• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

>> Info Seputar Dunia Ponsel <<

Status
Tidak terbuka untuk balasan lebih lanjut.
Akhir 2008, 10 Juta iPhone Bakal Ludes

06 Maret 2008

12779_large.jpg


Popularitas Apple iPhone memang belum menyurut. Pihak Apple bahkan sangat percaya diri mengatakan, sepuluh juta iPhone bakal ludes terjual sampai akhir tahun 2008 ini. Keoptimisan tersebut dikemukakan Chief Operating Officer Apple, Tim Cook.

Penjualan iPhone memang telah merambah berbagai negara seperti Inggris dan Jerman. Irlandia merupakan pasar terbaru bagi iPhone di mana di wilayah ini, Apple menggandeng operator ponsel O2. Di waktu-waktu mendatang, Apple iPhone juga direncanakan akan menyambangi wilayah lainnya termasuk Asia.

Di sisi lain, Apple juga berencana untuk segera mengungkap paket software pengembangan untuk iPhone sehingga aplikasi iPhone bisa dikembangkan oleh pihak ketiga, secara lebih leluasa. Langkah ini dilakukan untuk meningkatkan popularitas iPhone, khususnya dalam menyasar pangsa pasar korporasi.

Memang ketika dirilis bulan Juni 2007, developer luar hanya diizinkan mengembangkan aplikasi berbasis web. Steve Jobs selaku pendiri Apple kemudian menjanjikan, iPhone akan terbuka lebar bagi pengembang pihak ketiga. (Sumber: detikinet.com)
 
LG Mobile targetkan pertumbuhan ponsel 300%

07 Maret 2008

z.gif


LG Mobile menargetkan kenaikan penjualan telepon seluler sebesar 300% di pasar Indonesia pada tahun ini. Andre Tanudjaja, General Manager LG Mobile Communications Indonesia, mengatakan penjualan ponsel semua merek di Indonesia pada 2007 meningkat 25%-30% dibandingkan dengan penjualan 2006. Tahun ini peningkatan pengguna ponsel diperkirakan sekitar 30%.

"Mengingat masih banyak masyarakat Indonesia yang belum memiliki ponsel dan ini merupakan lahan yang sangat potensial bagi para vendor," ujarnya saat membuka LG Mobile Showroom dan Service Center baru di Jakarta, pekan lalu. Andre menargetkan kenaikan penjualan untuk LG Mobile sebanyak 200%-300% dari tahun lalu.

LG Mobile akan bersaing dengan produk lain untuk berebut pasar ponsel di mana terdapat potensi 21 juta calon pengguna ponsel baru di Indonesia pada tahun ini.

LG Mobile mengklaim produknya memiliki pangsa pasar di Indonesia sebesar 8%. Dia menyatakan pada 2007 kenaikan penjualan LG dari tahun sebelumnya mencapai 500%.

Produk kelas bawah mendominasi kontribusi penjualan dengan 50%, diikuti kelas menengah 45%, dan untuk kelas atas 5%.

Tahun ini LG Mobile berencana mengeluarkan 30 model ponsel secara bertahap, dengan komposisi kelas bawah GSM dengan lima model, kelas menengah GSM 10 model, kelas atas GSM 10 model dan lima lagi untuk produk CDMA.

Fokus penjualan LG Mobile ada pada kelas menengah ke atas atau pengguna dari segmen profesional dengan konsep teknologi dan desain yang baik. Produk kelas atas yang di jagokan LG Mobile adalah Viewty. (Sumber: Bisnis Indonesia)
 
Penjualan Ponsel Meningkat 16 Persen di Tahun 2007

08 Maret 2008


Penjualan ponsel di seluruh dunia mencapai angka 1,15 miliar unit pada tahun 2007 kemarin. Angka ini meningkat sekira 16 persen dari tahun sebelumnya yang mencapai 990,9 juta unit. Data ini didapat oleh Gartner Research Center dan dikutip oleh Cellular News. Menurut data Gartner, pada akhir kuartal keempat tahun 2007, penjualan ponsel mencapai angka 330 juta unit sehingga menggenapkan total penjualan menjadi 1,15 miliar.

