• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Bagaimana Saya Melepaskan Diri Dari Yi Kuan Tao

Status
Tidak terbuka untuk balasan lebih lanjut.

singthung

IndoForum Junior E
No. Urut
7164
Sejak
21 Sep 2006
Pesan
1.634
Nilai reaksi
27
Poin
48
BAGAIMANA SAYA MELEPASKAN DIRI DARI YI KUAN TAO


Karya : Shi Wen Du
Alih Bahasa : Tjahyono Wijaya



KATA PENGANTAR ALIH BAHASA



Buku ‘Bagaimana Saya Melepaskan Diri Dari Yi Kuan Tao’ ini merupakan buku berbahasa Mandarin yang berjudul asli ‘Wo Cen Yang Duo Li Yi Kuan Tao’, sebuah karya dari seorang upasaka Buddhis, Shi Wen Du [Taiwan], yang dahulunya merupakan penganut Yi Kuan Tao. Sebuah buku yang berisikan kisah nyata dari sang penulis yang diawali dari kisah bagaimana penulis mulai bergabung hingga keluar dari Yi Kuan Tao. Dalam buku ini pula dijelaskan secara gamblang mengenai asal usul, ajaran, tata upacara dan segala hal yang berhubungan dengan Yi Kuan Tao.

Keseluruhan isi buku ini terdiri dari 48 bab dengan disertai beberapa kata pengantar beserta lampiran. Oleh karena tujuan awal penerjemahan buku ini ke dalam Bahasa Indonesia hanya bersifat sebagai informasi yang diperuntukkan bagi kalangan sendiri, tepatnya bagi rekan-rekan Buddhis di perusahaan tempat saya bekerja, maka hanya bagian pengantar dan 48 bab isi saja yang dipilih untuk diterjemahkan. Karena dirasa kedua bagian ini telah cukup memenuhi keinginan untuk mengenal riwayat, ajaran dan hal-hal lain mengenai Yi Kuan Tao. Karena alasan ini jugalah maka edisi terjemahan ini lebih bersifat terjemahan bebas serta tidak diperjualbelikan.

Istilah atau nama Mandarin yang digunakan dalam edisi Bahasa Indonesia ini ditulis dan dilafalkan sesuai ejaan Bahasa Indonesia. Untuk hal-hal yang dipandang perlu untuk diperjelas, akan ditambahkan keterangan yang diawali dan diakhiri dengan tanda baca [ ]. Dalam edisi Bahasa Indonesia ini, bila dipandang lebih tepat menggunakan istilah Buddhis, maka dipergunakan istilah Sanskrit (Sansekerta) yang selama ini lebih umum dikenal di tanah air. Tetapi bila dipandang perlu, akan ditambahkan juga istilah Pali di belakangnya. Selain itu, mengingat betapa minimnya hubungan saya sebagai alih bahasa dengan kalangan Yi Kuan Tao selama ini, maka tidak menutup kemungkinan adanya terjemahan atau istilah yang kurang tepat. Sehubungan dengan hal ini, saya mohon pengertian dari rekan-rekan sekalian.

Menurut penulis buku ini, Yi Kuan Tao berawal dari daratan Tiongkok yang kemudian mulai menyebar ke Taiwan semenjak berkuasanya Partai Komunis di daratan Tiongkok. Dari Taiwan inilah Yi Kuan Tao kemudian berkembang go internasional yang di Indonesia lebih dikenal dengan nama Buddha Maitreya. Pernyataan ini mungkin akan disanggah oleh penganut Aliran Buddha Maitreya. Tetapi satu hal yang tak dapat dipungkiri adalah adanya kemiripan yang sangat hakiki antara ajaran Yi Kuan Tao dengan ajaran dalam Aliran Buddha Maitreya. Selama belajar Bahasa Mandarin dan kuliah di Taiwan (1985-1990), saya sedikit banyaknya juga pernah mendengar hal ikhwal Yi Kuan Tao yang secara garis besar mirip dengan yang tertulis dalam buku ini. Bahkan saya juga pernah, baik selama di Taiwan ataupun di Surabaya, beberapa kali didatangi oleh pengikut Yi Kuan Tao untuk diajak bergabung memasuki Tao.

Buku ini selesai ditulis pada tahun 1977 dengan menceritakan kondisi Yi Kuan Tao dan ajarannya di Taiwan hingga tahun tersebut. Sedang pekerjaan terjemahan ini mulai dilaksanakan dan rampung pada sekitar pertengahan tahun 2003. Tidak menutup kemungkinan selama selang waktu lebih dari 25 tahun ini telah terjadi perubahan atau ketidaktepatan antara isi buku dengan kondisi saat ini. Apalagi semenjak pemerintahan Presiden Lee Teng Hui [presiden terdahulu Republic of China – Taiwan], Yi Kuan Tao telah menjadi agama resmi yang diakui oleh Pemerintah ROC. Tetapi, sebagai penambah informasi, buku ini tetap dianggap layak untuk diterjemahkan dan dibaca.

