g tau harus berbuat apa

FiexenHere

IndoForum Senior E
gini guys.... gu lagi ada problem ama bos gue d warnet....
gu kan dah jaga dsana skitar 7 bulan.... bos gue dah percaya banget ama gue.... nah... 1 minggu ini karna ada anak baru yang mau gantiin gue... yah.. karna gue jg udah mulai sibuk mau mikirin kuliah....

tuh anak karna masih baru banyak banget dia lom bsa ngatur keuangan dgn baik.... dan selama 1 minggu ini gue yg nutupin kesalahan dia dengan bilang sama bos kalo gue yg salah itung..... yah kalo d pikir2 sih... ngapain juga gue nutupin dia? coba aja.... gaji g sberapa dia ajak temennya main d net kadang 4~5 orang.... gratis pula??! /swt kalo gu paling ngajak 1~2 orang itupun jarang karna gue jg itung2 keperluan gue....

soalnya jg gue g enak... gue yg tawarin dia kerjaan.... masa gue jg sih yg langsung bilangin ke bos? gu kasihan ama tu anak aj.... udah lama dia nyari kerjaan tapi g dapet2..... selama gue nutupin yang dia bilang cuma ''makasih ya.... tar duit lu gua ganti dah'' gu g permasalahkan uangnya.... tapi kalo misalnya gue udah g jaga lagi... nah siapa yg nutupin dia?.... masa gara2 gue rekomendasiin dia warnet bos gue bangkrut??? ampe yang paling pusing... tadi siang temennya dateng semua... 1 net full ama temennya dia... mana maennya 8 jam lebih lagi.... ampe pas gu mau pulang bos itung uang d kasir.... g sesuai dengan billingnya yang jalan.... tuh anak bukannya bantuin gue malah cuek aj... kayak g ada yg terjadi... /swt

bos pun nanya.... ''tadi siang rame.... kok uang di kasir kurang begini?'' gue jawab aj.... ''sori kak (gue manggil dia kk) tadi uangnya gu pinjem dulu buat bayar tagihan net d rumah... tar gu ganti'' dia g masalah aj... cuma gue g enak d tegur kayak bgini ''yah... kalo mau pake uang net catet d buku... jangan kayak gini....di buku g ada.... kamu kan udah lama disini.... y udah karna mau bayar listrik juga uang kamu skrg aku potong dulu y'' parahnya... d potong ampe cuma dapet 40%...... kbutuhan gue gmn.... aduh pusing dah mikirnya... ampe gu mikir apa harus gue bilang ama bos gue yg sjujurnya... dgn resiko tuh anak langsung d kluarin...... ato gu trus yang d nilai jelek ama bos gue???
 

proxzengin

IndoForum Junior A
cba bro di blangin dlu ke anak ny... ksih tau baik" klau tmen"ny maen sruh bayar atau di ksih member aja!!

stlah itu d liat perkembanganny... klau msi ga byar jga... ya lporan aja ke boz biar boz yg ngsih tau tu anak....

mmang ssah bro klo kta ngajak org / tmen kita kerja d tmpat kta / gantiin kta.... wlaupun kta dah knal dia lma... kta msi blum tau ssuatu di org itu bro... :D :D
 

GOLDWAY

IndoForum Senior E
saya baca.....
disini perlu kebesaran hati untuk menyampaikan kebenaran...;)
apapun resikonya atau konsekwensinya,
kebenaran tidak boleh ditutup-tutupin...
sepandai-pandai menyimpan masalah suatu saat pasti akan ketahuan...

emang niat bro baik dan mulia, yaitu untuk menolong,
tapi kalo itu dengan menutupin kesalahannya,
itu berarti bro sendiri yang mengajarkan hal yang salahkepadanya dan pahitnya bro sendiri yang harus menanggung....
belom apa2 bro sdh apes karena diawali dengan niat baik yang menurut saya keliru.... (maap yah..)

Dan ingat, niat baik untuk membantu anak baru tersebut dengan cara berbohong kepada bos adalah SALAH.....

jadi kesimpulan saya, anak baru tersebut perlu dikasih tahu, dan
segala kesalahannya yang bro tanggung harus dia bayar dengan setimpal (fair dong....;) ),
dan sebaiknya bro sendiri harus terbuka dalam menganalisa....
apakah anak baru itu mampu dan memiliki dedikasi untuk bekerja disana....?

kalo tidak ya, sebaiknya bro open dokumen aja ke Bos
dengan menjelaskan semua permasaalahan yang sdh terjadi...

jangan menutupin masalah kecil, dengan memunculkan masalah kecil lain...
sebab, masalah-masalah kecil itu lambat laun jadi masalah yang besar
dan kita sendiri akan terhanyut oleh masalah itu sendiri....:)

that's all....>:D<
semoga bermanfaat....;)
 

