• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

[ask]Alat penghemat bensin terbaik

rezqi

IndoForum Newbie E
No. Urut
59838
Sejak
23 Des 2008
Pesan
41
Nilai reaksi
0
Poin
6
ada yang tahu alat penghemat bensin paling bagus untuk honda???(bukan aditif yach)
 
alat penghemat terbaik :

1. Cara mengemudi di luar kota
Cth : jalan di luar kota kondisi lengang kecepatan konstan pada 60km/h

2. Cara mengemudi di dalam kota
Cth : Dalam kondisi Padat Merayap sebisa mungkin jaga kecepatan kendaraan stabil antara 30-40 km/h

3. Kurangi menginjak/menarik gas terlalu dalam dan secara tiba-tiba

Jika setiap orang melakukan hal ini.....
1 liter untuk 13-15km untuk mobil 1500cc, dan
1 liter untuk 60-70km untuk motor 110-125cc

TIDAK MUSTAHIL...
 
yg gw tau pake elektrolizer.
banyak yg ngomong klo ngefek.
tp gw pake , ga krasa. gw jg bingung nich
apa gw salah buatnya:D
 
buat mio dong? adakah cara menghemat bensin nya..
masa masih lebih irit v-ixion temen gw...
 
Kalo gak salah ada cairan atau apa gitu yang bisa memperirit bahan bakar kan................../hmm/hmm/hmm
 
lu setel aja perbandingan udara ma bensin nya bos
biasa nya yg di setel nya di idle screw(biasa orng bilang langsam)
 
Vixion ane pake pertamax plus, sekali ngisi 50.000 untuk 10 hari kepake 290 - 350 km (setiap ngisi ane nol-in speedometer nya, yang 3 digit bukan yang 5 digit)...
Perkiraan dapet pertamax plus 7.69 Liter (Rp. 6500 / Liter), dapet 290 km karena ane aga cepet (diatas 60 atau 80 kmpj krn lagi kejar setoran :) ), dapet 350 km karena ngejalanin ga lebih dari 5000 rpm. Lumayan irit lah, dibanding motor matik hehehehe.

Mode buru2x : 1 liter Pertamax plus / +- 37,7 km
Mode nyantei : 1 liter Pertamax plus / +- 44,9 km

Oia, motor ane setiap bulan ganti oli (yamalube), plus dua bulan sekali ganti busi, belum setahun keluaran 07 - 2008, warna merah marun... hehehe biar lengkap sekalian.
 
@atas
umur busi bisa sampe 3 bulan kalo penggunaan nya normal
tp kalo bole usul bwt lu ganti nya 2 1/2 bulan sekali aja mas(biar ga tekor di dompet)
 
@atas
itu tergantung dari businya merk asli pabrikan apa kagak,,,
klo kgak ya 1 bulan aja mtr tarikannya uda ga enak
 
ane pake kepala busi pake yg model elektroda...pebakaran jadi lebih bersih..bensin tentu irit..he..he
 
Vixion ane pake pertamax plus, sekali ngisi 50.000 untuk 10 hari kepake 290 - 350 km (setiap ngisi ane nol-in speedometer nya, yang 3 digit bukan yang 5 digit)...
Perkiraan dapet pertamax plus 7.69 Liter (Rp. 6500 / Liter), dapet 290 km karena ane aga cepet (diatas 60 atau 80 kmpj krn lagi kejar setoran :) ), dapet 350 km karena ngejalanin ga lebih dari 5000 rpm. Lumayan irit lah, dibanding motor matik hehehehe.

Mode buru2x : 1 liter Pertamax plus / +- 37,7 km
Mode nyantei : 1 liter Pertamax plus / +- 44,9 km

Oia, motor ane setiap bulan ganti oli (yamalube), plus dua bulan sekali ganti busi, belum setahun keluaran 07 - 2008, warna merah marun... hehehe biar lengkap sekalian.

Sekedar ingin menambahkan postingan bro cimohai. Sebelum memilih bensin untuk kendaraan sebaiknya kita kenali dulu brp CR ( Compression Ration ) yang tertera pada kendaraan. Karena hal ini akan sangat mempengaruhi jenis bensin yang tepat bagi kendaraan.

Jika kita mendapati CR pada kendaraan kita itu tinggi, maka kita memerlukan bensin yang nilai oktanya tinggi juga.. sebab, Bensin yang nilai oktanya tinggi itu lambat terbakarnya. Nah begitu juga sebaliknya.

