• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Benarkah Yesus itu Allah ?

bahasan di dalam Forum Kristen harus didibahas juga sesuai pengajaran iman didalam Alkitab, yang diluar itu, saya anggap memicu Flame....
infraction bagi 1 dan 2 post diatas saya, sebaiknya anda yang tidak seiman membaca saja tidak perlu mereply dari pada sy lewat dan menginfract anda /heh
 
untuk analogi Keesaan Allah (perhatikan saya tidak menggunakan kata trinitas) sudah pernah saya post di sini:

http://indoforum.org/showthread.php?t=25127&page=3
Analogi: Teori Keesaan Allah

Tubuh manusia menurut ilmu biologi dasar dikelompokkan menjadi 3, yaitu, kepala, badan, dan anggota tubuh (kaki tangan).

Kepala yang isinya otak segala macam, berfungsi untuk mengasih signal ke segala macam syaraf yang ada pada tubuh untuk menggerakkan otot-otot tubuh kita. Kalau tidak ada kepala, berarti tidak ada otak yang memberi perintah, matilah kita.

Badan isinya jantung dan paru-paru dan diafragma, ginjal, lambung hati usus, dlsb. Jantung dan paru-paru bahu-membahu untuk menransfer darah yang mengandung oksigen keseluruh tubuh termasuk otak supaya dapat bekerja. Jika tidak ada badan, tidak ada jantung dan paru-paru, mati kita.

Anggota tubuh, kaki dan tangan adalah alat kita melakukan pekerjaan kita sehari-hari. Jika kita tidak punya kaki dan tangan, kita tidak dapat hidup, dan perlahan-lahan mati. Secacat-cacatnya orang, tidak ada satu pun yang Tuhan berikan tidak ada tangan dan kaki. Nick Vujicic adalah contoh yang sudah paling minimal, yaitu tidak punya kaki dan tangan, tetapi hanya mempunyai bakal "kaki". Silahkan lihat videonya di Youtube.

Kepala membutuhkan badan, itu pasti. Begitu pula sebaliknya.
Badan membutuhkan tangan, itu pasti. Begitu pula sebaliknya.
Tangan membutuhkan kepala, itu pasti. Begitu pula sebaliknya.

Analogi ini muncul waktu lagi iseng, ya ketik aja. Tetapi ternyata kickey bilang ini pengertian ku tentang Yesus sebagai kepala ibadat. Ha masa iya ya, ya biarkanlah sih gapapa ini jadi referensi:

1 Korintus 12:12-28
12:12 Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus.
12:13 Sebab dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak, maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minum dari satu Roh.
12:14 Karena tubuh juga tidak terdiri dari satu anggota, tetapi atas banyak anggota.
12:15 Andaikata kaki berkata: "Karena aku bukan tangan, aku tidak termasuk tubuh", jadi benarkah ia tidak termasuk tubuh?
12:16 Dan andaikata telinga berkata: "Karena aku bukan mata, aku tidak termasuk tubuh", jadi benarkah ia tidak termasuk tubuh?
12:17 Andaikata tubuh seluruhnya adalah mata, di manakah pendengaran? Andaikata seluruhnya adalah telinga, di manakah penciuman?
12:18 Tetapi Allah telah memberikan kepada anggota, masing-masing secara khusus, suatu tempat pada tubuh, seperti yang dikehendaki-Nya.
12:19 Andaikata semuanya adalah satu anggota, di manakah tubuh?
12:20 Memang ada banyak anggota, tetapi hanya satu tubuh.
12:21 Jadi mata tidak dapat berkata kepada tangan: "Aku tidak membutuhkan engkau." Dan kepala tidak dapat berkata kepada kaki: "Aku tidak membutuhkan engkau."
12:22 Malahan justru anggota-anggota tubuh yang nampaknya paling lemah, yang paling dibutuhkan.
12:23 Dan kepada anggota-anggota tubuh yang menurut pemandangan kita kurang terhormat, kita berikan penghormatan khusus. Dan terhadap anggota-anggota kita yang tidak elok, kita berikan perhatian khusus.
12:24 Hal itu tidak dibutuhkan oleh anggota-anggota kita yang elok. Allah telah menyusun tubuh kita begitu rupa, sehingga kepada anggota-anggota yang tidak mulia diberikan penghormatan khusus,
12:25 supaya jangan terjadi perpecahan dalam tubuh, tetapi supaya anggota-anggota yang berbeda itu saling memperhatikan.
12:26 Karena itu jika satu anggota menderita, semua anggota turut menderita; jika satu anggota dihormati, semua anggota turut bersukacita.
12:27 Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya.
12:28 Dan Allah telah menetapkan beberapa orang dalam Jemaat: pertama sebagai rasul, kedua sebagai nabi, ketiga sebagai pengajar. Selanjutnya mereka yang mendapat karunia untuk mengadakan mujizat, untuk menyembuhkan, untuk melayani, untuk memimpin, dan untuk berkata-kata dalam bahasa roh.

