• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Indonesia Surga Harta Karun

setan_kesepian

IndoForum Beginner D
No. Urut
16729
Sejak
6 Jun 2007
Pesan
613
Nilai reaksi
82
Poin
28
Surga Harta Karun
Kamis, 28 Juni 2007 | 12:03 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta:

Surya Helmi, Direktur Peninggalan Bawah Air Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, mengatakan ada begitu banyak jejak-jejak kapal karam di perairan nusantara. "Ada ribuan kalau tidak mungkin mengatakan puluhan ribu kapal tenggelam di nusantara," katanya kepada Tempo pada selasa lalu.

Namun berdasarkan catatan resmi dari Badan Riset Departemen Kelautan dan Perikanan, ada 463 titik lokasi kapal kuno yang karam sekitar tahun 1508-1878. Dari titik tersebut, baru 186 yang telah diketahui lokasinya.

"Belum bisa kita survei secara mendalam karena mahal biayanya, membutuhkan alat yang spesifik dan tenaga ahli," kata Surya.

Ramainya kapal yang tenggelam di perairan Indonesia, menurut Surya, lantaran kawasan nusantara secara geografis berada di posisi silang antara dua benua besar. Perairan itu telah menjadi jalur perdagangan yang penting di dunia.

Namun kapal-kapal dagang pada masa silam, kata Surya, tak bisa dibandingkan dengan masa kini. Saat itu teknologi pembuatan kapal dan navigasinya masih sederhana.

Berdasarkan data arkeologis yang dikumpulkan dari kapal-kapal yang karam di perairan nusantara, Bambang Budi Utomo mengatakan ada dua macam teknologi rancang bangun kapal yang dikenal pada masa itu. Keduanya adalah: teknologi Asia Tenggara dan Tiongkok.

Arkeolog dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Arkeologi Nasional itu mengatakan kapal buatan Asia Tenggara berciri:
1. Badan (lambung) kapal berbentuk seperti huruf V
2. Haluan dan buritan berbentuk simetris
3. Tak ada sekat-sekat kedap air di bagian dalam lambungnya
4. Dibangun tanpa paku besi. Papan disambung dengan cara diikat dengan tali ijuk dan diperkuat dengan pasak kayu/bambu (Teknik papan ikat dan kupingan pengikat)
5. Kemudi berganda di bagian kiri dan kanan buritan.

Adapun kapal berteknologi Tiongkok menggunakan kemudi tunggal yang dipasang pada palang rusuk buritan. Bagian lambung kapal Tiongkok dikencangkan dengan bilah kayu dan paku besi.

Kapal-kapal model itulah yang banyak wara-wiri di nusantara. Namun sederhananya teknologi pembuatan kapal, membuatnya rentan karam akibat badai, menabrak karang, atau dihantam perang.

Tak jarang kapal-kapal yang karam tersebut membawa barang dagangan seperti keramik, perhiasan, dan sebagainya. Inilah yang kini disebut sebagai "harta karun" yang nilainya menggiurkan.

Maka, mereka yang berniat mengangkatnya pun telah mengantri. "Sudah ada banyak proposal di meja saya," kata Surya.

Lantaran harta karun itu sesungguhnya artefak cagar budaya, Surya dan departemennya pun mengetatkan perizinan. Minimal perusahaan pengangkat menyertakan arkeolog. "Sehingga ada tanggung jawab ilmiahnya," kata dia.





sorry klo reposstttt:D:D;;)




>:)>:)
 
Trus kalo ada yang nemuin, harta karunnya jadi milik sapa?? yang nemuin ato sebagian di kasikan ke Indonesia??
 
jadi milik negara,
tapi kalo ga salah, si pengangkat harta itu dapet bagian berapa persen gitu....
 
Kabarnya (kabarnya nih yaaa) negara dari luar sebenarnya udah lama ngincar kekayaan Indo ini. Apalagi yang punya satelit2 canggih. Kudu hati2 ni!
 
palingan kapal dari australia bawa magnet gede...jadi prabotan yg tenggelem ke sedot semua... /gg
 
Tapi biasanya untuk negara indonesa yg berhubungan dengan harta karun pasti ada mahluk halusnya kata lainnya berpenghuni.
 
kapal yang karam kalo ngangkut emas dan perhiasan bisa langsung kaya tuh yang nemuin.
itu kalo di film" kan kapal yang jaman kolonial emang memuat banyak harta karun buat diangkut ke negara mereka
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.