"Angka ini mayoritas dikontribusi oleh negara berkembang seperti China dan India yang kebanyakan menggunakan ponsel untuk pertama kali," ujar Kepala peneliti Gartner untuk divisi ponsel Carolina Milanesi. "Sedangkan bagi pasar di negara-negara maju seperti Jepang dan Eropa Barat, konsumen lebih suka membeli ponsel dengan kelebihan fitur tercanggih di dalamnya seperti TV tuner, GPS, touchscreen dan kamera high-res," jelas Milanesi.

Setelah tahun 2007, Gartner memprediksi bahwa penjualan ponsel tidak akan lagi mampu menyamai angka tersebut seiring dengan perkembangan pasar yang mulai stabil. Hal ini akan terlihat jelas pada pasar di Eropa barat dan Amerika. Sedangkan pertumbuhan ponsel terbesar masih akan dikontribusi dari pasar negara berkembang.

"Pertumbuhan penjualan ponsel sepertinya hanya akan mencapai sekira 10 persen saja pada tahun 2008 ini dan mayoritas di dapat dari pasar negara-negara berkembang," tandas Milanesi. (Sumber: okezone.com)
 
iPhone Akan Resmi Masuki Asia Tahun Ini

10 Maret 2008

12779_large.jpg


Apple berencana untuk mulai memasuki pasar Asia pada tahun ini dengan menggelontorkan perangkat komunikasi canggihnya, iPhone. Sayangnya, pihak Apple tidak menyatakan secara spesifik kapan hal tersebut akan terjadi. Namun yang pasti, iPhone benar-benar akan masuk ke pasar Asia pada 2008 ini.
"iPhone akan memasuki Asia tahun ini. Kami tidak mengatakan kapan kami akan melakukan rencana tersebut tapi yang jelas suatu saat kami akan masuki pasar China, kemudian menyusul ke India," ujar Chief Operating Officer Apple Tim Cook.

Bahkan CEO Apple Steve Jobs mengungkapkan bahwa Apple menargetkan penjualan iPhone tahun ini mencapai 10 juta unit. Target tersebut, menurut beberapa analisis sangat tidak memungkinkan karena perekonomian Amerika sendiri, saat ini, sedang melemah. (Sumber: okezone.com)
 
Blackberry Dominasi Ponsel untuk Korporasi

10 Maret 2008


Sebuah survei yang digelar di AS mengungkapkan Blackberry kian mendominasi pasar seluler untuk korporasi. Namun demikian, tingkat kepuasan pengguna iPhone dari Apple justru melampaui Blackberry dari Research In Motion (RIM).

Menurut laporan ChangeWave Research, hampir tiga per empat (73%) responden dari kalangan korporasi mengaku menggunakan Blackberry sebagai perangkat ponsel cerdas korporasi. Pangsa pasar Palm dari Treo justru mengalami penurunan menjadi 18%.

iPhone dari Apple, kendati pangsapasarnya baru 5%, terus menunjukkan pertumbuhan sinifikan. (Sumber: Bisnis.com)
 
Acer Akan Rambah Bisnis Smartphone

11 Maret 2008

main_n50.gif


Taiwan-Setelah sukses berkiprah di bisnis desktop PC dan laptop, serta sukses menelurkan personal digital assistants (PDA), Acer belum berpuas diri. Produsen komputer terbesar ketiga di dunia ini mengumumkan rencananya untuk merambah bisnis smartphone.

Untuk memuluskan rencana tersebut, Acer akan mengakuisisi E-ten, sebuah perusahaan smartphone Taiwan yang memproduksi Glofiish yang berbasis Windows Mobile.

Untuk memboyong E-Ten, Acer harus mengucurkan dana segar sebesar US$ 291,7 juta atau sekitar Rp 2,7 triliun. Dana sebesar itu harus sudah dilunasi pada kuartal tiga tahun ini.

"Akuisisi terhadap E-ten merupakan langkah inovatif dalam sejarah perjalanan Acer. Langkah akuisisi ini akan memberi kekuatan dan meningkatkan kredibilitas Acer dalam bisnis mobile," papar J.T. Wang, Chairman dan CEO Acer.

