• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

HUKUM KARMA(KAMMA) by ABHIDHAMMA panjika

membunuh tetaplah kamma buruk.....hanya saja dalam medan perang tergantung seberapa kuat pikiran anda saat di sana...

misalkan :
membunuh dengan pikiran diliputi kebencian,

dan membunuh dengan pikiran diliputi ketakutan,dan semata wayang hanya ingin mempertahankan diri.

tentulah ke-dua-dua nya merupakan kamma buruk.hanya saja takaran kamma buruk pikiran ke-2 tidak lah lebih tinggi dari yang pikiran pertama.


=========

sama hal nya ketika pahlawan pada jaman tiga kerajaan seperti guan kong....dimana beliau menjujung kesejahteraan rakyat dan hanya semata-mata ingin menyelamatkan rakyat..

berbeda dengan cao-cao yang ingin membunuh demi KEKUASAAN..

inilah bedanya,,,walau kedua-duanya kamma buruk.

salam metta.
 
tq bgt atas penjelasannya :D

"semoga semua mahluk hidup berbahagia"
 
Ini dia yg g suka dari agama Buddha.

Hi (no name needed right?), g muslim murtad, & g demen bgt mempelajari tentang karma.
Kalo dari riset g (dari temen2 g, dll as subject of the research) banyak bgt org yg menghalalkan berzinah, Nah g pengen tau kalo hukumannya berzinah itu apa? (kurang lebih)
 
Ini dia yg g suka dari agama Buddha.

Hi (no name needed right?), g muslim murtad, & g demen bgt mempelajari tentang karma.
Kalo dari riset g (dari temen2 g, dll as subject of the research) banyak bgt org yg menghalalkan berzinah, Nah g pengen tau kalo hukumannya berzinah itu apa? (kurang lebih)

maksudnya, apa karma dari penzinah ?


saya rasa tidak akan ada orang yg benar2 bisa menjawab apa buah karmanya.. :D


IMO hukum karma itu "tidak selalu" berlaku persis seperti tindakan yg menyebabkannya..


misal, hari ini kamu menolong orang menyebrang..
karma nya tidak akan berati kamu akan disebrangkan orang di kemudian hari..
tapi bisa berupa pertolongan disaat kamu tersesat,sakit dll
 
maksudnya, apa karma dari penzinah ?
saya rasa tidak akan ada orang yg benar2 bisa menjawab apa buah karmanya.. :D
IMO hukum karma itu "tidak selalu" berlaku persis seperti tindakan yg menyebabkannya..
misal, hari ini kamu menolong orang menyebrang..
karma nya tidak akan berati kamu akan disebrangkan orang di kemudian hari..
tapi bisa berupa pertolongan disaat kamu tersesat,sakit dll

Tapi berzinah adalah karma buruk bukan?

terus terang g tertarik bgt dgn topik "Zina" soalnya g hidup di jaman dimana org2 menghalalkan Zina, setiap kali g jelasin ke temen g , mereka ga percaya, bagi mereka having sex with someone they love is halal, dan dulu g sama aja seperti mereka, dan g udah membuktikannya bhw itu salah.
gmn mnurut ente?
d7.gif
 
Tapi berzinah adalah karma buruk bukan?

terus terang g tertarik bgt dgn topik "Zina" soalnya g hidup di jaman dimana org2 menghalalkan Zina, setiap kali g jelasin ke temen g , mereka ga percaya, bagi mereka having sex with someone they is love halal, dan dulu g sama aja seperti mereka, dan g udah membuktikannya bhw itu salah.
gmn mnurut ente?
d7.gif

mm..IMHO
persepsi benar salah itu relatif ( tergantung dari mana kita melihatnya )
namun karma itu sesuai ..

hukum alam semesta ( karma ) itu netral ( sama seperti hukum gravitasi, gerak,pantul, archimedes ), dia tidak bisa melihat mana benar dan mana salah, dia hanya memantulkan kembali apa yg jadi pikiran / niatan kita..


Buat saya, berzinah itu salah ( secara persepsi )
 
mm..IMHO
persepsi benar salah itu relatif ( tergantung dari mana kita melihatnya )
namun karma itu sesuai ..

hukum alam semesta ( karma ) itu netral ( sama seperti hukum gravitasi, gerak,pantul, archimedes ), dia tidak bisa melihat mana benar dan mana salah, dia hanya memantulkan kembali apa yg jadi pikiran / niatan kita..


