• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Babi Guling

goesdun

IndoForum Junior A
No. Urut
32661
Sejak
7 Feb 2008
Pesan
3.022
Nilai reaksi
66
Poin
48
guling.jpg


Nama babi guling untuk daerah bali lebih dikenal dengan be guling. Sebetulnya be guling dapat dibuat dari jenis daging lainnya seperti itik dan ayam. Babi guling adalah sejenis lauk pauk yang di buat dari anak babi betina atau jantan secara utuh kecuali isi perutnya dikeluarkan seluruhnya diganti dengan bumbu dan sayuran seperti daun ketela pohon, dipanggang diatas bara api sambil diputar-putar ( diguling-gulingkan) sampai matang yang ditandai denga warna kulitnya menjadi kecoklatan dan renyah. Babi guling pada mulanya digunakan untuk sajian pada upacara baik upacara adat maupun upacara keagamaan, namun saat ini babi guling telah dijual sebagai hidangan baik di warung-warung, rumah makan bahkan hotel-hotel tertentu di daerah bali. Babi guling yang paling terkenal berasal dari kabupaten Gianyar.

Bahan :
Anak Babi (kucit) 1 ekor (berat sekitar 20 kg)

Bumbu
Kunir 20 g
Kencur 25 g
Tangkai cengkeh 5 g
Jahe 25 g
Terasi 5 g
Garam secukupnya
Bawang merah 45g
Bawang putih 25g
Lombok 40g
Pala 10 iris
Kemiri 5 butir
Ketumbar 4 sendok teh
Merica 5 sendok teh
Daun salam 10 lembar teh
Daun belimbing 8 lembar.


Cara Pembuatan :
Semua bumbu dicincang sampai halus lalu dicampur dengan minyak kelapa. Babi disembelih dan dibersihkan bulunya dengan cara menyiram seluruh permukaan tubuh babi dengan air mendidih. Kuku-kuku kakinya juga dibersihkan. Setelah bersih, semua isi perutnya dikeluarkan dengan cara membuka bagian bawah perut, setelah itu rongga perut dibersihkan. Selanjutnya sebatang kayu dengan panjang sekitar 2 meter dimasukkan kedalam tubuh babi yang telah bersih melalui lubang pantat sampai keluar dimulutnya. Kayu berfungsi untuk memutar-mutar saat dipanggang.

Selanjutnya ke dalam rongga babi dimasukkan bumbu yang telah dipersiapkan sebelumnya, terus bekas lubang pada perut bagian bawah dijarit dengan benang. Sebelum babi digulingkan di atas bara api, kulit babi diremas dengan minyak kelapa, lalu dipolesi dengan air kunir, dengan maksud setelah babi guling itu masak supaya berwarna kuning gading. Proses selanjutnya adalah membuat bara api dari serabut buah kelapa pada suatu tempat yang telah dipersiapkan. Jika bara api telah siap, di atas bara api itulah babi digulingkan secara perlahan-lahan sehungga mendapat panas yang merata. Caranya adalah dengan memutar-mutar tangkai kayu (penggulingan) ke kiri dan ke kanan secara bergantian. Selama babi guling berada di atas bara api diusahakan bara api tidak menyala atau tidak padam. Babi guling di taruh di atas bara api sampai masak yaitu dengan tanda-tanda kulit babi menjadi berwarna kemerah-merahan dan kulitnya tampak empuk atau renyah. Tangkai kayu ditarik, selanjutnya babi guling siap disuguhkan.****

 
Wah masakan kanton nih iya bukan? --.soalnya ada di komik master cooking boy

Aduh bikin ngiler....
 
WEleh harus dicoba nih resepnya...thanks for sharing broww /no1
 
Wah.. Nice info neh..

Kykna TS nya doyan makan neh.. /gg
 
waduh asik juga nih /no1

btw ada yang tau resep siobak yang enak ga /hmm yang manis itu tuh /no1
 
Cm ada di Bali ya ?
Gw cm liatnya di daerah Bali doang sih .
Kalo di Jakarta ga ada ya ?
 
Bos gue pernah makan iga babi di Bali, selain enak buaannyyyyaaaakkkk bos. Kayak Obelix n Asterix makan babai :)
 
Walahhh jadi inget babi panggang tabanan :~P"
 
aduh hari gini makan babi,wkwkwk

hmm steak iga babi asek looh
 
wah resep babi guling...
mantapp gannn
eehhehhe
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.