• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Aikido

abuaoi

IndoForum Beginner E
No. Urut
7988
Sejak
17 Okt 2006
Pesan
488
Nilai reaksi
30
Poin
28
Guys...ada yg pernah belajar beladiri aikido??wa mo belajar sih...cuma gak bisa yg jauh-jauh tempatnya (kepentok jam kerja sih) ada info???
Thanks

And Klo Ada Yg Mo Sharing-sharing info bout aikido disini juga boleh>:D<
 
gw baru ikut aikido, bagi yang berdomisili di medan silakan bergabung aja di Fudooshin Dojo,di jalan Adinegoro no.1 ( gedung musyawarah masyarakat minang ), biayanya relatif murah :

Pendaftaran : Rp 50.000,-
Iuran Bulanan : Rp 40.000,-
Seragam : Rp 40.000 - Rp 60.000,- , dan Rp 100.000,- ++ untuk yang tebal ( Dojo tidak menyediakan, hrs beli di toko sport )

Aikido sangat cocok bagi semua umur/fisik/kelamin ( dari anak SD sampai bapak2 ), aikido tidak memiliki kompetisi karena aikido itu ilmu membela diri, bkn ofensif, jadi hanya mengandalkan serangan lawan. Jadi tidak memungkinkan kalo aikido-ka saling menyerang dlm kompetisi , karena hanya murni membela diri.

Cth : Jika lawan melayangkan tinjuan , seorang aikido-ka lsg menangkap tangan, lalu mematahkannya.Semakin kuat lawan meninju, semakin besar pula kemungkinan tangannya patah.
 
sabre-aikido.jpeg


Tamura-aikido.jpeg


throw4.jpg


shomenate.jpg




-------------------------------------------------------------------------
Sumber :
www.cpt.univ-mrs.fr
www.aikido.pair.com
www.aikido.union.shef.ac.uk
 
kosinage1.jpg


Nih, namanya jurus Koshi Nage, ketika lawan memukul, diteruskan kekuatannya, maka tak perlu keluar tenaga buat bikin tuh lawan terlempar


kotegaeshi.jpg


jurus Kaiten Nage - Lemparan Spiral

032906-13.JPEG


jurus Kokyu Nage - Lemparan dengan mengandalkan timing/menjatuhkan lawan ketika keseimbangannya hilang

Peterlillsvedsw.jpg


jurus Tenchi Nage - Lemparan Surga dan Bumi

7_Kotegaeshi.jpg


kote.gif


jurus Kote Gaeshi - Memelintir/Memutar pergelangan tangan,pengalaman saya, walau gambar diatas yg melintir tangan nampaknya biasa2 aja, tetapi itu sangat sakit dan isa patah kalo yg kena itu ga segera menjatuhkan diri ke lantai.

nih 16 basic attack aikido, walaupun namanya serangan( attack ), tapi smuanya memelintir/mengunci :

1. Katatekosa-dori Crosshand wristhold
2. Katate-tori Wrist hold
3. Kata-dori Shoulder hold
4. Mune-tori Chest (lapel) hold
5. Shomen-uchi Strike to top of head
6. Yokomen-uchi Strike to side of head
7. Mune-tsuki Punch to middle
8. Katate-tori Ryotemochi Two hands wrist hold
9. Ryote-tori Hold both hands
10. Ryokata-tori Hold both shoulders
11. Ushirotekubi-tori Hold wrists from behind
12. Ushirohiji-tori Hold elbows from behind
13. Ushiroryokata-tori Hold both shoulders from behind
14. Ushirotekubi-tori Kubi-shimi Hold wrist and strangle from behind
15. Ushirotori Hold body from behind (bear hug)
16. Ushirokubi-tori Hold neck (collar) from behind
 
Artikel

Dimulai dari lingkungan istana kekaisaran Jepang, aikido digemari di dunia oleh pria dan wanita. Seni beladiri yang berakar pada budaya Jepang ini mengajarkan keseimbangan. Harmoni antara tubuh, pikiran dan jiwa melahirkan kelembutan.

