• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

>> Info Seputar Provider Kartu <<

Status
Tidak terbuka untuk balasan lebih lanjut.

al_hudzaifah

IndoForum Junior A
No. Urut
18915
Sejak
16 Jul 2007
Pesan
3.389
Nilai reaksi
60
Poin
48
Sekilas Mengenai GSM

GSM (singkatan bahasa Inggris: Global System for Mobile Communications, GSM) adalah salah satu standar sistem komunikasi nirkabel (wireless) yang bersifat terbuka. Telepon GSM digunakan oleh lebih dari satu milyar orang di lebih dari 200 negara. Banyaknya standar GSM ini membuat roaming internasional sangat umum dengan "persetujuan roaming" antar operator telepon genggam.
GSM berbeda banyak dengan teknologi sebelumnya dalam pensinyalan dan "channel" pembicaraan adalah digital, yang berarti ia dipandang sebagai sistem telepon genggam generasi kedua (2G). GSM merupakan sebuah standar terbuka yang sekarang ini dikembangkan oleh 3GPP.
Dari sudut pandang konsumen, keuntungan kunci dari sistem GSM adalah kualitas suara digital yang lebih tinggi dan alternatif biaya rendah untuk menelpon dan juga pesan teks. Keuntungan bagi operator jaringan adalah kemampuannya menerapkan peralatan dari "vendor" yang berbeda karena standar terbuka membuat inter-operasi menjadi mudah. Juga, standar ini telah mengizinkan operator jaringan untuk menawarkan jasa roaming yang berarti pengguna dapat menggunakan telepon mereka di seluruh dunia.
GSM terus mendapat kompatibilitas dengan generasi sebelumnya, selagi standar GSM ini terus berkembang, contohnya kemampuan paket dataRelease '97 dari standar ini, dengan cara GPRS. Data transmisi kecepatan tinggi juga telah diperkenalkan dengan EDGE dalam versi Release 99 dari standar ini. ditambahkan ke versi


;;) ... Bagi rekan2 yang memiliki informasi tentang kartu seluler GSM share dengan kita di sini ya ... ;;)



Telkomsel Tambah 8,86 Juta Pelanggan


05 November 2007

Telkomsel membukukan penambahan pelanggan sebanyak 8,86 juta sejak awal tahun hingga kuartal ketiga 2007 ini sehingga jumlah keseluruhan pelanggan mencapai 44,5 juta. Dari jumlah tersebut, pelanggan kartu prabayar Telkomsel Simpati dan Kartu As mendominasi dengan jumlah 42,57 juta dan sisanya 1,89 juta merupakan pelanggan pascabayar kartu Halo.

"Peningkatan 8,86 juta pelanggan sampai triwulan ketiga 2007 ini memberikan kontribusi pada pertumbuhan pendapatan perusahaan atau gross operating revenue sebesar 27% dari periode sembilan bulan tahun 2006," kata Dirut Telkomsel Kiskenda Suriahardja.

Kiskenda mengatakan, Telkomsel juga menjaga tingkat profitabilitas perusahaan, di mana pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) tumbuh 22% dari periode yang sama tahun 2006, dengan EBITDA margin terhadap gross revenue mencapai 58%. "Itu lebih baik dari rata-rata industri telekomunikasi selular di Indonesia," ujarnya.

Pendapatan bersih perusahaan atau net income Telkomsel pun mengalami pertumbuhan 16%, di mana pendapatan masih didominasi dari layanan komunikasi suara yakni sekitar 73%, sisanya 27% dari pendapatan pesan pendek (SMS) dan layanan mobile data. (Sumber: detikinet.com)​
 
Penggunaan Video Call Telkomsel Melonjak


05 November 2007Operator seluler PT Telkomsel mengungkapkan lalu lintas penggunaan pang-gilan video selama Lebaran tahun ini meningkat 97% diban- dingkan dengan hari biasa. Syarir Syarial Ahmad, Direktur Perencanaan dan Pengembangan Telkomsel, mengatakan layanan 3G semakin populer di tengah perluasan jaringan ke 70 kota termasuk 46 kota di jalur tujuan mudik.

Penggunaan video call selama masa Lebaran meningkat 97% menjadi 32.650 menit dari hari normal hanya 16.555 menit.

Selama Lebaran lalu, tambah Syarir, peningkatan pesat juga terjadi pada pendapatan transaksi pembelian pulsa mencapai empat kali lipat selama tiga hari pada H-1 sampai H+2 menjadi sebesar Rp200 miliar per hari.

Menurut dia, pada hari normal pendapatan transaksi Telkomsel tersebut rata-rata hanya sebesar Rp50 miliar per hari dari hasil pembelian pulsa melalui berbagai fasilitas yang telah disediakan.

Dia mengungkapkan setiap tahun pendapatan Telkomsel dari hasil transaksi itu mencapai sebesar Rp1,8 triliun dan kontribusi terbesar terjadi pada hari besar seperti Lebaran, Natal dan Tahun Baru serta masa liburan sekolah.

Telkomsel, tambah Syarir, tetap akan menggelar edukasi kepada masyarakat hingga liburan Tahun Baru, pada pengembangan pemasangan jaringan selular 3G hingga berbagai kota besar yang berpotensi, baik di tingkat kabupaten maupun ibukota provinsi. (Sumber: Bisnis Indonesia)
 
Pelanggan Telkomsel Meningkat 8,86 Juta

10 November 2007


Sebagai service leader operator selular di Indonesia, performansi Telkomsel di triwulan ketiga 2007 mencatatkan pertambahan pelanggan mencapai 8,86 juta di mana jumlah pelanggan menjadi 44,5 juta per 30 September 2007.

Dari jumlah tersebut, pelanggan kartu prabayar Telkomsel (simPATI dan Kartu As) mencapai 42,57 juta dan sisanya 1,89 juta merupakan pelanggan paskabayar (kartuHALO).

Peningkatan 8,86 juta pelanggan sampai triwulan ketiga 2007 ini memberikan kontribusi pada pertumbuhan pendapatan perusahaan (gross operating revenue) sebesar 27% dari periode sembilan bulan tahun 2006.

Telkomsel juga dapat menjaga tingkat profitabilitas perusahaan pada level yang baik, di mana EBITDA (earning before interest, taxes, depreciation, and amortization) tumbuh 22% dari periode yang sama tahun 2006, dengan EBITDA margin terhadap gross revenue mencapai 58% atau lebih baik dari rata-rata industri telekomunikasi selular di Indonesia.

Pendapatan bersih perusahaan (net income) Telkomsel pun mengalami pertumbuhan 16%, di mana pendapatan masih didominasi dari layanan komunikasi suara, yakni sekitar 73%, sisanya 27% dari pendapatan SMS (Short Message Service) dan layanan mobile data.

Hal utama yang menjadikan pencapaian triwulan ketiga 2007 mengesankan adalah bahwa Telkomsel terus berinovasi dalam mengimplementasikan berbagai ragam inovasi layanan seperti: HALOhybrid, Pelindung Dataku, You’ve Got Mail, Telkomsel Flash, simPATI Talkmania, dan layanan mudik terlengkap Telkomsel Siaga. Di samping itu juga melakukan penggelaran layanan berbasis teknologi terkini 3G (WCDMA dan HSDPA) di 49 kota di seluruh Indonesia.

Direktur Utama Telkomsel Kiskenda Suriahardja mengatakan, "Langkah yang dilakukan Telkomsel telah berhasil merebut hati mayoritas pelanggan baru dari pasar selular di Indonesia sepanjang tahun 2007 ini, sekaligus mengokohkan Telkomsel sebagai service leader yang selalu menghadirkan keunggulan kompetitif dibanding layanan sejenis di pasar. Hasilnya antara lain adalah peningkatan pertumbuhan pelanggan Telkomsel yang lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan pasar secara keseluruhan. Ini memberikan gambaran nyata bahwa produk kami sesuai dengan kebutuhan pelanggan."

"Terus bertumbuhnya pendapatan Telkomsel juga membuktikan bahwa pelanggan kami adalah pelanggan yang aktif serta memiliki kemampuan yang tinggi untuk menggunakan berbagai inovasi layanan yang kami luncurkan. Hal ini memberikan gambaran bahwa Telkomsel dalam jalur yang benar dalam memandu perkembangan industri telekomunikasi selular di Indonesia," tambah Kiskenda. (Sumber: telkomsel.com)
 
Telkomsel Raih Asia Pacific Call Center Award

10 November 2007


Telkomsel sebagai wakil Indonesia di ajang internasional Asia Pacific Call Center Award (APCS) yang digelar di Hongkong, berhasil meraih penghargaan dengan predikat Excellence atau memberikan tingkat kepuasan tertinggi bagi pelanggan selular.

Asia Pacific Customer Service Award (APCS) merupakan penghargaan bergengsi bagi layanan pelanggan terbaik yang diikuti oleh 24 operator dari berbagai negara, seperti : China, Hongkong, Thailand, Philipina, Malaysia, Indonesia dan Australia.

GM Customer Service Telkomsel Ririn Widaryani mengatakan, â? Predikat terbaik diraih Telkomsel setelah melalui serangkaian seleksi ketat dewan juri tingkat Asia Pasifik melalui presentasi dan interview tentang Call Center Management, Service Quality Management dan Customer Retention dan Customer Satisfaction?.

Hal yang membanggakan tentunya karena ini menunjukkan bahwa segala upaya yang dilakukan Telkomsel sesuai dengan standar internasional, sekaligus semakin meyakinkan bahwa apa kami lakukan sejalan dengan perkembangan layanan seluler di berbagai negara maju di dunia. Telkomsel yang saat ini dipercaya melayani 44,5 juta pelanggan, mewakili Indonesia setelah menjadi pemenang di tingkat nasional April lalu?, ungkap Ririn.

