• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Boleh Dilakukan, Ini Tips Aman Olahraga saat PMS!

Artikel Sehat

IndoForum Newbie D
No. Urut
289675
Sejak
2 Nov 2021
Pesan
73
Nilai reaksi
0
Poin
6
Olahraga saat PMS tentunya menjadi sebuah perdebatan tersendiri bagi beberapa orang. Ada yang beranggapan jika saat sedang PMS, kamu dilarang keras untuk berolahraga karena akan menyebabkan cedera atau dapat merusak rahim.

Namun, pandangan lainnya mengatakan jika olahraga saat sedang PMS tetap bisa dilakukan dengan alasan agar kesehatan kamu bisa tetap terjaga. Nyatanya kamu boleh berolahraga saat PMS dengan tetap memperhatikan beberapa hal, seperti jenis olahraga yang tepat untuk dilakukan saat sedang PMS.

Manfaat Olahraga saat PMS

Jika mengutip dari berbagai informasi yang beredar di internet mengenai boleh atau tidaknya kamu melakukan olahraga ketika PMS, jawabannya adalah boleh. Hal ini dikarenakan olahraga sendiri memberikan sejumlah manfaat untuk kondisi PMS kamu.

Beberapa manfaat olahraga saat PMS, antara lain:

  1. Dapat Mengurangi Rasa Nyeri Akibat PMS
Dengan olahraga kamu akan mendapatkan manfaat berupa berkurangnya rasa nyeri yang muncul akibat dari PMS. Hal ini dikarenakan olahraga dapat mengurangi stres dan juga memperlancar peredaran darah.

Dengan rutin berolahraga, gejala berupa rasa kram dan sakit kepala yang muncul sebagai efek dari PMS cenderung tidak akan kamu rasakan dibandingkan kamu tidak melakukan olahraga sama sekali.

  1. Dapat Memperbaiki Mood
Manfaat yang akan kamu dapat dengan melakukan olahraga saat PMS adalah dapat memperbaiki mood atau suasana hati kamu sehingga menjadi lebih rileks dan merasa lebih baik.

Hal tersebut dikarenakan adanya peran dari hormon bernama endorfin yang dihasilkan oleh tubuh saat melakukan olahraga. Hormon inilah yang memberikan beberapa efek tersebut, seperti tubuh menjadi lebih rileks dan mood yang stabil.

  1. Mengatasi Perut Kembung
Manfaat berikutnya dari olahraga saat kamu sedang mengalami PMS adalah dapat mengatasi perut kembung yang diakibatkan karena adanya perubahan pola makan sebagai akibat dari PMS.

Kamu mungkin akan cenderung memakan makanan yang manis. Hal inilah yang menjadi penyebab utama dari perut kembung. Untuk itu, dengan kamu rajin berolahraga, kamu dapat mengurangi perut kembung secara perlahan.

Tips Aman Melakukan Olahraga saat PMS
Dengan kondisi PMS, kamu masih tetap bisa melakukan olahraga dengan aman. Asalkan kamu tidak melakukannya secara berlebihan, kamu tidak perlu khawatir mengenai efek buruk yang akan ditimbulkan.

Berikut ini beberapa tips olahraga saat PMS.

  1. Memilih Olahraga yang Ringan
Tips pertama untuk kamu yang ingin melakukan olahraga dengan kondisi PMS, kamu bisa memilih jenis olahraga yang ringan. Hal ini dilakukan agar kamu tidak mengalami cedera maupun efek buruk lainnya karena salah memilih jenis olahraga.

Beberapa jenis olahraga ringan yang bisa kamu lakukan, antara lain: berjalan kaki, bersepeda santai, dan yoga. Keempat jenis olahraga tersebut tidak akan menimbulkan kekhawatiran bagi kamu saat sedang mengalami PMS.

  1. Minum Cukup Air Putih
TIps berikutnya adalah cukupi kebutuhan cairan harian kamu dengan meminum air putih sesuai anjuran. Apalagi jika kamu melakukan olahraga, maka kamu perlu menambah asupan cairan ke dalam tubuh kamu.

Dengan kamu dapat memenuhi kebutuhan air putih dengan cukup, kamu juga akan terhindar dari dehidrasi dan kelelahan yang berlebih ketika melakukan olahraga dengan kondisi PMS,

  1. Olahraga Secukupnya
Walaupun kamu masih tetap boleh melakukan olahraga meskipun sedang mengalami PMS, namun kamu harus memperhatikan hal penting berupa durasi dari kamu melakukan olahraga. Sebaiknya, lakukan olahraga secukupnya.

Ketika kamu merasa tubuh kamu lemas, segeralah untuk beristirahat. Yang paling penting, jangan memaksakan diri kamu. Tetaplah berolahraga dengan rileks dan sesuai dengan kemampuan.

Nah, itu dia pembahasan yang bisa menjawab pertanyaan seputar boleh atau tidaknya kamu melakukan olahraga saat PMS. Tetap ingat untuk senantiasa berhati-hati ketika melakukan olahraga, agar kegiatan ini tetap nyaman dan aman untuk dilakukan.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.