Buat saya, berzinah itu salah ( secara persepsi )

betul2
jadi kembali lagi zina itu betul atau tidak tergantung dari pihak2 yg merasa dirugikan atau di untungkan.
jika zina itu enak ya fine2 aja sih. :P
jika merugikan pihak lain ya berdosa,
makanya kalo berzina jgn sampai ketahuan, supaya tidak ada yg dirugikan, dan cepat2lah dilupakan :D jgn sampai ketagihan.
 
Hati-hati dgn kejahatan zinah tsb....
Kejahatan yang dapat menghasilkan kehilangan rejeki,nama baik dan memperoleh penitisan anak cucu yang menjalani karma buruk.......
Masyarakat sekarang terlalu remeh tentang zinah.....coba perhatikan sekeliling anda...coba lihat bagaimana penzinah-penzinah tsb perlahan-lahan menghabiskan buah karma baiknya....
 
mau tanya dunk

gimana karamanya seorang prajurit di medan perang??

bisa disebut baik kah??
atau buruk??
karena kita tau bahwa seorang prajurit di medan perang baik secara sengaja atau tidak sengaja membunuh musuh

bagai mana karma prajurit musuhnya??

mohon pencerahaanya

membunuh dengan alasan apapun juga adalah menghasilkan perbuatan yaitu hasilnya ada mahluk yang mati

membunuh itu di katakan karma membunuh didasari oleh 5 faktor

1. Adanya sosok makhluk hidup.
2. Mengetahui bahwa makhluk tersebut masih hidup.
3. Adanya niat/kehendak untuk menghilangkan nyawa makhluk tersebut.
4. Adanya tindakan untuk menghilangkan nyawa makhluk tersebut
5. Matinya sang makhluk hidup sebagai akibat tindakan tersebut

tergantung dari kadarnya masing2 faktor tsb
 
mungkin teman-teman terus bertanya tentang bagaimana HUKUM KARMA ITU BEKERJA....ini lah penjelasan nya.
karena keterbatasan waktu dan bahan...untuk sementara hanya ini dolo.....detail-detailnya nanti continue deh....

disini bisa di lihat BAHWA PROSES HUKUM KARMA(KAMMA) adalah berawal DARI DIRI SENDIRI dan hasil nya UNTUK DIRI SENDIRI
bukan kehendak TUHAN..

kamma(karma) dikutip dari abhidhamma by PANJIKA(pandit jinaratana kaharuddin)

Kamma
perbuatan yang dilakukan oleh jasmani,perkataan dan pikiran baik maupun jahat di sebut KAMMA,

keadaan yang menghasilkan perbuatan juga di sebut kamma.

KAMMA TERBAGI 4 GOLONGAN :
1.Menurut Sifat bekerjanya (KICCACATUKA) ada 4 macam,yaitu:
-JANAKA-KAMMA:
HUKUM yang menyebabkan timbulnya syarat terlahir nya kembali suatu MAKHLUK.

-Upatthanbhaka-kamma:
Hukum kekuatan yang mendorong terpelihara-nya satu akibat dari pada sebab(kamma) yang telah timbul

-Upapilaka-KAMMA:
hukum kekuatan yang menekan,pula mengolah,menyelaraskan satu akibat dari pada satu sebab.

-Upaghataka-kamma:
hukum yang meniadakan kekuatan dan akibat dari satu sebab(kamma) yang telah terjadi
dan sebaliknya menyuburkan berkembangnya kamma baru.

2.MENURUT SIFAT HASIL NYA(PAKADANAPARIYAYACATUKKA) ada 4 macam,yaitu:
-Garuka-kamma :
kamma yang berat,akibat nya dapat timbul waktu satu kehidupan dan kehidupan berikutnya.

-asanna-kamma:
perbuatan yang dilakukan oleh seseorang sebelum saat AJAL nya,yang dapat dilakukan dengan lahir-bathin.

-Acinna-kamma / bahula-kamma:
kamma kebiasaan,perbuatan yang merupakan kebiasaan bagi seseorang,karena sering-nya dilakukan sehingga seolah-olah
merupakan watak baru.