Penghargaan ini merupakan bukti keseriusan Telkomsel dalam mengembangkan Customer Service sebagai garda depan perusahaan yang langsung bersinggungan secara emosional dengan para pelanggan kami. Kami menyediakan beragam pilihan akses pelayanan on-line 24 jam berupa: Call Center atau dikenal dengan Caroline (Customer Care By Online), website, email, dan sms. Bahkan Layanan kami telah dilengkapi jaminan manajemen mutu bersertifikasi standar internasional ISO? imbuh Ririn.

Bahkan dalam rangka menghadirkan solusi pelayanan terbaik, di tahun 2007 Telkomsel menggandeng Graham Technology menambah kapasititas Call Center menjadi dua kali lipat sekaligus mengimplementasikan teknologi terkini pada aplikasi GT-X untuk mengakomodir kebutuhan akan kualitas pelayanan pelanggan.

Call Center Telkomsel merupakan call center tersibuk di Indonesia dengan jumlah 1,2 juta call per hari yang ditangani oleh sekitar 4.000 petugas pelayanan yang didukung sistem canggih IVR (interactive voice response).

Pelanggan dapat mengakses GRATIS layanan Call Center 24 jam dengan akses 111 untuk pelanggan kartuHALO dan 116 untuk simPATI dan kartu AS, serta akses khusus pelanggan Corporate yakni 128. Juga tersedia akses dari nomor lain adalah 08071811811.

Seiring dengan tuntutan pasar dan perkembangan teknologi Telkomsel terus meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan, dimana saat ini telah dibuka akses video call center 136 mempergunakan teknologi 3G, seperti yang telah banyak dilakukan perusahaan-perusahaan di negara maju. Hal ini tentunya akan meningkatkan experience pelanggan, jika dulu hanya mendengar suara kini bisa saling melihat wajah layaknya bertatap muka langsung.

Penghargaan ini melengkapi beberapa penghargaan sebelumnya baik nasional maupun internasional seperti : Best Call Center Award dari CCSL (Center for Customer Satisfaction & Loyalty) dan ICCA (Indonesia Call Center Association), sertifikasi mutu ISO 9001:2000 dan Asian Mobile News Award 2007â?, pungkas Ririn. (Sumber: OKEZONE.COM)
 
Berbagai Inovasi Indosat di Usia 40 Tahun

11 November 2007


Indosat baru-baru ini kembali meluncurkan berbagai inovasi terbaru antara lain layanan igps, i-stock, i-go, perangkat BlackBerry terbaru 8300 dan 8800 . Indosat juga meluncurkan layanan i-menu untuk info MOVIE, SPORT, COMIC, GAMES serta i -ring personal dan i-ring Top 40. Peluncuran berbagai layanan ini merupakan wujud kepedulian Indosat pada para pelanggan dan calon pelanggan khususnya memasuki usianya yang ke-40 dengan selalu menghadirkan produk dan fitur yang inovatif sehingga memberikan manfaat yang maksimal kepada masyarakat dan pelanggannya.

“Peluncuran berbagai layanan inovatif ini adalah bagian dari rangkaian acara perayaan ulang tahun Indosat yang telah kita mulai sejak awal bulan November lalu.” ujar Direktur Corporate Service Indosat, Wahyu WIjayadi. ”Seluruh layanan dibuat khusus untuk memberikan kemudahan dan manfaat lebih dari yang diharapkan pelanggan maupun calon pelanggan, sehingga dapat menikmati pilihan layanan sesuai dengan kebutuhan atau hobi mereka.” tambah Wahyu.

Inovasi Layanan Blackberry : i-gps*, i-stock, i-go dan Perangkat BlackBerry Terbaru 8300 dan 8800

i -gps (Global Positioning System) adalah layanan yang memungkinkan pelanggan Indosat bisa mengetahui lokasi tertentu dengan memasukkan alamat yang dicari pada aplikasi i-gps ini. Selanjutnya aplikasi ini akan segera memunculkan suatu denah yang dilengkapi dengan arah panah dan suara untuk memandu pelanggan Indosat menuju alamat yang dicari berdasarkan jarak terdekat maupun waktu tercepat. Layanan ini dapat diakses dengan menggunakan perangkat BlackBerry terbaru tipe 8800 yang telah memiliki fitur GPS built in. Untuk saat ini i-gps dari Indosat telah mencakup area di Pulau Jawa dan Bali.

Selain itu Indosat juga memperkenalkan i-stock sebagai aplikasi finansial saham. i-stock dapat dinikmati oleh semua pelanggan Indosat yang memiliki BlackBerry Smartphone tipe apapun termasuk BlackBerry 8300 maupun BlackBerry 8800 yang baru saja diluncurkan. istock menyajikan informasi saham seperti IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan), total volume dan nilai pasar, harga saham, status saham yang aktif, informasi seputar saham dan fitur-fitur lain yang menarik melalui koneksi GPRS, EDGE maupun 3G Indosat.

Selain i -gps dan i-stock, fitur lain yang terintegrasi dengan BlackBerry 8300 dan 8800 adalah i -go. Meskipun i -go bukan fitur baru namun untuk fitur yang terintegrasi dengan Blackberry, i - go menjadi salah satunya. i -go adalah layanan untuk aktivasi, registrasi dan transaksi layanan VAS Indosat ( i-ring, i -GPS, i -stock, downloads, dsb).

BlackBerry 8300 menawarkan fitur email, messaging (SMS maupun MMS), call wai ting, conference call dan internet browsing. Semua fitur tersebut didukung oleh jaringan sinyal GPRS dan EDGE Indosat yang kuat dan luas di seluruh Indonesia. Smartphone ini juga memiliki fitur multimedia dengan kualitas suara yang mengagumkan. Selain itu Smartphone ini juga dilengkapi dengan kamera 2MP dan ekspansi slot memori untuk kartu memori microSD (sampai 2GB) dan microSDHC (4GB sampai 32 GB). Handset ini juga dilengkapi dengan Bluetooth® 2.0, hands -free headsets dan alat pelengkap lainnya.

Smartphone BlackBerry 8800 juga mempunyai fitur multimedia yang mengagumkan dengan slot memori yang bisa lebih banyak menyimpan file video, gambar maupun musik selain fitur standar selain email dan sinkronisasi kalender, task , note dan address book. Dukungan keyboard QWERTY membuat pelanggan semakin mudah untuk mengetikkan huruf seperti layaknya di komputer sesungguhnya. Navigasi trackball juga membuat pelanggan mudah dan cepat untuk melakukan scrolling, memilih menu dan aplikasi serta browsing internet.

Inovasi i-menu : movie, sport, comic, games dan Isi Pulsa

Inovasi lain yang diluncurkan dalam rangkaian acara HUT Indosat adalah i-menu Movie, Sport, Comic dan Games. Layanan i-menu Movie adalah layanan yang dikeluarkan Indosat dimana terfokus pada film-film yang memiliki jalan cerita yang menarik atau yang telah memiliki sekuel dan dinanti masyarakat. Untuk mengakses layanan ini dapat melalui berbagai cara yaitu : akses i-menu *668#, WAP akses (wap.m3-access.com; wap.klub - mentari.com; wap.matrix-centro.com dan wap.mystarone.com) ataupun WEB akses (www.m3-access.com; www.klub-mentari.com ; www.matrix-centro.com dan www.mystarone.com ).

Layanan i-menu Sport adalah layanan yang dikeluarkan Indosat dimana terfokus pada beberapa layanan olahraga yang banyak diminati oleh masyarakat. Layanan ini meliputi layanan olahraga berupa Bola (Sepakbola, Bola Basket, Volly Ball, Golf), Raket (Bulutangkis, Tenis Lapangan, Tenis Meja) Racing, Beladiri (Tinju, Taekwondo, Boxer), Atletik dan Renang. Layanan ini dapat diakses melalui berbagai cara, yaitu mengakses i -menu *465#, WAP maupun WEB Indosat.

Sementara layanan i-menu Comic adalah layanan yang berhubungan dengan beberapa film dan komik keluaran Marvel, DC Comic, Disney, Pixar, Cartoon Network dan Kho Ping Hoo. Dengan mengakses i-menu Comic, pelanggan Indosat bisa mengikuti kuis berhadiah dan bisa men-download content. Caranya cukup mengakses i-menu dengan menekan *386# lalu tekan OK/YES/CALL. Selain itu bisa juga membuka WEB dan WAP Indosat.

Fitur lain yang diluncurkan adalah i -menu games, yaitu layanan Indosat yang memungkinkan pelanggan memperoleh games yang berbasiskan sms, java, symbian, atau bentuk lainnya yang dapat diperoleh melalui i-menu dengan menekan *463# lalu tekan OK/YES/CALL, atau melalui WAP (http://wap.indosat.com /igames /) dan WEB (www.indosat.com/igames/).

Terakhir, melalui i-menu *123# pelanggan Indosat bisa menggunakan fasilitas Isi Pulsa. Setelah menekan *123# tekan OK/YESS/CALL. Pilih menu 3, kemudian pilih fasilitas yang diinginkan antara lain : Telepon Aku, Isi Pulsa Aku, Isi Pulsa Sendiri, Isi Pulsa Teman atau Transfer Pulsa. Selanjutnya tinggal masukkan nomor tujuan, kode voucher atau jumlah pulsa yang ingin ditransfer sesuai kebutuhan.

