• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Berita WikiLeaks Mengungkapkan Rahasia File Tahanan Guantanamo!!!!!

napster

IndoForum Newbie A
No. Urut
153823
Sejak
10 Okt 2011
Pesan
394
Nilai reaksi
7
Poin
18
Dalam rilis terbaru dari dokumen rahasia AS, WikiLeaks bersinar terang kebenaran pada ikon terkenal dari pemerintahan Bush "Perang Melawan Teror" - penjara di Guantanamo Bay, Kuba, yang dibuka pada tanggal 11 Januari 2002, dan tetap terbuka di bawah Presiden Obama, meskipun janjinya untuk menutup fasilitas banyak dikritik dalam waktu satu tahun menjabat.

Dalam ribuan halaman dokumen berumur 2002-2008 dan tidak pernah dilihat sebelumnya oleh anggota masyarakat atau media, kasus-kasus dari mayoritas para tahanan ditahan di Guantanamo - 765 dari 779 total - dijelaskan secara rinci dalam memorandum dari JTF-GTMO, Joint Task Force Guantanamo Bay, Komando Selatan AS di Miami, Florida.

Ini memorandum, dikenal sebagai Brief Penilaian Tahanan (oleskan), berisi rekomendasi JTF-GTMO tentang apakah para tahanan tersebut harus terus diadakan, atau harus dilepaskan (dialihkan ke pemerintah rumah mereka, atau kepada pemerintah-pemerintah lainnya). Mereka terdiri dari banyak informasi penting dan sebelumnya tidak diungkapkan, termasuk penilaian kesehatan, misalnya, dan, dalam kasus-kasus mayoritas 172 tahanan yang masih ditahan, foto (sebagian besar untuk pertama kalinya).

Mereka juga termasuk informasi mengenai 201 tahanan pertama yang dirilis dari penjara, antara 2002 dan 2004, yang, tidak seperti informasi tentang sisa tahanan (ringkasan transkrip bukti dan pengadilan, dirilis sebagai hasil dari gugatan yang diajukan oleh kelompok media pada tahun 2006 ), belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Sebagian besar dokumen-dokumen ini mengungkapkan rekening ketidakmampuan akrab bagi mereka yang telah mempelajari Guantanamo erat, dengan laki-laki tidak bersalah ditahan secara tidak sengaja (atau karena AS menawarkan karunia besar untuk sekutu-sekutunya untuk al-Qaeda atau Taliban tersangka), dan banyak wajib militer Taliban tidak signifikan dari Afghanistan dan Pakistan.

Di luar kasus-kasus sebelumnya tidak diketahui, dokumen juga mengungkap kisah-kisah dari 399 tahanan lainnya dibebaskan dari September 2004 sampai hari ini, dan dari tujuh orang yang telah meninggal di penjara.

Memo-memo yang ditandatangani oleh komandan Guantanamo pada waktu itu, dan menjelaskan apakah para tahanan yang bersangkutan dianggap sebagai risiko rendah, menengah atau tinggi. Meskipun mereka jelas tidak konklusif dan dari dirinya sendiri, karena keputusan akhir tentang disposisi dari tahanan dibawa pada tingkat yang lebih tinggi, mereka tidak hanya mewakili pendapat dari JTF-GTMO, tetapi juga Satuan Tugas Investigasi Kriminal, yang diciptakan oleh Departemen Pertahanan untuk melakukan interogasi dalam "Perang Melawan Teror," dan BSCTs, tim yang terdiri dari ilmu perilaku psikolog yang memiliki mengatakan besar di "eksploitasi" terhadap para tahanan di interogasi.

Krusial, file juga mengandung penjelasan rinci tentang intelijen seharusnya digunakan untuk membenarkan penahanan para tahanan '. Bagi banyak pembaca, ini akan menjadi bagian paling menarik dari dokumen, karena mereka tampaknya menawarkan wawasan luar biasa ke dalam kerja intelijen AS, tetapi meskipun banyak dari dokumen muncul janji bukti tahanan 'hubungan dengan al-Qaeda atau lainnya organisasi teroris, sangat hati-hati diperlukan.

Dokumen menarik pada kesaksian saksi - dalam kebanyakan kasus, para tahanan 'sesama tahanan - yang kata-katanya tidak dapat diandalkan, baik karena mereka menjadi sasaran penyiksaan atau bentuk-bentuk pemaksaan lain (kadang-kadang tidak di Guantanamo, tetapi dalam penjara rahasia yang dijalankan oleh CIA ), atau karena mereka memberikan pernyataan palsu untuk mengamankan pengobatan yang lebih baik di Guantanamo.

