• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Kisah-kisah Mitologi Yunani

Sebetulnya masih penasaran :D...

Yo wes, kalau ada cerita tolong di share lagi ya /ho...

Kisah Leto

Leto adalah putri dari Titan Koios dan Foibe. Dia adalah salah satu kekasih pertama dan favorit Zeus. Ketika Zeus meikahi Hera, Leto sedang hamil dari hubungannya dengan Zeus. Meskipun Leto dihamili sebelum pernikahan Hera, tetap saja Hera marah pada Leto. Hera pun terus-menerus memberi kesulitan bagi Leto. Pertama-tama Hera mengusir Leto dari Olimpus. Hera lalu melarang bumi menerima persalinan Leto sehingga Leto kesulitan mencari tempat untuk melahirkan.

Leto akhirnya bisa melahirkan di Delos, pulau terapung yang tidak terhubung dengan bumi. Pulau tersebut dikelilingi oleh angsa. Tetapi Hera menahan Eileithyia, dewi kelahiran, dari Leto. Untungnya Iris mengambil kembali Eileithyia hingga Leto bisa melahirkan Artemis. Artemis lalu membantu ibunya melahirkan Apollo. Dalam versi lainnya, Artemis lahir lebih dulu di pulau Ortygia lalu membantu ibunya menyebrangi lautan menuju pulau Delos dan melahirkan Apollo di sana, maka dari itu pulau Delos menjadi keramat bagi Apollo. Dalam suatu versi, Leto melahirkan Apollo selama sembilan hari sembilan malam, sedangkan dalam versi lainnya, Apollo lahir sehari setelah Artemis.

Hera yang masih marah kemudian mengirim naga Pithon untuk membunuh Leto. Apollo yang baru lahir berhasil membunuh Pithon dan melindungi ibunya. Tidak berhenti sampai di situ, Hera mengirim raksasa Titios untuk memperkosa Leto. Titios akhirnya dibinasakan oleh Apollo dan Artemis.
Titios hendak memperkosa Leto, di kanan-kiirnya ada Apollo dan Artemis
720px-Tityos_Leto_Louvre_G42.jpg
 
wew
rasanya aneh juga ya
mitologi yunani isinya banyak nafsu bejad
hahaha
 
wah ane demen ni mitologi2 kyk gni..
tmbahin jg gan yg mitologi nordik.. :-D
 
Kisah Cinta Apollo
Apollo dan Dafne

Apollo dalah dewa musik dan matahari sementara Dafne adalah putri dari dewa sungai Peneus. Suatu hari Apollo mengejek Eros (Cupid). Menurut Apollo, Eros hanyalah seorang anak kecil yang bermain-main dengan senjata orang dewasa (panah). Eros tersinggung atas kesombongan Apollo sehingga Eros berniat membalas Apollo.

Eros mengambil 2 anak panah yang berbeda, anak panah emas yang tajam (anak panah rasa cinta) ditembakkan tepat di jantung Apollo, sedangkan anak panah lainnya yaitu anak panah timah yang tumpul (anak panah kebencian) ditembakkan pada Dafne. Akibatnya Apollo menjadi mencintai Dafne sedangkan Dafne jadi sangat membenci Apollo, dan dimulailah kejar-mengejar antara Apollo dan Dafne.

Dafne lari sampai ke ujung dunia dan Apollo pun mengejar Dafne sampai ke ujung dunia. Sampai akhirnya Dafne menyerah karena kehabisan tenaga dan meminta pada ayahnya sang dewa sungai Peneus untuk mengubah dirinya menjadi pohon. Peneus pun mengabulkan permintaan anaknya dan diubahnyalah Dafne menjadi pohon salam. Pada saat mengetahui kejadian itu Apollo merasa sedih karena tak bisa memperistri Dafne. Karena itu Apollo menyatakan bahwa mulai saat itu pohon salam keramat baginya. Daun salam juga digunakan sebagai mahkota oleh Apollo dan sebagai penghargaan dalam Pesta Olahraga Pithia, yang diselenggarakan untuk memuja Apollo.
200px-Apollo_dan_Dafne.jpg
Apollo dan Hiakinthos

Apollo memiliki seorang kekasih lelaki bernama Hiakinthos, yang merupakan pangeran Sparta dan pemuda yang sangat tampan. Apollo dan Hiakinthos sering berburu dan berolahraga bersama. Zefiros (dewa angin barat) juga sebenarnya menyukai Hikainthos tetapi Hiakinthos lebih memilih Apollo.