-Katatta-kamma:
kamma yang tidak begitu berat dirasakan akibat perbuatan-perbuatan yang lampau.

3.menurut jangka waktunya(PAKAKALACATUKKA) ada 4 MACAM,yaitu:
-Dithha Dhammavedaniya-kamma:
yang"masak" atau memberikan hasil dalam kehidupan ini.

-Uppajjavedaniya-kamma:
Yang "masak" atau memberikah hasil dalam kehidupan akan datang.

-Aparaparavedaniya-kamma:
yang "masak" atau memberikan hasil dalam kehidupan berikutnya berturut-turut.

-Ahosi-kamma:
yang tidak menimbulkan akibat sama sekali

4.menurut kedudukannya(PAKATTHANACATUKKA)ada 4 macam,yaitu:
-Akusala-kamma :
cetana(niat) yang berada dalam akusala-citta 12.

-kamavacarakusala-kamma:
cetana(niat) yang berada dalam MAHAkusala-citta 8.

-Rupavacarakusala-kamma :
CEtana(niat) yang berada dalam Rupavacarakusala-citta 5.

-Arupavacarakusala-kamma:
Cetana(niat) yang berada dalam Arupavacarakusala-citta 4.

5.MENURUT SIFAT BEKERJAnya(KICCACATUKKA):
-JANAKA-KAMMA
hukum yang menyebabkan timbulnya syarat untuk terlahri kembali suatu makhluk.

kamma ini menimbulkan nama-khandhana(kemlompok batin) dan kammaja-rupa(materi/jasmani) oleh sebab itu.
kamma ini disebut janaka-kamma,yaitu Akusala-kamma 12 dan lokiyakusala-kamma 17(kammavacarakusala-kamma 8, rupavacarakusala-kamma 5,
dan Arupavacarakusala-kamma 4)

JANAKA-KAMMA ini bertugas melahirkan makhluk-makhluk didalam 31 alam kehidupan(bhumi 31).

-Upatthambhaka-kamma
kekuatan yang mendorong terpeliharanya suatu akibat dari pada sebab(kamma)yang telah timbul.
Kamma ini adalah membantu janaka-KAMMA,yaitu:
a.membantu janaka-kamma yang belum mempunyai waktu menimbulkan hasil/akibat,memberikan waktu menimbulkan hasil/akibat.

b.membantu janaka-kamma yang sedang mempunyai waktu menimbulkan hasil/akibat,memberikan kekuatan untuk menimbulkan hasil/akibat secara SEMPURNA.

c.Membantu Rupa-nama (lahir batin) yang di lakukan oleh janaka-kamma menjadi maju dan bertahan lama.

-Upapilaka-kamma
Hukum kekuatan yang menekan,pula mengolah,menyelaraskan,satu akibat daripada satu sebab.
jadi upapilaka-kamma yang menekan yaitu:
a.menekan janaka-kamma yang mempunyai keadaan yang bertentangan.
b.menekan RUPA-NAMA yang di lahirkan oleh janaka-kamma.

Upapilaka-kamma yang menekan janaka-kamma yang mempunyai keadaan bertentangan terbagi 2 macam,yaitu:
a.menekan supaya tidak ada waktu yang menimbulkan hasil/akibat.
b.menekan janaka-kamma yang mempunyai waktu menimbulkan hasil/akibat,supaya mempunyai kekuatan menurun dan menimbulkan hasil/akibat tidak sepenuhnya.

oleh sebab itu "penekanan" dari upapilaka-kamma terbagi 3 macam,yaitu:
a.Upapilaka-kamma yang menekan janaka-kamma supaya tidak ada waktu menimbulkan hasil/akibat.

b.upapilaka-kamma yang menekan janaka-kamma yang mempunyai waktu yang menimbulkan hasil/akibat,supaya mempunyai kekuatan menurun.

c.Upapilaka-kamma yang menekan Rupa-Nama yang d lahirkan oleh janaka-kamma.