Terlepas dari pro dan kontra atas ajaran yang dianut, saya sertakan terjemahan penjelasan mengenai Yi Kuan Tao yang diambil dari kamus Bahasa Mandarin ‘Xinhua Cidian’ dengan penerbit Shang Wu Yin Shu Guan - Beijing, cetakan tahun 1988, halaman 1048, yang tertulis sebagai berikut:

‘Yi Kuan Tao: disebut juga Cong Hua Tao Te Ji Shan Hui [Perkumpulan Kegiatan Sosial Moral Tionghoa], merupakan salah satu dari perkumpulan pemberontak. Awalnya bernama Tong Cen Dang, yang kemudian berganti menjadi Yi Kuan Tao. Pada mulanya mereka berpihak pada bandit Jepang [sebutan Tiongkok terhadap serbuan imperialis Jepang semasa menjelang dan selama Perang Dunia II] dan gerakan pemberontak Kuo Min Tang [Partai Nasionalis]. Dengan menggunakan nama agama sebagai kedok, mereka melakukan kegiatan pengkhianatan terhadap Tiongkok dan spionase. Sesudah masa pembebasan, (Yi Kuan Tao) menjadi organisasi yang dilarang di Tiongkok.’ [pembebasan seluruh daratan Tiongkok oleh Tentara Pembebasan Rakyat di bawah pimpinan Mao Tze Dong di tahun 1949 yang ditandai dengan larinya Partai Nasionalis ke Pulau Taiwan.]

Terjemahan ini tidak bertujuan mendukung pandangan pribadi penulis buku ini, pun tidak bermaksud mendiskreditkan Yi Kuan Tao ataupun organisasi/ ajaran yang memiliki kemiripan dengan Yi Kuan Tao, melainkan hanya untuk membuka wawasan kita, para umat dan simpatisan Buddhis, agar kita lebih mengenal ajaran-ajaran yang mengatasnamakan Agama Buddha, menggunakan Nama Buddha ataupun memiliki istilah-istilah yang sama dengan Agama Buddha.

Akhir kata, saya pribadi mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas bantuan dan dukungan rekan-rekan serta semua pihak terkait selama awal hingga akhir proses pekerjaan penerjemahan buku ini.


Semoga semua makhluk berbahagia. Sadhu, Sadhu, Sadhu.


Salam Welas Asih,


Tjahyono Wijaya (dengan nama Buddhis: Fa Yen)
Surabaya, 1 Agustus 2003
Revisi Pertama


=====================================

KATA PENGANTAR KUANG TING


Sejak masa dinasti Dang dan Song, dengan diprakarsai oleh bandit-bandit kelompok Ajaran Maitreya, kelompok bawah tanah di negara kita [Tiongkok] menggalang dan menggunakan kekuatan agama untuk melakukan aksi pemberontakan terhadap pemerintahan yang sah.

Bulan 5 tahun Ci Ceng ke-11 di jaman Kaisar Shun Ti dinasti Yuen (tahun 1351 M), Han Shan Dong dari propinsi He Pei memproklamirkan diri sebagai Raja Ming. Dia mendirikan Pai Lien Ciao [Ajaran Teratai Putih], ajaran berkedok agama yang menyesatkan masyarakat. Mengatakan bahwa saat ini adalah masa Bencana Terakhir Jaman Ketiga. Dunia diliputi dengan kekacauan, merupakan Jaman Pai Yang [Pancaran Putih], Buddha Maitreya turun ke dunia memegang kendali langit. Saat itu anggota kelompok mereka adalah Liu Fu Dong, Tu Cuen Tao, Luo Wen Su, Seng Wen Yi, Wang Sien Cong, Han Yao Er dan lain-lain.

Menyebarkan dusta mengatakan Han Shan Dong adalah keturunan kedelapan dari Kaisar Song Hui Cong [1101 – 1125 M], sehingga sudah seharusnya menjadi kaisar sejati Tiongkok. Mereka mengumpulkan seluruh pengikut, kemudian menyembelih kuda putih dan sapi hitam bersama-sama berikrar di hadapan langit dan bumi bersumpah setia melakukan pemberontakan. Pemberontakan mereka gagal, Han Shan Dong tertawan dan dihukum mati. Istrinya yang bermarga Yang dan anaknya yang bernama Han Lin Er melarikan diri ke Wu An di propinsi He Nan. Saat itu Liu Fu Dong dengan menggunakan kedok Ajaran Buddha Maitreya menggalang kembali kekuatan, menyebut kelompoknya sebagai Siang Cin (Pasukan Siang).