Suatu hari Apollo dan Hiakinthos melakukan lempar cakram. Apollo yang melempar cakramnya dan Hiakinthos yang memungutnya. Tiba-tiba cakram yang dilempar Apollo menghantam kepala Hiakinthos. Darah mengalir dari kepala Hiakinthos sampai akhirnya pemuda itu pun mati. Cakram itu bisa mengenai Hiakinthos akibat ditiup oleh Zefiros yang cemburu pada hubungan mereka.

Apollo terkejut dan bergegas mendekati Hiakinthos. Apollo memeluk tubuh Hiakinthos tetapi semuanya sudah terlambat, Hiakinthos telah mati.

Apollo sangat bersedih atas kematian kekasihnya. Untuk mengenang Hiakinthos, Apollo menciptakan bunga Hyacinth dari darah Hiakinthos dan menggelar festival Hiakinthia setiap musim panas.
200px-Apollo_dan_Hiakinthos.jpg
Apollo dan Kiparissos

Apollo juga memiliki seorang kekasih lelaki yang bernama Kiparissos. Kiparissos adalah seorang pemuda tampan keturunan Herakles yang tinggal di pulau Keo. Apollo memberinya hadiah berupa seekor rusa jantan yang jinak. Kiparissos sangat menyayangi rusa itu.

Suatu hari secara tak sengaja Kiparissos membunuh rusa kesayangannya dengan tombak. Kiparissos merasa sangat bersalah, menyesal, dan sedih. Apollo berusaha menenangkan Kiparissos namun tak berhasil.

Saking menyesalnya, Kiparissos bahkan meminta supaya dia bisa menangis selamanya. Apollo mengabulkan keinginan Kiparissos dengan mengubahnya menjadi tanaman cypress yang getahnya mengalir seperti air mata.
250px-Apollo_dan_Kiparissos.jpg
 
nice banget /no1
aku suka banget sama mitologi gini..
request tentang scathach dong :D
 
OMG /omg, appolo itu homo??? /swt...

Terus di update dooooooong :x...
 
gila bisa mendapat kan banyak inpo nih gue.../no1
 
critanya banyak & mulai banyak yg difilmkan dgn efek2 yg canggih.
thanks infonya.
 
nice posting always
gw selalu bacain nih isi2 thread agan
 
Herakles (1)
hercules-statue.jpg

Herakles adalah pahlawan Yunani yang terhebat dan paling terkenal. Dia adalah anak Zeus dan Alkmene. Bangsa Romawi mengenalnya sebagai Herkules.

Herakles terkenal atas keberanian dan kekuatannya. Kisahnya yang paling terkenal adalah ketika dia menjalankan dua belas tugas yang luar biasa dan ketika dia membantu para dewa dalam melawan para Raksasa. Karena jasa-jasanya itu, setelah mati, Herakles diangkat sebagai dewa di Olimpus.
Kekuatan Herakles juga sering menimbulkan masalah bagi dirinya sendiri, terutama ketika dia mengalami kemarahan tak terkendalai yang membuatnya melakukan perbuatan buruk pada orang-orang terdekatnya. Meskipun setelah amarahnya reda, Herakles bisa merasa sangat menyesal bahkan dia bersedia menerima hukuman apapun atas perbuatannya. Herakles memang menjalankan banyak tugas dan petualangan yang beberapa di antaranya bahkan berkesan rendahan, seeprti misalnya membersihkan kandang kuda atau menjadi budak seorang ratu, yang menyuruhnya mengenakan pakaian perempuan. Padahal, kalau Herakles tidak mau dihukum, tak ada orang yang akan bisa menghukumnya.

Ibu tirinya, Hera, telah banyak menghukum para perempuan selingkuhan Zeus beserta anak-anak mereka, namun di antara semuanya, Hera paling marah dan dendam kepada Herakles.
Kelahiran
Alkmene adalah putri Elektrion, raja Tirins, dan Anakso. Alkmene menikahi Amfitrion, putra Alkaios.