Di tahun 2011, pasar smartphone diprediksikan akan meningkat sebesar 30 persen. "Acer akan meningkatkan persaingan di segmen mobile, dengan memadukan teknologi PC dan komunikasi," tandas Gianfranco Lanci, President Acer Inc.

Sikap optimistis juga ditunjukkan oleh Simon Hwang, CEO E-ten. "Kesuksesan E-ten dalam mengusung produk bernilai seni dan berkonsep bisnis berpadu dengan Acer akan menyajikan produk yang efisien bagi konsumen serta akan memperluas persebaran produk Glofiish." (Sumber: detikinet.com)
 
Nokia Akan Gunakan SilverLight dari Microsoft

11 Maret 2008

silverlight_logo.jpg


Nokia mengumumkan rencana mereka untuk menyertakan Microsoft Silverlight kedalam ponsel symbian 60 mereka. Penambahan silverlight secara tidak langsung akan membuat aplikasi yang berjalan pada platform yang berbeda-beda menjadi interaktif dan konsisten.

Silverlight merupakan browser sekaligus platform silang bagi media generasi baru dan aplikasi yang kaya dan interaktif. Microsoft sendiri sudah mendemonstrasikan produk silverlight mereka di las Begas.

Produk ini akan tersedia bagi semua produk yang berlisensi Symbian 60 untuk developer mengembangkan aplikasi mereka. (Sumber: selularshop.co.id)
 
Akhir 2008 Industri Seluler Hasilkan USD1 Triliun

11 Maret 2008


Laporan terbaru dari lembaga riset Portio menyimpulkan bahwa di penghujung tahun 2008 nanti industri seluler akan mampu menghasilkan revenue hingga total USD 1 triliun. Laporan ini didapat berdasarkan pertumbuhan pelanggan seluler di dunia. Portio memprediksi pelanggan seluler yang pada tahun 2007 kemarin berjumlah 3.1 miliar maka pada tahun 2012 akan bertambah hingga 5 miliar. Bahkan layanan non-voice yang masuk dalam kategori value added service (VAS) akan terus tumbuh secara global dengan revenue mencapai USD250 miliar pada tahun 2012 nanti.

Kabar ini cukup menggembirakan para vendor handset. Pasalnya, pasar mereka terus tumbuh dari tahun ke tahun bahkan pada tahun 2007 kemarin sempat mencapai 1 miliar unit. Di sisi konsumer pun, kesadaran mulai meningkat di mana mereka tidak hanya menggunakan ponsel untuk menelepon dan berkirim pesan tapi melakukan hal yang lebih dari itu. Di Amerika saja terdapat sekira 6.8 juta ponsel berkemampuan mobile video pada Oktober kemarin. Bahkan pengguna mobile TV diprediksi mencapai 488.8 juta pada akhir tahun 2010.

Lalu pada segmen low-end, fokus vendor untuk menyediakan handset sangat murah untuk wilayah pedalaman menjadi kabar yang sangat menggembirakan bagi calon pelanggan dan operator. Sayangnya hal tersebut mampu menurunkan rata-rata harga ponsel di dunia. (Sumber: okezone.com)
 
Pilihan Ponsel Dipengaruhi Oleh Pendapatan

14 Maret 2008


Pilihan pengguna seluler terhadap jenis ponsel yang digunakan serta cara penggunaannya dipengaruhi oleh usia serta pendapatan. "Preferensi pengguna terhadap jenis handset yang digunakan memang sangat variatif, tergantung faktor demografi, usia, serta pendapatan," papar Greg Sheppard, Chief Development Officer pada iSuppli Corp.

Consumer Track yang digelar iSuppli kepada pengguna seluler di AS menunjukkan bahwa merek merupakan perhatian utama bagi pengguna baik kelompok berusia 18 tahun-24 tahun maupun pada segmen 40 tahun-44 tahun.