-Upaghataka-kamma
hukum yang meniadakan kekuatan dan akibat daripada satu sebab yang telah terjadi dan sebaliknya menyuburkan kembali kamma baru.
jadi upaghataka-kamma adalah kamma yang memotong kamma lainnya dan hasil dari kammalainnya secara menyeluruh.
PEMOTONGAN dari upaghataka-kamma ada 2 macam:
a.memotong janaka-kamma supaya tidak ada waktu untuk menimbulkan hasil/akibat untuk selamanya.
(KAMMANTARA-UPAGHATAKA)

b.Memotong rupa-nama yang dilahrikan oleh janaka-kamma sampai rusak(KAMMANIBBATAKHANDHASANTANA-UPAGHATAKA).


menurut SIFAT HASILNYA(PAKADANAPARIYAYACATUKKA).
-Garuka-kamma
kamma yang berat.akibatnya dapat timbul dalam waktu satu kehidupan atau kehidupan berikutnya,

Yang dimaksud GARUKA-KAMMA adalah ditthigatasampayutta-citta yang berkenaan dengan niyatamichandatthi-kamma dan dosamula-citta yang berkenaan dengan pancanantariya-kamma
,serta mahaggatausala kamma 9 ( rupa-kusala 5 dan arupa-kusala 4) yang jumlah semuanya 15 citta.

mengenai lokuttarakusala-kamma juga disebut Garuka-kamma. tetapi disini tidak dibicarakan mengenai lokuttarakusala,sebab lokuttarakusala itu tidak mempunyai
tugas "menimbulkan", tetapi mempunyai tugas "membasmi" penimbulan itu sesuai dengan kemampuan diri sendiri.


-Asanna-kamma
perbuatan baik atau jahat yang di lakukan oleh seseorang, sebelum saat AJALnya yang dapa di lakukan lahir-batin.
yang dimaksud Asanna-kamma adalah Akusala-kamma 12(tidak termasuk Niyatamicchaditthi-kamma dan Pancanantariya-kamma),
dan mahakusala-kamma 8. Mahakusala-kamma tidak termasuk asanna-kamma,karena telah menjadi Garuka-kamma.

Akusala-kamma atau kusala-kamma yang kita pernah buat sudah lama,tidak teringat lagi:bila sewaktu AKAN MENINGGAL DUNIA,
kita terkenang akan perbuatan jahat yang pernah dilakukan,saat itu Akusala-citta(pikiran jahat) timbul.
Akusala-citta yang timbul melalui teringat nya perbuatan jahat itu di sebut AKUSALA-ASANNA-kamma.

jika kita terkenang akan perbuatan baik yang pernah dilakukan .saat itu kusala-citta(pikiran baik) timbul.
kusala-citta yang timbul melalui teringat nya perbuatan baik itu di sebut KUSALA-ASANNA-kamma.


-Acinna-kamma
kamma kebiasaan,yaitu perbuatan yang merupakan kebiasaan bagi seseorang,karena sering nya dilakukan sehinga seolah-olah
menimbulkan watak baru.
yang dimaksud ACINNA-kamma adalah akusala-kamma 12 dan mahakusala-kamma 8.

jadi kejahatan yang sering dilakukan oleh seseorang misal nya " suka berdana,melaksanakan sila,bermeditasi secara benar,
belajar dhamma,dan lainnya itu disebut kusala-acinna-kamma.

atau jika seseorang melakukan salah satu perbuatan jahat walau hanya sekali melakukan nya,
tetapi orang tsb selalu memikirkan perbuatan jahatnya itu,kemudian timbul KEGELISAHAN dan KETAKUTAN
ini disebut AKUSALA-acinna-kamma.

begitu pula sebaliknya...


-Katatta-kamma
kamma yang tidak begitu berat dirasakan akibat dari perbuatan-perbuatan yang lampau.
yang dimaksud katatta-kamma adalah akusala-kamma 12 dan mahakusala-kamma 8.
jadi kusala-kamma dan akusala-kamma yang pernah diperbuat dalam kehidupan lampau dan sekarang ini yang belum mencapai
GARUKA-kamma,Asanna-kamma dan Acinna-kamma,yang si pembuat nya tidak melakukan kehendak sepenuh hati,sebut KATATTA-KAMMA.

jadi katatta-kamma adalah kamma yang tidak begitu berat di banding garuka-kamma,Asanna-kamma,aCinna-kamma.