Inovasi i-ring : i-ring Personal dan i-ring Top 40

Pada saat yang bersamaan, diluncurkan juga fitur terbaru d ari i-ring yaitu i-ring personal. Iring personal merupakan fitur baru dari i-ring 808, dimana pelanggan dapat menyanyikan dan merekam suaranya untuk dijadikan i -ring sesuai dengan daftar lagu yang telah disiapkan atau pelanggan yang menginginkan lagu ciptaan atau kresasinya dijadikan i-ring

Dalam rangkaian HUT Indosat ke 40 akan dilaksanakan kontes i-ring personal dimana pelanggan Indosat dapat menyanyikan lagu dari Group Padi (Judul: Sobat, Tak Hanya Diam dan Sang Penghibur)dan Nidji (Judul : Biarlah, Hapus Aku atau Kau & Aku). Dengan bekerjasama dengan MCP i-ring (detik) dan label Sony BMG dan Musica, kontestan dapat menyanyikan dan merekam salah satu dari lagu pilihan Nidji dan Padi tersebut. Rekaman dapat dikirimkan ke PT. Agranet Multicitra Siberkom, Aldevco Octagon Building Lt. 2, Jl. Warung Buncit Raya No. 75 Jakarta Selatan 12740 dalam bentuk CD dengan format wav stereo. Atau upload langsung di portal i-ring www.i-ring808.com. Kontestan akan dinilai langsung oleh group band yang bersangkutan, label, Indosat. Dan pemenang terbaik akan diupload suaranya ke dalam i-ring 80 dan secara komersial dapat diakses oleh pelanggan Indosat lainnya.

Hadiah-hadiah yang disedia kan untuk para pemenang adalah uang unai senilai Rp. 3.000.000,- sampai Rp. 10.000.000,- (pajak hadiah ditanggung oleh Indosat). Selain itu seluruh nominasi akan mendapatkan hadiah CD. Program ini berlaku mulai tanggal 1 November – 30 November 2007. Pemenang akan diumumkan tanggal 12 Desember di www.indosat.com dan www.i-ring808.com.

Selain program i-ring Personal, Indosat juga menghadirkan content lagu-lagu hits selama tahun 2007 dengan jumlah 40 lagu yang disebut i-ring Top 40 . Untuk pelanggan yang i -ring - nya tetap aktif selama 2 bulan dengan lagu i-ring TOPHIT1 – TOPHIT40, maka pelanggan berhak mengikuti undian berhadiah. Hadiah -hadiah yang akan didapatkan antara lain : pemenang pertama akan mendapatkan Tour ke Hongkong untuk 3 orang, pemenang kedua mendapatkan tour ke Bali untuk 5 orang, pemenang ke tiga akan mendapatkan 20 i -pod, pemenang ke empat akan mendapatkan 50 HP dan pemenang hiburan mendapatkan 400 CD. Periode program berlaku mulai 1 November – 31 Desember 2007 dan pajak hadiah akan ditanggung Indosat. Untuk info lagu Top 40, Ketik : SET
TOPHIT, kirim ke 808.

“Indosat terus berupaya untuk selalu menjadi pelopor dalam memberikan fitur – fitur terbaru pada layanan telekomunikasi di Indonesia. Kami yakin, fitur-fitur ini mampu memberikan sebuah inovasi dan variasi berkomunikasi. Hal ini sejalan dengan tema besar HUT Indosat ke 40 yang selalu memberikan yang terbaik kepada pelanggan, termasuk inovasi produk dan layanan yang bermanfaat “, ujar Wahyu . “Selanjutnya, tunggu kejutan-kejutan lain yang akan kami persembahkan kepada seluruh pelanggan dan calon pelanggan Indosat dalam rangka ulang tahun Indosat ke 40,” tutup Wahyu mengakhiri press conference. (Sumber: indosat.com)
 
XL Resmi Operasikan Jaringan Kabel Laut Batam-Malaysia

13 November 2007


PT Exelcomindo Pratama Tbk (XL) secara resmi mulai mengoperasikan jaringan kabel laut antar negara - Batam Sungai Rengit Cable System (BRCS), guna menghadirkan koneksi internasional yang berkualitas. Beroperasinya jaringan kabel bawah laut yang membentang antara Batam hingga Sungai Rengit, Johor, Malaysia ini sekaligus juga menjadikan XL sebagai operator selular dengan jaringan backbone terluas di Indonesia.

Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi mengatakan, ”Proyek BRCS ini akan memaksimalkan layanan XL baik dalam kualitas dan kapasitas, serta menghadirkan tarif layanan yang lebih kompetitif. Selain itu, BRCS akan melengkapi infrastruktur XL saat ini, yang sudah dikenal dengan kehandalan backbone-nya.”

Sesuai dengan nama proyeknya, jaringan kabel serat optik yang mulai dibangun sejak Januari hingga Oktober 2007 ini, tersambung ke Malaysia. Dari Negara Jiran tersebut, jaringan XL akan tersambung ke jaringan internasional yang dibangun oleh TM Malaysia. Dengan demikian, jaringan ini menjadi alternatif jalur dari Indonesia menuju jaringan internasional selain yang selama ini sudah ada pada umumnya melalui Singapura.

Sistem transmisi kabel bawah laut BRCS yang menelan investasi sebesar 10 juta dollar AS ini terdiri atas 48 serat inti (cores) dengan kapasitas awal 1xSTM-64. Kapasitas ini dapat ditingkatkan menjadi 24xSTM-64 dengan menggunakan teknologi DWDM (Dense Wavelength Division Multiplexing), yaitu teknologi terbaru serat optik yang memungkinkan kapasitas transmisi untuk satu serat inti bisa ditingkatkan dengan biaya upgrade yang rendah (1 STM-64 setara dengan 10 Gbps). Selain itu, bila dibandingkan dengan transmisi satelit, sistem transmisi BRCS memiliki waktu tunda (delay) yang sangat rendah. Dengan demikian BRCS memiliki keunggulan dalam hal kapasitas, kecepatan dan waktu tunda.

“Infrastruktur yang dimiliki XL pada dasarnya dibangun untuk memenuhi visi dan misi XL untuk menjadi penyedia solusi ICT serta menghadirkan beragam produk dan layanan yang efektif dan efesien secara komersial. Ini sudah kami buktikan, dimana saat terjadinya bencana gempa yang melanda Taiwan beberapa waktu lalu dan melumpuhkan jaringan internasional, jaringan XL tidak berpengaruh dan tetap tegar melayani pelanggan tanpa gangguan,” lanjut Hasnul.

BRCS akan melengkapi infrastruktur XL yang sudah ada sebelumnya diantaranya backbone fiber optic XL di sepanjang pulau Jawa, Bali, dan Lombok yang dibangun XL sejak 1996, juga kabel bawah laut di Sumatra, Sulawesi, dan Kalimantan. Pembangunan infrastruktur tersebut untuk mendukung kebutuhan Internet Protocol (IP) di Indonesia. Saat ini sudah sekitar 60% dari jaringan backbone tersebut berbasis IP. Pada tahun 2006, IP backbone XL sudah tersedia di 19 kota dan tahun ini akan berkembang menjadi 50 kota.

NAP – Solusi ISP dari XL Business Solutions Salah satu layanan yang menggunakan infrastruktur ini adalah Network Access Provider (NAP). NAP adalah backbone untuk Internet Service Providers (ISPs) yang menghubungkan jaringan internet global. Pada umumnya penyedia jasa internet Indonesia harus menyewa koneksi global yang tentunya memerlukan biaya besar. XL Business Solution saat ini menyediakan NAP yang menggunakan koneksi BRCS. Tentunya nilai ekonomis dari NAP ini akan memberikan manfaat lebih bagi penyedia jasa internet dari sisi kapasitas yang lebih besar, lebih rendahnya biaya yang ditimbulkan dan kualitas koneksi yang lebih baik diantaranya kecilnya kemungkinan delay yang terjadi. (Sumber: XL.CO.ID)
 
Telkomsel Hadirkan Layanan Khusus Haji

14 November 2007

haji.jpg


PT Telkomsel menghadirkan layanan khusus haji berbasis user menu browser interaktif guna melengkapi layanan haji operator tersebut sebelumnya. "Melalui akses khusus *123# kami akan menyajikan beragam kebutuhan haji mulai dari info keberangkatan, selama ibadah, sampai pulang kembali ke Tanah Air," ungkap Dirut Telkomsel Kiskenda Suriahardja di sela-sela peluncuran layanan tersebut, baru-baru ini.

Telkomsel mengklaim merupakan satu-satunya operator yang menghadirkan layanan customer service berbahasa Indonesia dan panggilan video di Arab Saudi. Info-info yang melengkapi layanan haji Telkomsel meliputi info direktori, tip sehat, NSP, dan konten islami.

Kiskenda mengungkapkan pihaknya setiap tahun terus berupaya menghadirkan nilai tambah pada layanan haji. Tahun lalu, kata dia, dari sekitar 200.000 jemaah haji baik yang berponsel maupun yang tidak, sekitar 50.000 merupakan pelanggan anak usaha PT Telkom Tbk tersebut.

Telkomsel juga memberikan potongan harga pada jam-jam tertentu sebagai contoh pelanggan kartu Halo dalam jaringan Mobily dapat menelepon ke Indonesia dengan tarif Rp8.350 per menit.

Musim haji tahun ini, operator tersebut akan memberikan kesempatan bagi 12 pelanggan guna mendapatkan masing-masing US$5.000 dalam bentuk tabungan haji. (Bisnis/api)
 
50% Pelanggan XL Loyal Lebih dari 1 Tahun

20 November 2007


Selama 11 tahun XL memberikan layanan, pelanggannya kini telah berjumlah 14 juta. Dari angka tersebut, sekira 50 persennya telah menggunakan XL lebih dari 1 tahun. 14 tahun mengumpulkan 14 juta, artinya pelanggan XL setiap tahunnya mengalami peningkatan rata-rata hanya 1 juta pelanggan. Angka yang masih tergolong kecil untuk ukuran perusahaan besar sekelas XL. Namun yang patut dihargai adalah loyalitas pelanggan XL dengan loyalitas pemakaian terbesar sekira 9 tahunan.