Bagi kelompok yang lebih muda, fitur multimedia sepreti kamera adalah pertimbangan penting dalam membeli dan memilih ponsel. Adapun bagi kelompok dewasa muda, ponsel berperan seperti portal jaringan sosial, digunakan untuk keperluan hiburan serta menonjolkan penampilan. (Sumber: Bisnis.com)
 
Tarif Murah Interkoneksi Telpon Dinikmati Mulai April

15 Maret 2008


Penurunan tarif interkoneksi telepon lintas operator sekitar 20 sampai 40 persen sudah dapat dinikmati oleh konsumen mulai awal April 2008. "Tarif interkoneksi yang variatif dan sangat tinggi bagi konsumen ini diharapkan sudah bisa diturunkan per 1 April 2008," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Muhammad Nuh.

Menurut dia, penurunan tarif interkoneksi itu dicapai setelah memanggil semua operator seluler dengan menggunakan pendekatan ke semua stakeholder.

Dengan kata lain, semua operator sudah diajak dan diberikan inspirasi pemikiran agar tidak melakukan praktek monopoli yang akan merugikan konsumen, ujarnya.

Sementara upaya lain yang dilakukan pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika, lanjutnya, adalah mengajak operator membangun listrik pedesaan dengan menggandeng perangkat telekomunikasi.

"Dana yang terkumpul itu sekitar Rp3 triliun yang merupakan dana konsorsium swasta dari enam perusahaan telekomunikasi, di antaranya PT Telkom, Indosat dan Bakrie Telecom," katanya, sembari menambahkan proses tendernya akan dilaksanakan April 2008 dan realisasinya diharapkan pada semester pertama 2009.

Terkait televisi berjaringan, menteri mengatakan kebijakan televisi berjaringan nasional masih diberi kelonggaran waktu hingga Desember 2009 untuk mempersiapkan jaringannya untuk membuat televisi lokal di daerah.

"Kalau kebijakan ini terkesan tertunda-tunda, itu semata-mata karena perlu waktu untuk membuat turunan aturan-aturan dari Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 dan PP 50 Tahun 2005 tentang penyiaran," katanya.

Ia menjelaskan, sebelumnya Kementerian Kominfo memberikan batas waktu kepada televisi swasta yang berada di Jakarta untuk membuat jaringan di daerah hingga Desember 2007. Namun dengan beberapa pertimbangan, akhirnya diberi batas toleransi hingga Desember 2009. (Sumber: ANTARA News)
 
Nokia Siemens Pasok Peranti LBS untuk Telkomsel

15 Maret 2008

n-s-network.jpg


Nokia Siemens Network (NSN) memasok peranti location based services (LBS) mutakhir ke PT Telkomsel. Peranti itu untuk mendukung layanan nilai tambah operator tersebut bagi sedikitnya 50 juta pelanggan aktif.

Andreuw Th. A. F., Vice President Network Operation PT Telkomsel, menuturkan penggunaan LBS itu akan berperan dalam meningkatkan pengalaman pelanggan seluler melalui layanan nilai tambah (value added service).

"Kerja sama dengan NSN menandai masuknya kami ke pasar layanan berbasis lokasi (LBS) di tengah dinamisnya gaya hidup pengguna," ujarnya baru-baru ini.

Menurut dia, dengan tersebarnya layanan di ratusan kota di wilayah Indonesia pihaknya optimistis LBS tidak sekadar menjadi aplikasi yang berkelas tetapi juga aplikasi yang dibutuhkan.

Telkomsel akan menggunakan LBS sebagai solusi terdepan di pasar jaringan seluler yang akan memungkinkan pihaknya memperluas layanan nilai tambah melalui aplikasi seperti iklan, pencarian informasi (information finder), dan jaringan komunitas (friend finder) bagi 50 juta pelanggan aktif saat ini.

Penyedia teknologi, Nokia Siemens Networks, akan mengintegrasikan solusi yang diklaim tahan uji tersebut untuk teknologi mendatang yang meliputi platform intelligent Gateway Mobile Location Centre (iGMLC) terbaru ke dalam jaringan seluler Telkomsel.

Cara efisien

Arjun Trivedi, Presiden Direktur PT Nokia Siemens Networks, menuturkan solusi ter- baru itu memungkinkan Telkomsel menemukan cara yang efisien dalam menyediakan LBS sesuai dengan skala kebutuhan dalam ukuran kapasitas dan pilihan dalam penempatan teknologi.

