• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

[ASK] Motor Kopling

666

IndoForum Junior B
No. Urut
19114
Sejak
19 Jul 2007
Pesan
2.522
Nilai reaksi
67
Poin
48
Ada yang bisa kasih tutorial cara mengendarain motor kopling manual ga?, saya baru beli Shogun 125SP dengan kopling manual, tp sampai sekarang masih lom di running karena tidak tahu cara memakainya :P soalnya kebiasaan pake yang non-kopling, tinggal asal2an masuk gigi juga gpp. Tolong yah dikasih tau cara mengendarainya dari perpindahan gigi waktu running, sampai lagi di lampu merah. Btw, motor saya cara pemasukan giginya giginya 1 kedepan, 3 ke blkg.
 
wah kalo tutornya agak susah... mending langsung praktek aja ama temennya yg uda isa pake motor kopling
 
wah kalo tutornya agak susah... mending langsung praktek aja ama temennya yg uda isa pake motor kopling

yah kalau ada teman yang pake motor kopling mah saya ga minta2 disini lagi, mereka pake yang biasa, ga mau repot2 kopling2 :D
 
katanya kan ada tuas koplingnya tuh di deket stang.. tinggal di pencet trus lepas pelan2 aja kan.. sama kaya nyetir mobil koq..
tapi gw juga lom pernah bawa kopling sii.. /heh
 
pke kopling..
biasanya klo yg bru awal pke...
kesulitan ada di awal pemasukan gigi..

1..hidupin motor dengan menekan kompling..
2.masukkan gigi 1 dengan tetap menekan kopling
3.lepaskan kopling perlahan dengan memperbesar tarikan gas perlahan2..jangan sampai tarikan terlalu besar atau terlalu kecil...(di rasain pke feeling githu.. :D)
4.klo dah jalan gigi satu...naikin ke gigi 2-4 dah gampang,cuma tinggal tekan kopling tiap mw masukin gigi..
5.klo berhenti di lampu merah...kopling harus di tekan dan gas tetap terus di atur biar mesin ga mati(khan malu klo di tengah jalan mesin mati),dan ketika mw jalan lagi tehniknya sma ma cara nomor 3..

mungkin githu aja masukan dri ak...gambarannya kurang lebih kek githu...

intinya..bagi pemula yg pke kopling biasanya kewalahan pada tahap awal menjalankan mesin..tp klo dah jalan dah gampang kok..

sering2 latihan ajah..ntar lama2 jg lancar sendiri..

moga masukanku bisa berguna.. :D :P :D :P
 
pke kopling..
biasanya klo yg bru awal pke...
kesulitan ada di awal pemasukan gigi..

1..hidupin motor dengan menekan kompling..
2.masukkan gigi 1 dengan tetap menekan kopling
3.lepaskan kopling perlahan dengan memperbesar tarikan gas perlahan2..jangan sampai tarikan terlalu besar atau terlalu kecil...(di rasain pke feeling githu.. :D)
4.klo dah jalan gigi satu...naikin ke gigi 2-4 dah gampang,cuma tinggal tekan kopling tiap mw masukin gigi..
5.klo berhenti di lampu merah...kopling harus di tekan dan gas tetap terus di atur biar mesin ga mati(khan malu klo di tengah jalan mesin mati),dan ketika mw jalan lagi tehniknya sma ma cara nomor 3..

mungkin githu aja masukan dri ak...gambarannya kurang lebih kek githu...

intinya..bagi pemula yg pke kopling biasanya kewalahan pada tahap awal menjalankan mesin..tp klo dah jalan dah gampang kok..

sering2 latihan ajah..ntar lama2 jg lancar sendiri..

moga masukanku bisa berguna.. :D :P :D :P


parah ah, waktu mau masuk gigi 1, kan diteken dulu koplingnya, setelah masuk gigi 1 kalo dilepas malah lompat /swt, belum lg pemasukan giginya agak membingungkan soalnya urutannya beda /swt, masa saya cuma pake gear 1 dan 2 krn ga mengerti.
 
huehue, kalo menurut gw pribadi malah enak yg kopling manual kok.

cara koplingnya, kayak rem tangan, teken aja tuh yg di sebelah kiri, kan udah kopling. nah kalo urutan giginya beda2, kalo style motor gede biasanya klik maju = masuk 1, lalu untuk gigi 2 - gigi 6 mundur (kebalikan) untuk netralin (gigi 0) klik maju terus sampe gigi 1, lalu klik setengah mundur. kalo style motor bebek biasa berarti ya biasa, klik maju = masuk 1, maju lagi gigi 2, dst...

semoga membantu ;)
 
parah ah, waktu mau masuk gigi 1, kan diteken dulu koplingnya, setelah masuk gigi 1 kalo dilepas malah lompat /swt, belum lg pemasukan giginya agak membingungkan soalnya urutannya beda /swt, masa saya cuma pake gear 1 dan 2 krn ga mengerti.