Dia menyerang Ting Chou dan menempatkan Han Lin Er sebagai kaisar bergelar Raja Ming Kecil, dengan menggunakan nama dinasti Song serta nama tahun Long Feng. Han Lin Er menganugerahi ayahnya sebagai Maha Kaisar, ibunya sebagai Maha Ibu Suri dan Liu Fu Dong sebagai Perdana Menteri. Tetapi setelah Liu Fu Dong tewas dalam pertempuran dan Han Lin Er tewas tenggelam, Cu Yuen Canglah yang berhasil mempersatukan daratan Tiongkok menjadi Kaisar pertama pendiri dinasti Ming.

Setelah naik tahta, Kaisar Cu segera melarang aktivitas Pai Lien Ciao. Sejak saat itu, pergerakan ajaran sesat dilakukan pada malam hari, merkea melakukan pertemuan secara sembunyi-sembunyi untuk menghindari pengawasan pihak kerajaan.

Tahun Yong Le ke-18 [dinasti Ming, sekitar tahun 1420 M], di propinsi Shan Tong seorang anggota Pai Lien Ciao yang bernama Dang Sai Er mengajarkan ajaran sesat dengan mengatakan: Langit menurunkan ajaran kebenaran, di Jaman Pancaran Putih ini dilakukan Penyelamatan Universal Tiga Tingkat, menyelamatkan 96 putera asal kembali ke rumah. Seiring dengan menyebarnya ajaran sesat ini, ternyata banyak masyarakat awam bodoh yang mempercayainya, sehingga dalam waktu singkat pengikut mereka mencapai jumlah ratusan ribu orang. Menganggap kesempatan telah tiba, Dang Sai Er pun mengangkat senjata melakukan pemberontakan.

Jeng Cu [Kaisar Yong Le, kaisar ke-3 dinasti Ming, 1359 – 1424 M] mengirimkan pasukan mengepung para pemberontak. Beberapa bulan kemudian pemberontakan mulai reda, Dang Sai Er pun berhasil ditangkap dan dipenjara. Tetapi dalam perjalanan pengawalan ke ibu kota, Dang Sai Er dengan menggunakan ilmu gaib berhasil mengelabuhi dan meloloskan diri dari para penjaganya. Sejak itu dia tak pernah tertangkap lagi.

Dalam tahun Hong Ci [dinasti Ming, tahun 1488 – 1506 M], Pai Lien Ciao muncul lagi dengan dipelopori oleh Luo Wei Jin (ajaran sesat Yi Kuan Tao masa kini menyebutnya sebagai Sesepuh Kedelapan). Luo mengatakan Sesepuh Keenam Hui Neng menurunkan ajaran pada Pai Ma sebagai Sesepuh Ketujuh, sedang Luo Wei Jin menyebut dirinya menerima Firman Langit sebagai Sesepuh Kedelapan.

Selain itu, dia juga menyebarkan ajaran sesat mengatakan Buddha Sakyamuni telah mundur dan sebagai gantinya Buddha Maitreya memegang kendali langit, Tao (Jalan Kebenaran) diwariskan pada umat perumah tangga dan Tao yang mulia diajarkan secara rahasia. Serta membuat peraturan mewajibkan umat yang masuk menjadi anggota mereka harus mengucapkan sumpah di depan patung Buddha. Bila setelah menjadi anggota berbalik menjadi pengkhianat Tao, maka akan menerima hukuman langit dengan disambar lima petir dan selamanya tak terbebas dari alam neraka. Dengan cara inilah mereka mengendalikan para pengikut sehingga rakyat yang bodoh [pengikut ajaran sesat] menjadi takut membocorkan rahasia kelompok ajaran sesat ini. Dengan kedok menyebarkan Tao, membuka Pintu Suci [titik di antara mata] dan mewariskan kata rahasia, Luo Wei Jin menggalang pengikut demi memenuhi hasratnya menjadi kaisar. Pemberontakan gagal dan Luo berhasil ditangkap serta dihukum mati dengan cara ditarik lima kuda hingga tubuhnya terpisah menjadi beberapa bagian.

Tahun Dien Ji ke-2 [dinasti Ming, tahun 1622 M], di propinsi Shan Tong muncul lagi pemberontakan Pai Lien Ciao yang dipimpin oleh Si Hong Ru dan Wang Hao Sien. Sebelumnya ayah Wang Hao Sien yang bernama Wang Sen menyebarkan Pai Lien Ciao dan menyebut dirinya sebagai Wen Siang Ciao Cu [Pemimpin Ajaran Beraroma Harum]. Tetapi rahasia pemberontakan ini bocor, Wang Sen tertangkap dan meninggal di penjara.

