• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

[ASK] Motor Kopling

Maksudnya engine break itu gimn ??

Kalo motor ga pake kopling :

Tahan gigi (Injak pedal gigi pada saat menaikan/menurunkan gigi??) lalu memainkan gas tapi motor ga berjalan karena pedal gigi di injak??

Itu namanya engine break bukan??
Soalnya kalo liad posting di atas itu engine break agak sedikit ga bagus bwat motor, jadi Lock mau tau "APA ITU ENGINE BREAK????"

Terutama pada motor tanpa kopling..

Penjelasan pLissss :D
 
Maksudnya engine break itu gimn ??

Kalo motor ga pake kopling :

Tahan gigi (Injak pedal gigi pada saat menaikan/menurunkan gigi??) lalu memainkan gas tapi motor ga berjalan karena pedal gigi di injak??

Itu namanya engine break bukan??
Soalnya kalo liad posting di atas itu engine break agak sedikit ga bagus bwat motor, jadi Lock mau tau "APA ITU ENGINE BREAK????"

Terutama pada motor tanpa kopling..

Penjelasan pLissss :D

heuheuhhe,
Tahan gigi (Injak pedal gigi pada saat menaikan/menurunkan gigi??) lalu memainkan gas tapi motor ga berjalan karena pedal gigi di injak??
itu sih kopling manual sedang bekerja, itu sama efeknya klo motor kopling ditarik handle koplingnya.

Engine brake tuh gini,
coba anda larikan motor anda sekitar 40kph, lalu tutup gas secara tiba2, turunkan gear, pasti tar motor kek tersendat gitu kan? nah itu lah engine brake

engine brake bisa berbahaya, karena :
ketika kita di gear tinggi, misalkan gear 6, RPM mesin 11.000, lalu kita langsung tarik Kopling, turunkan gear ke 5, pasti RPM bakal langsung menjerit melebihi 11.000, nah dsini ada kemungkinan mesin jebol karena piston bekerja melewati batasnya. bisa kejadian piston nabrak klep lah, atao jebol ring nya lah, dan sebagai nya. DAN TENTU SAJA INI SANGAT BERBAHAYA..!!!
DONT TRY THIS AT YOUR BIKE!!!!!!!!!!!!!!
 
heuheuhhe,

itu sih kopling manual sedang bekerja, itu sama efeknya klo motor kopling ditarik handle koplingnya.

Engine brake tuh gini,
coba anda larikan motor anda sekitar 40kph, lalu tutup gas secara tiba2, turunkan gear, pasti tar motor kek tersendat gitu kan? nah itu lah engine brake

engine brake bisa berbahaya, karena :
ketika kita di gear tinggi, misalkan gear 6, RPM mesin 11.000, lalu kita langsung tarik Kopling, turunkan gear ke 5, pasti RPM bakal langsung menjerit melebihi 11.000, nah dsini ada kemungkinan mesin jebol karena piston bekerja melewati batasnya. bisa kejadian piston nabrak klep lah, atao jebol ring nya lah, dan sebagai nya. DAN TENTU SAJA INI SANGAT BERBAHAYA..!!!
DONT TRY THIS AT YOUR BIKE!!!!!!!!!!!!!!

BAH, bisa mental dunk orangnya kalo keq gt ??? /omg :-O
 
BAH, bisa mental dunk orangnya kalo keq gt ??? /omg :-O

kyknya sih gak mental. soalnya engine brake tuh berpengaruhnya ke ban blakang. pengaruhnya paling sliding. Nah banyak pembalap menggunakan engine brake dalam membalap. dulu waktu GP500 yang terkenal sebagai jago sliding tuh Gary McCoy. lalu muncul lah generasi Rossi dan laen2. heuheuhe.
Slide dipake untuk menggoreksi arah motor. jadi pembalap melakukan late brake sehingga motor jadi berjalan lurus di tikungan(yang seharusnya udah mulai menikung), nah dimulailah engine brake, sehingga roda blakang bergeser dan tinggal menyesuaikan arah racing line nya lagi.