Suatu ketika Amfitrion membunuh Elektrion, akibatnya Sthenelos (saudara Elektrion) mengusir Amfirtion dari Tirins. Amfitrion, bersama Alkmene dan Likimnios (saudara tiri Alkmene) kemudian pergi ke Thebes. Di sana Amfitrion disucikan dari dosa pembunuhannya oleh Kreon, raja Thebes. Kreon juga menikahkan putrinya, Perimede, dengan Likimnios. Amfitrion dan Alkmene tinggal di dekat gerbang Elektra, salah satu dari tujuh gerbang di Thebes.
Saudara-saudara Alkmene mati oleh bangsa Tafian, dan Alkmene pernah berjanji bahwa dia tidak akan berhubungan seksual dengan suaminya sebelum dendam mereka terbalaskan. Dengan bantuan Kreon, Amfitrion melakukan kampanye militer melawan bangsa Tafian dan sukses menaklukan mereka. Namun sebeleum Amfitrion pulang, Zeus lebih dulu mengunjungi Alkmene. Zeus menyamar sebagai Amfitrion dan bersetubuh dengan Alkmene.

Ketika Amfitrion yang asli datang, dia pun bersetubuh dengan istrinya dan menyadari bahwa Alkmene sudah tidak perawan. Amfitrion kemudian mendapat penjelasan dari Teiresias, peramal di Thebes, bahwa Alkmene sudah disetubuhi oleh dewa.

Sembilan bulan setelah kunjungan Zeus, Zeus menyatakan bahwa sebentar lagi akan lahir seorang manusia yang merupakan keturunanya yang akan menjadi raja. Zeus memaksudkannya sebagai Herakles, namun Hera yang marah berusaha mencegah Herakles menjadi raja. Hera menyuruh putrinya Eileithiia, dewi kelahiran, untuk menunda kelahiran Herakles. Eileithiia kemudian mendatangi ruang persalinan Alkmene dan duduk bersila serta menyatukan jarinya, dengan demikian Alkmene mengalami kesulitan dalam melahirkan bayinya.

Selain itu, Hera membuat Euristheus, putra Sthenelos, lahir lebih cepat, sehingga Euristheuslah yang menjadi raja Mikenai dan Tirins. Zeus kesal namun tak bisa berbuat apa-apa.

Sementara itu Alkmene mengalami penderitaan yang luar biasa karena sulit melahirkan. Untungnya ada Galanthis, pelayannya. Galanthis memperdaya Eileithiia dengan berkata bahwa bayinya sudah lahir. Eileithiia terkejut dan berhenti melakukan mantranya, sehingga Alkmene pun bisa melahirkan. Eileithiia marah karena telah ditipu. Dia lalu mengubah Galanthis menjadi seekor musang. Alkmene melahirkan dua orang anak laki-laki, Herakles dan Ifikles. Herakles adalah anaknya dari Zeus sedangkan Ifikles adalah anaknya dari Amfitrion.
34_snake.jpg


Alkaios adalah nama yang diberikan pada Herakles ketika lahir.
Setelah gagal mencegah kelahirannya, Hera mengirim dua ekor ular untuk membunuh Herakles yang masih bayi di tempat tidurnya. Namun Herakles mencekik kedua ular itu dengan kedua tangannya sampai mati. Ketika mengetahui hal ini, Amfitrion menyadari bahwa Herakles adalah keturunan dewa.

Alkmene takut akan murka Hera, maka dia membuang bayinya di tengah hutan. Dewi Athena menyelamatkan sang bayi dan membawanya pada Hera. Athena lalu membujuk Hera untuk menyusui sang bayi. Hera setuju dan membiarkan bayi tersebut (Herakles) untuk menyusu padanya. Tiba-tiba sang bayi itu menggigit puting susu Hera dengan keras. Hera kesakitan dan melemparkan sang bayi, sedangkan air susunya muncrat dan membentuk galaksi Bima Sakti (Milky Way).
LaViaLacteaRubens.jpg


Dewi Athena lalu memberikan kembali bayi Herakles pada Akmene dan menyuruhnya untuk merawatnya.
 
wakakakakak gw ngakak
asal usul yang bodoh dari nama milky way
 
Herakles (2)

Kehidupan awal

Dalam kehidupan mudanya, namanya diganti dari Alkaios menjadi Herakles, yang berarti Kejayaan dari Hera. Nama ini bermakna bahwa dia akan meraih kejayaan dari permusuhan Hera.