Si Hong Ru menyebut dirinya sebagai Kaisar Cong Sing Fu Lie, dengan tahun negara Ta Jeng Sing Sheng. Tak lama kemudian pemberontakan mereka berhasil digagalkan, baik Si Hong Ru maupun Wang Hao Sien tertangkap dan dihukum mati.

Bulan 9 tahun Cia Jing ke-18 (1813 M) pada jaman dinasti Jing [lafal Mandarin: Qing], muncul lagi pemberontakan dari anak ranting Pai Lien Ciao yaitu Dien Li Ciao [Ajaran Kebenaran Langit] di bawah pimpinan Li Wen Jeng dan Pa Kua Ciao [Ajaran Pat Kua] di bawah pimpinan Lin Jing Teng. Kedua kelompok ini menyusup ke dalam istana dan menyuap pembesar kerajaan, tetapi akhirnya terbongkar dan semuanya dihukum mati.

Pada akhir dinasti Jing, ada kekacauan yang ditimbulkan oleh kelompok Yi He Doan –bandit petinju (juga merupakan anak ranting Pai Lien Ciao) di bawah pimpinan Wang Cie Yi (setelah ditelusuri diketahui bahwa Wang ini adalah Sesepuh ke-15 dari Yi Kuan Tao di Taiwan masa kini). Wang bernama Si Meng, menyebut dirinya telah menerima Firman Langit Lao Mu [Ibu Suci] sebagai penerus Yi Kuan Tao.

Ada yang mengatakan Yi He Doan merupakan cikal bakal Partai Komunis China, sebab itulah pemerintah RRC secara khusus memperingati Perayaan Hari Jadi ke-60 Pergerakan Yi He Doan. Dari sini dapat diketahui bahwa ajaran sesat Yi Kuan Tao Taiwan masa kini memiliki hubungan erat dengan Partai Komunis China.

Tahun 1946, pimpinan Pai Lien Ciao yang bernama Cang Dien Ran ditangkap dan dipenjarakan oleh pemerintah Nasionalis China dengan tuduhan berkomplot dengan bandit Jepang serta menyesatkan rakyat mengacau negara. Pada 13 Agustus 1947, Cang Dien Ran dihukum tembak mati di kota Jeng Tu propinsi Si Juan.

Tahun ini, tepatnya 9 Februari 1977, media massa menurunkan berita: Wang Shou, Pemimpin Senior Sekte Pao Kuang - Yi Kuan Tao yang berbasis di kota Dai Nan [lafal Taiwan: Tainan] menyebut dirinya sendiri sebagai kaisar serta menyatakan sebagai titisan Sesepuh. Dia menyebarkan ajaran sesat dengan tujuan menipu harta benda rakyat. Wang beserta Perdana Menterinya ditangkap. Hal ini membuktikan bahwa tulisan di depan yang menjelaskan adanya pemberontakan yang dilakukan oleh Pai Lien Ciao serta beberapa pimpinannya adalah suatu kebenaran.

Pai Lien Ciao, semenjak awal pemberontakannya yang dimulai pada tahun Ci Ceng ke-11 dinasti Yuen (1351 M) hingga saat ini (tahun 1977), telah melalui perjalanan sejarah selama 626 tahun. Organisasi rahasia mereka alih-alih ditumpas oleh pemerintah, justru berkembang ke banyak daerah, dari sini dapat terlihat betapa licinnya kegiatan mereka. Ini merupakan hasil pelajaran yang diambil dari beberapa kali pengalaman kegagalan pemberontakan mereka.

Setiap kali pemberontakan mereka berhasil digagalkan, para anggota ajaran sesat ini segera mengganti nama organisasi dengan tujuan mengalihkan perhatian pemerintah. Dengan nama baru ini diharapkan pemerintah tidak mengetahui keterkaitan mereka dengan Yi Kuan Tao. Tetapi biar berganti nama apapun, mereka tak pernah meninggalkan ucapan sesat seperti halnya: ‘Tiga Agama Menjadi Satu [Konfusius, Tao, Buddha]’, ‘Lima Agama Menjadi Satu[Konfusius, Tao, Buddha, Kristen, Islam]’, ‘Semua Agama Adalah Satu’.

Saat ini pengikut ajaran sesat Yi Kuan dan Dien Tao di Taiwan mencapai empat juta umat. Tapi banyak di antara umat tersebut yang tidak menyadari bahwa mereka tertipu, karena ajaran sesat Yi Kuan Tao sengaja menggunakan kedok Agama Buddha guna membujuk umat yang bodoh melangkah masuk ke jalan yang sesat.

