Kenapa Anak2 muda nggak suka silat ya?

Taneda

IndoForum Junior C
Wah...iseng2 masuk ke forum ini......ternyata muncul suara keprihatinan......tentang silat............
Mungkin sosialisasinya kurang juga dibarengi image tentang silat yg berbau mistis,ilmu kanuragan,ilmu batin......
...........
Saat daku remaja sempat belajar silat dari seorang sesepuh silat yang mau menerima kami<daku dkk><walaupun kami adalah warga keturunan>....
Ilmu gerak kaki-badan-tangan-kepala diajari Beliau....walaupun geraknya sederhana namun masih mencerminkan silat tradisional...teryata bisa dikembang seluas-luasnya di barengi latihan yang serius......daku belajar sampai Langkah ke 4<ilstilah sesepuh tersebut>yg konon beliau menguasai sampai 7 langkah.
WOW....ternyata gerak2 tsb dapat dikembangkan menjadi ratusan jurus-jurus...
...............
...............
Bela diri pada prinsipnya sama hanya gaya geraknya saja yg variatif
Semoga ke depan muncul ahli-ahli beli diri yg tangguh dan sportif.......dalam kancah persilatan indonesia......
..............
 

f3ihung

IndoForum Newbie F
kemasan dan promosinya mungkin kurang menarik...

apabila dibandingkan dengan kungfu... setiap saat kita disuguhkan dengan film-filmnya jackie chan, jet lie dan film2 kungfu lainnya. sementara untuk sekarang sangat jarang sekali tayangan yang mengangkat tentang silat. Jadi, ga salah kenapa banyak orang yang lebih suka kungfu dari pada silat.
 

eddy hatoko

IndoForum Newbie E
pendapat klo budaya luar lebih bergensi dan lebih keren mungkin.
dan parahnya pendapat itu uda menjamur.
anak muda klo milih capuera ato silat mesti lebih sk capuera, ckckck
pendapat ini harus dirubah lewat promosi2, iklan2, dsb
pemerintah jg harus mendukung 100% dunk.
jgn cm setengah2 ato cuma dukung awalnya aja, akhir2nya g peduli alias cuek

tetep semangat buat 1ndONEsia ku !! /kis
 

firmanfernando9

IndoForum Newbie F
mau tau kenapa anak muda ga suka silat ato bela diri kontak body...
alasannya karena anak muda lebih suka yg efisien... contoh nya
alat beladiri yg trend sekarang...
SUARANYA DISINI YG TERIAK DISANA.... DOR di sini.... AAAAARRRGGG di ujung sana
nah tebak aja alat bela diri apaan tuch... pasti pada tau...
ato BELA DIRI RAME" alias KEROYOKAN
 

MuGetsU

IndoForum Newbie F
memang disayangkan anak2 muda indonesia lebih bangga dengan budaya lain...
giliran kebudayaan kita diacak-acak orang kita baru ngamuk...
mari cintai budaya bangsa....
^....................^
oia ane mau latihan silat...
ada yang tahu daerah pamulang-bsd dan sekitarnya???
 

Gran Turismo

IndoForum Newbie F
klo menurut gw dsini kuncinya sih, manajemen Pencak Silatnya juga yg kurang mensosialisasikan dirinya..bayangin aja klo tiap SD pas pelajaran Olah Raga dmasukin Pencak Silat ? bukan cuma SKJ yg lbh cocok buat Ibu2 RT/RW setempat..mgkn anak2 jaman skrg bisa lbh banyak ngomongin Pencak Silat yg dikenalin ke mereka dari kecil..di SD n SMP kan ada kurikulum muatan lokal tuch klo ga salah, masuk ksitu gw yakin 4-5 tahun kedepan Macan Cimande banyakan yg bangun ktimbang tidurnya :-bd
Di China begini, anak2 SD ada pelajaran wajib Kungfu dr dlm kurikulum olahraga. Sbg upaya melestarikan tradisi dan budaya
 

vermouth

IndoForum Beginner E
gw pengen sih belajar silat
tapi di SMA gw adanya taekwondo
jadi gw ikut taekwondo
dan keinginan ikut silat pun berkurang

Kesimpulan: mungkin gara" tempat yang jauh dari rumah. seperti kota" besar, mungkin orang" sana suka pada bela diri yang lbih modern. seperti capoiera, taekwondo, karate, judo, dll. Silat umum nya banyak di kampung" (CMIIW)
 

kevin-ch

IndoForum Beginner A
Kalo saya menganggap Bela diri / silat itu berguna walau banyak orang baik dalam maupun luar Indonesia berkata, "Buat apa sih main tonjok, nggak jaman .. Sekarang itu jamannya tembak!" [-X

Pada kenyataannya, bela diri bukan berarti selalu merujuk kepada pertengkaran, namun dapat juga digunakan sebagai olah raga semata. Baik juga untuk kebugaran tubuh. :-bd
 

Uncle Gober

IndoForum Beginner A
Ane suka kok Silat, hanya bingung mau belajar dimana. Dan kayaknya susah juga karena ane punya kekurangan secara fisik :(
 

chimenk2011

IndoForum Newbie F
Kalau bagi gw sendiri sih karena gw liat pencak silat itu kurang dalam hal pertandingan berjarak sehingga kurang menguntungkan apabila lawan kita jauh lebih tinggi dari kita dalam hal jangkauan maupun badan.