"Dengan LBS, kami turut memperkuat aplikasi dari bisnis [operator] melalui berbagai metode, kelengkapan posisi mulai dari teknologi berakurasi rendah hingga yang berakurasi tinggi," paparnya.

Arjun menjelaskan solusi LBS sangat fleksibel dan mendukung jaringan telekomunikasi berbasis GSM ataupun WCDMA/3G secara bersamaan. "Operator seluler pada saatnya memiliki kesempatan untuk menyediakan layanan baru yang menarik berbasis pada lokasi pelanggan."

Dia memberi contoh aplikasi seperti pencari informasi akan memberi manfaat kepada pengguna sewaktu mereka mengunjungi kota yang masih asing bagi mereka. "Mereka akan dapat mengakses informasi lokasi fasilitas penting secara spesifik, seperti rumah sakit dan stasiun polisi."

Keunggulan lain dari teknologi itu, paparnya, LBS juga memungkinkan proses integrasi dan menyerap biaya operasi yang minim. "Ini karena elemen perangkat kerasnya yang sudah terintegrasi, juga interoperabilitas multivendor dengan basis standar dan antarmuka yang terbuka," jelasnya.

Telkomsel saat ini mempunyai komunitas 3G terbesar dengan 3,25 juta pelanggan di 80 kota. Operator itu mempunyai jangkauan jaringan terluas dari semua operator selu- ler di Indonesia dengan menyediakan jaringan ke lebih dari 95% populasi hingga semua kecamatan di Sumatra, Jawa, dan Bali serta Nusa Tenggara.

Telkomsel kini memiliki lebih dari 50 juta pelanggan, atau sekitar 50% dari total pengguna seluler di Indonesia setelah menambah 2,2 juta pelanggan awal tahun ini.

Akhir tahun lalu, operator tersebut memiliki pelanggan sebanyak 47,8 juta orang dengan pertumbuhan mencapai 12,2 juta pelanggan baru atau rata-rata satu juta setiap bulannya. (Sumber: Bisnis Indonesia)
 
Samsung Meraih Penghargaan Untuk Kesetiaan Konsumen

17 Maret 2008


Samsung Wireless mengumumkan bahwa mereka memperoleh penghargaan sebagai brand yang paling memiliki kesetiaan konsumen dalam indistri telekomunikasi. Bagaimana tidak, Samsung telah meraih penghargaan ini terus menerus sejak tahun 2001 karena pemakainya mengaku puas setelah memakai ponsel Samsung karena senantiasa sesuai dengan harapan.

"Penghargaan Kesetiaan Konsumen ini merupakan pujian yang sangat membanggakan karena berdasarkan dari konsumen langsung," ujar Bill Ogle, Chief Marketing Officer Samsung Telekomunikasi Amerika, "Memenangkan penghargaan ini menunjukkan Samsung membuat ponsel yang baik dan secara emosional telah menjadi brand yang dikenal." (Sumber: Selularshop.co.id)
 
Penjualan Sony Ericsson Meningkat 38%

17 Maret 2008


Kemunculan dua kategori produk Sony Ericsson cukup membuat peningkatan yang siginifikan bagi penjualan ponsel kolaborasi Jepang dan Swedia. Bahkan tahun kemarin penjualannya sempat meningkat 38 persen. Dituturkan oleh Senior Manager Product Marketing Sony Ericsson Djunadi Satrio, peningkatan yang terjadi pada tahun 2007 tersebut dimotori oleh dua kategori produk Sony Ericsson, Cybershot dan Walkman, yang masing-masing memaksimalkan fitur kamera dan musik.

Pada tahun yang sama, terdapat empat hingga 5 model Sony Ericsson Cybershot dengan total penjualan mencapai 6 juta unit di seluruh dunia. Dengan demikian, dalam kurun waktu beberapa bulan, sejak diluncurkan pada pertengahan tahun lalu, Sony Ericsson Cybershot telah berhasil terjual hingga 18 juta unit di pasar global.

Sedangkan untuk ponsel musik Sony Ericsson yang dikategorikan dalam seri Walkman, pada tahun 2007 lalu, ponsel seri tersebut telah terjual 11 juta unit hanya dalam jangka waktu 1 tahun saja.