Upasaka Shi Wen Du [penulis buku ini], semula adalah pengikut setia Yi Kuan Tao, tetapi setelah menyadari kekeliruannya dia melepaskan diri dari Yi Kuan Tao untuk kembali ke jalan yang benar. Agar para Tao-Jin [sebutan sesama pengikut Yi Kuan Tao] yang tersesat dapat mencapai pantai seberang [tersadar], maka dia membukukan seluruh pengalamannya selama di Yi Kuan Tao, serta membabarkan Buddha Dharma yang sejati yang dia ketahui kepada para Tao-Jin Yi Kuan Tao.

Semoga para Tao-Jin segera tersadar dan jangan menganggap kebenaran ini sebagai Cobaan Mara. Segera pelajari Agama Buddha agar dapat menjadi penganut agama yang benar yang berguna bagi masyarakat!

Hari kemerdekaan tahun 1977,
Shi Kuang Ting di Vihara San Hui – Taipei
[setiap nama Buddhis bhiksu/bhiksuni Mahayana selalu diawali dengan kata Shi yang berarti
suku Sakya, menunjukkan bahwa para bhiksu/ni Mahayana adalah anggota keluarga besar
Buddha Sakyamuni]

================================


KATA PENGANTAR SHENG FA

Keyakinan beragama pada dasarnya bertujuan untuk meninggalkan kejahatan menuju kebajikan atau merupakan pencarian sarana perlindungan batin. Tujuan yang terutama adalah mencari tempat perlindungan dan pembebasan yang sejati. Bahkan agama yang takhyul pun juga melakukan hal yang bajik. Antar sesama agama tak seharusnya saling menyerang! Tak seharusnya saling membenci! Bila tidak, maka akan hilanglah nilai-nilai mulia keyakinan beragama itu.

Tapi apa daya, nilai-nilai kebajikan di dalam hati manusia semakin merosot.Ada sebagian pedagang tidak bermoral yang beriklan palsu, membuat obat palsu di balik iklan penyembuhan dengan tujuan mencari keuntungan. Menipu harta orang lain adalah masalah kecil, mencelakakan kesehatan masyarakat barulah masalah besar!

Dengan logika yang sama, agama pada dasarnya bertujuan menganjurkan orang untuk berbuat bajik, tetapi ada sebagian orang tak bermoral menyebarkan ajaran palsu mereka dengan berkedok di balik nama agama lain. Dengan perbuatan ini mereka menghancurkan nama baik agama lain tersebut. Lebih dari itu, mereka ternyata memiliki ambisi politik di baliknya! Perusakan nama agama adalah masalah kecil, pemenuhan ambisi politik dengan kedok ajaran sesat yang membahayakan masyarakat dan negara, ini adalah masalah besar! Oleh karena itu, pemerintah mau tidak mau harus melarang kegiatan ini. Para tokoh agama yang sejati dengan terpaksa juga menghimbau anggota masyarakat agar tidak terperosok masuk dalam perangkap mereka! Diperalat oleh mereka itu berarti mencelakakan diri sendiri dan orang lain.

Upasaka Wen Du [penulis buku ini], beberapa tahun yang lalu sangat terobsesi dengan satu ajaran tertentu (tapi saat ini telah kembali ke jalan yang terang). Demi rasa kasih pada bekas rekan seiman dan para umat yang bajik, dapat juga dikatakan karena rasa kebersamaan dalam penderitaan, maka dia menulis dan menerbitkan buku ini. Semuanya ini merupakan perwujudan ketulusan sekeping hati yang penuh diliputi rasa cinta kasih, meskipun untuk itu membuat tidak senang para pimpinan ajaran tersebut. Semoga dengan adanya setitik cahaya kunang-kunang ini dapat menjadi penuntun bagi rekan-rekan yang masih meraba-raba di dalam kegelapan, semoga mereka dapat secepatnya melihat sinar matahari! Berjumpa dengan dokter yang baik, bersama-sama menapak jalan yang terang, bersama-sama menikmati kesehatan dan kebahagiaan! Ini adalah kebahagiaan bagi Agama Buddha! Ini adalah kebahagiaan bagi seluruh makhluk hidup!