Membantah Trinitas dengan Analogi: Air

Guru Pelajaran Agama Kristen saya ketika saya tanyakan, Allah adalah Allah yang Tritunggal atau Allah yang Esa? Lalu ia menjawab, di dalam ketritunggalan itu ada keesaan Allah. Wah, bagaimana itu? Saya cuma tidak bicara apa-apa, saya bertanya lagi, nah kok bisa gitu? Kan pilihan saya cuma dua, Tritunggal atau Esa? Trinitas atau Keesaan? Lalu guru saya menjelaskan satu analogi yang merujuk tentang ini yang menurut saya menarik.

Air, itu molekul H2O. Jika dibekukan, ia akan menjadi es. Tetapi, dasarnya tetap air bukan? Dan jika dipanaskan, es itu akan menjadi cair menjadi es lagi. Jika dipanaskan lagi, jadilah uap air, tetapi tetap H2O kan molekulnya? - semacam itu

Setelah itu saya diam saja, "terpukau" oleh jawabannya. Saya hentikan sebelum pembicaraan menjalar ke mana-mana.

Saya mau menjelaskan tentang analogi ini. Air memang adalah salah satu analogi yang tepat untuk menjelaskan trinitas. Air, Es, dan Uap Air, adalah anologi ketiga pribadi dari Allah yang berbeda. Tetapi tidak sama sekali berbeda, karena dasarnya adalah Allah (dianalogikan dengan air). Tetapi, biar gw jelasin lagi. Air, apakah membutuhkan es untuk exist, atau sebaliknya, es membutuhkan air untuk exist? Es, apakah membutuhkan uap air untuk exist, atau sebaliknya, uap air membutuhkan Es untuk exist? Apakah uap air membutuhkan air untuk exist, atau sebaliknya, air membutuhkan uap air? Jika anda orang normal, pasti anda menjawab "tidak" dari semua pertanyaan ini. Ya bukan? Padahal konsepnya adalah "satu". Allah itu Esa. Dan ketiga peranan itu saling melengkapi. Sehingga menjadi satu Allah yang sempurna. Jika tidak saling membutuhkan, "split" jadi tiga, Tuhan kita jadi tiga dong? Hayo lho?

Memang sepertinya kalau untuk menjelaskan konsep keesaan Allah (Oneness God), sepertinya cocok, karena satu molekul yang sama. Tetapi kita lihat, apakah air, es dan uap air, saling melengkapi menjadi satu kesatuan? Tidak kan? Mereka baru bersatu ketika menjadi satu wujud saja. Air, mungkin es dapat ditaruh dalam air. Tetapi tidak bersatu bukan? Es hanya perlahan-lahan bersatu dengan air karena mencair, sesuai dengan Asas Black. Air apakah dapat menyatu dengan uap air? Kalau dipanaskan, baru bisa. Apakah es dapat menyatu dengan uap air? Tidak bukan? Boro-boro nyatu, orang es H2O tidak dapat berubah langsung menjadi uap air. Es H2O tidak dapat menyublim. Harus dipanaskan sepanas-panasnya mungkin misalnya 600 derajat celsius (panas untuk melelehkan kaca), baru dapat langsung berubah menjadi uap air. Berarti dengan bantuan alat dong ya? Itupun sebenarnya berubah ke air dulu, tetapi karena cepat terlihat seperti langsung menyublim. Hai, ini bukan bunga es, yang adalah Karbon Dioksida (CO2) yang dibekukan (apa nama perubahannya saya lupa).

Baik? Sekilas memang dapat dipakai untuk konsep Oneness God. Tetapi, sebenarnya ini mendukung kesalahan doktrin Trinitas. Haleluya! Terpujilah Tuhan Allah kita, yang Esa, dan tidak terbagi-bagi! Satu Allah yang sempurna that I know and I love, yaitu Allah Bapa, Anak, dan Roh Kudus yaitu Tuhan Yesus Kristus!



Wishing you the best in Christ,

Calvin Limuel a.k.a. r3ck0rd
15.06.2005

lanjutan analogi keesaan Allah:

Allah Bapa (Kepala/Otak) adalah yang merencanakan segalanya, yang memikirkan segalanya.