Untuk memberikan apresiasi kepada pelanggannya, XL mengadakan program Poin Hadiah dengan total nilai 2 miliar rupiah dalam bentuk uang tunai, dan ratusan hadiah lagi dalam bentuk gadget dan kebutuhan elektronik. Sayangnya untuk mendapatkan salah satu hadiah tersebut pelanggan harus terlebih dahulu mengumpulkan poin dengan kelipatan 5.000 untuk setiap poinnya.

"Sebelum meluncurkan program ini kami mengadakan riset terlebih dahulu kepada pelanggan XL. Hasilnya angka 5.000 merupakan syarat yang masih ringan menurut mereka," ujar Hasnul Suhaimi, Direktur Utama XL.

Namun Hasnul mengungkapkan bahwa lewat program poin ini bukan berarti mereka menargetkan kenaikan average rate per usage (ARPU). "Walaupun ARPU XL secara keseluruhan, sampai pertengahan September, berada di kisaran 46.000, program ini murni merupakan apresiasi kami kepada pelanggan," tegasnya.

Walaupun begitu, jika dilihat dari pemberlakuan sms informasi (penukaran maupun pengumpulan poin) melalui *555# yang dihargai 200 rupiah per sms bukanlah hal tidak mungkin jika XL mampu mengeruk keuntungan dari layanan tersebut. Asumsinya, jika 14 juta pelanggan melakukan sms setiap hari untuk mengetahui jumlah poin yang dikumpulkan maka XL berhasil mendapatkan 2,8 miliar dalam sehari hanya melalui program ini.

Angka tersebut hampir sama dengan total hadiah uang tunai yang telah mereka keluarkan. Namun program ini berlangsung selama hampir satu tahun. Tidak heran jika hadiah yang diberikan berupa 1 mobil BMW, 7 Mobil Toyota Rush, 50 Motor Yamaha, 100 Home Theater, dan 135 HP Nokia E90. (Sumber: okezone.com)
 
XL Luncurkan XL Poin Hadiah

20 November 2007


PT Excelcomindo Pratama Tbk. (XL) meluncurkan program loyalty XL Poin Hadiah bagi pelanggan jempol, bebas dan Xplor. Program yang berlangsung mulai tanggal 16 November 2007 – 15 Oktober 2008 ini memberikan hadiah berupa uang tunai 2,8 milyar rupiah, 1 mobil BMW 320i, 7 mobil Toyota Rush, 50 motor Yamaha Jupiter MX, 100 unit Sony LCD TV & home theater, serta 135 HP Nokia E90.

Acara peluncuran dilakukan tanggal (16/11) oleh Hasnul Suhaimi, Presiden Direktur XL didampingi oleh Nicanor V. Santiago, Direktur Marketing XL dan Mainak Mukherjee, GM Retention and Loyalty XL. Pada kesempatan yang sama, dilakukan penyerahan penghargaan kepada pelanggan XL yang telah menggunakan XL sebagai sarana telekomunikasi mereka sejak tahun 1996.

“Tanpa terasa 11 tahun kami bergerak di industri telekomunikasi tentunya keberadaan kami ini tidak lepas dari dukungan para pelanggan. XL Poin merupakan wujud apresiasi kami kepada pelanggan yang telah setia bersama XL. Kami berharap persembahan kami ini dapat memberikan manfaat bagi para pelanggan, ” papar Hasnul Suhaimi Presiden Direktur XL.

Mainak Mukherjee, GM Retention dan Loyalty XL menyatakan, yang menarik dari progarm ini adalah hadiah langsung yang diberikan bagi pelanggan tidak hanya berupa manfaat berkomunikasi dengan XL seperti gratis telepon, SMS, hadiah yang disediakan juga berupa voucher belanja senilai 50.000 hingga 500.000 yang dapat dipergunakan di supermarket dan pusat perbelanjaan terkemuka di Indonesia. Selain itu, pelanggan XL tidak harus mengumpulkan poin dengan jumlah yang tinggi untuk mendapatkan hadiah. Contoh saja untuk mendapatkan 10 SMS pelanggan cukup mengumpulkan 10 poin.

XL akan memberikan poin penghargaan kepada pelanggan XL bukan hanya berdasarkan penggunaan atau isi ulang yang pelanggan lakukan. Poin penghargaan juga diberikan berdasarkan masa berlangganan bahkan ulang tahun (khusus pelanggan Xplor), sehingga satu orang pelanggan mungkin saja memperoleh sejumlah poin dari beberapa kategori misalnya dari isi ulang yang dilakukan, masa berlangganan XL dan poin tambahan sebagai hadiah di hari ulang tahunnya. Kemudian poin tersebut dikumpulkan dan ditukarkan dengan hadiah langsung berupa gratis SMS, telepon dan voucher belanja, juga diundi setiap 3 bulan untuk mendapatkan aneka hadiah menarik mulai dari uang tunai dengan total nilai Rp 2,8 Milyar, 135 unit ponsel Nokia E90, 100 unit Sony LCD TV & home theater, 50 unit motor Yamaha Jupiter MX hingga 7 unit mobil Toyota Rush dan 1 unit mobil BMW 320i.

Pelanggan Xplor akan mendapatkan satu poin untuk setiap kelipatan Rp 5.000,- dari total tagihan bulan berjalan yang tertera pada lembar tagihan. Sementara pengguna jempol dan bebas akan mendapatkan satu poin untuk setiap nilai nominal pengisian pulsa dengan kelipatan Rp 5.000,- . Pengisian pulsa yang berlaku adalah untuk pengisian melalui voucher, isi ulang elektronik dan pembelian melalui ATM. Poin tidak berlaku bagi pelanggan yang mendapatkan pulsa dengan cara transfer pulsa melalui fitur Bagi Pulsa.

Selain poin yang dihitung berdasarkan tagihan atau isi ulang dengan kelipatan Rp 5.000, pelanggan akan mendapatkan bonus poin dengan beberapa kategori, yaitu:

* Masa berlangganan mulai 1 tahun hingga lebih dari 8 tahun, berlaku bagi seluruh pelanggan XL (bebas,jempol dan Xplor)
* Pelanggan Xplor yang berulang tahun
* Pelanggan XL premium yang mencapai pemakaian tertentu
* Pengguna jempol dan bebas yang melakukan isi ulang pulsa minimum sejumlah 100.000

Penukaran poin untuk 1 (satu) nomor undian membutuhkan 5 (lima) poin, dan penukaran poin untuk hadiah langsung membutuhkan jumlah poin sesuai dengan ketentuan yang ada. Pelanggan dapat melakukan penukaran poin dengan mengetik POIN dan kirim SMS ke 555 dengan menuliskan/mengetikkan kode hadiah yang diinginkan atau ketik *555# dan ikuti menu yang tersedia.

Masa berlaku poin yang didapat adalah satu tahun terhitung pada saat poin tersebut didapatkan. Sebagai contoh poin untuk nomor XL 0818 888888 diperoleh pada tanggal 11 Oktober 2007, maka poin tersebut berlaku hingga 11 Oktober 2008. Apabila sampai dengan satu tahun kedepan poin tersebut belum ditukarkan maka sistem akan secara otomatis menghapus dan mengurangi jumlah total poin pelanggan saat itu.
 
XL Perpanjang Tarif Murah Ber-SMS Tarif Promo SMS Kartu Jempol Rp 45

21 November 2007


PT Excelcomino Pratama Tbk (XL) perpanjang promo tarif murah ber-SMS Rp 45/SMS bagi pengguna kartu jempol, sebagai respon atas tingginya minat pengguna Jempol pada program ini. Promo ini kembali berlaku mulai tanggal 20 November hingga 15 Januari 2008, dapat dinikmati 24 jam di hari Sabtu dan Minggu, dan pada pukul 22.00 – 09.59 pada hari Senin – Jumat (perhitungan waktu mengikuti WIB), tanpa menggunakan voucher khusus SMS.

“XL berkomitmen untuk tetap inovatif dan menghadirkan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelangganya. Kartu jempol merupakan salah satu pilihan bagi pelanggan XL yang kerap berkomunikasi via SMS dengan tarif murah,” ujar Bayu Samudiyo GM Marketing Prepaid XL.” Promo ini kami hadirkan sebagai upaya memenuhi komitmen tersebut dan memperkuat posisi kartu jempol sebagai Jawara SMS bagi mereka yang ingin ber-SMS dengan tarif murah.”

Bayu menambahkan bahwa profil pengguna kartu jempol lebih dari 55% aktif menggunakan SMS. Namun demikian, bukan berarti pengguna jempol tidak menggunakan fitur panggilan suara. 45% menggunakan suara dikarenakan selain tarif SMS-nya murah, tarif telepon kartu jempol juga tergolong hemat yaitu Rp 250/30 detik. Pelanggan jempol saat ini merupakan 35% dari total pelanggan XL yang berjumlah 12,8 Juta (data per kuartal 3). Basis pengguna jempol terbesar berada di Indonesia Timur diantaranya Jawa Timur, Bali dan Lombok.

Tarif SMS promo Rp 45/SMS ini mendapat respon positif yaitu meningkatkan trafik SMS di jam berlakunya promo ini yaitu hingga lebih dari 50%. Sehingga masa promo ini diperpajang.

Telepon Hemat ke Luar Negeri

Pengguna jempol selain aktif ber SMS juga menggunakan fitur panggilan keluar internasional dengan VoIP (voice over internet protocol), khususnya mereka yang memiliki kerabat di luar negeri.