Samantha

IndoForum Senior B
aku juga op warnet..
bisa bayangin gimana kalo aku jadi kamu..
kamu memang baik. tapi ada kalanya kita jangan terlalu baik sama orang, meski ia sahabat kita. kalau dia salah, ya dibilangin, dong..
kenapa gak gini aja..
karyawannya sana, dikasih member, yang mana, hanya bisa dipakai satu pc, dan gak boleh dipake pas waktu kerja. password harus disimpen sendiri, gak boleh tau temen-temennya.
kalo sampe ada yang pake member, tapi bukan karyawan sana, atau op nya pake member pas waktu kerja, wajib bayar :D

atau kalau dirimu gak enak mau lapor sama bos.. yaa jebak aja :D

terlebih, aku setuju sama KGTM..

niat baik untuk membantu anak baru tersebut dengan cara berbohong kepada bos adalah SALAH.....
===

akhir taun kemarin, kejadian serupa menimpa warnet aku.. (duh bahasanyaa!!!)'
kan di warnet aku karyawan tuh tiap shift 2 orang (ada 3 shift). satu OP, satu OB.
nah kebetulan nih terjadi di shift ku. ob ku tuh duduk di salah satu room. trus aku liat di Putty (aplikasi command promp buat liat quota yang dipake user) pc tempat dia duduk itu kayak ada yang pake. tapi di Billing Explorer gak ada tanda kalo ada yang pake pc itu. Trus aku pergokin, beneran, dia maen. aku kan orangnya gak suka liat rules dilanggar, jadi aku marah besar! (kan aku adeknya boss, yang dipercaya buat jaga warnet selagi bosnya gak ada). Nih kalo bosnya yang tau langsung aku pasti dimarahin lebih besar lagi. dikira gak becus. trus ternyata, nih OB bandel banget..
sebelum aku lapor ke bos, aku tanya dulu sama para OP lain. ternyata dia pakai member ilegal. entah gimana caranya.. dan masih bandel juga, ya aku laporin ke bos, lah.. :)
mampus!!
untung gak langsung dipecat!!
 

FiexenHere

IndoForum Senior E
@prox
gu udah bilangin tuh anak... kalo gue g bsa terus2an nutupin dia....
tuh anak cuma bilang ''iy2 sori... gu g gitu lagi'' nyata2nya tadi siang tetep aj dia bwa temennya... mau dibilang baek kali ama temennya....:(

@gold
iy sih... gu tau itu salah.... dan gue tau suatu saat pasti ketahuan... dan tetep jg gu yg kena karna g jujur... sbenarnya tuh anak rajin.... cuma yah, mungkin karna mau dinilai baik ama temennya jadi bgitu... tapi kan g gitu2 amat.... masa d kasi gratis... kan bsa kasi diskon kek... kyk gue.... gu udah bilang gitu dia diem aj.... soalnya bos g masalah bawa temen... asal dia bayar.....

@samant
y masalahnya.... bos baru ganti billing... dn dia g tau bener ni billing baru... ane aja kadang masih pusing.... kalo untuk pass kompi cuma bos sama gue aj yg tau... soalnya aturannya kerja 2 bln baru d kasih full akses.... kalo d jebak... wah berasa kayak orang jahat gue... g tega bu :(

dari crita kmu sndiri... kan stiap orang punya sifat yg beda2... meskipun bos gue keliatannya baik... tpi dia tegas... kalo becanda yah becanda... kalo udah marah... aduh... gue g mau inget lagi dah... pernah 1 kali dia marah sama gue dan gara2 itu gu udah g mau lagi bikin dia marah... :(
 

Samantha

IndoForum Senior B
so, what's you plan? untuk mengakhiri ini semua? gak enak kan, terus-terusan atau bahkan selamanya seperti ini?
 

FiexenHere

IndoForum Senior E
yah itu dia saya bingung... antara kepercayaan teman... ato bos....... karna gue dah bikin dia percaya kalo bsa kerja d net.... tapi gue g nyangka kalo jadinya begini :( gu pengen cpet selse.... tapi gmn enaknya biar g ada pihak yg terlalu trsinggung.... :( :( :(
 

Samantha

IndoForum Senior B
kalo gw jadi elu..
karena kan temen udah salah.. dan kita hanya orang biasa yang serba terbatas.. dari pada ke depannya ngerugiin gw.. ya mending gw bilang ke bos. sekalian ini bisa jadi pelajaran berharga buat temen gw. :) nyari kerja kan gak mudah.. eh giliran udah dapet kerja.. malah disia-siain gini.. di luar sana masih banyak orang yang butuh pekerjaan dan lebih bisa menghargai pekerjaan dari pada temen lu itu.
 

sialzcrew

IndoForum Senior E
@Fixen
hmm... dlu sih gw jga sering maen d net tempat temen gw kerja.. n jarang sih klo gk bayar..
tapi klo udah kyk lo mah terlaluan banget... masa dikasih hati minta jantung sih...
mending lo blng ke bos lo..
blngnya baek2, klo urusan tersinggung mah itu sih gk usah dipkirin cz emank slah dia sih..
tapi yg harus lo pikirin bakalan dipecat gk tuh lo klo ketawan sma bos lo/?
 

