• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Kisah-kisah Mitologi Yunani

Banjir besar

Pada Zaman Perunggu manusia, Zeus berniat mengirim sebuah banjir besar untuk memusnahkan manusia. Zeus menurunkan hujan tiada henti dari langit dan Poseiodon menumpahkan air laut ke daratan.

Deukalion adalah seorang manusia putra dari Titan Prometheus. Sebelum banjir besar datang, Deukalion diperingatkan oleh ayahnya. Maka dia dan istrinya, Pirrha, membuat sebuah perahu serta menyiapkan perbekalan. Pirrha adalah anak dari Epimetheus dan Pandora. Ketika banjir datang ke tempat mereka, Deukalion dan istrinya naik ke perahu. Banjir itu terjadi selama sembilan hari sembilan malam. Deukalion dan istrinya bertahan di atas perahu sampai akhirnya perahu mereka berhenti di daratan, yang merupakan puncak Gunung Parnassos. Sebagai rasa syukur karena telah selamat, Deukalion dan istrinya memberikan persembahan pada Zeus.

Deukalion dan Pirrha merasa kesepian karena hanya mereka manusia yang tersisa. Mereka menemukan reruntuhan kuil Themis dan berdoa di sana. Themis menyuruh mereka melempar tulang-tulang ibu mereka ke belakang bahu mereka. Mereka menyadari bahwa yang dimaksud ibu adalah Gaia, dewi bumi, dan tulang-tulang Gaia adalah bebatuan.

Deukalion dan istrinya kemudian melempar batu-batu ke belakang tubuh mereka. Batu yang dilempar oleh Deukalion berubah menjadi laki-laki sedangkan batu yang dilempar Pirrha berubah menjadi perempuan sampai akhirnya manusia menjadi banyak lagi.
DEUCALION_PYRRHA_l.gif
 
Wah keren ada thread seperti ini, saya termasuk suka menonton film yang berhubungan dengan mitologi Yunani. /ok

Yang kisah Kotak Pandora itu, dikatakan masih ada 1 yang tersisa dalam kotaknya yaitu harapan. Apa harapan itu tidak dilepaskan ke dunia juga? Untuk mengimbangi teror yang telah dilepaskan sebelumnya. /ok
 
Wah keren ada thread seperti ini, saya termasuk suka menonton film yang berhubungan dengan mitologi Yunani. /ok

Yang kisah Kotak Pandora itu, dikatakan masih ada 1 yang tersisa dalam kotaknya yaitu harapan. Apa harapan itu tidak dilepaskan ke dunia juga? Untuk mengimbangi teror yang telah dilepaskan sebelumnya. /ok
Dalam beberapa versi memang harapan tersebut ikut keluar bersama kejahatan. Tapi ada juga yang menceriakan bahwa harapan tersebut terlalu lemah dibandingkan dengan kejahatan yang banyak dan kuat, yang dengan demikian muncul filosofi bahwa harapan harus terus dipupuk dan dijaga dalam menghadapi kejahatan di dunia. Sebenarnya interpretasi dari mitos Pandora ini cukup banyak sih.
 
Ares dan Aphrodite
Afrodit adalah dewi yang sangat mempesona dan diidamkan oleh semua dewa. Untuk mendegah peperangan antardewa, Zeus menikahkan Afrodit dengan Hefaistos, dewa pandai besi. Mereka tidak memiliki anak dan Afrodit bukan merupakan istri yang setia, dia banyak berselingkuh, dan yang paling terkenal adalah perselingkuhannya dengan Ares dewa perang.

Ketika Hefaistos tak ada di rumah, Ares sering mendatangi Afrodit dan bercinta dengan sang dewi cinta di kasur Afrodit. Dari hubungan itu lahirlah Eros (Cupid), Anteros, Fobos, Deimos, dan Harmonia.