Namun yang harus diperhatikan. Jika CR pada kendaraan kita tinggi dan kita memberikan bensin yang nilai oktanya rendah maka bensin akan terbakar lebih awal sebelum busi memercikan bunga api. Nah, dampak dari hal ini akan membuat piston akan rusak & juga peforma mesin menjadi turun. So, kesimpulanya.. Kesimpulannya :

  1. Dianjurkan mengisi bensin sesuai nilai rasio kompresi. (kecuali ada modifikasi lain).
  2. Semakin TINGGI nilai oktan, maka bensin semakin lambat terbakar (dikarenakan titik bakarnya lebih tinggi).
  3. Semakin TINGGI nilai oktan, maka bensin lebih sulit menguap (penguapan rendah)
  4. Bensin yang gagal terbakar (akibat oktan terlalu tinggi), bisa menyebabkan penumpukan kerak pada ruang bakar atau pada klep.

Cara mensiasati menggunakan bensin Premium bagi kendaraan yang CRnya tinggi :

  1. Menambahkan Octane Booster pada bensin (dimasukkan ke tangki bensin)
  2. Menggunakan katalis untuk menaikkan nilai oktan (biasanya mengandung timbal, tidak ramah lingkungan).
  3. Merubah derajat waktu pengapian (ignition timing) ke posisi yang lebih lambat (Retard).
  4. Menggunakan aplikasi water-injection (agak repot untuk perawatannya).
  5. dan lain-lain.
 
ring diesel buat motor..
klo ninja sih bisa pake itu...
 
Sekedar ingin menambahkan postingan bro cimohai. Sebelum memilih bensin untuk kendaraan sebaiknya kita kenali dulu brp CR ( Compression Ration ) yang tertera pada kendaraan. Karena hal ini akan sangat mempengaruhi jenis bensin yang tepat bagi kendaraan.

Jika kita mendapati CR pada kendaraan kita itu tinggi, maka kita memerlukan bensin yang nilai oktanya tinggi juga.. sebab, Bensin yang nilai oktanya tinggi itu lambat terbakarnya. Nah begitu juga sebaliknya.

Namun yang harus diperhatikan. Jika CR pada kendaraan kita tinggi dan kita memberikan bensin yang nilai oktanya rendah maka bensin akan terbakar lebih awal sebelum busi memercikan bunga api. Nah, dampak dari hal ini akan membuat piston akan rusak & juga peforma mesin menjadi turun. So, kesimpulanya.. Kesimpulannya :

  1. Dianjurkan mengisi bensin sesuai nilai rasio kompresi. (kecuali ada modifikasi lain).
  2. Semakin TINGGI nilai oktan, maka bensin semakin lambat terbakar (dikarenakan titik bakarnya lebih tinggi).
  3. Semakin TINGGI nilai oktan, maka bensin lebih sulit menguap (penguapan rendah)
  4. Bensin yang gagal terbakar (akibat oktan terlalu tinggi), bisa menyebabkan penumpukan kerak pada ruang bakar atau pada klep.

Cara mensiasati menggunakan bensin Premium bagi kendaraan yang CRnya tinggi :

  1. Menambahkan Octane Booster pada bensin (dimasukkan ke tangki bensin)
  2. Menggunakan katalis untuk menaikkan nilai oktan (biasanya mengandung timbal, tidak ramah lingkungan).
  3. Merubah derajat waktu pengapian (ignition timing) ke posisi yang lebih lambat (Retard).
  4. Menggunakan aplikasi water-injection (agak repot untuk perawatannya).
  5. dan lain-lain.

Setuju bgt apa yg dikutip ma Mod Vans eiger...Coz klao sampe ga tau, Wahh!!! kacau dah....

9.0 : 1 ( premium )
9.8-10 : 1 ( pertamax )
10-up : 1 (pertamax plus ) Tolong diralat kalo salah...

Kalo ampe salah aplikasi, sayang silidernya bos.
Contohnya : CR 9.0:1 harus premium, tp sering pertamax dengan alasan biar bisa " lari "...tinggal tunggu aja kalo ane bilang siy!! ( Jebol silidernya, ane dah nyoba)
 
Honda kan udh irit?masih mau d iritin lg?
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.