No. Urut
110
Sejak
26 Mar 2006
Pesan
4.052
Nilai reaksi
9
Poin
38
we nasioreng itu
sama kali ^^
 

caesarz

IndoForum Newbie D
No. Urut
11
Sejak
22 Mar 2006
Pesan
118
Nilai reaksi
0
Poin
16
wahh, bro thx resep na... ni resep gua coba d rumah bokin gua pada seneng smua, thx bgt!!
 

LibertyBells

IndoForum Junior E
No. Urut
2391
Sejak
19 Jun 2006
Pesan
1.623
Nilai reaksi
412
Poin
83
apalagi yg dibakar pake arang...hmmmmm wenak tenan /heh
 

sakulla

IndoForum Newbie A
No. Urut
5796
Sejak
30 Agt 2006
Pesan
335
Nilai reaksi
186
Poin
43
Nasi goreng yang keliling, kalo tektektek itu NasGor Tegal/Brebes
Kalo Dogdogdog itu NasGor surabaya, kadang2 NasGor semarang juga dogdogdog
NasGor jawa mang pasnya pake arang, panas yang dihasilkan lebih pas untuk masak nasgor jawa apa lagi kalo pake irisan ayam kampung rebus sama ati rempela atau uritan.....waaaaaaaa Kolesterol booo/e4
 

FBR_master

IndoForum Senior E
No. Urut
370
Sejak
9 Apr 2006
Pesan
3.922
Nilai reaksi
270
Poin
83
:))
yang penting rasanya wenaaaaaaak tenan... palagi klo lagi balik skola/kuliah, bisa abis 2-3 piring tuh.... biasa, bis belajar biasanya ada pelampiasan... /e8
 

LoVe_ChiKa

IndoForum Junior A
No. Urut
8777
Sejak
17 Nov 2006
Pesan
3.571
Nilai reaksi
379
Poin
83
wah seep neh resepnya.... kayanya klo citarasa nasi goreng jawa jangan pake mentega deh... biasanya pake minyak doang loh bikinnya... biar cita rasanya ga berubah /no1
 

pharaoha123

IndoForum Newbie B
No. Urut
14367
Sejak
19 Apr 2007
Pesan
191
Nilai reaksi
2
Poin
18
kk kalau nasi goreng jawa di kasi dengan Daging biar kerasa selain Ayam atau sapienak nya di kasi daging apa ya??????
 

runningpanda

IndoForum Newbie E
No. Urut
178652
Sejak
5 Agt 2012
Pesan
38
Nilai reaksi
0
Poin
6
ane lagi belajar masak nih..
thanks banget ya infonya, sist :)
lumayan buat buka puasa hehe..
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.