"Padahal dalam jangka waktu satu setengah tahun di masa awal kemunculannya, Walkman hanya terjual 5,7 juta saja. Tahun kemarin (2007), penjualan ponsel Walkman mencapai 11 juta unit," ujar Djunadi.

Dalam setahun tersebut Sony Ericsson telah berhasil meluncurkan hingga total 20 model. Jumlah tersebut terus bertambah. (Sumber: okezone.com)
 
Promosi Operator Picu Maraknya Ponsel Dual On

17 Maret 2008

MYG-800.jpg


Promosi operator GSM yang menggiurkan membuat My-G memberikan solusi ponsel dual GSM yang dapat memfungsikan dua operator GSM sekaligus. "Kami mencoba memberikan solusi untuk mereka yang ingin memanfaatkan tawaran promosi operator GSM, tanpa harus mengganti nomor lamanya karena dengan satu ponsel, kedua nomor tersebut dapat aktif secara bersamaan," ujar Presiden Direktur My-G Agus Salim saat meluncurkan ponsel TV berkemampuan dual on GSM.

Menurut Agus, My-G sendiri akan meluncurkan 8 model ponsel lagi hingga akhir tahun 2008 nanti. Bahkan, Agus berjanji akan menggelontorkan satu ponsel setiap bulannya hingga akhir tahun. Nantinya ponsel-ponsel tersebut tetap akan mempertahankan ponsel berkemampuan TV analog yang dilengkapi juga dengan fungsi dual on, baik itu GSM-CDMA, GSM-GSM, ataupun CDMA-CDMA.

Bahkan awal April nanti, My-G akan meluncurkan sebuah ponsel dual on GSM yang dilengkapi dengan kamera 2 megapiksel dengan harga yang cukup murah, sekira Rp600.000.

Setelah sukses meluncurkan ponsel My-G berkemampuan TV analog dengan seri My-G 660 dan My-G 638, satu setengah bulan lalu, kini My-G kembali menawarkan ponsel serupa yang dilengkapi dengan dual on GSM, My-G 800.

Kemampuan TV analog yang diusungnya membuat My-G diharuskan memiliki layar yang cukup lebar untuk memberikan kenyamanan ketika menyaksikan tayangan TV. Karena layar lebar tersebut, keypad yang diusung hanya menempati seperempat bagian depan ponsel ini. Bahkan untuk memudahkan pengoperasian, My-G 800 dilengkapi juga dengan layar sentuh sehingga pengoperasian dapat dilakukan dengan stylus ataupun sentuhan jari.

Ponsel yang juga dilengkapi dengan speaker 3D stereo, USB, Bluetooth, kamera 2MP, memori eksternal microSD, fitur musik MP4 dan radio FM ini hanya dibandrol seharga sekitar Rp2,2 juta. (Sumber: okezone.com)
 
Promosi Operator Picu Maraknya Ponsel Dual On

17 Maret 2008

MYG-800.jpg


Promosi operator GSM yang menggiurkan membuat My-G memberikan solusi ponsel dual GSM yang dapat memfungsikan dua operator GSM sekaligus. "Kami mencoba memberikan solusi untuk mereka yang ingin memanfaatkan tawaran promosi operator GSM, tanpa harus mengganti nomor lamanya karena dengan satu ponsel, kedua nomor tersebut dapat aktif secara bersamaan," ujar Presiden Direktur My-G Agus Salim saat meluncurkan ponsel TV berkemampuan dual on GSM.

Menurut Agus, My-G sendiri akan meluncurkan 8 model ponsel lagi hingga akhir tahun 2008 nanti. Bahkan, Agus berjanji akan menggelontorkan satu ponsel setiap bulannya hingga akhir tahun. Nantinya ponsel-ponsel tersebut tetap akan mempertahankan ponsel berkemampuan TV analog yang dilengkapi juga dengan fungsi dual on, baik itu GSM-CDMA, GSM-GSM, ataupun CDMA-CDMA.

Bahkan awal April nanti, My-G akan meluncurkan sebuah ponsel dual on GSM yang dilengkapi dengan kamera 2 megapiksel dengan harga yang cukup murah, sekira Rp600.000.