Yesus (Badan) dikontrol oleh Allah Bapa (Otak). Badan dan tangan tidak tahu apa yang akan selanjutnya akan dia kerjakan jika tidak ada sinyal/perintah dari otak. Maka Yesus tidak tahu juga kapan dia harus turun ke bumi untuk kedua kalinya.

Roh Kudus (Kaki dan Tangan) adalah yang berkerja (tangan berbicara tentang pekerjaan, kaki berbicara tentang pelayanan) untuk menghibur, menguatkan, mengingatkan, dan masih banyak lagi.

Ketiga pribadi ini saling melengkapi, dengan fungsi yang berbeda, mereka adalah satu kesatuan. Dari sini, Tuhan memberi teladan kepada manusia terutama gereja-Nya untuk hidup dalam satu kesatuan dan saling melengkapi, menutupi kekurangan orang lain dengan kelebihan kita supaya menjadi kesatuan yang utuh dalam satu tubuh Kristus, dan satu tubuh yang utuh yang baiktidak mungkin terjadi pertentangan, tidak mungkin otak mau tangan untuk mendorong, tangan malah menarik.

Bapa, Anak, dan Roh Kudus ini mempunyai satu nama, yaitu Tuhan Yesus Kristus, nama mereka tidak sendiri-sendiri.

Matthew 28:19
KJV: Go ye therefore, and teach all nations, baptizing them in the name of the Father, and of the Son, and of the Holy Ghost:
TR: πορευθέντες μαθητεύσατε πάντα τὰ ἔθνη, βαπτίζοντες αὐτοὺς εἰς τὸ ὄνομα τοῦ πατρὸς καὶ τοῦ υἱοῦ καὶ τοῦ ἁγίου πνεύματος

Doktrin Trinitas (Tertulianus dan Anthanasius) dan Teori Keesaan Allah (UPCI)
Diposting oleh BP (Bagus Pramana) dari sarapanpagi.org, diambil dari situs UPCI dengan disadur, dan dari milis biblika tulisan Yohanes.
http://www.sarapanpagi.org/tuhan-yang-esa-vt21.html - TUHAN yang Esa
http://www.sarapanpagi.org/kita-dlm-kejadian-1-26-merujuk-pd-trinitas-vt1680.html - "Kita" pada Kejadian 1:26
http://www.sarapanpagi.org/doktrin-trinitas-vt19.html - Doktrin Trinitas
http://www.sarapanpagi.org/tritunggal-dalam-pikiran-tertulianus-vt20.html - Tritunggal dalam pikiran Tertulianus
http://www.sarapanpagi.org/paulus-dan-trinitas-vt18.html - Paulus dan Trinitas
http://www.sarapanpagi.org/firman-adalah-allah-vt17.html - FIRMAN adalah Allah
http://www.sarapanpagi.org/doktrin-oneness-pentacostal-vt982.html - Oneness Pentecostal Doctrine (UPCI - United Pentecostal Church Internatioal/Gereja Pentakosta Serikat Internasional)
 
bahasan di dalam Forum Kristen harus didibahas juga sesuai pengajaran iman didalam Alkitab, yang diluar itu, saya anggap memicu Flame....
infraction bagi 1 dan 2 post diatas saya, sebaiknya anda yang tidak seiman membaca saja tidak perlu mereply dari pada sy lewat dan menginfract anda /heh

Maaf saya mau nanya nih,
Dulu saya memang diajarkan seperti itu perihal penjelasan trinitas dengan analogi air, ada yang salahkah dengan hal itu /? dan sayapun menjelaskan kelemahan akan analogi tsb, biar nanti analogi tsb tidak anda gunakan kepada anak didik anda.

Ehm kod elo kena infract gak gara2x menjelaskan bantahan akan analogi air, kok gw kena yach.

Semoga cc effi lewat lagi dan bisa memberikan penjelasan :)
 
Maaf saya mau nanya nih,
Dulu saya memang diajarkan seperti itu perihal penjelasan trinitas dengan analogi air, ada yang salahkah dengan hal itu /? dan sayapun menjelaskan kelemahan akan analogi tsb, biar nanti analogi tsb tidak anda gunakan kepada anak didik anda.

Ehm kod elo kena infract gak gara2x menjelaskan bantahan akan analogi air, kok gw kena yach.