Pada kesejatian Buddha, tidak ada musuh. Kesejatian Buddha adalah fungsi cinta. Seni beladiri yang semata-mata berurusan dengan menang dan kalah bukanlah Buddha sejati. Kemenangan adalah usaha terus-menerus untuk menyingkirkan pikiran perselisihan serta konflik di dalam diri kita sendiri. Itulah sebait kalimat yang ditulis Kisshomaru Ueshiba dalam buku The Art of Aikido.

Itulah aikido. Para pengikutnya lebih suka menggolongkan aikido sebagai sebuah seni beladiri murni daripada olahraga beladiri. Hal ini bisa dimaklumi karena aikido mengajarkan kelembutan dan keseimbangan yang melahirkan sebuah harmoni.

Teknik aikido disesuaikan dengan anatomi tubuh manusia, sebuah hal yang membuat gerakan aikido kelihatan praktis dan sederhana. Gerakan aikido tak terputus, mengalir seperti air.

Mempersatukan koordinasi antara tubuh, pikiran, dan jiwa utuk melahirkan sebuah kesimbangan yang harmonis adalah tujuan dari aikido. Tujuan ini pula yang membuat aikido tidak mengenal batasan usia maupun jenis kelamin mereka yang mempelajarinya. Kelembutan aikido pun tampak dari tenaga yang digunakan dalam gerakangerakannya tidak terlalu besar. Untuk meminimalkan energi tubuh, digunakan teknik menyusup dan berputar dengan menyerap tenaga yang dikeluarkan oleh lawan.

Kelembutan teknik aikido dan tujuan untuk harmonisasi tubuh bukan berarti aikido tak kenal senjata. Dalam keadaan tertentu, untuk mempertahankan diri bisa juga digunakan senjata. Senjata utama yang biasa digunakan dalam aikido adalah tongkat kayu, samurai, dan pisau. Meski menggunakan senjata, tetap dengan kelembutan. Penerapan teknik senjata pada aikido pun tak dibatasi.

Aikido mengenal dua tingkatan, yakni tingkat dasar dan tingkat lanjutan. Tingkat dasar terdiri atas enam kyu atau tingkatan. Kyu enam adalah level pertama dengan sabuk putih. Sedangkan kyu satu yang menjadi level tertinggi untuk tingkat dasar menggunakan sabuk cokelat. Untuk tingkat lanjutan dikenal dengan sebutan dan serta menggunakan sabuk warna hitam.

Keunikan lain pada cabang beladiri ini adalah tidak mengenal pertandingan. Di mata Prof. Morihei Ueshiba, yang pertama kali memperkenalkan aikido, pertandingan hanya akan membuat kemurnian gerakan aikido berkurang. Meski tak ada pertandingan, setiap tahun biasanya diadakan embukai, sebuah kegiatan yang bertujuan untuk promosi dan perkenalan aikido. Biasanya kegiatan ini berupa seminar aikido dan pertunjukan kemampuan seni beladiri aikido.

AIKIDO berakar pada teknik beladiri kuno Jepang, seperti jujitsu, kenjitsu, dan bojutsu. Pada awalnya, aikido dikembangkan oleh Pangeran Teijun, putra keenam Kaisar Seiwa. Kemampuan beladiri ini digunakan oleh para prajurit kekaisaran Jepang untuk berperang dan merupakan benteng pertahanan diri yang cukup efektif pada masa itu. Tak heran jika kemampuan beladiri ini merupakan syarat mutlak bagi setiap parjurit.

Peletak dasar teknik beladiri yang kemudian dikenal dengan nama aikido ini adalah Minamoto Genii Yoshimitsu. Pada masa itu, teknik beladiri ini dikenal dengan nama Daito Ryu Aildjutsu. Daito adalah nama sebuah puri tempat latihan beladiri ini biasa berlangsung. IImu ini terus dikembangkan secara tertutup di Jepang sampai masa restorasi Meiji pada 1868.

Setelah masa restorasi Meiji, teknik beladiri ini mulai dikembangkan secara luas tapi belum cukup popular. Adalah Prof. Morihei Ueshiba yang kemudian membuat seni beladiri ini dikenal luas pada 1925. Dengan pengetahuan clan pengalaman yang dimiliki, murid Sokaku Takeda itu mengombinasikan gerakan beladiri ini dengan beladiri tradisi kuno dan pendalaman spiritual.

