• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Bukti Evolusi Mamalia Ditemukan

LoVe_ChiKa

IndoForum Junior A
No. Urut
8777
Sejak
17 Nov 2006
Pesan
3.571
Nilai reaksi
379
Poin
83
PARA ilmuwan berhasil menemukan fosil mamalia berukuran sebesar tupai dari zaman yang sama dengan dinosaurus. Fosil tersebut masih terawetkan dengan baik ketika ditemukan oleh para ilmuwan.

Terutama tulang telinga bagian tengah yang menjadi kunci untuk mengetahui evolusi mamalia. Hewan dengan panjang 127 mm dan bobot 30 gram tersebut ditemukan di antara formasi batu yang kaya fosil di pegunungan Yan, Provinsi Hebei, China. Para peneliti melakukan penelitian terhadap struktur telinga hewan tersebut yang dianggap memiliki pendengaran sangat sensitif. Struktur telinga hewan bernama Yanoconodon itu dianggap elemen penting dari evolusi mamalia.

”Yanoconodon memiliki bentuk tubuh menyerupai salamander,namun hewan ini berjenis mamalia,” jelas ketua peneliti dari Carnegie Museum of Natural History Pittsburgh,Pennsylvania, Zhe-Xi Luo.Para peneliti menilai,Yanoconodon merupakan hewan nokturnal (hidup pada malam hari) dan memangsa serangga. Yanoconodon hidup pada zaman dinosaurus di wilayah subur, dengan danau air tawar dan berbagai tanaman bunga di sekitarnya.Hewan mamalia tersebut merupakan santapan ringan bagi dinosaurus di zaman itu. Luo menilai, Yanoconodon sangat penting karena menggambarkan tahap pertengahan dari sebuah evolusi struktur telinga mamalia.

Mamalia memiliki pendengaran paling tajam daripada spesies hewan bertulang belakang (vertebrata) lain. Pendengaran merupakan indera paling penting bagi hidup hewan mamalia. Di zaman purba hewan mamalia mengadopsi kehidupan nokturnal (malam hari) untuk menghindari dinosaurus yang ingin memangsa mereka. Para peneliti telah lama mencari petunjuk mengenai asal mula struktur telinga mamalia. Mamalia asli pertama muncul sekitar 220 juta tahun silam,tidak lama setelah dinosaurus pertama menginjakkan kaki di bumi. Namun proses hingga mamalia memperoleh anatomi lengkap seperti mamalia modern membutuhkan lebih dari 10 juta tahun. (Rtr/maya sofia)
 
blon d foto kali mond /gg /gg /gg
baru d temuin tulisannya doank tuh /swt
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.