Semoga cc effi lewat lagi dan bisa memberikan penjelasan :)

penjelasan anda yang tidak sesuai dengan iman ke Kristenan memang tidak boleh dipertanya jawabkan di Forum Kristen ini, ....
maka ketika saya lewat, infraction pun mampir buat anda lagi juga /heh

sekali lagi nekat ngepost dibawah saya bernada sama, sy kenai sangsi beristirahat dulu :D
 
Maaf saya mau nanya nih,
Dulu saya memang diajarkan seperti itu perihal penjelasan trinitas dengan analogi air, ada yang salahkah dengan hal itu /? dan sayapun menjelaskan kelemahan akan analogi tsb, biar nanti analogi tsb tidak anda gunakan kepada anak didik anda.

Ehm kod elo kena infract gak gara2x menjelaskan bantahan akan analogi air, kok gw kena yach.

Semoga cc effi lewat lagi dan bisa memberikan penjelasan :)
saya udah bahas sejak lama. lihat post saya di atas anda. thx.
 
dimanakah ayat yang mengatakan bahwa yesus itu Tuhan ??


Ini ayatnya, bahwa Yesus adalah Tuhan.

YOH 13:13-14:
===========
13:13 Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan.
13:14 Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu, maka kamupun wajib saling membasuh kakimu;

Memang, Yesus tidak pernah 1 kali pun berkata, "Akulah Tuhan". Tetapi, dari setiap perkataan dan dari pengajarannya, kita tahu bahwa dialah Tuhan.........

Contoh, semua manusia berkata, "Tuhanlah jalan, Tuhanlah kebenaran, Tuhanlah hidup. Tidak ada 1 orangpun yang bisa ke surga tanpa percaya kepada-Nya"......

Tapi, Yesus pernah berkata, "Akulah jalan, Akulah kebenaran, Akulah hidup. Tidak ada 1 orangpun yang bisa datang ke rumah Bapa jikalau tidak melalui Aku".....

Mau bukti yg lain??

Setiap Pendeta pastinya pernah berkata, "Jangan melihat kepadaku, tapi lihatlah kepada Allah". Namun, Yesus pernah berkata, "Jikalau kamu melihat Aku, sesungguhnya engkau telah melihat Allah".....

Hehehehe, gimana? Sudah cukup? Atau mungkin masih ad yg kurang jelas....

GBU

:D

Saya rasa Saudara Albert kurang teliti dalam membaca dan memahami alkitab.
Yesus pernah berkata dalam alkitab bahwa memang DIA adalah Tuhan :

YOH 13:13-14 :
===========
13:13 Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan.
13:14 Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu, maka kamupun wajib saling membasuh kakimu;

God Bless
 
yang jadi masalah, kata tuan dan Tuhan itu beda2 tipis dalam Alkitab bahasa Yunani. Satu ho kurios satu tou kurios. dan tergantung pemakaiannya.
 
Post Draculi saya delete.. yang pertama karena double post, yang kedua postingan Anda mengandung perdebatan mengenai kata Allah yang ada di thread sebelah.

Ini adalah peringatan terakhir saya bagi Draculi. Thread ini bukan untuk diperdebatkan.
 
Lah bukan untuk diperdebatkan toh ?

Jadi buat ditelan saja begitu ? ya sudah.

Walau saya tau alasan anda tsb alasan yang dicari-cari karena walaupun membahas Allah tetapi isinya berbeda karena topik ini membahas status yesus apakah dia sama dengan Allah atau bukan, sedangkan thread sebelah mengenai status penggunaan kata Allah.

Tapi anda kan penguasa forum, anda berhak sesuka hati mengatur kan ?
 
Pertama,anda mempermasalahkan kenapa Yesus memanggil Bapa nya sebagai Allah dan Tuhan...sehingga Yesus berbeda denganNya ? gitu kan ?
kami orang Kristen percaya bahwa Yesus turun ke dunia memang bukan sebagai Tuhan tetapi sebagai anak manusia....makanya dia manggil Allah atau Bapa...
Yesus menyuruh manusia taat bukan kepadaNya ( Yesus yang sebagai manusia ) tetapi kepada Tuhan ( Yesus,Roh Kudus,Allah yang kami percayai sebagai Trinitas)...

Untuk lebih lanjut kalo "hanya" ingin tahu silahkan lihat disini,tetapi kalau masih ingin berlanjut silahkan buka Thread anda di Flame Arena.Terima kasih,kami moderator dan mit bukan berlagak berkuasa,tapi kenyataanya anda sudah melanggar rules ^^.Yaitu memancing orang lain untuk Flaming.
Dibawah post ini jika masih memancing flaming,post tersebut akan dihapus tanpa peringatan.
Terima kasih ^^
 
Kalo menurut saya Yesus (Yeshua Ha Masiach) bukanlah Allah, tetapi Yesus adalah YAHWEH yg turun ke Bumi mengambil rupa manusia menjadi Juru Selamat bagi kita..
Amien..
 