Menjawab kondisi tersebut, jempol telah menghadirkan tarif promo telepon dengan VoIP pada tanggal 29 Juni – 31 Desember 2007. Pengguna jempol di seluruh Indonesia kini dapat bertelepon murah mulai Rp 16/detik (termasuk PPN) ke semua nomor telepon genggam maupun telepon tetap di 51 negara yang mencakup Asia, Timur Tengah, Eropa, Australia dan Amerika. Cara teleponnya sangat mudah, cukup tekan 01000 + kode negara + nomor tujuan. Promo ini juga dapat dimanfaatkan bagi pengguna jempol untuk berkomunikasi murah dengan kerabat atau keluarga yang beribadah Haji ke Mekkah, Arab Saudi. (Sumber: xl.co.id)
 
Indosat Kampanye Ayo Itung Lagi

22 November 2007


PT Indosat Tbk menggelar kampanye Ayo Itung Lagi untuk layanan Mentari dan IM3 yang diklaim sebagai upaya memberikan keuntungan dan nilai lebih kepada pelanggannya. "Kampanye tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara perayaan ulang tahun Indosat yang telah dimulai sejak awal November," ujar Fuad Fachroedin, Group Head Integrated Marketing Indosat.

Menurut dia, sesuai dengan komitmen Indosat, maka selama November operator tersebut akan mengeluarkan program dan layanan kepada pelanggan sebagai tanda terima kasih ats kesetiaannya menggunakan produk-produk Indosat.

Kampanye Ayo Itung Lagi sebelumnya adalah tagline komunikasi dari Mentari Freetalk Rp5.000 atau Rp0. Kali ini, program serupa tidak hanya berlaku pada Mentari, tapi juga IM3. (Sumber: Bisnis.com)
 
XL dan MLW Telecom Perkenalkan HSPA ZONE

22 November 2007


Bekerjasama dengan mitra strategis, PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL), MLW Telecom memperkenalkan HSPA ZONE, sebuah inisiatif yang memungkinkan para pelanggan produk telekomunikasi/TI membeli produk wireless modem HSPA (High Speed Packet Access) yang didistribusikan oleh MLW Telecom dan memperoleh akses mudah ke layanan HSPA.

Dengan menawarkan dukungan penjualan, teknis dan pasca-penjualan, gerai HSPA ZONE diciptakan untuk memenuhi meningkatnya kebutuhan terhadap akses data berkecepatan tinggi tanpa batas di kalangan para pengguna notebook di Indonesia dan membantu mendorong peningkatan populasi pengguna akses data nirkabel berkecepatan tinggi di tanah air.

HSPA adalah teknologi akses data yang banyak dipilih oleh pengguna yang berada tempat-tempat tanpa akses broadband atau bekerja di kota-kota besar yang kerap menghadapai masalah kemacetan lalulintas yang parah. Teknologi HSPA memungkinkan pada eksekutif bisnis untuk mengakses email, menjelajahi internet atau mengunduh data-data pekerjaan kantor dengan kecepatan menyerupai koneksi DSL hingga 7.2 Mbps tanpa batas, yang merupakan keharusan di lingkungan bisnis global saat ini.

Bermodalkan keberhasilan program Promo Dobel Diskon, MLW Telecom dan XL telah memperluas kerja sama mereka dengan program Promo Xtra Lebih. Program baru ini menawarkan lebih banyak pilihan paket bundling bagi pelanggan yang ingin memanfaatkan layanan HSPA XL melalui gerai-gerai HSPA ZONE.

Dengan program ini pelanggan dapat memperoleh GlobeSurfer® iCON 7.2s USB Data Card atau BandluxeTM C100s 7.2 Hybrid (USB-Express) Card dengan harga 50 persen harga normal dan berlangganan layanan Internet Xplorer 250MB seharga Rp99,000/bulan atau Xtion 1GB seharga Rp 279,000/bulan dari XL, dengan gratis berlanggaan selama tiga bulan. Paket Promo Xtra Lebih dari XL dan MLW ini merupakan paket dengan harga paling terjangkau di antara program-program bundling akses HSPA yang ada saat ini di pasar Indonesia.

"Ketika kota-kota besar Indonesia, khususnya Jakarta, disibukkan dengan masalah lalu lintas yang semakin parah, persaingan bisnis global yang lebih ketat menuntut para eksekutif bisnis untuk semakin produktif," kata Suryadi Megadyanto, Chief Executive Officer MLW Telecom.

Dia menambahkan, saat ini sedikit lega karena harga notebook telah turun secara signifikan dan para operator telekomunikasi seperti XL telah menawarkan layanan HSPA dengan tarif yang terjangkau, sehingga masalah pelik tersebut dapat diatasi. Gerai HSPA ZONE berfungsi sebagai fasilitator yang menghubungkan para pengguna notebook dengan penyedia HSPA seperti XL, agar mereka tetap produktif tanpa harus menghabiskan sebagian besar waktu mereka bekerja di kantor.

"Sebagai operator telekomunikasi pertama di Indonesia yang meluncurkan jaringan HSPA di tanah air, kami merasa sangat senang dengan diperkenalkannya HSPA ZONE oleh MLW Telecom, yang telah bermitra dengan kami untuk membuat layanan HSPA dapat dijangkau oleh masyarakat banyak," kata Nizar Mansur, Senior Vice President XL Business Solutions.

Dukungan kuat XL terhadap inisiatif HSPA ZONE dan perluasan kerja sama dengan MLW Telecom untuk membuat para eksekutif bisnis dapat lebih mudah mengakses layanan XL HSPA melalui program Promo Xtra Lebih sekali lagi menegaskan komitmen kuat XL terhadap inovasi dan peningkatan akses 3G/HSPA di tanah air.

Gerai-gerai dengan logo HSPA ZONE yang saat ini siap membantu para pelanggan mengakses data adalah gerai-gerai milik Aikonix, Apple Center, Challenger, Compucare, E-Shop, E-Point, Infonet, Infinity Computronix, Interlink, Â dan Smartbox, yang berlokasi di Mall Ambasador, Ratu Plaza, Mall Mangga Dua, Dusit Mangga Dua, Point Square dan Pondok Indah Mall. Jumlah gerai HSPA ZONE ini diharapkan akan meningkat seiring waktu. (Sumber: swa.co.id)
 
Indosat Adopsi Yahoo! OneSearch

23 November 2007


PT Indosat Tbk dan Yahoo! Indonesia menjalin kerja sama strategis dalam memperluas dan meningkatkan layanan kepada pelanggan selulernya melalui Yahoo! OneSearch, yang memungkinkan para pelanggannya dapat mengakses informasi melalui Internet dengan mudah melalui ponselnya.

"Kerja sama tersebut merupakan komitmen kami untuk memberikan nilai dan manfaat lebih kepada pelanggan seluler Indosat, dengan kemudahan mengakses Internet secara mobile melalui Yahoo! oneSearch untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan," ujar Direktur Marketing Indosat, Guntur S. Siboro.

Yahoo! OneSearch dirancang khusus untuk perangkat seluler, yang memungkinkan pelanggan Indosat langsung mendapatkan akses informasi melalui Internet yang tersaji secara langsung di layar ponsel secara sederhana dan ringkas, sehingga memudahkan untuk mendapatkan informasi yang dikehendaki. (Sumber: Bisnis.com)
 
Beragam Paket Akses dari XL

24 November 2007


Pengguna Internet di dunia terus menunjukkan grafik peningkatan yang signifikan dari waktu ke waktu. Saat ini di Asia tercatat 459 juta pengguna Internet. Di Indonesia penggunaan Internet juga mengalami pertumbuhan yang menggembirakan. Seperti yang dikutip dari data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), rata-rata pertumbuhan mencapai 25% - 40% per tahun. Jika tahun ini jumlah pengguna internet diperkirakan mencapai 20 juta, maka tahun 2008 akan mencapai 25 juta.

Trend peningkatan pemakaian Internet di Indonesia tersebut mendorong berbagai pelaku bisnis Industri Internet, baik operator, Internet services provider ataupun penyedia perangkat pendukung (device) saling berlomba menyediakan berbagai layanan yang dibutuhkan oleh masyarakat pengguna jasa Internet.

PT. Excelcomindo Pratama Tbk (XL) melalui unit layanan XL Business Solutions, saat ini juga sudah mulai memfokuskan diri untuk turut aktif mendorong penyebaran dan peningkatan penggunaaan Internet di Indonesia. Melalui produk data XL 3G HSDPA ?" yang diluncurkan XL sejak akhir tahun 2007 -- XL terus melakukan penetrasi terhadap pasar pengguna internet di tanah air. Beberapa paket layanan internet milik XL yang ada saat ini adalah :

Paket Serba Gratis, yakni penawaran gratis Modem serta Internet XL 3G-HSDPA dengan kuota 1GB/bulan, hanya dengan biaya berlangganan sebesar Rp. 325.000/bulan selama 15 bulan. Bebas memilih type modem, dari 3 type yang tersedia yaitu SU 8200, ZTE MF 620, ZTE MF 330.

Paket Xtra Lebih, yakni penawaran paket diskon 50% dari harga normal untuk pembelian modem/datacard serta gratis Internet XL 3G-HSDPA selama 3 bulan, untuk masa berlangganan selama 12 bulan. Internet gratis yang terdapat di dalam penawaran paket Xtra Lebih ini tersedia dalam 2 kuota yaitu Xplorer 250 MB serta Xtion 1 GB. Di dalam menawarkan paket Xtra Lebih ini, XL bekerjasama dengan PT MLW Telecom selaku distributor penyedia perangkat modem merk Option serta Bandluxe.