MENURUT JANGKA WAKTU(PAKAKALACATUKKA)
-Dittha dhammavedaniya-kamma
adalah kamma yang memberi hasil/akibat dalam kehidupan sekarang ini.

dittha dhammavedaniya-kamma terbagi 2 macam :
a.paripakka dittha dhammavedaniya-kamma adalah kamma yang memberi hasil/akibat dalam kehidupan sekarang
termasuk yang sudah MASAK betul

b.Aparipakka dittha dhammavedaniya-kamma adalah kamma yang memberi hasil/akibat dalam kehidupan sekarang
ini belum termasuk MASAK BETUL.

-Uppajjavedaniya-kamma
adalah kamma yang memberikan hasil/akibat dalam kehidupan yang akan datang.

-Aparaparavedaniya-kamma
adalah kamma yang memberikan hasil /akibat dalam kehidupan yang berikut nya berturut-turut.

-Ahosi-kamma
adalah kamma yang tidak menimbulkan akibat sama sekali.


MENURUT KEDUDUKANNYA(PAKATTHANACATUKKA)
-Akusala-kamma
perbuatan jahat,yaitu cetana(niat) yang berada dalam akusala-citta 12.

akusala-kamma terbagi 3 macam:
a.akusala-kaya-kamma (perbuatan jahat melalui jasmani)
b.akusala-vaci-kamma (perbuatan jahat melalui ucapan)
c.akusala-mano-kamma (perbuatan jahat melalui pikiran)


-Kamavacarakusala-kamma
perbuatan baik di sertai KESENANGAN
yaitu cetana(niat) yang berada dalam mahakusala-citta 8.

kamavacarakusala-kamma terbagi 3 macam yaitu:
a.Kusala-kaya-kamma (perbuatan baik melalui jasmani)
b.kusala-vaci-kamma ( perbuatan baik melalui ucapan )
c.Kusala-mano-kamma ( perbuatan baik melalui pikiran )


-Rupavacarakusala-kamma
perbuatan baik yang mencapai rupa-jhana,yaitu cetana(niat) yang berada dalam Rupavacarakusala-citta 5.

-Arupavacarakusala-kamma
perbuatan baik yang mencapai Arupa-jhana,yaitu cetana(niat) yang berada dalam arupavacarakusala-cita 4.


semoga bermanfaat,salam metta

saya adalah orang yang melihat karma dalam pikiran, dan mendapati karma telah menemuiku dalam banyak kali dan berlangsung pada kehidupan saya saat ini...
karma memang ada...
 
wah para suhu2 smua disni ud berpengalaman ya...

kalau saya lihat dari topik atas sampai belakang banyak hal2 yg membuka pikiran saya
contohnya seorang prajurit berperang.
kalo menurut pendapat saya,

karma ditentukan dari tangan masing2, jadi keputusan seseorang untuk menjadi prajurit adalah resiko yg harus dia terima, dan pastinya seorang prajurit sudah mengetahui hasil karmanya dia saat ini, dibunuh atau membunuh musuh atw kawan, akan tetapi dia tidak mengetahui karma yg akan diterima setelah dia mati.
seumpama:
1. Ketika anda jadi prajurit, anda membunuh prajurit musuh.
2. keluarga prajurit yg dibunuh, bisakah menerima kenyataan ini?
3. ketika anda mati sebagai prajurit, bagaimana nasib keluarga anda?
4. muncullah bibit bibit kebencian, sehingga perang tidak pernah abis,
5. ketika anda pensiun menjadi prajurit, apakah hidup anda akan tentram?
6. brp byk sanak keluarga yg membenci anda?
7. apakah dosa kita bisa dihapuskan dengan jasa perang kita? dosa ya dosa, pahala ya pahala, seberapa besar pahalamu tetap harus menebus dosa yg diperbuat.

jadi sebelum kita mengambil jenis pekerjaan pikirkan dlu baik buruknya sebuah pekerjaan tersebut agar tidak menyusahkan kita di suatu hari nanti.

untuk mendapatkan karma yg baik, minimal kita menjalankan 5 sila (pancasila). 5 sila aja blm tentu kita bs laksanakan, apalagi sila yg lain.

sabbe satta bhavantu sukki tata
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.