Penampilan reguler seluruh dokumen-dokumen tersebut oleh saksi-saksi yang kata-katanya harus dianggap sebagai dipercaya meliputi "tahanan bernilai tinggi" atau "tahanan hantu". Harap dicatat bahwa "ISN" dan nomor dalam kurung setelah nama-nama para tahanan 'mengacu pada "Penahanan Nomor Serial" singkat dimana para tahanan atau diidentifikasi dalam tahanan AS:

Abu Zubaydah (ISN 10016), yang seharusnya "tahanan bernilai tinggi" disita di Pakistan pada Maret 2002, yang menghabiskan empat setengah tahun di penjara rahasia CIA, termasuk fasilitas di Thailand dan Polandia. Mengalami waterboarding, suatu bentuk tenggelam dikendalikan, pada 83 kesempatan dalam tahanan CIA Agustus 2002, Abu Zubaydah dipindahkan ke Guantanamo dengan 13 lainnya "bernilai tinggi tahanan" pada bulan September 2006.

Ibn al-Syaikh al-Libi (ISN 212), emir kamp pelatihan militer yang Abu Zubaydah adalah penjaga gerbang, yang, walaupun memiliki kamp tertutup oleh Taliban pada tahun 2000, karena ia menolak untuk memungkinkan untuk diambil alih oleh al-Qaeda, yang dijelaskan dalam dokumen-dokumen sebagai komandan militer Osama bin Laden di Tora Bora. Segera setelah ditangkap pada Desember 2001, al-Libi adalah diberikan oleh CIA ke Mesir, di mana, di bawah penyiksaan, dia salah mengaku bahwa al-Qaeda telah bertemu dengan Saddam Hussein untuk membahas memperoleh senjata kimia dan biologi. Al-Libi menarik kembali ini kebohongan khusus, tapi itu tetap digunakan oleh pemerintahan Bush untuk membenarkan invasi ke Irak pada Maret 2003. Al-Libi tidak pernah dikirim ke Guantanamo, meskipun di beberapa titik, mungkin pada tahun 2006, CIA mengirimkan kembali ke Libya, di mana dia dipenjarakan, dan di mana ia meninggal, diduga dengan cara bunuh diri, pada Mei 2009.

Sharqawi Abdu Ali al-Haji (ISN 1457), seorang Yaman, juga dikenal sebagai Riyadh Fasilitator, yang ditangkap dalam serangan rumah di Pakistan pada Februari 2002, dan dideskripsikan sebagai "fasilitator Al-Qaeda." Setelah penangkapannya, ia dipindahkan ke sebuah penjara penyiksaan di Yordania dijalankan atas nama CIA, di mana ia ditahan selama hampir dua tahun, dan kemudian ditahan selama enam bulan di AS fasilitas di Afghanistan. Dia diterbangkan ke Guantanamo pada September 2004.

Yislam sanad al-Kazimi (ISN 1453), seorang Yaman, yang ditangkap di UAE pada Januari 2003, dan kemudian ditahan di tiga penjara rahasia, termasuk "Penjara Gelap" di dekat Kabul dan fasilitas rahasia di dalam penjara AS di Bagram pangkalan udara . Pada bulan Februari 2010, di Pengadilan Distrik di Washington DC, Hakim Henry H. Kennedy Jr diberikan permohonan habeas corpus dari seorang tahanan Yaman, Utsman Abdul Rahim Muhammad Utsman, terutama karena ia menolak untuk menerima kesaksian yang dihasilkan oleh baik Sharqawi al-Haji atau sanad al-Kazimi. Sebagaimana ia menyatakan, "Pengadilan tidak akan bergantung pada pernyataan Haji atau Kazimi karena ada unrebutted bukti dalam catatan yang, pada saat interogasi di mana mereka membuat pernyataan, baik laki-laki baru saja disiksa."