Selain itu, XL bersama PT. MLW Telecom serta didukung Qualcomm juga memperkenalkan pemanfaatan teknology HSPA (High Speed Packet Acess) yang bertujuan untuk mendorong penggunaan layanan Internet kecepatan tinggi dengan pita lebar (broadband) dengan memanfaatkan jaringan 3G-HSDPA dari XL. Pengguna Internet bisa mendapatkan penawaran paket Xtra Lebih di beberapa XL Center tertentu (Jabodetabek : XL Center Menara Rajawali, XL Center Semanggi, XL Center Kelapa Gading, XL Center Roxy Mas & LO) Bandung : CL Center Martadinata Yogyakarta : XL Center Mangkubumi, Surabaya : XL Center Pemuda, XL Center Margorejo, Bali : XL Center Sunset Road, Medan : XL Center Diponegoro, Batam : XL Center Vila Reflesia. serta beberapa channnel penjualan yang disebut dengan HSPA zone di Ratu Plaza (smart box, cyber store), Mal Ambasador (Interlink, Infonet, E shop), Mal Dusit Mangga Dua (Infinity, Infonet), Mal Mangga Dua (Compucare,Aikonix), Mal Point Square (E Shop)

Paket XL Nokia Fiesta, yakni paket gratis Internet XL 3G-HSDPA dengan kuota 250 MB/bulan selama setahun untuk pembelian paket handhset Nokia seri N6210 Classic serta N 61i dengan program cicilan sebesar Rp. 288.000/bulan serta Rp. 388.000/bulan selama setahun. Dengan handset Nokia seri N6210 classic, pengguna Internet tidak perlu menyediakan/membeli modem lagi untuk mengakses Internet karena sudah dilengkapi dengan fasilitas built-in modem HSDPA. Program ini dilakukan bekerjasama dengan Nokia.

Paket Layanan BlackBerry, yakni paket berlangganan layanan XL BlackBerry from Vodafone dengan perangkat handset terbaru type 8310 dengan pilihan warna eksklusif Titanium serta type 8100 silver. Harga handset BlackBerry type 8310 ditawarkan sebesar RP. 6,5 juta sementara type 8100 Rp. 4,3 jt plus bonus gratis Micro SD 1GB serta sarung handset dari kulit. Sementara untuk paket berlangganan layanan XL BlackBerry (BlackBerry services) adalah sebesar Rp. 199.000/bulan, dengan unlimited quota (bila menggunakan APN BlackBerry.net).

Dengan berbagai inovasi dan pengembangan program-program yang ada, XL berkomitmen untuk memberikan layanan kepada masyarakat ICT di Indonesia. Dan jaringan layanan untuk data pun terus dikembangkan. ? Saat ini jaringan XL 3G sudah menjangkau 72 kota di Indonesia,” jelas Ventura Elisawati, GM Integrated Marketing Service XL. Dan jumlah itu akan terus berkembang, seiring dengan pertumbuhan pasar pengguna data berbasis 3G di Indonesia. (Sumber: OKEZONE.COM)
 
Operator 3 Berlakukan Rp 1 Per Menit

24 November 2007


Mulai Sabtu 24 November hari ini, operator 3 memberlakukan tarif Rp 1 per menit mulai dari menit pertama untuk percakapan lokal antarpengguna 3. Fasilitas ini berlaku pukul 01.00 dini hari hingga pukul 13.00 siang.

Hasil riset perusahaan analis Pyramid menunjukan, bahwa pengguna layanan selular di Indonesia rata-rata menghabiskan hanya sekira 80 menit per bulan untuk bercakap melalui telpon selular mereka. Hal inilah yang kemudian membuat operator 3 mengadakan program satu rupiah per menit.

Sayangnya, penerapan tarif ini hanya berlaku untuk percakapan suara selama 60 menit saja. "Tarif akan berlaku seperti semula jika pemakaian lebih dari 60 menit pada hari tersebut," seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima okezone, di Jakarta.

Pengguna 3 yang bermukim di pulau Jawa, Bali dan Lombok akan berkesempatan untuk menikmati penawaran eksklusif ini untuk percakapan lokal antar pengguna selama 60 menit setiap harinya, dalam rentang waktu tersebut.

Catatan waktu bicara 60 menit tersebut akan diperbaharui setiap hari, dengan demikian pulsa Rp1 per menit tersebut tidak dapat diakumulasi.

Perhitungan pulsa per menit akan kembali ke tarif normal (Rp75 per menit untuk struktur tarif setengah harga atau Rp150 per menit untuk struktur tarif 3X) pada menit ke 61.

Pengguna harus berada dalam masa aktif dan hanya cukup sekali saja melakukan pengisian pulsa sebesar Rp10 ribu agar dapat menikmati program ini. (Sumber: OKEZONE.COM)
 
XL Permudah Komunikasi Haji Dengan Tarif Hemat

27 November 2007
haji.jpg


Menyambut Idul Adha 1428 Hijriah, XL memberikan layanan yang dapat dimanfaatkan oleh pelanggannya untuk beribadah haji. Di antaranya adalah tarif telepon dan sms murah ke tanah suci untuk keluarga Jemaah Haji.

Fasilitas ini dengan menggunakan menu browser *111# yang berisi info dan layanan seputar Haji dan Idul Adha. Selain itu, juga kemudahan membuka akses jelajah internasional bagi pelanggan Xplor yang akan menunaikan ibadah Haji.

"Walaupun secara jarak mereka terpisah jauh dengan keluarga di Indonesia, XL akan mendekatkan jarak tersebut dengan solusi komunikasi hemat yang diberikan oleh XL. Tentunya solusi hemat tersebut tidak mengabaikan kualitas," ujar Segment Marketing XL.Tina Prabowo GM, dalam keterangan tertulisnya.

Pelanggan XL dapat menikmati tarif murah telepon dengan menggunakan VoIP dan SMS ke anggota keluarga atau kerabatnya sedang menjalankan ibadah haji di Mekkah, Arab Saudi.

Pelanggan Xplor akan dikenakan tarif Rp2.500 per menit (belum termasuk PPN), pengguna bebas dikenakan Rp2.500 per menit (termasuk PPN). Sementara Jempol dikenakan Rp40 per detik (termasuk PPN) dan semua tarif percakapan dihitung per detik.

Caranya, pelanggan cukup menekan 01000+kode negara+nomor tujuan. Tarif pengiriman pesan SMS adalah Rp500 per SMS, sedangkan tarif SMS jempol Rp499 per SMS (termasuk PPN).

Selain tarif telepon dan SMS murah, XL juga memberikan kemudahan bagi pelanggan Xplor yang akan membuka akses jelajah internasional guna menjalankan ibadah haji.

Pelanggan cukup memberikan foto kopi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) atau Surat Perintah Masuk Asrama (SPMA) asli dengan ketentuan tahun pelunasan BPIH dan tahun yang tertera pada SPMA adalah tahun 2007, membayar sejumlah deposit jika tidak menggunakan sistem pembayaran pendebitan langsung ke kartu kredit.

Pelangan cukup tekan *111# untuk mendapatkan info dan layanan seputar Haji dan Idul Adha, lalu pilih menu Whats Hot dengan cara menekan tombol reply atau answer pada ponsel lalu ketik angka satu, dan pilih menu Gema Idul Adha.

Setiap pelanggan tidak dikenakan biaya akses, namun dibebankan biaya download atas setiap konten yang diunduh (download). Tarif setiap konten berbeda-beda. Menu ini dapat diakses bagi pelangan XL di Indonesia juga pelanggan XL yang sedang menjalankan Ibadah Haji di Mekkah.

Konten yang tersedia, adalah XL RBT Gema Idul Adha, Info Haji yang meliputi berita, info kloter, cuaca, tempat bersejarah, jarak kota yang hendak dituju selama melaksanakan ibadah haji, info jemaah haji yang meninggal, tips telepon, wawasan seputar haji, doa dan tausiyah dan fun download. (Sumber: OKEZONE.COM)
 
T-Cash Layanan Mobile Wallet Telkomsel

28 November 2007
t-cash.jpg

Menandai hadirnya era baru layanan mobile commerce di Indonesia, Telkomsel meluncurkan layanan mobile wallet yang diberi nama Telkomsel Cash (T-Cash), di mana dengan ponselnya kini pelanggan dapat melakukan transaksi, seperti: pembelian barang, cek saldo, cek transaksi yang pernah dilakukan, pembayaran jasa, dan transaksi-transaksi lainnya.

Layanan ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang menginginkan adanya layanan transaksi non tunai mobile commerce, di mana ponsel pelanggan dapat berfungsi layaknya dompet penyimpanan uang (digital cash) yang siap digunakan untuk bertransaksi dengan cara yang mudah, cepat, dan aman.

Dalam menghadirkan layanan ini, Telkomsel menjadi integrator sekaligus service provider yang didukung oleh Bank Indonesia (regulator), Merchants penjual barang dan jasa (Indomaret, Modern Foto, dan lain-lain), Bank sebagai tempat penyimpanan dana (BNI, BRI, Mandiri, dan sebagainya), Departemen Pendidikan Nasional sebagai penyedia konten akademis yang bisa dibeli dari berbagai perguruan tinggi (silabus dan jurnal ITB, ITS, UGM, UI, dan lain-lain), serta Finnet sebagai switching provider untuk settlement dan rekonsiliasi.

Direktur Utama Telkomsel Kiskenda Suriahardja mengatakan, "Sebagai service leader, kami terus berupaya memandu perkembangan industri selular di Indonesia dengan menghadirkan ragam inovasi layanan yang menjadi manfaat bagi masyarakat, lingkungan bisnis, dan negara. Layanan ini kami hadirkan dalam upaya mendukung program Bank Indonesia dalam menyediakan ragam instrumen pembayaran non tunai yang efisien, cepat, tepat, dan aman."