Berbeda dengan karate-do atau Taek Kwon Do maupun Judo, tanpa mempertimbangkan besar badan pengguna mampu unggul dalam pertandigan jangkauan maupun tenaga
wah salah besar ente gan..
pencak silat ada 2 jenis:
1. silat raga
2. silat batin
silat raga adalah ketangkasan yang memadukan kecepatan, kekuatan dan kelincahan..
seorang jago silat yang sudah dikatakan master, bisa memotong daun talas dengan kecepatan angin tendangannya..ane dah saksiin gan..
silat batin lebih mengerikan lagi gan, hanya dengan 1 pukulan ente bisa koit, ato cuma d tepuk doank..koit deh ente..
Kenapa silat kurang berkembang? ane rasa karena kedahsyatan silat..coba kalo diturunin kesembarangan orang..wah berabe..
biasanya guru silat menerima murid melalui seleksi yang panjang..dan itupun masih dalam lingkaran sekitarnya..gak mau dari orang luar..
 

luffi87

IndoForum Beginner D
menurut ane kekurangan fisik bukan masalah, justru harus lebih fight...dan buktikan pada semua Anda bisa...
Go...!
 

Mufaz

IndoForum Newbie E
klo menurut gw dsini kuncinya sih, manajemen Pencak Silatnya juga yg kurang mensosialisasikan dirinya..bayangin aja klo tiap SD pas pelajaran Olah Raga dmasukin Pencak Silat ? bukan cuma SKJ yg lbh cocok buat Ibu2 RT/RW setempat..mgkn anak2 jaman skrg bisa lbh banyak ngomongin Pencak Silat yg dikenalin ke mereka dari kecil..di SD n SMP kan ada kurikulum muatan lokal tuch klo ga salah, masuk ksitu gw yakin 4-5 tahun kedepan Macan Cimande banyakan yg bangun ktimbang tidurnya :-bd

ane setuju banget gan,disekolah anak ane yg masih SD ada tuh Pencak Silatnye,
kalau mau usul supaya jadi kurikulum SD n SMP dinegri tercite kite ini,kira2 usulnya ke siapa ya..........? ada yang tau n mau mengusahakan.......?
 

Mufaz

IndoForum Newbie E
wah salah besar ente gan..
pencak silat ada 2 jenis:
1. silat raga
2. silat batin
silat raga adalah ketangkasan yang memadukan kecepatan, kekuatan dan kelincahan..
seorang jago silat yang sudah dikatakan master, bisa memotong daun talas dengan kecepatan angin tendangannya..ane dah saksiin gan..
silat batin lebih mengerikan lagi gan, hanya dengan 1 pukulan ente bisa koit, ato cuma d tepuk doank..koit deh ente..
Kenapa silat kurang berkembang? ane rasa karena kedahsyatan silat..coba kalo diturunin kesembarangan orang..wah berabe..
biasanya guru silat menerima murid melalui seleksi yang panjang..dan itupun masih dalam lingkaran sekitarnya..gak mau dari orang luar..

kayaknya ente yang salah deh gan,Pencak Silat yg kita perbincangkan sekarang adalah,bagaimana caranya supaya bisa diminati oleh bangsa kita sendiri,khususnya generasi muda,kalau silat batin mah sebaiknya malah jangan diajarin ke generasi muda kita,karena sepengetahuan gw,yang namanya ilmu kebatinan itu pasti berhubungan dengan makhluk yang namanya JIN....JAUHKAN dari generasi penerus bangsa....

Bunga Papan
 

Shusuke Amagai

IndoForum Newbie D
Saya salah satu Orang yang Antusias terhadap Ilmu Bela Diri dan Saya Pikir Pencak Silat asal Negara kita Ini bukan Sembarang Ilmu Bela Diri gerakannya Khas antara Seni dan Bela diri dan mungkin yang bikin Anak Muda kurang Minat karena mereka kebanyakan liat di Film atau semacamnya yang di dalamnya ada Adegan Bela Diri dari Negara lain yang terlihat menarik padahal Pencak Silat juga sebenarnya bisa di kembangkan selain mengangkat Budaya juga mengangkat Martabat Bangsa dan Image Negara kita Bayangkan ada Film Bela Diri dari Thailan ga perlu di kasih tau judulnya (uda populer) nah coba kalau berbagai perguruan Pencak Silat Indonesia tersorot juga. Tapi apa perlu harus di buat FIlm dahulu ? Kesadaran masing-masing saja dan setiap perguruan hendaknya mensosialisasikan budaya merangkap bela diri tersebut.
 

bolivar2201

IndoForum Newbie F
Sebenernya banyak instruktur Silat yang bagus dan dari generasi baru atau muda cuma memang mereka low profile, coba aja di facebook cari Galih Iman atau Chakra V MMA; kebetulan kenal mereka dan mereka adalah instruktur Silat yang oke banget! (just sharing)
 

Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact us untuk memulai.
Top