itu gas nya kegedean

tarik kopling nya jgn dalem2 sampai nempel setang
tarik sedikit aja truslepas pelan2 dan di imbangin sama gas
kalo gigi 1 sudah jalan pindah kegigi 2 lebih gampang lg
tinggal tarik dikit trus lepas
coba trus >:D<
nti loe bakal rasain enak nya bawa motor kopling :D
klo lg ngebut maen stut kopling :D
 
neh cara gampang blajar kopling
1. Buka Gas dulu. tahan aja, kira2 < 1/3 putaran
2. Tarik Kopling, injek tuas kedepan.
3. Gas tetep di tahan, pelan2 lepasin koplingnya(pelan2, jangan langsung lepas!!!!) nah tar terasa tuh ada dorongan.... baru dah jalan tuh motor.

pertama2 bakal susah, karena nyari titik lepas koplingnya yang susah. klo dah bisa, nanti sesuain bukaan gas dan lepas tuas koplingnya.

*akhirnya beli Shogun SP ya???
wkekekekeke.
klo dah bisa kasih tau ya
 
@ all

thanks sharingnya, yg blm di GRP harap sabar.


Buat teman2 yang bisa kasi tutorial lagi tolong post ya, masih rada bingung ?_?
 
loh??? masih lom jelas tah???
pokoknya intinya, klo blajar motor kopling, putaran RPM(putaran gas) jangan lebih kecil.
ada cara lagi seh.... ini cara yang g ajarin buat ce g
*note : ce g sekali g kasih tau langsung bisa loh!! wekekekkek

1. Standar tengah motor anda
2. biasa, nyalakan mesin dan siapkan putaran gas(sebenarnya langsam juga bisa)
3. tarik kopling, lepas pelan2, tar anda pasti liat pada saat tuas koplling anda lepas di posisi mana, ban blakang mulai berputar. artinya dsitu lah posisi pelepasan koplingnya.
contoh, ketika udah 3/4 lepas dari posisi di tarik ban mulai bergerak, brati dsitu lah titik lepas koplingnya.
4. Klo udah, blajar lah nahan gasnya, jadi standar di naekin, dan anda naek motor, mulai lah merasakan feeling bukaan gasnya.

pasti klo belajar kopling pertama kek gini kondisinya :
Kopling ditahan setengah, gas di betot dan makin tinggi, tapi motor gak jalan.... wekekekekekkek.

blajar pelan2 aja oom. klo dah bisa mah eces dah.
yang penting tau dulu cara lepas koplingnya. masalah bukaan gas mah tar terbiasa klo dah jalan. heuheuhhe.
met soekses
 
loh??? masih lom jelas tah???
pokoknya intinya, klo blajar motor kopling, putaran RPM(putaran gas) jangan lebih kecil.
ada cara lagi seh.... ini cara yang g ajarin buat ce g
*note : ce g sekali g kasih tau langsung bisa loh!! wekekekkek

1. Standar tengah motor anda
2. biasa, nyalakan mesin dan siapkan putaran gas(sebenarnya langsam juga bisa)
3. tarik kopling, lepas pelan2, tar anda pasti liat pada saat tuas koplling anda lepas di posisi mana, ban blakang mulai berputar. artinya dsitu lah posisi pelepasan koplingnya.
contoh, ketika udah 3/4 lepas dari posisi di tarik ban mulai bergerak, brati dsitu lah titik lepas koplingnya.
4. Klo udah, blajar lah nahan gasnya, jadi standar di naekin, dan anda naek motor, mulai lah merasakan feeling bukaan gasnya.

pasti klo belajar kopling pertama kek gini kondisinya :
Kopling ditahan setengah, gas di betot dan makin tinggi, tapi motor gak jalan.... wekekekekekkek.

blajar pelan2 aja oom. klo dah bisa mah eces dah.
yang penting tau dulu cara lepas koplingnya. masalah bukaan gas mah tar terbiasa klo dah jalan. heuheuhhe.
met soekses

kalau misal dilepas 1/2 dah jalan motornya ( bannya dah putar ), lsg dilepas semua koplingnya ?
 
lepasnya pelan2 aja. klo dah mulai berputar artinya disitu letak pelepasannya kopling. nah klo yang udah mahir kan buka gasnya dari kecil, pada saat dititik itulah gas mulai dibesarin. gitu.
pokoknya klo lagi blajar kopling, blajar cara lepasin kopling dari brenti ke jalan aja dulu.
untuk gigi selanjutnya(2-4) mah tinggal tarik kopling, kecilin gas, masukin gear, lepas kopling, buka gas lagi.
heuheuhuhe.
gampang bukan?
 
lepasnya pelan2 aja. klo dah mulai berputar artinya disitu letak pelepasannya kopling. nah klo yang udah mahir kan buka gasnya dari kecil, pada saat dititik itulah gas mulai dibesarin. gitu.
pokoknya klo lagi blajar kopling, blajar cara lepasin kopling dari brenti ke jalan aja dulu.
untuk gigi selanjutnya(2-4) mah tinggal tarik kopling, kecilin gas, masukin gear, lepas kopling, buka gas lagi.
heuheuhuhe.
gampang bukan?

bah jadi bingung, urutannya gini kan

1. Hidupkan mesin
2. Tekan kopling sampe full
3. Masuk gigi 1
4. Lepaskan kopling pelan2 sambil gas

Nah pertanyaan saya yg ke 4 itu, waktu kopling dilepas, motor saya dah langsung gerak pdhl lom di gas, nah pada saay itu gmn? lepas semua terus gas aja?
 
bah jadi bingung, urutannya gini kan

1. Hidupkan mesin *betul
2. Tekan kopling sampe full *betul sekaleeeeeee
3. Masuk gigi 1 *Mantep
4. Lepaskan kopling pelan2 sambil gas *klo untuk blajar ini salah!!!