^ ini membernya SNM (sacred name movement) yah?
padahal Yahweh itu cara pengucapan yang salah ;))
 
Bro r3ck0rd, saya bukan member SNM, saya malah gak tahu SNM itu apa.. saya cuma pengikut Tuhan Yeshua Ha Masiach, saya cuma berpatokan pada Alkitab yg benar.. mohon maaf bila ada kekurangan, lantas pengucapan YAHWEH yg benar itu bagaimana bro? Mohon penjelasannya juga tentang SNM itu apa, jujur saya baru pertama kali ini denger atau baca ada organisasi SNM.. Trimakasih..
 
Question: "Is Jesus God? Did Jesus ever claim to be God?"

barusan baca di net

Answer: Jesus is never recorded in the Bible as saying the precise words, “I am God.” That does not mean, however, that He did not proclaim that He is God. Take for example Jesus’ words in John 10:30, “I and the Father are one.” We need only to look at the Jews’ reaction to His statement to know He was claiming to be God. They tried to stone Him for this very reason. “… you, a mere man, claim to be God” (John 10:33). The Jews understood exactly what Jesus was claiming—deity. Notice that Jesus does not deny His claim to be God. When Jesus declared, “I and the Father are one” (John 10:30), He was saying that He and the Father are of one nature and essence. John 8:58 is another example. Jesus declared, “I tell you the truth, before Abraham was born, I am!” The response of the Jews who heard this statement was to take up stones to kill Him for blasphemy, as the Mosaic Law commanded them to do (Leviticus 24:15).



John reiterates the concept of Jesus’ deity: “the Word was God” and “the Word became flesh” (John 1:1, 14). These verses clearly indicate that Jesus is God in the flesh. Acts 20:28 tells us, “Be shepherds of the church of God, which he bought with his own blood.” Who bought the church—the church of God—with His own blood? Jesus Christ. Acts 20:28 declares that God purchased His church with His own blood. Therefore, Jesus is God!



Thomas the disciple declared concerning Jesus, “My Lord and my God” (John 20:28). Jesus does not correct him. Titus 2:13 encourages us to wait for the coming of our God and Savior, Jesus Christ (see also 2 Peter 1:1). In Hebrews 1:8, the Father declares of Jesus, “But about the Son He says, ’Your throne, O God, will last forever and ever, and righteousness will be the scepter of your kingdom.’” The Father refers to Jesus as “O God” indicating that Jesus is indeed God.



In Revelation, an angel instructed the apostle John to only worship God (Revelation 19:10). Several times in Scripture Jesus receives worship (Matthew 2:11, 14:33, 28:9, 17; Luke 24:52; John 9:38). He never rebukes people for worshiping Him. If Jesus were not God, He would have told people to not worship Him, just as the angel in Revelation did. There are many other verses and passages of Scripture that argue for Jesus’ deity.



The most important reason that Jesus has to be God is that if He is not God, His death would not have been sufficient to pay the penalty for the sins of the world (1 John 2:2). A created being, which Jesus would be if He were not God, could not pay the infinite penalty required for sin against an infinite God. Only God could pay such an infinite penalty. Only God could take on the sins of the world (2 Corinthians 5:21), die, and be resurrected, proving His victory over sin and death.
 
Ini ayatnya, bahwa Yesus adalah Tuhan.

YOH 13:13-14:
===========
13:13 Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan.
13:14 Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu, maka kamupun wajib saling membasuh kakimu;



Saya rasa Saudara Albert kurang teliti dalam membaca dan memahami alkitab.
Yesus pernah berkata dalam alkitab bahwa memang DIA adalah Tuhan :

YOH 13:13-14 :
===========
13:13 Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan.
13:14 Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu, maka kamupun wajib saling membasuh kakimu;

God Bless

Sesuai yg dibilang kk Record, pada Alkitab Inggris di ayat itu pakenya kata "Lord" bukan "God"(yaa walaupun beda2 tipis dinaskah aslinya).

:D
 
lalu bagaimana dengan ayat berikut :
Yohanes" pasal 17 ayat 3 : Inilah hidup yang kekal, yaitu supaya mereka mengenal Engkau, Allah yang Esa dan Yesus Kristus yang telah Engkau suruhkan itu."

ayat tersebut menyatakan bahwa yesus hanya sebagai utusan...

maaf nimbrung,, kalaw g salah dalam sejarah, pengangkatan yesus sebagai Tuhan di lakukan berdasarkan rekonsialisasi neciea klw g salah,, sepengetahuan saya juga yesus tidak pernah mengatakan dirinya sebagai Tuhan,,
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.