tapi karena tenaga motor balap sekarang dah gd2, gak perlu lagi pake engine brake, tinggal gas di betot aja tuh ban dah slide. hueuehuhe.
 
wah capek juga pake kopling kalau macet, pegal
 
emank kendala motor kopling ya gitu. klo lagi macet capek banget. karena kita sering tarik handle kopling. lom lagi klo kita dah ganti per kopling kompetisi yang biasanya sangat keras. pegel tuh tangan. tapi ada obatnya kok :D
coba deh cek di bagian mesin kan ada tuh tuas koplingnya. nah ganti aja dengan yang ukurannya lebih panjang. ingat teori tuas pengungkit, semakin panjang tuas nya, beban lebih mudah untuk di angkat. tapi denger2 seh katanya bisa bikin lebih cepet abis kampas kopling. heuheuhuhe.
 
aduh, masalah baru lagi, gini :

1. Masuk gear 1, jalan mulus, terus masuk gear 2, mulus juga
2. Nah, pas ketemu lampu merah, kan brenti, kopling ditahan, rem ditahan.
3. waktu lampu hijau, dengan gear yang masih di 2, butuh landasan byk byk buat gas baru motor bisa jalan, nah kalo butuh gas yang byk otomatis di depen kita harus ga ada mobil, dan sekarang masalahnya di depen saya ada mobil, gimana coba? kalo gas dikit2 di gear 2, pasti mati lsg mesinnya, malu donk. Apa harus ulang dari gear 1 lagi?

hohoh gak harus d ulang
klo posisi ad d gear 2 buka gas na rada gede lagi.....
klo saran g lo harus lancarin dulu jgn lagsung bwa k jalan raya....ya tu jg saran g... hehheheh
lo bel terus2an aj... d depan rumah kek maju berenti maju berenti gtu.... nah klo dah gti lo bisa dapetin feel na.... cob dhe soal na g bel gtu dolo.... ^^
hehhehehe
 
hohoh gak harus d ulang
klo posisi ad d gear 2 buka gas na rada gede lagi.....
klo saran g lo harus lancarin dulu jgn lagsung bwa k jalan raya....ya tu jg saran g... hehheheh
lo bel terus2an aj... d depan rumah kek maju berenti maju berenti gtu.... nah klo dah gti lo bisa dapetin feel na.... cob dhe soal na g bel gtu dolo.... ^^
hehhehehe

udah bisa pake kopling kok, dah mulai terbiasa :D
 
caranya .........

bro semua gw jg newbie nih, gw mau tanya gimana caranya kalau pas kita di jalan yg macet dan deket2 dg mobil/kendaraan lain, seharusnya gimana cara mainkan kopling dan gas, terus pake gigi berapa? thx bro semua God Bless U!
 
bro semua gw jg newbie nih, gw mau tanya gimana caranya kalau pas kita di jalan yg macet dan deket2 dg mobil/kendaraan lain, seharusnya gimana cara mainkan kopling dan gas, terus pake gigi berapa? thx bro semua God Bless U!

biasa aja dunk, gak usah panik, yang penting tenang :D :D
ikutin irama pergerakan kemacetan aja, klo lagi pelan ya pelan2 aja, pake gear 1 atau 2. pokoknya jangan sruntal sruntul :D :D
GBU 2
 
Walah, masalah baru nih...
Skarang Jupiter gw kalo lagi jalan, suka ga mau ganti gear. Jadi pas gigi di injek itu celong /wah
Padahal lagi jalan agak kenceng, tapi mau naikin gigi jadi gagal :(
Apa ini jg bisa disebut Engine Break?? Soalnya motor gw jadi tersendat begitu gagal naikin gigi :(
jadi takut mesinnya kenapa-napa d...
Sering banged soalnya, padahal gas udah ditutup sampe mentok. Motor lari kenceng, eh pas naikin gigi malah gagal :( yaudah motor tersendat gitu /wah