Sheng Fa – Bhiksu Bubur Nasi di Vihara Chi Lien, Hua Lien [Taiwan]
26 Desember 1976


===========================

KATA PENGANTAR PENULIS

Penulisan buku ini diawali sejak April tahun lalu [1976]. Oleh karena Hou Sie [sebutan merendah untuk diri sendiri yang lazim digunakan umat Buddhis Tiongkok, yang secara harafiah bisa diartikan sebagai yunior] hanya memiliki pengetahuan sastra yang dangkal, tak memiliki pengetahuan Buddha Dharma yang dalam, pun tidak pernah mempunyai pengalaman menulis sebelumnya, ditambah padatnya kegiatan di kemiliteran, menyebabkan proses penulisan ini tersendat sendat hingga lebih dari delapan bulan lamanya. Saat itu, Kuang Ting Fa Shi [Fa Shi adalah sebutan dalam bahasa Mandarin bagi pembabar Buddha Dharma] yang menjabat sebagai redaktur Penerbit Buddhism telah melakukan banyak penelitian terhadap Yi Kuan Tao, oleh karena itu saya memberanikan diri mengirim naskah buku ini memohon koreksi dari beliau. Beruntunglah beliau yang welas asih rela membimbing serta menyumbangkan banyak informasi yang sangat berharga sehingga isi buku ini menjadi semakin padat dan beberapa pandangan di dalamnya menjadi semakin kokoh. Hou Sie kemudian mengedit ulang buku ini, setelah mengalami beberapa koreksi lagi, akhirnya jadilah bentuk akhir seperti saat ini.

Tetapi artikel ini tidak dapat dikatakan sebagai hasil karya asli saya pribadi. Setelah mempelajari Kitab Suci [Sutra] Buddhis, yang Hou Sie lakukan hanyalah membuat perbandingan antara ajaran yang benar dengan yang sesat. Selain itu, juga menggabungkan beberapa uraian yang terdapat dalam berbagai Kitab Suci dengan hal yang saya ketahui selama di Yi Kuan Tao, yang saya tuangkan dengan gaya bahasa sendiri dalam bentuk sanggahan yang keras terhadap ajaran sesat mereka. Oleh sebab itu, isi buku ini boleh dikatakan merupakan hasil penelitian Hou Sie terhadap Agama Buddha sejak mengundurkan diri dari organisasi sesat. Juga dapat dikatakan buku ini merupakan himbauan dari Hou Sie, sebagai seorang pengikut Yi Kuan Tao, sebagai contoh keteladanan serta dengan lantang menghimbau para rekan Yi Kuan Tao agar dapat secepatnya kembali ke jalan yang benar.

Dahulu saya pernah menjadi seorang pengikut Yi Kuan Tao yang sangat antusias mempercayai ajaran sesat mereka. Oleh sebab itu, mereka memberi saya buku-buku tentang ajaran mereka yang bersifat rahasia. Tidak terbayangkan sebelumnya bahwa informasi rahasia ini justru menjadi asisten terbaik dalam penyusunan buku ini. Sudah dapat dipastikan, buku ini sangat tidak menguntungkan bagi ajaran sesat Yi Kuan Tao, tetapi saya tidak bermaksud buruk untuk memfitnah atau menyerang Yi Kuan Tao. Penulisan ini semata-mata didasarkan pada hati nurani yang adil dan obyektif. Bila dalam penulisan ini ada sedikit saja bagian yang tidak benar, atau ada maksud buruk untuk memfitnah Yi Kuan Tao, maka bolehlah saya dipandang telah melanggar sila berbohong. Untuk itu, bila dalam kehidupan ini juga lidah saya mengalami pembusukan dan menjadi bisu sebagai akibat buah karma buruk, saya akan dengan ikhlas hati menerimanya.

Para ahli perang sering mengatakan: mengenali diri sendiri dan mengenali musuh, maka dalam seratus pertempuran kita takkan kalah. Rekan-rekan Buddhis, bila ingin menyebarluaskan Buddha Dharma, sadarkanlah teman dan sanak saudara di sekitar anda yang salah menganut Yi Kuan Tao. Serta bila anda juga bersedia membaca artikel yang ditulis dengan bahasa yang buruk ini, semoga kiranya dapat membacanya secara detail, yang bila ditambah dengan pengetahuan Buddha Dharma yang anda miliki, maka saya sangat yakin anda akan berhasil memenangkan perlawanan terhadap ajaran sesat. Karena dasar ajaran sesat Yi Kuan Tao hanya begitu-begitu saja, kecuali bila mereka mengarang lagi ajaran sesat yang baru. Bukti sudah terbentang di depan mata, biarpun mereka berkilah dengan manisnya, ajaran mereka yang saat ini takkan dapat mengalahkan fakta dan kebenaran.