Setelah sukses meluncurkan ponsel My-G berkemampuan TV analog dengan seri My-G 660 dan My-G 638, satu setengah bulan lalu, kini My-G kembali menawarkan ponsel serupa yang dilengkapi dengan dual on GSM, My-G 800.

Kemampuan TV analog yang diusungnya membuat My-G diharuskan memiliki layar yang cukup lebar untuk memberikan kenyamanan ketika menyaksikan tayangan TV. Karena layar lebar tersebut, keypad yang diusung hanya menempati seperempat bagian depan ponsel ini. Bahkan untuk memudahkan pengoperasian, My-G 800 dilengkapi juga dengan layar sentuh sehingga pengoperasian dapat dilakukan dengan stylus ataupun sentuhan jari.

Ponsel yang juga dilengkapi dengan speaker 3D stereo, USB, Bluetooth, kamera 2MP, memori eksternal microSD, fitur musik MP4 dan radio FM ini hanya dibandrol seharga sekitar Rp2,2 juta. (Sumber: okezone.com)
 
Tahun Lalu Sony Ericsson Jual 100 Juta Ponsel

18 Maret 2008


Perusahaan komunikasi dan produsen ponsel, Sony Ericsson, berhasil menjual lebih dari 100 juta unit telepon seluler di seluruh dunia selama kurun waktu 2007. "Kita berhasil menjual lebih dari 100 juta ponsel selama tahun 2007 secara global. Itu naik 38 persen dari tahun 2006," kata Senior Manager Product Group Marketing Sony Ericsson Mobile Internasional, Djunadi Satrio.

Akan tetapi Djunadi tidak bisa menjelaskan jumlah penjualan ponsel di Indonesia dan di Asia Pasifik. Ia hanya mengungkapkan Sony Ericsson berhasil meraih pangsa pasar 15 - 20 persen ponsel di Asia Pasifik dan sekitar 9,5 persen di tingkat global.

Dia mengatakan beberapa produk Sony Ericsson mengalami tingkat penjualan yang luar biasa, misalnya seri ponsel Walkman (W) pada 1,5 tahun setelah diluncurkan pada 2001 telah terjual sekitar 5,7 juta unit. "Tahun kemarin (2007) terjual lebih dari 11 juta unit Walkman phone," kata Djunadi.

Untuk di Indonesia, Sony Ericsson memfokuskan pada empat segmen produk ponselnya yaitu untuk kategori musik dengan ponsel seri W (Walkman), kategori 'imaging' dengan ponsel seri C (Cyber shot), kategori 'Web Communication' dengan ponsel seri K dan G, serta kategori 'lifestyle' dengan ponsel seri S, T dan Z. (Sumber : kompastekno)
 
Ponsel Menyingkirkan Internet dan TV

18 Maret 2008


Hampir 62% persen dari warga Amerika menggunakan ponsel mereka sebagai penyimpan data sekaligus media browsing. Wireless telah menjadi bagian dalam kehidupan pribadi dan pekerjaan yang tidak terlepas.

51% responden yang disurvey mengakui bahwa ponsel merupakan perangkat yang paling sulit untuk ditinggalkan, menyusul kemudian ialah Internet (45%), Televisi (43%) dan ponsel rumah (40%).

Para pemakai ponsel ini mengaku ponsel mereka paling sering digunakan untuk : mengirim dan menerima pesan (31%), memotret (15%), bermain game (8%), mengakses berita, berita olahraga dan cuaca (7%), mendengarkan musik (7%), chatting (6%), merekam video (3%), melihat peta (3%) dan menonton Video (3%). (Sumber : selularshop.co.id)
 
Rumor Smartphone LG Env2

19 Maret 2008

LG-Env2.jpg


Rumor mengenai beredarnya Smartphone LG semakin santer terdengar. Gambar-gambarnya pun sudah beredar umum. Diantaranya ialah tipe yang saat ini masih diberi nama enV2, produk yang akan mengusung keyboard QWERTY dan dibuka Flip seperti Communicator milik Nokia yang cukup terkenal, e90.
Ponsel ini dikabarkan akan hadir dengan kamera beresolusi 2MP dengan microSD yang bisa disematkan disamping dan juga USB Port standard untuk konekssi. Ketika ditutup flipnya, layar depannya yang kecil tetap bisa digunakan dengan kendali keyboard luar yang seperti handphone biasa.
Ponsel ini dikategorikan cukup cantik dan kita tinggal tunggu saja kabar dirilisnya. (Sumber : Selular Shop)
 