Penjelasan plis Kyo Freakz
 
Walah, masalah baru nih...
Skarang Jupiter gw kalo lagi jalan, suka ga mau ganti gear. Jadi pas gigi di injek itu celong /wah
Padahal lagi jalan agak kenceng, tapi mau naikin gigi jadi gagal :(
Apa ini jg bisa disebut Engine Break?? Soalnya motor gw jadi tersendat begitu gagal naikin gigi :(
jadi takut mesinnya kenapa-napa d...
Sering banged soalnya, padahal gas udah ditutup sampe mentok. Motor lari kenceng, eh pas naikin gigi malah gagal :( yaudah motor tersendat gitu /wah

Penjelasan plis Kyo Freakz

celong tuh apaan??? jiakakakakakka. :D
itu mah bukan karena engine break. tapi pas mesin nge gerung itu baru engine break. ati2, bisa jatoh.
itu kejadian cuma pas lagi dalam kecepatan tinggi atau kecepatan rendah juga iya?
klo cuman tinggi brati kemungkinan pertama adalah "per kopling" nya sudah lembek :D :D, jadi per kopling menekan gak sempurna. coba aja cek ke bengkel dulu. atau bisa juga kampas kopling sudah aus. tapi klo menurut g sih keknya pernya tuh :D :D. ganti aja pakek per kompetisi, trus pake kopling manual. :D :D :D
 
celong tuh apaan??? jiakakakakakka. :D
itu mah bukan karena engine break. tapi pas mesin nge gerung itu baru engine break. ati2, bisa jatoh.
itu kejadian cuma pas lagi dalam kecepatan tinggi atau kecepatan rendah juga iya?
klo cuman tinggi brati kemungkinan pertama adalah "per kopling" nya sudah lembek :D :D, jadi per kopling menekan gak sempurna. coba aja cek ke bengkel dulu. atau bisa juga kampas kopling sudah aus. tapi klo menurut g sih keknya pernya tuh :D :D. ganti aja pakek per kompetisi, trus pake kopling manual. :D :D :D

Iya, karena gagal naik gigi di kecepatan tinggi motornya jadi tersendat sambil ngegerung gitu...

Dikecepatan berapa aja, ga tentu..
kalo lagi pelanpun naikin gigi suka gagal :(
jadi masalahnya di per koplingnya ya?? padahal baru 1 bulan lho motornya :(
Koq aneh ya....
Di kecepatan tinggi jg suka gagal naekin giginya, padahal udah di injek sampe mentok ke bawah itu pedal gearnya /wah
 
Iya, karena gagal naik gigi di kecepatan tinggi motornya jadi tersendat sambil ngegerung gitu...

Dikecepatan berapa aja, ga tentu..
kalo lagi pelanpun naikin gigi suka gagal :(
jadi masalahnya di per koplingnya ya?? padahal baru 1 bulan lho motornya :(
Koq aneh ya....
Di kecepatan tinggi jg suka gagal naekin giginya, padahal udah di injek sampe mentok ke bawah itu pedal gearnya /wah

walah. kok bisa gitu???? itu motor baru dari dealer atau beli seken???
klo dari dealer komplain aja, gak beres tuh. klo beli seken ya segera bawa ke bengkel :D :D :D
biasanya klo gagal masukin gear sih ya gara2 rpm tinggi tapi per gak bisa megang, jadi gak bisa masuk gearnya.
dulu pengalaman begini waktu ada mongtor dari zhong guo. temen beli, pas g naekin ternyata pindah gear nya susah banget, sampe g tendang tuh persneleng klo lagi ganti dear. wakakakakak :D
 
Ini masih baru, jadi ini berarti udah ga beres ya.
Oke d, mau komplain.. kirain orang yang bawa motornya yang ga beres hehehe...

Thanks banged dah bantu.
 
uhmm
kalau cara naik motor biasa gmn?
motor kopling apa bedanya?
 
mendingan langsung praktek aja...!!!
torinya di tempat.sipel ga tuh...?
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.