Ahmed Khalfan Lainnya termasuk Ghailani (ISN 10012) dan Walid bin Attash (ISN 10014), dua lagi dari "tahanan bernilai tinggi" ditransfer ke Guantanamo pada September 2006, setelah ditahan di penjara-penjara rahasia CIA.
Saksi tidak dapat diandalkan lainnya, ditahan di Guantanamo selama penahanan mereka, meliputi:

Yasim Basardah (ISN 252), seorang Yaman yang dikenal sebagai pembohong terkenal. Sebagai Washington Post melaporkan pada Februari 2009, ia diberi perlakuan istimewa di Guantanamo setelah menjadi apa beberapa pejabat dianggap sebagai informan yang signifikan, meskipun ada banyak alasan untuk meragukan. Seperti Post mencatat, "... para pejabat militer menyatakan keberatan mengenai kredibilitas saksi bintang mereka sejak 2004," dan pada tahun 2006, dalam sebuah artikel untuk Journal Nasional, Corine Hegland menggambarkan bagaimana, setelah Pengadilan Review Status Kombatan di mana sebuah tahanan telah membuat pengecualian informasi yang diberikan oleh Basardah, menempatkan dia di sebuah kamp pelatihan sebelum dia bahkan tiba di Afghanistan, utusan pribadinya (seorang pejabat militer yang ditugaskan bukan pengacara) menyelidiki berkas Basardah, dan menemukan bahwa ia telah membuat klaim serupa terhadap 60 lainnya tahanan secara total. Pada Januari 2009, di Pengadilan Distrik di Washington DC, Hakim Richard Leon (suatu diangkat dari George W. Bush) dikecualikan pernyataan Basardah sementara pemberian permohonan habeas corpus Muhammad El-Gharani, Chad nasional yang hanya 14 tahun ketika ia disita dalam serangan di sebuah masjid di Pakistan. Leon Hakim mencatat bahwa pemerintah telah "secara khusus memperingatkan terhadap mengandalkan pernyataan tanpa bukti yang menguatkan independen," dan dalam kasus habeas lain yang diikuti, hakim lainnya mengandalkan preseden ini, mendiskreditkan "saksi bintang" lebih jauh.

Mohammed al-Qahtani (ISN 063), seorang Saudi dianggap sebagai pembajak ke-20 direncanakan untuk 9 / 11 serangan, menjadi sasaran program penyiksaan khusus di Guantanamo, disetujui oleh menteri pertahanan Donald Rumsfeld. Ini terdiri dari 20-jam interogasi setiap hari, selama beberapa bulan, dan berbagai lainnya "teknik interogasi yang ditingkatkan", yang sangat terancam kesehatannya. Variasi dari teknik ini kemudian bermigrasi ke tahanan lainnya di Guantanamo (dan ke Abu Ghraib), dan pada Januari 2009, tepat sebelum George W. Bush meninggalkan kantornya, Susan Crawford, pensiunan hakim dan teman dekat dari Dick Cheney dan David Addington, yang ditunjuk untuk mengawasi komisi militer di Guantanamo sebagai otoritas mengadakan, kata Bob Woodward bahwa ia telah menolak tuntutan terhadap al-Qahtani, karena, saat ia mengatakan, "Kami disiksa Qahtani pengobatan Nya memenuhi definisi hukum dari penyiksaan.." Akibatnya, berbagai pernyataan tentang tahanan lainnya harus dianggap sebagai tidak berharga.

Abd al-Hakim Bukhari (ISN 493), seorang Saudi dipenjara oleh al-Qaeda sebagai mata-mata, yang dibebaskan oleh pasukan AS dari penjara Taliban sebelum dikirim, entah, ke Guantanamo (bersama dengan empat orang lainnya dibebaskan dari penjara) dianggap dalam file sebagai anggota al-Qaeda, dan saksi dapat dipercaya.

Abd al-Rahim Janko (ISN 489), seorang Kurdi Suriah, disiksa oleh al-Qaeda sebagai mata-mata dan kemudian dipenjarakan oleh Taliban bersama dengan Abd al-Hakim Bukhari, di atas, juga digunakan sebagai saksi, meskipun ia secara mental tidak stabil. Seperti penilaian pada bulan Juni 2008 menyatakan, "Tahanan ada di daftar berisiko tinggi tahanan dari perspektif kesehatan ... Dia memiliki beberapa masalah medis yang kronis Dia memiliki riwayat psikiatri dari penyalahgunaan zat, depresi, gangguan kepribadian borderline,. Dan sebelum mencoba bunuh diri yang dia adalah yang diikuti dengan perilaku kesehatan untuk pengobatan. "

Ini hanya beberapa kasus yang paling jelas, tapi pembaca waspada akan melihat bahwa mereka dikutip berulang kali dalam apa yang dimaksudkan untuk menjadi bukti pemerintah, dan harus, sebagai akibatnya, akan sulit untuk tidak menyimpulkan bahwa seluruh bangunan yang dibangun oleh pemerintah dasarnya tidak sehat, dan bahwa apa Files Guantanamo mengungkapkan, terutama, adalah bahwa hanya beberapa lusin tahanan benar-benar dituduh terlibat dalam terorisme.