Perselingkugan itu awalnya aman-aman saja sampai suatu ketika Helios dewa matahari sedang mengendarai kereta mataharinya dan tiba-tiba melihat di bawahnya Ares sedang asyik mencumbui Afrodit. Helios segera memberitahu Hefaistos mengenai perselingkuhan itu. Sebenarnya Ares sudah menyuruh Alektrion untuk berjaga di depan pintu untuk memperingatkan Ares jika Helios lewat. Tetapi Alektryon tertidur dalam tugasnya sehingga Helios bisa memergoki Ares dan Afrodit.

Mengetahui perbuatan istrinya dan Ares, Hefaistos marah dan berencana membalas mereka. Dia lalu membuat sebuah jaring yang kuat dan tak terlihat, kemudian memasangnya di atas ranjangnya. Setelah memasangnya, Hefaistos memberitahu istrinya bahwa dia mau pergi ke bengkelnya di Pulau Lemnos. Afrodit melihat ini sebagai sebuah kesempatan untuk kembali bercinta dengan Ares

Setelah Hefaistos meninggalkan rumahnya, Ares langsung mengendap-endap ke dalam rumah Hefaistos. Ares lalu langsung memeluk Afrodit dan membawanya ke ranjang untuk langsung dinikmati tanpa menyadari bahwa ranjang itu telah diberi perangkap. Di tengah kenikmatan mereka, tiba-tiba sebuah jaring jatuh dan mengurung mereka. Saking kuatnya jaring itu, Afrodit dan Ares tak mampu melepaskan diri.

Hefaistos lalu kembali ke rumahnya sambil membawa serombongan dewa sementara para dewi tak mau datang karena tidak mau melihat hal memalukan itu. Afrodit dan Ares merasa sangat malu berada dalam keadaan seperti itu sambil dilihat oleh para dewa. Atas perselingkuhan ini, Hefaistos menuntut para dewa untuk mengganti hadiah perkawinan yang dulu dia berikan pada Zeus dan Hera.
448px-Joachem_Wtewael_-_Venus_en_Mars_verrast_door_Vulcanus.jpg


Dua dewa muda, Apollo dan Hermes, tertawa melihat kejadian ini. Hermes bahkan berkata bahwa dia tidak akan keberatan berada dalam posisi Ares asalkan bisa bersama Afrodit. Poseidon lalu meminta Hefaistos melapaskan mereka dan berjanji bahwa dia akan membayar ganti rugi pada Hefaistos. Setelah mendapat jaminan dari Poseidon, Hefaistos pun melepaskan Afrodit dan Ares. Setelah bebas, Ares langsung kabur ke Trakia sedangkan Afrodit pergi ke Siprus,

Sementara Alektrion yang lalai dalam tugasnya, oleh Ares dihukum menjadi ayam jantan yang tak pernah lupa memberitahu datangnya matahari.

Afrodit sendiri berniat menghukum Helios yang telah membeberkan perselingkuhannya. Helios mencintai seroang nimfa bernama Klitia. Afrodit membuat Helios mencintai gadis lain yang bernama Leukothea.

Klitia jadi cemburu pada Leukothea sehingga dia menyebarkan gosip bahwa Leukothea disetubuhi oleh manusia biasa. Orkhamos, ayah Leukothea, teperdaya gosip ini dan mengubur Leukothea hidup-hidup.

Akibat perbuatannya, Klitia pun ditinggalkan oleh Helios. Klitia, yang sangat mencintai Helios, hanya bisa berbaring di tanah dan memandangi kereta Helios mengarungi langit siang. Selama sembilan hari Klitia memandangi Helios sebelum akhirnya mati. Tubuh Klitia kemudian diubah menjadi tanaman Heliotrope, yang bunganya selalu menghadap arah matahari.
 
wow update terus ya
gw selalu baca nih ceritanya
tetep selalu nice post
 
Poseidon-Afrodit-Hermes
Sebenarnya Poseidon memberi ganti rugi pada Hefaistos dengan didasari motif khusus. Ketika Poseidon melihat tubuh telanjang Afrodit yang terperangkap jaring, Poseidon langsung bernafsu pada sang dewi. Dengan mambatu membebaskan Afrodit, maka Afrodit menjadi berhutang pada Poseidon, dan Afrodit tahu bayaran apa yang paling diinginkan oleh sang dewa laut. Afriodit pun mendatangi Poseidon dan bersetubuh dengannya. Dari hubungan itu terlahir Erix, seorang Argonaut.