Saya dengan setulus hati berterima kasih atas sinar kasih Sang Tri Ratna. Sejak penulis memperoleh jawaban kepastian atas kesesatan ajaran Yi Kuan Tao, pada awal tahun 1974 penulis berlindung pada Sang Tri Ratna di vihara Amitabha di kota Feng Yuen di bawah asuhan Ci Yi Fa Shi. Sejak saat itulah penulis dengan sepenuh hati mempelajari Buddha Dharma dan menyadari sepenuhnya bahwa ajaran sesat Yi Kuan Tao merupakan hasil curian dari Buddha Dharma. Saya memuji kebesaran dan kedalaman Buddha Dharma. Sedang di sisi lain, saya sangat menyayangkan dan merasa sedih melihat para guru sesat Yi Kuan Tao yang mengarang ajaran sesat dan mengacaukan Buddha Dharma, perbuatan buruk mereka ini menghalangi umat dalam mencapai KeBuddhaan. Oleh sebab itu, saya. bertekad menulis buku ini untuk menghancurkan ajaran sesat. Saya dengan setulus hati mengucapkan tekad dengan melakukan puja bhakti di hadapan rupang (patung) Sang Buddha. Saya juga menyempatkan memohon jiam si [syair petunjuk di klenteng]. Sejak saat itu penulis dengan berpegang teguh pada pandangan yang obyektif berusaha mengupas asal usul ajaran Yi Kuan Tao. Saat kehabisan ilham dalam penulisan buku ini, asal saya tenangkan pikiran dan setulus hati melafalkan ‘Na-mo Kuan-Shi-Yin Bu-sha’ [Namo Avalokitesvara Bodhisattva], maka ilham akan mengalir kembali dengan tiada hentinya seakan-akan pena ini akan bergulir tiada akhir. Luar biasa dan sungguh nyata.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih kepada buletin bulanan Cie Shi yang dikelola oleh Fo Kuang Shan [Gunung Sinar Buddha, vihara terbesar di Kao Hsiung – Taiwan dengan Master Hsing Yun sebagai pendiri] yang bersedia menampilkan isi buku ini. Juga ucapan terima kasih pada Sheng Fa Fa Shi yang telah memberikan kata pengantar, beliaulah yang telah menyadarkan saya agar terbebas dari ajaran sesat. Juga rasa terima kasih untuk rekan sekamar penulis, Yu Ta Wei, yang telah bersusah payah membantu membuat ilustrasi agar para pembaca dapat lebih memahami gambaran sebenarnya tentang Yi Kuan Tao.

Dalam kesempatan ini, saya juga mewakili para umat yang masih berputar-putar pada persimpangan jalan keagamaan, yang sangat mengharapkan kesejukan tetesan air dharma, mengucapkan terima kasih yang setulusnya kepada Kuang Ting Fa Shi, Bapak Dang Ji Yang dari majalah Bu Men Wen Gu [Pintu Universal], Bapak Jong Hui Ci dari Vihara Ta Sheng [Mahayana], para maha bhiksu dan para budiman. Selain itu, saya sendiri tidak tahu harus bagaimana berterima kasih pada Kuang Ting Fa Shi. Semoga dengan terbitnya buku ini dapat menyadarkan para Tao-jin yang telah keliru menempuh jalan sesat Yi Kuan Tao, menjadikan buku ini sebagai ‘pelita di jalan kegelapan’ yang membimbing mereka agar dapat berlindung pada Agama Buddha yang benar, dengan demikian tidak mengecewakan harapan para Maha Bhiksu dan para budiman! [‘Pelita Di Jalan Kegelapan’ adalah buku Buddhis berbahasa Mandarin bagi pemula yang menyadarkan penulis akan kekeliruannya meyakini Yi Kuan Tao sebagai Agama Buddha].


