• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

[Mahayana]Makan daging sapi

Darkmarket,lo ga bisa menghargai agama dan aliran?Lo perasaan sering banget cari masalah kepada umat lain di forum ini
 
dan untuk kk GF,kk CC,Ato mungkin Moderator Effie,sabar aja...org kek gitu udah sesat.
 
Kaget dan sedih banget saya melihat postingan Dark Market di forum religi ini /sob
Saya tidak mengira, bahwa perkataan Dark Market sekasar dan sejorok ini /sob

Saya kira Darkmarket post nya hanya sebatas menyerang untuk memicu flame saja seperti beberapa Thread yang dia buat untuk menyerang saya, beberapa thread yang dia buat masih sopan loh,..... ga tahu nya setelah beberapa hari saya main-main di sini, terlihat sekali bahwa dia sangat keterlaluan berulah di forum ini X(
Umpama dulu dia berkata -kata jorok pada saya, wah saya langsung periksa deh all post dia..........
pintar juga dia [-(


Memang di forum lain di IndoForum Darkmarket ini memang orangnya kalau post suka kasar, tapi sungguh saya tidak mengira ternyata main kasar dan lebih jorok di sini :(

Mudah-mudahan forum ini lebih nyaman tanpa kehadiran dia, tetapi bila dia telah sadar saya tidak menutup dia hadir kembali dengan kelakuan yang telah sembuh dari sakitnya >:D<

OK back to topic....

Jadi Buddha makan daging sapi, ayam, udang tidak dilarang ya....
hanya saja mungkin yang dilarang adalah sewaktu kita masuk ke restoran sea food, yang disana di sediakan berbagai jenis ikan hidup dan kita memilih untuk kita makan disana setelah dimasak...
termasuk pembunuhan binatang atas kehendak kita gitu ya :D
Oh sekarang saya lebih tahu nih, tentang larangan2 makan daging /heh
 
cc,dia sudah diblok?

lho...bukannya semua daging dilarang...Kan kita mengasihi makhluk hidup.Atau hanya aliran Maitreya yang tidak boleh makan daging hewan apapun?
 
cc,dia sudah diblok?

lho...bukannya semua daging dilarang...Kan kita mengasihi makhluk hidup.Atau hanya aliran Maitreya yang tidak boleh makan daging hewan apapun?

@kevint dan cc Effie

Di agama Buddha (selain aliran Maitreya) di perbolekan makan daging asal itu sudah berbentuk bangkai, jadi bukan kita yang memberikan perintah untuk membunuh makhluk tersebut. Tapi kalau di aliran Maitreya dianjurkan untuk bervegetarian untuk mengembangkan cinta kasih. Walau anjuran ini tdk di paksakan, jadi bagi umat Maitreya yang msh ingin menyantap daging bole bole aja, asal tidak di lakukan di lingkungan vihara, jadi silakan makan di luar sana. Beda dengan umat aliran Theravada yang memperbolekan umat-2 membawa daging ke dlm vihara untuk di persembahkan kepada para Bhikku (yg saya dgr spt itu, kalau ada yang salah saya minta maaf atau bole tolong di ralat oleh umat Theravada).
Jadi perbedaan pendapat sampai saat ini yang terus berlanjut adalah :
Aliran Maitreya : Mengembangkan cinta kasih selain kepada sesama manusia juga harus kepada hewan, yaitu dgn jalan hidup sehat bervegetarian. Walau kita membeli daging di pasar yang telah berubah menjadi bangkai juga sangat tidak di anjurkan walau bukan kita yang menyuruh penjagal untuk membunuh hewan2 tersebut. Tp disini berlaku hukum dimana ada permintaan di situ ada penjagalan berlaku. Jagal hewan2 karena ada yang berminat membeli, coba bayangkan kalau 25 % saja manusia di dunia bervegetarian, saya yakin hewan yang mati terbunuh setiap harinya pasti akan berkurang 25% karena tak ada permintaan jadi untuk apa mereka jagal banyak2, toh nanti tak laku kan daging2 tersebut rusak akhirnya di buang dan mereka mengalami kerugian, bukan? Jd akhirnya hewan yg terbunuh setiap hari akan berkurang 25%.
Aliran Theravada/Mahayana : Membeli daging yang berupa bangkai di perbolekan karena mereka tak tahu, tak melihat, tak berniat, tak menyuruh hewan tersebut untuk di jagal. Mereka menganggap membeli bangkai hewan yang telah mati adalah sah-sah saja.
 