Konten 3G Hasilkan USD34 Miliar di 2010

22 Maret 2008


Sebuah riset menunjukkan bahwa pada tahun 2010, kombinasi konten teknologi 3G akan meningkat dan mampu menghasilkan revenue hingga USD47,5 miliar pada tahun 2010. Namun Juniper memperingatkan bahwa angka tersebut akan benar-benar menghasilkan jika didukung oleh user interface yang mudah, cakupan jaringan yang luas, dan tarif layanan data yang tidak mahal.

Juniper juga menyatakan bahwa peningkatan tersebut akan terjadi pada konten - konten mobile seperti perjudian, konten orang dewasa, dan beberapa layanan jaringan sosial di ponsel secara nasional maupun global.

"Biasanya layanan seperti rington dan wallpaper mampu menambah pundi-pundi operator. Namun pola penggunaan konten seluler akan berubah dengan cepat seiring maraknya kemunculan konten yang lebih atraktif dan canggih seperti video streaming dan broadcast, layanan jaringan sosial dan permainan multiplayer, yang didesain secara spesifik untuk memudahkan pengoperasian di ponsel," ujar Dr Windsor Holden dari Juniper riset.

Juniper menambahkan bahwa wilayah China dan negara-negara timur merupakan pangsa pasar potensial untuk layanan mobile entertainment dengan kontribusi sekira 41 persen dari revenue global. Sedangkan wilayah Asia Pasifik memiliki kontribusi sekira 33 persen dari revenue global. (Sumber: okezone.com)
 
80% Ponsel 3G untuk Modem Internet

22 Maret 2008

PR_750_dialup.jpg


Mayoritas pengguna internet lewat jaringan Telkomsel ternyata memberdayakan ponsel 3G miliknya sebagai modem untuk berselancar. Arif dari divisi Mobile Broadband Telkomsel mengungkapkan jumlahnya mencapai 80% dari total pengguna layanan internet 3G Telkomsel Flash.

"Yang benar-benar menggunakan modem hanya dua puluh persennya saja," ujarnya di sela peluncuran komunitas pengguna Telkomsel Flash.

Sementara, menurut VP Telkomsel Area II Jabotabek Jabar, Agoes Soekarno, layanan Telkomsel Flash telah memiliki 50 ribu pengguna dari total 50 juta pelanggan seluler yang dimiliki Telkomsel.

"Lima puluh persennya atau sekitar 25 ribu pengguna Flash ada di Jakarta," kata dia sambil menambahkan, dari total 20 juta pengguna internet di Tanah Air, baru sekitar dua juta di antaranya saja yang secara intensif menggunakan.

Agoes memproyeksikan, pengguna internet melalui akses seluler akan terus tumbuh pesat seiring peningkatan kapasitas jaringan dan jangkauan layanan internet operator seluler. Ia memperkirakan ada 100 juta ponsel yang beredar di Indonesia.

Telkomsel sendiri berencana memperkuat jaringan pita lebar 3G dan HSDPA miliknya tahun ini di area perumahan dan tempat makan minum semisal kafe. "Akhir tahun ini semua blankspot area di Jakarta akan kami cover dengan jaringan HSDPA kami," kata Arif.

Hingga kini, Telkomsel mengklaim telah melayani 20 kota di Indonesia dengan jaringan berbasis HSDPA dan 80 kota dengan jaringan 3G. "Dalam satu dua bulan mendatang kami akan meningkatkan kecepatan 3G dan HSDPA kami, dari speed downlink 3,6 Mbps menjadi 7,2 Mbps, dan speed uplink dari 384 Kbps menjadi 1,4 Mbps." (Sumber: detikinet.com)
 
Status
Tidak terbuka untuk balasan lebih lanjut.
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.