Sistem pembayaran ibarat aliran darah yang menggerakkan dan melancarkan organ-organ seperti jantung dan otak, di mana sangat berpengaruh pada cepat lambatnya perputaran roda perekonomian negara. Kehadiran layanan T-Cash ini tentunya semakin melengkapi ragam instrumen pembayaran non tunai yang ada di Indonesia saat ini (kartu ATM, kartu debet, kartu kredit, cek, dan lain sebagainya).

Untuk saat ini pelanggan Telkomsel dapat menikmati layanan ini di konter-konter Indomaret dan Fuji Image Plaza (Modern Photo). Ke depannya wilayah layanan T-Cash akan terus diperluas mengarah pada 10 lokasi utama, yakni: supermarket, pusat perbelanjaan, angkutan umum, vending machine, pertokoan, rumah sakit, toko buku, restoran, pom bensin, dan department store.

"Bagi Telkomsel, pengembangan inovasi layanan mobile wallet ini merupakan bagian dari tiga pilar strategi bisnis perusahaan, yakni coverage, quality enhancement, dan new business. Layanan ini termasuk bagian strategi membangun new business yang tentunya selalu diiringi oleh perluasan coverage yang menjangkau masyarakat hingga pelosok tanah air dan peningkatan kualitas layanan yang terus menerus," ungkap Kiskenda.

"Dalam hal kecepatan implementasi untuk menghadirkan kemanfaatan lebih kepada masyarakat luas tentunya dibutuhkan adanya komitmen untuk secara bersama-sama memberikan yang terbaik sesuai peran masing-masing pihak yang terkait. Upaya sinergi ini merupakan salah satu wujud tanggung jawab melayani masyarakat Indonesia sekaligus meningkatkan keunggulan kompetitif negara menghadapi tren global," tegas Kiskenda.

Dengan diluncurkannya layanan mobile wallet oleh Telkomsel, maka kini Indonesia telah sejajar dengan negara maju di berbagai belahan dunia yang telah mengimplementasikan layanan transaksi non tunai modern ini, seperti: Jepang, Korea Selatan, Hongkong, Malaysia, Filipina, dan Afrika Selatan.

Transaksi Mobile Wallet

Untuk menikmati layanan ini, pelanggan cukup registrasi melalui SMS dengan mengetik REG TCash Nama#Tanggal Lahir dan kirim ke 2828. Selanjutnya mengisi dompet T-Cash-nya dengan melakukan setoran (minimum Rp 50.000 dan kelipatannya) di merchant-merchant yang tersebar di seluruh Indonesia (untuk saat ini contoh: Indomaret dan Fuji Image Plaza). Ke depannya, setoran bisa dilakukan via transfer (top-up dari rekening pelanggan) melalui layanan mobile banking atau bank.

Setelah registrasi dan melakukan setoran, ponsel pelanggan bisa berfungsi layaknya dompet T-Cash berisi uang yang siap digunakan untuk melakukan berbagai transaksi, seperti: beli barang/jasa di merchant-merchant T-Cash, top-up pulsa, pembayaran kartuHALO, dan lain-lain. Untuk saat ini layanan ini bisa dinikmati di wilayah Jakarta dan selanjutnya diharapkan segera menyusul untuk kota-kota lainnya di Indonesia.

Untuk melakukan transaksi pelanggan cukup SMS ke 2828, beberapa transaksi yang dapat dilakukan antara lain: Top Up Pulsa (ketik Pulsa), pembayaran tagihan kartuHALO (ketik Pay ), dan lain sebagainya. Sedangkan untuk mengecek saldo yang dimiliki, SMS ke 2828 ketik SAL atau *885*# langsung dari ponsel.

Evolusi Mobile Transactions

Dari sisi peningkatan fungsi, mobile wallet bisa dikatakan merupakan kelanjutan dari evolusi layanan mobile banking (m-banking), yakni suatu layanan di mana ponsel bisa digunakan untuk melakukan berbagai transaksi perbankan dan kini telah meningkat bisa untuk transaksi pembelian barang dan jasa.

Layanan mobile banking pertama kali diperkenalkan di Indonesia oleh Telkomsel pada bulan Mei 2000. Saat itu layanannya masih dalam berupa single banking (satu kartu dengan satu bank) dan diberi nama m-ATM (mobile ATM) layaknya mesin ATM berada di ponsel. Istilah m-Banking populer sejalan dengan makin beragamnya jenis layanan perbankan yang bisa dinikmati layaknya di konter pelayanan bank, seperti: cek saldo, transfer, payment, pembelian pulsa, ganti PIN, dan pengambilan tunai.

Kini Telkomsel telah on-line dengan sekitar 35 bank dan menyediakan simcard yang dilengkapi T-sel Menu untuk layanan multi m-banking. Kelebihan yang menonjol dari layanan ini dapat dilakukan kapan saja tidak terbatas pada jam pelayanan perbankan dan lebih dari itu transaksi tersebut aman (secure) karena secara sistem dilindungi dengan password dan enkripsi data.

Layanan mobile banking mendapat respon positif dari masyarakat, di mana kini telah menjadi bagian dari gaya hidup yang tak terpisahkan sebagai solusi kebutuhan layanan perbankan yang mudah, cepat, dan aman. Tercatat sekitar 2,7 juta pelanggan Telkomsel telah menikmati layanan ini. Seiring dengan semakin familiarnya masyakat dengan layanan m-banking, Telkomsel kembali menghadirkan era baru layanan mobile wallet. (Sumber: Telkomsel.com)
 
XL Award 2007, Lahirkan Beragam Gagasan Inspiratif bagi Industri Telekomunikasi di Indonesia



Jakarta, 22 November 2007 – PT. Excelcomindo Pratama Tbk. (XL) hari ini mengumumkan pemenang lomba karya tulis dan foto nasional, XL Award Writing and Photo Competition 2007 yang diikuti oleh masyarakat umum dan wartawan. Ajang ini merupakan kegiatan rutin tahunan dan tahun ini memasuki penyelenggaraan kelima. Seperti pada penyelenggaraan XL Award di tahun-tahun sebelumnya, XL melibatkan para pakar dan pemerhati industri telekomunikasi Indonesia serta praktisi di bidang fotografi untuk menjadi dewan juri baik pada kategori karya tulis maupun foto.

”Tujuan penyelenggaraan XL Award adalah untuk menyediakan fasilitas bagi masyarakat umum dan wartawan untuk menyampaikan sumbang saran berupa ide, gagasan, kritik, opini, maupun konsep yang berkaitan dengan telekomunikasi sehingga diharapkan mampu menjadi masukan yang berharga bagi perkembangan industri telekomunikasi di Indonesia,” ujar Hasnul Suhaimi, Presiden Direktur XL.

Pada penyelenggaraan XL Award 2007, panitia berhasil menjaring sebanyak 217 peserta kategori karya tulis dan 226 peserta kategori foto yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. “Peserta kategori karya tulis untuk masyarakat umum tercatat mengalami peningkatan paling signifikan, yaitu 112 persen dibandingkan tahun lalu. Tahun ini, jumlah peserta dari daerah-daerah di luar Pulau Jawa seperti dari Kalimantan, Sumatera dan Sulawesi juga mengalami peningkatan. “Peningkatan jumlah peserta dan semakin meluasnya daerah asal peserta menunjukkan semakin besarnya minat dan perhatian masyarakat serta semakin menyebarnya tingkat perhatian masyarakat terhadap perkembangan industri telekomunikasi Indonesia,” kata Myra Junor, General Manager Corporate Communications XL selaku Ketua Panitia XL Award 2007.

Dewan juri untuk lomba karya tulis yang terdiri pakar teknologi telematika Dr. Ir. Budi Raharjo, Ketua Masyarakat Telematika Indonesia Ir. Maswigrantoro, dan konsultan serta pakar di bidang perencanaan dan pengembangan teknologi informasi Dr. Ir. Richardus Eko Indradjit, M.sc., MBA dalam ulasan mereka menyatakan bahwa secara keseluruhan karya tulis yang diikutsertakan dalam XL Award 2007 mampu memunculkan opini-opini segar yang menyoroti perkembangan industri telekomunikasi Indonesia.

“Tahun ini banyak diwarnai oleh tulisan-tulisan yang mengacu kepada perilaku industri telekomunikasi beserta manfaat yang didapat oleh masyarakat umum sehubungan dengan adanya regulasi dan kebijakan pemerintah, persaingan bisnis antar pelaku industri, hingga tingkat kebutuhan konsumen serta potensi pengembangan telekomunikasi bagi peningkatan taraf hidup masyarakat Indonesia. Kami juga menemukan adanya peningkatan pada sisi kualitas dan teknis penulisan peserta. Ini terlihat dari kedalaman konten, banyaknya referensi serta penggunaan data-data sekunder untuk menguatkan opini, serta gaya penyampaian yang lugas dan mudah dipahami. Topik-topik serta permasalahan yang diangkat juga cukup beragam. Tidak semata-mata tentang masalah pertumbuhan yang dicapai oleh industri ini, melainkan juga penyelesaian masalah-masalah sosial yang berpotensi untuk direalisasikan, seperti pemberdayaan perempuan pedesaan sebagai dampak positif dari pendayagunaan kemajuan dunia telekomunikasi,” ujar Ir. Maswigrantoro selaku Ketua Dewan Juri Karya Tulis.

