• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Zombie : Fakta

rosa89

IndoForum Junior A
No. Urut
77770
Sejak
13 Agt 2009
Pesan
2.699
Nilai reaksi
165
Poin
63
Kalau bicara tentang Zombie, pastilah ingat dengan salah satu game survivor horor paling fenomenal yaitu Resident Evil series. Namun kenyataannya zombie tidak sesuai dengan apa yang tergambar, kebenaran fakta mengenai zombie ini sebetulnya kurang sesuai dengan gambaran umum yang sering beredar.

Menurut ajaran Voodoo, dukun ilmu hitam atau pendeta voodoo yang disebut Bokor bisa menghidupkan kembali manusia yang sudah mati. Zombie tidak memiliki kemauan sendiri sehingga selalu berada di bawah kendali sang majikan. "Zombi" juga merupakan nama untuk dewa ular voodoo yang bernama Damballah Wedo asal Nigeria-Kongo yang dekat dengan kata nzambi yang dalam bahasa Kongo berarti "dewa".

Di tahun 1937, peneliti Zora Neale Hurston yang melakukan riset folklor di Haiti (Karibia) menemukan kasus Felicia Felix-Mentor yang meninggal di usia 29 tahun dan sudah dikubur di tahun 1907. Penduduk desa percaya bahwa mereka sering melihat Felicia yang sudah meninggal 30 tahun yang lalu masih suka berkeliaran di jalan-jalan. Kasus yang sama juga dijumpai pada beberapa orang yang lain. Zora Hurston berusaha mencari kebenaran kabar burung yang mengatakan zombie adalah manusia yang telah diberi ramuan obat-obatan, namun tidak berhasil menemukan orang yang mau membuka mulut tentang rahasia zombie.

Seorang pria yang bernama Clairivius Narcisse dijual kepada salah satu Dukun Voodoo oleh saudara laki2-nya,karena Clairvius menolak menjual bagian warisannya berupa tanah keluarga. Segera saja Clairvius dibuat meninggal dan dikuburkan.Namun,sebenarnya ia tidak benar2 mati,namun malah dijadikan zombie dan diperkejakan di perkebunan tebu bersama para pekerja zombie lainnya. Pada thn 1964,setelah pemilik zombie tsb meninggal,para zombie2 itu akhirnya menyebar dan mengembara melintasi pulau dalam keadaan “linglung” selama kurang lebih 16 tahun lamanya sebelum mereka2 ini ditangkap.

seorang ahli Etnobotani Kanada bernama Wade Davis mengangkat kasus zombie dari sudut pandang farmakologi, dalam dua buku berjudul The Serpent and the Rainbow (1985) dan Passage of Darkness: The Ethnobiology of the Haitian Zombie (1988). Menurut hasil penelitian Wade Davis sewaktu berada di Haiti tahun 1982, ramuan dua jenis bubuk obat yang dimasukan ke dalam aliran darah (biasanya lewat luka terbuka) dapat mengubah orang hidup menjadi zombie. Ketika tiba disana ia benar2 menemui beberapa dukun2 voodoo yang mempraktekkan cara pemuatan zombi. Intinya,buatlah mereka “mati” dan buatlah mereka “gila”,sehingga pikiran mereka dapat ditundukkan.Seringkali dukun2 tsb secara diam2 memberikan semacam obat2-an utk mencapai hal ini.

Bubuk obat pertama disebut coup de poudre (bahasa Perancis untuk "obat penyerang") yang membuat manusia dalam keadaan "seperti mati" akibat dosis tetrodotoksin. Tetrodoksin merupakan racun mematikan yang juga dikandung ikan buntal dan ikan fugu yang merupakan makanan lumrah di Jepang. Manusia yang diberi tetrodoksi dalam dosis nyaris mematikan (LD50 sebesar 1 mg), bisa berada dalam keadaan hampir mati untuk beberapa hari, tapi terus dalam keadaan sadar. Ramuan bubuk obat kedua dari tanaman genus Datura bersifat halusinogen dan membuat orang menjadi tidak memiliki kemauan sendiri. Setelah beberapa menit ramuan diberikan, para korban akan “terlihat” seperti mati, dengan napas dan detak jantung yang sangat lambat dan lemah.
Nah kalau sudah begitu,maka orang2 yang melihatnya mengira ia telah mati dan segera dikuburkan.Tapi ingat,mereka ini belum benar2 mati,mungkin hanya dukun2 yang menyebabkan mereka seperti itulah yang benar2 mengetahui kondisi sebenarnya. Kemudian,setelah ia dikubur oleh keluarganya,para dukun harus menunggu terlebih dahulu selama kira2 beberapa jam untuk menggali dan kemudian mengambil jasadnya.