Samantha

IndoForum Senior B
@Fixen
hmm... dlu sih gw jga sering maen d net tempat temen gw kerja.. n jarang sih klo gk bayar..
tapi klo udah kyk lo mah terlaluan banget... masa dikasih hati minta jantung sih...
mending lo blng ke bos lo..
blngnya baek2, klo urusan tersinggung mah itu sih gk usah dipkirin cz emank slah dia sih..
tapi yg harus lo pikirin bakalan dipecat gk tuh lo klo ketawan sma bos lo/?
setuju!!!
tuh sih sial aja bisa mikir sampe lucky gitu =))
 

FiexenHere

IndoForum Senior E
@samant
emang bener sih... banyk orang yg nglamar d net bos gue...... tpi kebanyakn pada g tau sistem billing yg skrg.... apa gu kasi ksempatan aj bbrapa hari yah /hmm/hmm/hmm meski kemarin g ad tmennya 1 pun yg dateng...

@sial
urusan d pecat gue blakangin.... karna gu jg dah jarang dateng... kalo gu g dateng paling telp bos..... kalo dateng y dateng aj..... meski banyak jam gue bolong tapi ttp aj gu d bayar full... karna itung2 gu pernah 5 hari jaga dsana g tidur2 karna bos kluar kota /swt (malah curhat yg lain)

BTT......

klo salah dia jg g sepenuhnya salah dia.... kan salah gue jg... knp gue diem aj pas temennya dateng..... :(
ah andai dunia ini tdk ada bermacam pilihan /swt
 

GhanDoz3n

IndoForum Beginner A
masih berlaku ga nih ?

to the point aje yah :) kalo mnurut ane, (maaf) ente kurang tegas gan..
kalo saya jadi ente :

1. Bilang ke dia biar ga ngasih biling gratis seenaknya krna tuh net bukan milik dia dan bukan milik ente.. (kalo cuma diskon sih gapapa) tp dg kata2 yg halus tentunya..
2. Saya tegur temen2nya.. ente kan OP disitu.. knp ga bilang ?
3. Kalo 2 cara diatas masih ga berhasil, saya bilang bos (tp sambil bilang ke bos agar dia jangan dipecat, ditegur aja..), lalu kita serahkan semuanya pada keputusan sang bos..

ini cuma mnurut ane loh ya :D
 

FiexenHere

IndoForum Senior E
@ghan
masih ampe skrg.... gu masih di net masih jaga ini sampe jam 9 nanti /hmm/hmm/hmm
gu dah bilangin tuh anak ampe gue bilang ''eh lo berhenti kayak gini trus... gue cape nutup2in lo.....''
yang ada dia diem aja.. g jawab apa... cuma ngangguk2 aja.... eh di ulangin juga.... kalo anak macem gini enaknya diapain biar sadar diri gitu..... :(
 

h3r2y

IndoForum Junior B
Coba kasih tau ke karyawan baru dulu,
kalau masih tetap sering ga bayar tar langsung kasih tau bos aja biar bos tidak bingung dan bisnis tetap berjalan dengan lancar.
 

coffeehime

IndoForum Newbie E
kalau sudah dikasih tahu tetep nggak bisa ya lebih baik kasih tahu ke bos kamu, soalnya kasian dia kalau gitu kan jadi nya rugi nanti nya, kasihan kalau nanti tutup. Jadi mendingan dia yang dipecat , itung2 balas jasa ke bos kamu :)
 

razif68

IndoForum Junior A
aduh2... loe terus terang lah sama tuh anak. tau diri....tapi ngomongnya yg enak.

"jgn bawa temen byk2. gw bentar lagi ga disini. loe harus jaga sikap !!

kerja yang rajin, jujur, dan ramah. itu pentingnya !!"
 

jepang

IndoForum Newbie D
ya gan orang begitu mah jgn dikasihanin..
dikasihani minta jantung..
mending jauhin aja kalo ga bilangin..
kasi si TS nih
 

razif68

IndoForum Junior A
gw dapet kata2 bagus neh

Sabar itu baik. Namun kadang kita juga mesti tegas.... Tanpa ketegasan, kita bisa menganiaya diri kita dan orang lain juga. Right?
 

Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact us untuk memulai.
Top