Peningkatan dari sisi kualitas karya serta saratnya ide-ide segar, khususnya yang berkaitan dengan manfaat pengembangan industri telekomunikasi terhadap peningkatan taraf hidup masyarakat disambut positif oleh Hasnul Suhaimi. “Ide-ide serta berbagai gagasan lain yang muncul pada tulisan hasil karya para peserta sungguh memberikan pencerahan bagi kami. Gagasan-gagasan cemerlang seperti pemberdayaan perempuan khususnya di daerah terpencil memacu kami untuk semakin mewujudkan komitmen dalam memperluaskan jangkauan. Dengan semakin luasnya jangkauan XL, semakin terbuka pula kesempatan kami untuk mengimplementasikan program-program yang dapat membantu meningkatkan akses komunikasi masyarakat yang bermuara pada peningkatan pemberdayaan masyarakat.”

Untuk kategori lomba foto, dewan juri yang terdiri dari Kepala Galeri Foto Antara Oscar Motulloh, wartawan foto Tempo Rully Kesuma dan fotografer profesional Firman Ichsan menyatakan bahwa karya foto tahun ini menghadirkan angle yang cukup beragam. “Foto-foto pemenang XL AWARD 2007 adalah foto-foto yang mengangkat tema human interest, komunikatif dan mampu bercerita sesuai tema yang dipilih. Foto-foto tersebut juga tidak menonjolkan telekomunikasi sebagai alat, namun sudah sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari,” ujar Oscar Motulloh.

Penyelenggaraan XL AWARD 2007 didukung oleh Hewlett-Packard (HP) Indonesia. “HP sebagai salah satu pelaku industri teknologi informasi terkemuka berkomitmen untuk mendukung adanya kegiatan-kegiatan yang mampu memberikan sumbangan yang berarti bagi perkembangan industri TI serta manfaatnya bagi masyarakat. Kami melihat XL AWARD sebagai upaya konsisten XL dalam memfasilitasi masyarakat umum dan wartawan untuk turut serta memberikan kontribusi bagi perkembangan industri ini. HP juga melakukan kegiatan serupa dan melihat adanya persamaan visi-misi penyelenggaraan antara yang dilakukan oleh XL dan HP. Sehingga sudah sepantasnya apabila HP memberikan dukungan terhadap penyelenggaraan XL AWARD,” ujar Mariana Kasim, Marketing Director Imaging Printing & Personal Systems Group HP Indonesia.

Pemenang lomba karya tulis dan foto, untuk kategori Umum dan Wartawan, masing-masing akan mendapatkan penghargaan berupa uang tunai senilai Rp. 18.000.000,- untuk pemenang pertama, Rp 13.000.000,- untuk pemenang kedua dan Rp. 8.000.000,- untuk pemenang ketiga. Seluruh pemenang juga akan memperoleh trofi XL AWARD serta hadiah hiburan dari Hewlett-Packard dan XL.
 
Pengumuman Hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa


[FONT=\&quot;Arial\&quot;]Direksi PT Excelcomindo Pratama Tbk. (“Perseroan”) dengan ini mengumumkan kepada pemegang saham Perseroan bahwa Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (“Rapat”), yang diselenggarakan pada hari Jum’at, tanggal 23 November 2007, telah menyetujui dan memutuskan hal-hal yang pada pokoknya, yaitu: [/FONT]
[FONT=Arial, Helvetica, sans-serif]1.[/FONT] [FONT=Arial, Helvetica, sans-serif]a.[/FONT] [FONT=\&quot;Arial\&quot;]Menyetujui rencana Perseroan untuk mendapatkan pinjaman baru dalam jumlah keseluruhan yang tidak melebihi US$ 950.000.000 (sembilan ratus lima puluh juta Dolar Amerika Serikat) yang akan dilakukan melalui satu ataupun beberapa transaksi dalam bentuk pinjaman kredit sindikasi, pinjaman kredit bilateral dan/atau melalui pengeluaran obligasi dan/atau instrumen-instrumen hutang lainnya, dalam mata uang asing dan/atau Rupiah.

[/FONT] [FONT=Arial, Helvetica, sans-serif]b.[/FONT] [FONT=\&quot;Arial\&quot;]Memberikan wewenang kepada Direksi Perseroan untuk mengambil tindakan-tindakan dan/atau keputusan-keputusan yang diperlukan oleh Perseroan dalam rangka perolehan pinjaman baru oleh Perseroan sebagaimana tersebut diatas.

[/FONT] [FONT=Arial, Helvetica, sans-serif]2.[/FONT] [FONT=Arial, Helvetica, sans-serif]a.[/FONT] [FONT=\&quot;Arial\&quot;]Menerima permohonan pengunduran diri Bapak Hilmi bin Mohd Yunus dari jabatannya sebagai Direktur Perseroan yang mana berlaku efektif sejak ditutupnya Rapat.

[/FONT] [FONT=Arial, Helvetica, sans-serif]b.[/FONT] [FONT=\&quot;Arial\&quot;]Menyetujui pembebasan dan pelunasan tanggung jawab sepenuhnya (acquit et de charge) kepada Bapak Hilmi bin Mohd Yunus atas tindakan pengurusan yang dilakukannya untuk periode 1 Januari 2007 sampai dengan berakhirnya masa jabatannya, sepanjang tindakan-tindakan tersebut tercermin di dalam Laporan Keuangan Perseroan untuk Tahun Buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2007, yang akan disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan.

[/FONT] [FONT=Arial, Helvetica, sans-serif]c.[/FONT] Memutuskan bahwa dengan ini tidak ada perubahan dalam susunan Komisaris Perseroan.

[FONT=Arial, Helvetica, sans-serif]d.[/FONT] Sehingga dengan demikian, dengan memperhatikan keputusan di atas, susunan anggota Direksi dan Komisaris Perseroan, adalah sebagai berikut:


Jajaran Komisaris


Presiden Komisaris
YBhg Tan Sri Dato’ Ir. Muhammad Radzi bin Haji Mansor

Komisaris

YB Datuk Nur Jazlan bin Tan Sri Mohamed
Rosli bin Man
Datuk Bazlan bin Osman
Dato’ Yusof Annuar bin Yaacob
Peter J. Chambers
Abdul Farid bin Alias
Jend. (Purn.) Wismoyo Arismunandar
Tjahjono Soerjodibroto
YBhg Dato’ Mohamad Norza bin Haji Zakaria


Jajaran Direksi

Presiden Direktur
Hasnul Suhaimi

Direktur
Joris de Fretes
Md Nasir bin Ahmad
P. Nicanor V. Santiago III
Joy Wahjudi
Willem Lucas Timmermans
Dian Siswarini
[FONT=Arial, Helvetica, sans-serif]
e.
[/FONT] [FONT=\&quot;Arial\&quot;]Memberikan kuasa dan wewenang kepada Komisaris Perseroan untuk menetapkan pembagian tugas dan wewenang setiap anggota Direksi Perseroan.[/FONT]
[FONT=\&quot;Arial\&quot;]
Jakarta, 26 November 2007
[/FONT]


[FONT=\&quot;Arial\&quot;] Direksi Perseroan[/FONT]​
 
XL Dukung e-Government di Bantul Jawa Tengah


Jakarta, 28 November 2007
– Satu setengah tahun pasca gempa, pemerintah Bantul masih giat melakukan berbagai rekonstruksi di berbagai bidang sarana dan prasarana, termasuk perbaikan di bidang telekomunikasi data. PT Exelcomindo Pratama Tbk (XL), melalui divisi layanan korporat XL Business Solutions, sebagai penyedia teknologi informasi dan telekomunikasi terpilih di Indonesia turut berpartisipasi dalam pembangunan kembali kota Bantul melalui penyediaan akses data di pemerintah kota Bantul. Pendatanganan kerjasama dilaksanakan pada tanggal 27 November 2007 oleh Bupati Bantul HM Idham Samawi dan Nizar Mansur – Senior Vice President Business Solutions XL.

bantul1.jpg

“Kerjasama antara XL dan Pemerintah kota Bantul mencerminkan dukungan XL pada percepatan pembentukan pemerintah Indonesia yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi dalam meningkatkan layanan publik. Semoga kerja sama ini dapat memberikan layanan publik yang sudah baik menjadi semakin baik, “ papar Nizar.

Lebih lanjut Nizar menambahkan bahwa implementasi kerja sama ini diawali dengan peluncuran area Hotspot di empat lokasi yaitu di Kantor Pemerintah Daerah Bantul, Kantor DPRD, Pasar Seni Gabusan, dan Perpustakaan Pusat Bantul. Selain fasilitas Hotspot, untuk ke depannya juga akan digarap layanan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Online dengan mengunakan layanan MPLS yang terintegrasi antara Pemda Bantul, Dinas Kependudukan, dan 3 area Kecamatan. Selanjutnya juga akan dikembangkan ke seluruh kecamatan dan kantor dinas di Bantul. Bersamaan dengan acara penandatangan kerjasama ini diluncurkan pula website www.bantulkab.go.id dan 3G online di kota Bantul.

bantul3.jpg

Kerja sama XL dengan Pemerintah Bantul merupakan rangkaian dari keterlibatan XL untuk mendukung e-goverment. Sebelumnya, XL juga telah memberikan dukungan e-goverment di Kelurahan Pisangan Timur, Jakarta Timur dalam memberikan layanan publik berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Inisiatif layanan ini berawal dari Lurah Pisangan Timur, Sitaresmi Nurhayati, untuk menemukan cara paling efisien dan efektif dalam meningkatkan pelayanan publik agar lebih cepat dan pasti. Inisiatif ini menjadi program yang implementatif, yang diterjemahkan kedalam pengembangan perangkat komunikasi yang didukung XL, dan piranti lunak oleh Jaringmas, sehingga integrasi sistem ke dalam tata kelola kerja dapat terwujud.
 
Status
Tidak terbuka untuk balasan lebih lanjut.
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.