• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Kalo Bingung Soal Akuntansi Silakan Tanya disini^^

kyuzu

IndoForum Newbie A
No. Urut
520
Sejak
13 Apr 2006
Pesan
302
Nilai reaksi
1
Poin
18
Alo kk2, klo ada pertanyaan di masalah akuntansi di sekolah2 kk2 semua, silakan post disini, mudah2-an aq bisa cariin jalan keluarnya, atau kk2 yg lain bisa ikut, bantu2 juga :D ;;) ;) >:D< ;;)
 
kalo masalah akuntansi d kuliahan bs ga kk kyuzu /? /hmm ga lulus2 nih Pengantar Akuntansi n AK I /heh /gg /swt /sob
 
Terserah, I si Up 2 u :D ;) >:D<

oce2 aje
 
akuntansi pada dasarnya "Harta = utang + modal"

Ato dalam bahasa kerennya "Assets = Liabilities + Owner capital"

dimana yang masuk kedalam harta itu merupakan sisi debet (Ato bahasa gaulnya Dr.) seperti harta lancar (Current Assets), harta tetap (Fixed Assets), dan harta tak berwujud (Intangible assets).

lalu yang masuk kedalam sisi kredit (Ato bahasa gaulnya Cr.) adalah utang dan modal, dmana dalah hutang terbagi menjadi 2 bagian utama yaitu SHort-Term liabilities atau current Liabilities, dan Long-term Liabilities....

Bagian ini ada yang tidak mengerti??



Kita di Indonesia, sistem Akuntansinya menganut Standar Akuntansi Internasional Ato bahasa gaulnya IAS (International Accounting Standart)...

Tapi yang membuat gw bingung adalah, kenapa kita harus belajar Standart Akuntansi-nya Amerika (US GAAP)....

Tapi setelah gw berembuk sama petingginya IAI (Ikatan Akuntansi Indonesia), pada tahun 2008 nanti (direncanakan) standart akuntansi kita nanti akan murni 100% ikut standart akuntansi internasional (IAS)....

Sampai disini ada pertanyaan?? /hmm
 
jelasin g tentang ajp dan logikanya XD
Ayat jurnal penyesuaian XD.
dng logika klo bisa bukan dng rumus
 
AJP yach??
/hmm

Secara logika, ketika perusahaan2 melakukan transaksi selama setahun, pasti akan ada 1 atau 2 atau bahkan lebih kesalahan2 yang dilakukan, atau suatu hal yang harus dilakukan dimasa yang akan datang...

Misal, kalo perusahaan menerima cek sebesar 1000, tapi dicatat 100, maka perusahaan akan mendapatkan hasil postingan yang lebih rendah dari jumlah uang yang real-nya, maka yang 900 yang kurang itu dicatat dalam jurnal penyesuaian....

contoh lain adalah ketika perusahaan memiliki gaji karyawan yang sebenarnya masih belum jatuh tempo, namun perusahaan harus menyelesaikan tahun akuntansinya, maka harus ada penyesuaian, dimana beban gaji tersebut akan menjadi hutang perusahaan....

Begitu juga dengan beban bunga, atau penerimaan yang masih harus diterima...

Pada dasarnya, AJP itu hanya meliputi 4 penjurnalan
Yaitu:
1. Beban yang masih harus dibayar (Contoh : beban listrik)
2. Beban di Terima di muka (saya lupa contohnya /gg )
3. Pendapatan yang harus diterima (Contoh : Pendapatan bunga)
4. Pendapatan diterima dimuka (Contoh Sewa gedung)

Sampai disini ada pertanyaan?? /hmm
 
tanya bang rakditzzz
contoh2 rumus ajp beserta logikanya plsssss xD
 
contoh yach...
Perusahaan mo mengiklankan dimajalah yang terbit 1 bulan sekali selama 3 tahun.
1x iklan butuh biaya 100rb
Mulai di Iklankan awal bulan Juli.