@chinesculture
namanya saja juga aliran berbeda, pasti didalam nya ada pengajaran yang tidak bisa di toleran satu sama lain, sehingga terciptanya aliran yang bermacam-macam.
Andaikata perbedaan tadi bisa disatukan atau dicari titik temunya, pastilah tidak terjadi terbentuknya aliran2 ini.
Oleh sebab itu, didalam forum seperti ini adalah hubungan sesama member secara maya, alangkah baiknya apabila kita mengakui perbedaan2 yang ada, tetapi tetap menghormati faham mereka.
Tentang kebenaran yang tahu adalah Tuhan / Buddha sendiri, karena peradilan di bumi ini belum pasti, maka sesuai dengan kemantapan kita, ya kita pilih aliran2 yang sesuai dengan pilihan kita.
Perbedaan yang ada, sah-sah saja di tulis, tetapi kebenaranya pastilah setiap insan merasa apa yang dianutnya adalah yang paling benar.

Kepercayaan adalah sesuatu yang mau tidak mau membawa dampak fanatik dalam kehidupannya, jika tidak demikian, kita tidak akan mempunyai pendirian, bisa terombang-ambing.
Tetapi kefanatikan yang ada didalam diri kita, janganlah di terapkan untuk orang lain, karena dengan begitu akan membuat orang di sekitar kita tidak welcome terhadap kita. Jadi kefanatikan memang ada, itu tidak dapat kita pungkiri, tetapi pada kenyataannya kita hidup bermasyarakat yang mempunyai ajaran, kepercayaan yang beragam.
Alangkah baiknya di dalam perbedaan pendapat, kita tetap menghargai satu sama lain.
Saling menguatkan, bila kita sedang mendapat cobaan, teman2 dapat saling menghibur dan memberikan dorongan spiritual yang positif bagi kaum Buddhiesm.

@all
Sekarang saya baru mengerti, bahwa hanya aliran Buddha Matreiya yang tidak diperbolehkan makan daging, tetapi masih bisa mengkonsumsi susu, madu, keju, telur dsb.

Sedang yang Theravada Mahayana, masih boleh makan daging, asal kan daging itu sudah tersedia dipasar, tidak di bunuh atas keinginan kita :D

Seneng nih dapat pengetahuan baru \:D/
 
@cc Effie

Betul sekali kata anda, kefanatikan tidak boleh berubah menjadi suatu keegoisan, dimana orang lain harus mengikuti faham kita. Kefanatikan tidak membuat kita menjadi menghina atau merendahkan agama orang lain, krn dgn begitu kita telah menyakiti orang lain, dan hal ini pasti mendapat tentangan dari agama yang kita anut yaitu dimana praktek kasih itu? Kasih itu tidak menyakiti perasaan orang lain.
Seperti yang selalu di terapkan dlm aliran Maitreya bahwa umat Maitreya harus menghormati semua agama yang ada terbukti dari aliran Maitreya memuja para Nabi Suci dari semua agama tersebut setiap dalam sembahyang (bakti puja) yang di lakukan 3 kali sehari, termasuk di dlmnya Yesus, Muhammad, Lao Tzi, Kong Hu Cu, dan msh bnyk lagi. Untuk menghormati jasa para Nabi Suci tersebut kami memberikan sujud 5 kali setiap dlm ritual sembahyang kami.

xie xie che bei
 
haloooo

aku bukan Buddhis, tapi pengen tau aja kenapa kok temenku yg Budhiss ngak mau mam daging sapi.

Kemarin sempet beliin krupuk rambak, tau??
ternyata itu dari sapiii..... aku aja ngak tau.

nah aku kasih ke temenku yg Budhiss (emang oleh2 dari solo si)
UNTUNG...... belum dimaem aduhhhh....nyariss....hampir....

aku merasa bersalah banget.....

klo aku si terlepas dari semua nya.....lagi pengen bisa ngak maem daging....
gimana caranya ya? lagi pengen mencintai sayurrr lebih lagiiii

oya boleh tanya ga? jadi kalo misalnya aku membungkus makanan dalm 1 plastik yg isinya tempe sama sapi....gimana?
tempe nya masih boleh dimaem ngaaa....sama temenku yg Budhiss itu...apalagi kalo dia vegetarian murniiii

takut salah nie....

thx before
 
@merrymei

cara plg mudah melepaskan daging dan hanya makan sayur2an adalah dengan bertahap mengurangi konsumsi daging, lama kelamaan akan menjadi hanya makan sayur2 saja.
biasanya buddhis yg tdk mkn daging sapi adalah mereka yang menghormati Bodhisatva Avalokitesvara (Kwan Im).

Tempe yang tercampur daging sapi tak boleh di berikan kepada seorang vegetaris murni.
 
kalau sudah bersentuhan dgn daging,sayuran itu juga jd tidak boleh dimakan vegetaris murni ya intinya?
 
"Yam hi kiccam apaviddham
akiccam pana kariyati
unnalanam pamattanam
tesam vaddhanti asava.

Yesanca susamaraddha
niccam kayagata sati
akiccam te na sevanti
kicce sataccakarino
satanam Sampajananam
attham gacchanti asava."

Orang yang melakukan yang seharusnya tak dilakukan
dan tidak melakukan apa yang seharusnya dilakukan,
maka kekotoran batin akan terus bertambah
dalam diri orang yang sombong dan malas seperti itu.

