• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Lebah Dapat Mengukur Suhu Bunga

magnum

IndoForum Activist C
No. Urut
1320
Sejak
27 Mei 2006
Pesan
14.143
Nilai reaksi
417
Poin
83
1001101011011001001.jpg


~Lebah Dapat mengukur Suhu Bunga~

Lebah besar lebih suka hinggap di bunga yang hangat untuk meningkatkan suhu tubuhnya. Untuk memilih bunga mana yang lebih hangat, lebah dapat melakukannya dengan mengenali warnanya.

Temuan para peneliti Inggris ini melengkapi pendapat sebelumnya bahwa lebah cenderung lebih suka memilih bunga yang mengandung banyak madu dan tepung sari. Namun, di samping mendapat madu, lebah secara tidak langsung menyebarkan tepung sari dari bunga satu kepada bunga lainnya yang penting dalam proses penyerbukan.

Para peneliti telah lama mengetahui bahwa lebah memilih bunga yang mengandung banyak madu dan tepung sari. Namun, hinggap di permukaan bunga yang hangat merupakan keuntungan tambahan untuk menaikkan suhu tubuhnya tanpa menghabiskan kalori tubuh. Sebab, untuk menghasilkan panas tubuh sendiri diperlukan energi yang besar.

"Seperti kita minum secangkir minuman panas atau dingin," kata Lars Chittka dari Universitas Cambridge dan para koleganya di Queen Mary College. Menurut Chittka, jika suhu lingkungan terlalu dingin, tubuh dapat memproduksi kalori dari sumber kalori tubuh atau mengonsumsi minuman panas sehingga tidak perlu menghabiskan cadangan energi.

Chittka mengatakan lebah perlu memanaskan tubuhnya untuk terbang hingga sekitar 30 derajat Celcius. Jika suhu lingkungan terlampau dingin, mereka harus menaikkannya. Dengan hinggap di permukaan bunga, tubuh mereka dapat menyerap panasnya tanpa kehilangan cadangan sumber kalori di tubuh.

Mengenali warna

Untuk menguji apakah lebah jenis Bombus terrestris ini mengenali warna untuk memilihi bunga yang hangat, para peneliti menggunakan bunga buatan yang berwarna-warni. Dalam salah satu percobaan, lebah dihadapkan pada empat buah bunga berwarna ungu dan empat lainnya pink dalam posisi acak.

Saat bunga yang berwarna biru diberi madu yang lebih hangat pada percobaan pertama, 58 persen lebah hinggap di sana. Begitu pula saat suhunya diubah sehingga bunga pink yang mengandung madu lebih hangat. Sekitar 62 persen lebah hinggap di bunga berwarna pink yang lebih hangat daripada bunga ungu.

Hal tersebut menunjukkan bahwa lebah memilih bunga yang hangat dengan cara mengenali warnanya. Temuan ini dilaporkan dalam jurnal Nature.

"Jika kami tidak memancingnya dengan isyarat yang menunjukkan madu hangat, pasti mereka akan melakukan kesalahan," kata Chittka. Karena warna bunga dapat dilihat, mereka bisa memilih bunga mana yang akan didatangi.

Namun, Chittka menambahkan, lebah harus berlatih mengenali bunga mana yang hangat. Lebah-lebah tersebut pada awalnya mengukur hangat tidaknya bunga dan belajar mengenali bunga dengan warna apa yang lebih hangat.

Bentuk evolusi

Para peneliti yakin pola hubungan antara bunga dan lebah merupakan bentuk evolusi agar saling menguntungkan kedua belah pihak. Chittka mengatakan sekitar 80 persen spesies bunga memiliki struktur unik di mana bagian terluarnya disusun dari sel-sel berbentuk kerucut.

Sampai sekarang belum diketahui fungsinya. Chittka memperkirakan bentuk sel-sel kerucut bekerja sebagai semacam lensa yang memusatkan cahaya ke bagian yang mengandung sel pigmen. Karena itu pula cahaya yang diserap bunga lebih banyak sehingga permukaannya hangat.

"Trik yang pintar, ini mungkin inovasi dalam evolusi yang berlaku umum untuk menghangatkan dan kemudian membujuk penebar tepung sari untuk bekerja sama dengannya," ujar Chittka
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.