Rumusnya =
dari bulan juli ke Desember tuh ada12 bulan
12x100rb = 1,2jt

AJP-nya

Beban Iklan (kredit)
Iklan dibayar dimuka (debet) sebesar 1.2 jt

Contoh lain soal bunga...
Kita beli obligasi seharga 10jt, dengan bunga pertahun sebesar 12%
bunga dibayar tiap bulan Maret

Rumusnya 9/12 x 12% x 10jt = Rp 900rb

AJP-nya
Piutang bunga (Debet) Sebesar 900rb
Pendapatan bunga (Kredit)


sgini dulu, ada pertanyaan??
kalo ada yg salah tulung diperbaikin... /wah
 
mas bagaimana?
1. sisten informasi utk kegiatan pembelian dan pembayaran pada dealer motor
2. sisten informasi utk kegiatanpenjualan dan penerimaan uang
3. sisten informasi utk kegiatanpersediaan motor dan suku cadang
tlg bantu untk menguraikan itu, kalo bisa dikasih flowchart dalam prosedurnya...
 
kk aku gak ngerti semua-muanya dari Ulangan AJP, Kertas Kerja, dll. Aku nyontek ajarin aku full donk.
 
hai semua lam kenal ya......
minta tolong donk, tulisin langkah2 buat sebuah laporan keuangan....dan gimana caranya.... maklum kalo dari dasar banget....bis lom ngerti2 juga :d
 
setau gue dulu pas gue kuliah tuh ada beberapa proses untuk membuat laporan keuangan /no1
 
mas bagaimana?
1. sisten informasi utk kegiatan pembelian dan pembayaran pada dealer motor
2. sisten informasi utk kegiatanpenjualan dan penerimaan uang
3. sisten informasi utk kegiatanpersediaan motor dan suku cadang
tlg bantu untk menguraikan itu, kalo bisa dikasih flowchart dalam prosedurnya...

Waduh, itu sistem Informasi AKuntansi...

Panjang banget kalo dijabarin disini.....
Ntar gw buatin dulu deh....

senacool berkata:
kk aku gak ngerti semua-muanya dari Ulangan AJP, Kertas Kerja, dll. Aku nyontek ajarin aku full donk.

tati_spunky berkata:
hai semua lam kenal ya......
minta tolong donk, tulisin langkah2 buat sebuah laporan keuangan....dan gimana caranya.... maklum kalo dari dasar banget....bis lom ngerti2 juga :d

Yang pertama, pasti ada transaksi (entah di faktur,Invoice,bon,dll)
nah, dari transaksi itu dibuat jurnalnya.....

kalo jurnal uda selesai, bikin buku besar.....
trus dari saldo buku besar, dimasukin ke balance sheet....
Nah, dari balance sheet, lu liat lagi, dalam penjurnalan ada yang salah gak??
atau ada yang masih blum dijurnal ato gak.....

kalo ada, nah lu bikin deh tu AJP...

Dari Balance sheet trus digabungin sama AJP, nah itu yang namanya Neraca Saldo yang telah disesuaikan....

Setelah itu, baru deh buat Neraca sama Laporan laba rugi....

nah, Balance sheet, AJP, Neraca saldo yang telah disesuaikan, Laporan laba rugi, n Neraca...Kalo disatukan dalam satu lembar kertas...itu namanya Kertas kerja....atau worksheet....
 
klo akuntasni harus ngerti dari dsasarnya ga bisa klo langusngan /no1
 
hai semua kenalkan, sy srf, mahasiswa akuntansi, udah kelamaan kuliah nih!! heheh tolong di bantu ya kalo ada probleem:D:-B

bisa kasih contoh doi exelnya untuk buku besar masrakditz
 
boleh tanya gak
kalo AJP kan bisa lebih dari 2 modelnya
contoh=peralatan 1juta sisa 400ribu akhir tahun
kan bisa jadi

beban perlengkapan\
--------------------600ribu
------ perlengkapan/

atau
perlengkapan-------\
---------------------400 ribu
beban perlengkapan /

berarti nanti neraca lajur bisa ada 2 kemungkinan donk?
 
boleh tanya gak
kalo AJP kan bisa lebih dari 2 modelnya
contoh=peralatan 1juta sisa 400ribu akhir tahun
kan bisa jadi

beban perlengkapan\
--------------------600ribu
------ perlengkapan/

atau
perlengkapan-------\
---------------------400 ribu
beban perlengkapan /

berarti nanti neraca lajur bisa ada 2 kemungkinan donk?

thread dah kelamaan sih ni tapi coba bantu lah..

peralatan 1juta sisa 400ribu akhir tahun

ini bisa diliat di ledger(buku besar).. Sisa 400rb di akhir taun artinya
pas akhir taun di buku besar(ledger) peralatan angka terakhirnya 400rb,
jadi yang bener yang pertama..

Yang kedua itu kalo tulisannya "sampai akhir taun perlengkapan terpakai
sebanyak 400rb"

Bisa dilihat bahwa bahasa soal sangat bermain di persoalan2 akuntansi.
(tapi kalo di praktek benerannya ga mungkin rancu gini lah kan kalo sisa
ketauan ada bukti2nya)
 
minta tolong jelasin cara ngisi kertas kerja trus sama jurnal pembalik
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.