19 September 1977
Murid Sang Tri Ratna, Shi Wen Du (Neng Wen) di Militer

==============================

DARI MANA ASALNYA TAO MILIK YI KUAN TAO? - KUANG TING

Yi Kuan Tao menggunakan nama Lima Agama yaitu: Konfusius, Tao, Buddha, Kristen dan Islam, sebagai kedok untuk menarik umat. Mencuri ajaran Kitab Suci ke Lima Agama ini yang digunakan sebagai alat propaganda – alat penarik pengikut, bahkan merubah kitab suci dan menyelewengkan arti ajaran yang sebenarnya. Bila dipandang dari segi moralitas dan disiplin keagamaan, Yi Kuan Tao telah melakukan kesalahan pencurian ajaran agama. Ajaran mereka sendiri bukanlah ajaran yang benar dan lurus, tetapi berani mengatakan dapat membuat orang memohon dan memperoleh Tao [Jiu Tao dan Te Tao]. Siapa bilang ini bukan ajaran sesat? Seperti halnya orang yang mengambil harta orang lain, dia telah melakukan kesalahan mencuri. Harta hasil pencurian ini dinamakan ‘harta tidak halal’. Meskipun untuk sementara waktu dapat menipu orang lain dengan mengatakan bahwa itu adalah harta pribadi mereka, tetapi tak akan dapat menipu untuk selamanya. Terlebih lagi, harta macam ini takkan dapat menjadi pelindung anak cucu. Karena itulah dikatakan harta yang diperoleh dari cara yang melanggar hukum adalah harta tidak ‘halal’. Yi Kuan Tao mencuri dan merubah Kitab Suci Lima Agama menjadi ajarannya sendiri, serta merubah sejarah, mengacaukan budaya Tiongkok, menipu anggota masyarakat yang tak mengerti, mengatakan ‘Tao Langit Turun Ke Dunia, Atas Firman Langit Menyebarkan Tao’. Mencuri kitab suci, menyelewengkan arti ajaran yang sebenarnya, inilah yang dinamakan ‘Tao tidak halal’. Ajaran yang tidak benar dan tidak lurus ini adalah kamma buruk yang sangat dalam, meskipun ada pagi hari tetapi tak menjamin ada sore hari [tidak ada jaminan keselamatan,], kalau begini, mana mungkin dapat membuat orang memohon dan memperoleh Tao [Jiu Tao dan Te Tao]?

Mengapa para pengikut ajaran sesat ini masih saja tidak mengenal penyesalan? Kepada para umat yang tidak berpengetahuan – tidak mengerti tentang agama, mereka mengatakan bahwa ‘Tao tidak halal’ hasil curian tersebut sebagai: “Tujuan utama Yi Kuan Tao adalah lurus dan besar, Tao adalah substansi asal, Tao adalah tempat berlindung”. Yi Kuan Tao mencuri inti ajaran Kitab Suci Lima Agama, karena itu bila dikatakan ‘Tujuan utama adalah lurus dan besar’ maka yang lurus dan besar itu adalah Lima Agama; demikian juga ‘Tao adalah substansi asal’, maka yang dimaksud seharusnya adalah Lima Agama: Konfusius, Tao, Buddha, Kristen dan Islam, barulah ‘Tao tempat berlindung’ yang sebenarnya. Dari mana asalnya ‘Tao’ [Jalan] yang dikatakan oleh Yi Kuan Tao? Ini mungkin menunjuk pada Tao dari ‘Hu Shuo Pa Tao’ [dalam kamus Mandarin berarti: to talk nonsense, wild talks, lies; bicara ngawur tanpa dasar.]




bersambung...
 
Sejarah dari Aliran ini memang kelam ...
saya udah tahu dari dulu.. cuma kalo saya nulis di sini.. dan ada yg kebakaran jenggot...

coba liat aja, dari sejarah versi mereka... banyak kejanggalan ...
 
Kalau thread ini menuliskan tentang BAGAIMANA SAYA TERLEPAS DARI I KUAN TAO... Nanti akan ditampilkan pula KESAKSIAN ORANG ORANG YANG MENINGGALKAN KEPERCAYAAN YANG DIANUTNYA DAN MASUK KE I KUAN TAO...

pasti seru... hehehehehehe...
 
isi nya menarik juga..........biar tambah pengetahuan..
lanjutkan terus bro...thread 10 parami juga gw dah selesai..hahaha..
Penulisan ini semata-mata didasarkan pada hati nurani yang adil dan obyektif. Bila dalam penulisan ini ada sedikit saja bagian yang tidak benar, atau ada maksud buruk untuk memfitnah Yi Kuan Tao, maka bolehlah saya dipandang telah melanggar sila berbohong. Untuk itu, bila dalam kehidupan ini juga lidah saya mengalami pembusukan dan menjadi bisu sebagai akibat buah karma buruk, saya akan dengan ikhlas hati menerimanya.
wah dah sumpah keramat ini..hehehe

biarpun mereka berkilah dengan manisnya, ajaran mereka yang saat ini takkan dapat mengalahkan fakta dan kebenaran.
semua ajaran dari manapun....jika hanya bersifat omongkosong..pastilah tidak tahan di UJI COBA alias pembuktian..
 
Setiap ajaran memiliki testimoni semacam ini untuk tetap bisa mempertahankan umatnya. Pindah agama karena sebuah testimonial sayangnya saya rasa sangat jarang terjadi. Perpindahan agama yang paling banyak saya lihat justru melalui perkawinan. Baik itu dari Buddha ke ajaran lain, atau dari ajaran lain ke Buddha.

Walau demikian, tetap ada saja orang beragama yang memilih agama karena adanya kesadaran yang justru datang dari dalam, bukan dari luar.
 
Thread ini hanya akan menimbulkan Flame untuk yang lain, jadi sebaiknya saya tutup aj...
 
Status
Tidak terbuka untuk balasan lebih lanjut.
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.