Nah pertanyaan saya yg ke 4 itu, waktu kopling dilepas, motor saya dah langsung gerak pdhl lom di gas, nah pada saay itu gmn? lepas semua terus gas aja?

Bgini loh om.
untuk tahap 4(khusus untuk yang lagi blajar).
4a. buka gas kira2 1/3 puratan grip(klo ada rpm tuh kira2 3000 - 4000 RPM) dan tuas kopling masih di tarik
4b. Tahan Gas(mesin pasti kan menderung), sedikit2 lepaskan koplingnya(pelan2 aja)
4c. Motor akan mulai bergerak, lepaskan kopling sampai lepas, mo pelan atau cepet juga bisa, tapi bakal ngaruh ke accelerasi awal, klo dilepasnya pelan2 ya jalannya pelan, klo cepet pasti langsung ngacir.

kapis???? :D
 
Bgini loh om.
untuk tahap 4(khusus untuk yang lagi blajar).
4a. buka gas kira2 1/3 puratan grip(klo ada rpm tuh kira2 3000 - 4000 RPM) dan tuas kopling masih di tarik
4b. Tahan Gas(mesin pasti kan menderung), sedikit2 lepaskan koplingnya(pelan2 aja)
4c. Motor akan mulai bergerak, lepaskan kopling sampai lepas, mo pelan atau cepet juga bisa, tapi bakal ngaruh ke accelerasi awal, klo dilepasnya pelan2 ya jalannya pelan, klo cepet pasti langsung ngacir.

kapis???? :D

besok saya coba, kalau ga ngerti lg tolong dijawab yah pertanyaan saya :D

dan teman2 lain yang mau ngajari silakan di post ya, tolong.
 
Bgini loh om.
untuk tahap 4(khusus untuk yang lagi blajar).
4a. buka gas kira2 1/3 puratan grip(klo ada rpm tuh kira2 3000 - 4000 RPM) dan tuas kopling masih di tarik
4b. Tahan Gas(mesin pasti kan menderung), sedikit2 lepaskan koplingnya(pelan2 aja)
4c. Motor akan mulai bergerak, lepaskan kopling sampai lepas, mo pelan atau cepet juga bisa, tapi bakal ngaruh ke accelerasi awal, klo dilepasnya pelan2 ya jalannya pelan, klo cepet pasti langsung ngacir.

kapis???? :D

besok saya coba, kalau ga ngerti lg tolong dijawab yah pertanyaan saya :D

dan teman2 lain yang mau ngajari silakan di post ya, tolong.

saya dah coba tadi, kok rada ngeri yah naik motor kek gini, masuk gear 2 lsg gk pake delay lagi akselerasinya, lsg cepet. dan speednya beda2, kadang cepet kadang harus di gas byk2 baru cepet /swt
 
1. hidupkan mesin
2. tarik kopling penuh
3. tarik gas penuh
4. lepaskan kopling perlahan sampai ada suara tersendat².

dengan demikian anda pasti akan standing seret, tp klw ga mw kaya gitu tarik ganya setengah aja.
 
saya dah coba tadi, kok rada ngeri yah naik motor kek gini, masuk gear 2 lsg gk pake delay lagi akselerasinya, lsg cepet. dan speednya beda2, kadang cepet kadang harus di gas byk2 baru cepet /swt

wekekekkee.... dah bisa ya??? selamet selamet..!!
gear 2 klo mo ada delay ya kurangin dulu dunk gasnya. jadi klo mo masuk gear 2, turunin dulu gasnya, tekan kopling, masukin gear, langsung dah lepas mbil tarik gas. gear 2 dan seterusnya sih lebih gampang, karena mirip dengan motor semi auto, bedanya cuman kita teken kopling dulu sebelum masukin gear. gitu.
 
aduh, masalah baru lagi, gini :

1. Masuk gear 1, jalan mulus, terus masuk gear 2, mulus juga
2. Nah, pas ketemu lampu merah, kan brenti, kopling ditahan, rem ditahan.
3. waktu lampu hijau, dengan gear yang masih di 2, butuh landasan byk byk buat gas baru motor bisa jalan, nah kalo butuh gas yang byk otomatis di depen kita harus ga ada mobil, dan sekarang masalahnya di depen saya ada mobil, gimana coba? kalo gas dikit2 di gear 2, pasti mati lsg mesinnya, malu donk. Apa harus ulang dari gear 1 lagi?
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.