|
LOUNGE |
TANYA JAWAB |
KESEHATAN |
MUSIC |
MOVIES |
OLAHRAGA |
KULINER |
ANIME |
JOKES
GAMES |
COMPUTER |
OTOMOTIF |
PETS |
PONSEL |
DEBATE |
GALLERY |
YOUTH |
BERITA & POLITIK
CURHAT |
RELIGI |
MISTERI |
GAYA HIDUP |
EDUKASI |
SARAN |
TEST
|
Vixion ane pake pertamax plus, sekali ngisi 50.000 untuk 10 hari kepake 290 - 350 km (setiap ngisi ane nol-in speedometer nya, yang 3 digit bukan yang 5 digit)...
Perkiraan dapet pertamax plus 7.69 Liter (Rp. 6500 / Liter), dapet 290 km karena ane aga cepet (diatas 60 atau 80 kmpj krn lagi kejar setoran ), dapet 350 km karena ngejalanin ga lebih dari 5000 rpm. Lumayan irit lah, dibanding motor matik hehehehe.
Mode buru2x : 1 liter Pertamax plus / +- 37,7 km
Mode nyantei : 1 liter Pertamax plus / +- 44,9 km
Oia, motor ane setiap bulan ganti oli (yamalube), plus dua bulan sekali ganti busi, belum setahun keluaran 07 - 2008, warna merah marun... hehehe biar lengkap sekalian.
ada yang tahu alat penghemat bensin paling bagus untuk honda???(bukan aditif yach)
Sekedar ingin menambahkan postingan bro cimohai. Sebelum memilih bensin untuk kendaraan sebaiknya kita kenali dulu brp CR ( Compression Ration ) yang tertera pada kendaraan. Karena hal ini akan sangat mempengaruhi jenis bensin yang tepat bagi kendaraan.
Jika kita mendapati CR pada kendaraan kita itu tinggi, maka kita memerlukan bensin yang nilai oktanya tinggi juga.. sebab, Bensin yang nilai oktanya tinggi itu lambat terbakarnya. Nah begitu juga sebaliknya.
Namun yang harus diperhatikan. Jika CR pada kendaraan kita tinggi dan kita memberikan bensin yang nilai oktanya rendah maka bensin akan terbakar lebih awal sebelum busi memercikan bunga api. Nah, dampak dari hal ini akan membuat piston akan rusak & juga peforma mesin menjadi turun. So, kesimpulanya.. Kesimpulannya :
- Dianjurkan mengisi bensin sesuai nilai rasio kompresi. (kecuali ada modifikasi lain).
- Semakin TINGGI nilai oktan, maka bensin semakin lambat terbakar (dikarenakan titik bakarnya lebih tinggi).
- Semakin TINGGI nilai oktan, maka bensin lebih sulit menguap (penguapan rendah)
- Bensin yang gagal terbakar (akibat oktan terlalu tinggi), bisa menyebabkan penumpukan kerak pada ruang bakar atau pada klep.
Cara mensiasati menggunakan bensin Premium bagi kendaraan yang CRnya tinggi :
- Menambahkan Octane Booster pada bensin (dimasukkan ke tangki bensin)
- Menggunakan katalis untuk menaikkan nilai oktan (biasanya mengandung timbal, tidak ramah lingkungan).
- Merubah derajat waktu pengapian (ignition timing) ke posisi yang lebih lambat (Retard).
- Menggunakan aplikasi water-injection (agak repot untuk perawatannya).
- dan lain-lain.