Selain Poseidon, Hermes juga ingin menikmati tubuh indah Afrodit. Hermes lalu meminta bantuan pada ayahnya, Zeus. Zeus mengirimkan elangnya untuk mencuri sandal Afrodit. Ketika Afrodit mencari sandalnya yang hilang, Hermes datang dan memberitahunya bahwa dia akan mengembalikan sandal Afrodit asalkan Afrodit mau tidur dengannya. Demi sandalnya, Afrodit pun merelakan tubuhnya dinikmati oleh Hermes. Dari hubungan Hermes dan Afrodit, terlahirlah Hermafroditos
200px-Bartholom%C3%A4us_Spranger_014.jpg
 
^
Poseidon itu Dewa Laut kan ya? Kalau gak salah Dewa laut ada 2 dan mereka itu ternyata kembar. Benar gak ya? apa saya salah baca dulu?

Hermafroditos itu maksudnya hemaprodit? kelamin ganda?
 
^
Poseidon itu Dewa Laut kan ya? Kalau gak salah Dewa laut ada 2 dan mereka itu ternyata kembar. Benar gak ya? apa saya salah baca dulu?

Hermafroditos itu maksudnya hemaprodit? kelamin ganda?

Yup, Poseidon itu dewa laut. Saya gak pernah denger mengenai dewa laut kembar.

Hermafroditos itu terlahir sebagai laki-laki, tapi kelak dia berubah menajdi berkelamin ganda.
 
Hermafroditos
Nama Hermafroditos berasal dari orang tuanya, Hermes dan Afrodit. ia lahir sebagai laki-laki yang sangat tampan. Ia dibesarkan oleh para nimfa di Gunung Ida, gunung suci di Frigia (sekarang Turki). Pada usia lima belas tahun, ia bosan dengan lingkungannya dan melakukan perjalanan ke kota-kota seperti Likia dan Karia. Di hutan Karia, dekat Halicarnassus (kini Bodrum, Turki) ia bertemu dengan Salmakis, seorang Naiad di sebuah kolam. Salmakis bernafsu pada Hermafroditos dan mencoba bercinta dengannya, namun ditolak. Ketika Hermafroditos berpikir Salmakis telah pergi, Hermafroditos menanggalkan pakaiannya dan masuk ke kolam yang kosong. Salmakis tiba-tiba keluar dari balik pepohonan dan melompat ke dalam kolam. Dia memeluk tubuh Hermafroditos, menciumnya secara paksa dan menyentuh dadanya. Sementara Hermafroditos berjuang melepaskan diri, Salmakis meminta kepada para dewa agar mereka bisa bersatu. Keinginannya dikabulkan, dan tubuh mereka dicampur menjadi satu. Hermafroditos kini memiliki payudara dan juga dua kelamin. Dalam rasa malu dan kesedihan, Hermafroditos membuat sumpahnya sendiri, mengutuk kolam itu sehingga siapapun yang mandi di dalamnya akan berubah juga.
210px-Salmacis_%26_Hermaphroditos_3.jpg
 
wuih...mantep bener ni trit.....
seru juga ceritanya....
 
Afrodit dan Adonis
Kiniras, raja Siprus, memiliki seorang putri bernama Mirrha. Ibu Mirrha menyombongkan bahwa anaknya lebih cantik dari Afrodit sehingga Afrodit menghukumnya dengan menjadikan Mirrha jatuh cinta pada ayahnya sendiri, Kiniras.