Banyak orang terkenal yang terlibat dalam pendidikan Herakles. Amfitrion mengajari Herakles cara mengendarai kereta perang dan Kastor mengajarinya anggar. Sedangkan Autolikos, pencuri terkenal dan putra Hermes, mengajari Herakles bergulat. Putra Hermes lainnya, Harpalikos, mengajari Herakles bertinju. Euritos, raja Oikhalia, mengajarinya memanah. Linos, putra Mousai Kaliiope atau Urania, mengajari Herakles bermain musik.

Belajar musik ternyata membawa bencana bagi Herakles. Suatu hari Linos memarahi Herakles karena jarang memperhatikan pelajaran. Herakles marah dan memukul kepala Linos dengan lira. Linos mati seketika. Herakles lalu ditugaskan oleh Amfitrion untuk menggembalakan domba di peternakan di di daerah pedesaan di dekat Thespiai. Ini dilakukan supaya Herakles jauh dari masalah.

Di sini, di kaki Gunung Kithairon, Herakles membunuh seekor singa tanpa menggunakan senjata. Singa tersebut dia bunuh karena telah memangsa ternak milik Thespios, raja Thespiai. Sang raja sangat terkesan pada kehebatan Herakles. Raja Thespios lalu menghibur Herakles selama lima puluh malam, dan di setiap malam Thespios mengirimkan satu orang anak perempuannya ke kamar Herakles untuk disetubuhi oleh Herakles. Dalam versi lainnya, Herakles berhubungan seksual dengan kelima puluh anak perempuan Thespios itu dalam satu malam saja. Satu orang putri Thespios tidak mau tidur dengan Herakles, dan dua orang putri lainnya melahirkan anak kembar, sedangkan sisanya putri-putri masing-masing melahirkan satu orang putra, sehingga Herakles menghasilkan lima puluh satu anak lelaki.
Peter_Paul_Rubens_cat01.jpg
 
Herakles (3)
Dua Belas Tugas

Herakles mendengar kabar bahwa pasukan Minyad dari Orkhomenos telah mengalahkan dan melucuti senjata pasukan Thebes. Herakles lalu memimpin sekelompok pemuda Thebes dengan bersenjatakan senjata-senjata tua dari sebuah kuil. Herakles kemudian berhasil mengalahkan pasukan Minyad dan membunuh Erginos, raja Orkhomenos.

Kreon, raja Thebes memberikan putrinya, Megara, kepada Herakles untuk dinikahi sebagai imbalan karena telah menyelamatkan Thebes dari ancaman perbudakan. Megara melahirkan tiga orang putra, yaitu Therimakhos, Deikoon, dan Kreontiades. Pernikahan itu tidak bertahan lama. Dewi Hera menimpakan kegilaan pada Herakles sehingga Herakles membunuh anak-anaknya sendiri. Beberapa sumber menyebutkan bahwa Megara juga ikut dibunuh.
Berdasarkan Pausanias (mengutip dari Stesikhoros dari Himera), Herakles tadinya hendak membunuh Amfitrion juga, namun Athena menyadarkan Herakles dengan menggunakan sebuah batu, yang dikenal sebagai Batu Kewarasan.

Ketika sudah sadar, Herakles merasakan penyesalan yang sangat dalam. Raja dan rakyat Thebes tidak mau menghukum sang pahlawan, jadi Herakles mengasingkan dirinya dari Thebes. Thespios menyucikan Herakles dari dosa pembunuhan itu. Dalam drama tragedi gubahan Euripides yang berjudul Kegilaan Herakles, sang pahlawan muda awalnya hendak bunuh diri, tetapi sepupu dan sahabatnya, Theseus, mengatakan bahwa bunuh diri adalah tindakan pengecut. Theseus lalu mengajak Herakles ke kota Athena untuk menyucikan kejahatannya.

Herakles masih merasa harus menebus dosanya, jadi dia pun pergi ke Delphi untuk berkonsultasi dengan orakel. Sang orakel menyuruh Herakles untuk mengabdi pada sepupunya, Euristheus, raja Tyrins dan Mikenai, yang akan memberi perintah pada Herakles untuk melaksanakn sepuluh (kelak menjadi dua belas) tugas sebagai penebusan atas dosa Herakles.

Kemungkinan dia mulai memakai nama Herakles ("Kejayaan Hera") sejak di Delphi, sedangkan nama lahirnya, Alkaios, tak pernah lagi dia pakai.
 
Keren banget baru tau aku cerita mengenai mitologi. Keren nama2nya dan imajinasinya kalau ada foto2nya lebih mantap tuh yg kepala 50 tangan 100
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.