Simbiosis dari apa yang dilakukan oleh Morihei tersebut yang hari ini dikenal dengan aikido. Sebenarnya, ketika pertama kali diperkenalkan, Morihei menggunakan nama Aiki Budo. Istilah aikido baru digunakan pada 1941. Penggunaan nama aikido tak bisa dilepaskan dari filosofi yang digunakan dalam teknik beladiri ini. Dalam terminologi Jepang, aikido berarti jalan bagi keselarasan jiwa.

Filosofi aikido itu seolah terpinggirkan ketika dihadapkan pada realita dunia hari-hari ini. Ketika kekerasan dan perang terjadi di hampir semua belahan bumi, aikido menjadi sebuah paradoks. Bukan sebuah hal yang aneh bagi mereka yang menekuni aikido, karena aikido selalu paradoksal. Dalam kelembutan dan keindahan gerakannya, kekerasan selalu bisa mereka patahkan. (OLeh: Christo Korohama/ Foto: Istimewa)


Sumber: Majalah Manly
 
gw udah baca2 buku aikido,mantapp
pgn latihan didaerah jaksel. ad yg tau ?? skalian biaya.
di aikido ga ada kejuaraanny kan? karena aikido bersifat defense
 
gw udah baca2 buku aikido,mantapp
pgn latihan didaerah jaksel. ad yg tau ?? skalian biaya.
di aikido ga ada kejuaraanny kan? karena aikido bersifat defense

aikido ga ada kejuaraan, biaya relatifnya tergantung dojo, tpt saya 50k/bulan.
 
tanya dunk, ujian kenaikan tingkatnya gimana ?
thx
 
kalo liat di film2, gaya berantemnya Steven Seagle tuh pake Aikido ya..?
 
gw dulu juga smpat belajar,emank sie di pku lom ada

tp gw punya tmn anak medan,dia dulu pernah ikut aikido

jdi dia minat bgt mau ngajarin gw

lumayan sie latihan ny /heh

cm krn kmrn gw sempat operasi,jdi latihan ny udh stop /sob
 
Aikido? wah dari dulu pingin bgt ikut tp berhubung ni platina masi nempel di bahu...jadi ga bisa...kudu bsabar ampe platinanya di lepas :D Thankz bgt 4 da info ;)
 
kk 666,belajar aikido medannya dimana??adinegoro yg tempatnya banyak calo polisi sialan itu ya..
 
ada tempat aikido baru tu di kemang, sampingnya kemcik, di spanduknya katanya yang ngajar murit langsung dari Stepen Seagal... saya lupa namanya.. tapi berbau latin gitu
 
kk 666,belajar aikido medannya dimana??adinegoro yg tempatnya banyak calo polisi sialan itu ya..

di USU skrg, kalau yang di adinegoro itu, pas diantara Markas Dinas perhubungan dan Poltabes, kalau mau bagus, bagusan ke yang Setia Budi ( Andro Dojo )
 
Rei .... 666

penjelasan bro ttg aikido cukup mudah dimengerti.
namun sayang, saat ini banyak teknik aikido yang tidak efektif saat dipakai diluar dojo contohnya: katate dori ikkyo omote dan ura.

banyak celah yang dapat dipakai oleh lawan jika aikidoka tidak matang dalam penguasaan teknik dan masih menggunakan tenaga lengan.

saat ini saya masih menekuni aikido aliran aikikai dan sebelumnya aliran shudokan yoshinkan. ada 1 gaya aikido yang menarik buat saya selain ke 2 aliran yang sudah saya sebutan.

saya hendak mencari aliran nishio, apakah bro 666 punya kenalan di bandung?
arigatau gozaimasu!

deep rei ...!
 
hemmm,,
kerennya aikido,,
tanpa tenaga bisa mbalikin serangan lawan,,
jadi temen2 yang krempeng abis bisa bela diri..heheheee

pernah gw jadi sasaran latihan temen yang abis pulang dari dojo..
dibanting sampai muter2 di udara,,
anjrit!
aikido emang keren abis!
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.