Mereka yang selalu giat melatih perenungan
terhadap badan jasmani,
tidak melakukan apa yang seharusnya tak dilakukan,
dan melakukan apa yang seharusnya dilakukan,
maka kekotoran-kekotoran batin
akan lenyap dari diri mereka
yang memiliki kesadaran dan pandangan terang seperti itu.
 
sebetulnya sesuatu yang seharusnya di lakukan atau sesuatu yang seharusnya tidak di lakukan tergantung kepada siapa dan bagaimana orang tersebut memandangnya. Setiap orang mempunyai cara pandang/keyakinan yg berbeda-2 dlm segala hal termasuk hal agama. Saya tahu di aliran Theravada memang memandang hal yang di tanyakan oleh cc merrymei sebagai sesuatu yang tidak seharusnya di lakukan (boleh menyantap tempe yg tercampur daging sapi bagi seorang vegetaris murni) tapi bagi aliran Maitreya ini sebagai sesuatu yang seharusnya dilakukan (tidak boleh menyantap tempe yang tercampur daging sapi bagi seorang vegetaris murni). Berbeda halnya kalau orang tsb masih dlm tahap belajar bervegetarian (bkn vegetaris murni) maka sah sah aja menyantap tempe yg tercampur sapi.
Himbauan saya, yang tidak bervegetarian dan bervegetarian bisa saling menghormati dgn tidak memandang rendah satu sama yang lainnya barulah tercipta kerukunan umat beragama, spt kata cc Effie, wong beda ya pasti alirannya berbeda lah, hihihihihi
 
Halooo

Thx di reply...
Tapi aku kurang mengerti he he

Yah kejadian waktu itu, yang jualin makanan membungkus ayam dengan tempe jadi satu.... sedangkan temenku itu vegetarian, tapi belum vegetarian murniii

lalu ya tempenya ngak jadi dimaem .....gitu aja
hehe

tapi aku pengen tahu aja kejelasan nya.....
supaya lain kali aku tidak salah....lebih berhati-hati
kalo misalnya temenku titip beliin maem an lagi.....
kan aku sayanggg sama semua temen2ku dan menghormati mereka.........

aku sendiri pengen belajar tidak maem daging.......
karena apa ya?
yah aku sendiri kalo maem telur terus menerus malah jadi tambah banyak jerawatan.... trus maem udang jadi gatel-gatel....
jadi yah much better aku belajar nga maem daging....
tapi ternyata susah ya....
tapi aku mau coba ......
aku mau maem sayurrr .... he he
thx yaaaa
 
@merrymei

kalau begitu tanya langsung dgn teman anda. tanya apakah mereka mau mengkonsumsi nabati yang tercampur hewani? dengan begitu anda bisa membelikan makanan sesuai dgn kemauan mereka. Di aliran Maitreya sendiri, kalau yang telah berikrar vegetarian itu tak bole mengkonsumsi nabati yg tercampur hewani, jadi harus murni tanpa unsur daging. Kalau yg blom berikrar, mereka masih boleh makan yg tercampur hewani walau banyak umat Maitreya yang ingin makan makanan nabati yg bersih dari hewani sama sekali walau blom berikar.

Wah, walau anda dari agama lain, tapi semangat anda untuk bervegetarian besar sekali, baguslah...selain mendapatkan tubuh yg sehat, secara tidak langsung anda telah menjalankan praktek cinta kasih kpd hewan2. hehe
 
xiexie ....

iya nti aku tanyakan....
waaa formal sekali pake kata "anda"....

he he

hen duo xie2 ni:D
 
tambahan, wah enak ya jadi teman cc merrymei di beliin makanan dan di perhatikan terus, kayanya bersyukur banget tuch tmn2 cc merrymei, hehehe, kapan ya bisa jadi temen cc merrymei, huahahahahahah just kidding ....
 
@chineseculture.. hehehe.. berniat jadi kawannya merrymei kok pake kata just kidding?? hehehe.. beneran kan jg ngk apa2 kk.. hehehe..

ya.. cece merrymei kalo mo blajar sayur biasanya cewek lebih cepet lo.. dibuat diet sekalian soalnya.. ^^'
 
2 hari ini saya coba catering vegetarian
wah kok ga enak ya /sob
bentuknya udah cantik2 tapi rasanya tetap ga enak
dan kebetulan saya punya sakit lambung
jadi kalau makan sayuran terlalu banyak
lambungnya ga kuat...
makanya sy coba catering sama ahli gizi
agar sayuran yang keras tidak diikutsertakan
cuman rasanya ga enak /sob
coba lagi dulu ah, sembari kurangin resiko kolestrol barangkali saja ada /heh
btw makan sayuran bisa diit bikin kurus ya ?
 
lho,vegetarian itu enak lho cc.Coba deh kaki jamur...
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.