Kiniras tentu menolak cinta putrinya tetapi Mirrha tidak kehabisan akal. Mirrha menyamar menjadi seorang pramusyahwat dan bersetubuh dengan ayahnya sampai akhirnya Mirrha hamil. Ketika Kiniras tahu perbuatan putrinya, dia berusaha membunuh Mirrha. Mirrha berdoa meminta pertolongan pada para dewa dan kemudian diubah menjadi pohon dupa. Kiniras sendiri akhirnya bunuh diri.

Mirrha, yang telah berwujud pohon, melahirkan bayinya, yaitu seorang manusia bernama Adonis. Afrodit merasa kasihan dan mengambil bayi itu lalu memberikannya pada Persefon di dunia bawah untuk diasuh. Adonis tumbuh menjadi pemuda yang sangat tampan. Suatu hari Afrodit datang untuk mengambil kembali Adonis tetapi Persefon telah menyukai Adonis dan tak mau melepaskannyanya. Afrodit dan Persefon pun bertengkar sampai akhirnya Zeus turun tangan. Zeus memutuskan bahwa selama sepertiga tahun Adonis akan bersama Afrodit, sepertiga tahun berikutnya bersama Persefon, dan sepertiga tahun berikutnya terserah pada Adonis sendiri. Adonis tentu saja lebih memilih bersama Afrodit.

Adonis dan Afrodit sering pergi berburu bersama. Suatu hari Afrodit harus meninggalkan Adonis berburu sendirian. Sebelum pergi, Afrodit berpesan pada Adonis untuk tidak mengganggu binatang buas. Setelah Afrodit pergi, Adonis melihat seekor babi hutan yang sangat besar. Adonis melupakan pesan Afrodit dan mengejar babi tersebut. Babi itu sangat kuat dan bukan tandingan Adonis. Babi itu menyerang Adonis sampai akhirnya Adonis mati karena kehabisan darah. Afrodit kembali dan sangat berduka ketika melihat kekasihnya mati. Untuk mengenang Adonis, Afrodit mengubah tubuh Adonis menjadi bunga anemone dan menyelenggarakan festival Adonia.
Sebastiano_del_Piombo_005.jpg
 
Bagus-bagus ceritanya /no1...

Request dong :D...
Cerita soal dewi artemis, baru dapet info kalau dia memutuskan untuk enggak menikah. Apa alasannya ya? /hmm, pengen tau euy /ho...
 
Bagus-bagus ceritanya /no1...

Request dong :D...
Cerita soal dewi artemis, baru dapet info kalau dia memutuskan untuk enggak menikah. Apa alasannya ya? /hmm, pengen tau euy /ho...

Kalau itu sih hanya Artemis yang tahu alasannya, hehe:D

Setahu saya sih, karena dia ga mau melahirkan anak.
 
Kalau itu sih hanya Artemis yang tahu alasannya, hehe:D

Setahu saya sih, karena dia ga mau melahirkan anak.

Q juga baru tahu, apa enggak ada ceritanya kenapa dia bisa bikin keputusan begitu? /hmm...
 
Q juga baru tahu, apa enggak ada ceritanya kenapa dia bisa bikin keputusan begitu? /hmm...

Yang saya tahu sih, karena dia trauma setelah melihat betapa menderitanya ibunya (Leto) ketika melahirkan dia dan Apollo. Untuk kisah perjuangan Leto melahirkan, ada kisah tersendiri sih, mungkin nanti akan saya ceritakan. :D
 
Yang saya tahu sih, karena dia trauma setelah melihat betapa menderitanya ibunya (Leto) ketika melahirkan dia dan Apollo. Untuk kisah perjuangan Leto melahirkan, ada kisah tersendiri sih, mungkin nanti akan saya ceritakan. :D

Sebetulnya masih penasaran :D...

Yo wes, kalau ada cerita tolong di share lagi ya /ho...
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.