Ramuan datura ini sifatnya memutus hubungan pikiran dengan realitas,dan kemudian menghancurkan seluruh ingatan yang ada.Setelah mengkonsumsi itu mereka akan kebingungan,tidak tahu ini hari apa, dimana mereka berada, bahkan status dirinya sendiri ia tidak tahu. Nah, sekarang zombie yang telah berada dalam kondisi semipermanen menjadi gila, dijual ke perkebunan tebu sebagai budak pekerja. Mereka diberi datura lagi jika perasaan mereka terlihat mulai pulih.

Analisis Kimia dari Pembuatan Zombie --------------------------------------

Ikan buntal dikenal di Jepang dengan nama Fugu. Racunnya disebut “tetrodotoksin”,racun saraf yang mematikan. Efek penghilang rasa sakitnya 160.000 kali lebih kuat daripada kokain. Memakan ikan jenis ini bisa membuat “Keblinger” karena kandungan racunnya. Di Jepang,banyak orang2 yang mati setelah menyantap ikan jenis ini,pada umumnya toksin tsb dengan cepat menurunkan suhu tubuh dan tekanan darah,selain itu dapat menyebabkan orang yang memakannya mengalami koma.

Sedangkan datura adalah sejenis rumput jimson (nama latinnya brugmansia candida), tumbuhan ini mengandung bahan kimia atropin,hyoskiamin dan skopolamin yang apabila dikonsumsi akan menyebabkan kita kehilangan ingatan. Bahkan jika mengkonsumsinya telalu banyak,kelumpuhan dan kematian akan mendatangi kita.

Orang yang memberi bahan kimia diatas haruslah cukup terampil,harus bisa memperkirakan takaran secukupnya pada manusia yang mau dijadikan zombie supaya nantinya tidak "kebablasan" mati.


--------------------------------------------------------------------------
Repost gak ya?. Moga2 kagak ah /ho...
 
baru denger tentang ini gw....
setengah percaya sama hal ini.... emg ya manusia bisa di buat zombie beneran????
 
keren juga nih thread
nice post ya
 
gw jg pernah baca kok kalo zombie emang ada. Klo ga salah orang sengaja dibikin linglung pake tumbuhan apa gitu trus dijadiin budak di perkebunan........
hiiiiy serem...../hmm
 
Sedangkan datura adalah sejenis rumput jimson (nama latinnya brugmansia candida), tumbuhan ini mengandung bahan kimia atropin,hyoskiamin dan skopolamin yang apabila dikonsumsi akan menyebabkan kita kehilangan ingatan. Bahkan jika mengkonsumsinya telalu banyak,kelumpuhan dan kematian akan mendatangi kita.

Gw malah tertarik dengan ini,,bahaya benget nih bisa bikin ilank ingatan.................................../hmm/hmm/hmm
 
Jadi penasaran mau lihat seperti apa sih bentuk bubuk nya :-?
 
^
Wah bahaya,,ada yang pengen mencoba....................................:)):)):))

Anak baek jangan meniru ini yo................................:)):)):))
 
Belumtentu juga caranya seperti yg udah di bilang TS, mungkin aja da cara lain atau tidak ada zombi sama sekali..
 
wew jadiin percobaan nih ke teman2 bagus juga.. mana tau dianya jadi zombie.. hehehe
kalo dah jadi zombie baru kita bantai deh. kan uda lepas dari hukum nih, emank ada hukum ga boleh bantai zombie. wekeke
 
ZOmbe,,,,, jadi ingat yang bangkit dari kubur,,,, serem gan,,, itu orang OTAKNYA RUSAK di grogotin virus UMBRELLA ....... loh kok jadi RE sih ceritaanya
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.