Sisanya, dokumen-dokumen mengungkapkan pada pemeriksaan dekat, entah orang tak bersalah dan anak laki-laki, disita oleh kesalahan, atau prajurit Taliban, tidak berhubungan dengan terorisme. Selain itu, banyak dari para tahanan benar-benar dijual ke pasukan AS, yang menawarkan pembayaran karunia bagi al-Qaeda dan Taliban tersangka, oleh sekutu mereka Afghanistan dan Pakistan - sebuah kebijakan yang dipimpin mantan Presiden Musharraf menyatakan, pada tahun 2006 memoarnya, Dalam Line of Fire, yang, sebagai imbalan untuk menyerahkan 369 tersangka teror ke AS, pemerintah Pakistan "pembayaran diterima karunia sebesar jutaan dolar."

Fakta-fakta tidak nyaman seperti ini tidak terungkap dalam musyawarah dari Joint Task Force, tetapi mereka sangat penting untuk memahami mengapa apa yang dapat muncul menjadi sebuah koleksi dokumen mengkonfirmasikan retorika pemerintah keresahan tentang Guantanamo - retorika yang sama yang telah melumpuhkan Presiden Obama, dan menghidupkan kembali politik ketakutan di Kongres - sebenarnya adalah sebaliknya: anatomi kejahatan kolosal yang dilakukan oleh pemerintah AS pada 779 tahanan yang, untuk sebagian besar, tidak dan tidak pernah menjadi teroris pemerintah ingin kita percaya bahwa mereka adalah.

(Andy Worthington)
Cara Membaca File Guantanamo WikiLeaks

Hampir 800 dokumen dalam rilis WikiLeaks terbaru dari dokumen-dokumen rahasia AS yang memorandum dari Joint Task Force Guantanamo (JTF-GTMO), kekuatan gabungan yang bertanggung jawab dari "Perang Melawan Teror" AS penjara di Guantanamo Bay, Kuba, US Southern Command , di Miami, Florida, mengenai disposisi dari tahanan.

Ditulis antara 2002 dan 2008, memorandum semua ditandai sebagai "rahasia," dan subjek mereka adalah apakah untuk terus memegang tahanan, atau apakah akan merekomendasikan pembebasannya (digambarkan sebagai "transfer" nya - ke tahanan pemerintah sendiri, atau bahwa beberapa pemerintah lainnya). Mereka jelas tidak konklusif dan dari dirinya sendiri, karena keputusan akhir tentang disposisi dari tahanan dibawa pada tingkat yang lebih tinggi, namun mereka sangat signifikan, karena mereka mewakili tidak hanya pendapat dari JTF-GTMO, tetapi juga Satuan Tugas Investigasi Kriminal , yang diciptakan oleh Departemen Pertahanan untuk melakukan interogasi dalam "Perang Melawan Teror," dan BSCTs, tim yang terdiri dari ilmu perilaku psikolog yang memiliki mengatakan besar di "eksploitasi" terhadap para tahanan di interogasi.

Di bawah, judul "Penilaian JTF-GTMO Tahanan," memo umumnya mengandung sembilan bagian, menggambarkan para tahanan sebagai berikut, meskipun contoh-contoh sebelumnya, terutama yang berhubungan dengan tahanan yang dibebaskan - atau direkomendasikan untuk rilis - antara 2002 dan 2004, mungkin memiliki lebih sedikit analisis rinci dari berikut:
1. Informasi Pribadi

Setiap tahanan diidentifikasi oleh nama, alias, yang AS mengklaim telah diidentifikasi, oleh tempat dan tanggal lahir, oleh kewarganegaraan, dan Serial Number Penahanan (ISN). Ini daftar panjang angka dan huruf - misalnya US9YM-000027DP - digunakan untuk mengidentifikasi para tahanan di Guantanamo, membantu untuk merendahkan mereka, sebagaimana dimaksud, dengan melakukan jauh dengan nama-nama mereka. Bagian yang paling signifikan adalah jumlah menjelang akhir, yang umumnya dipersingkat, sehingga contoh diatas akan dikenal sebagai ISN 027. Dalam file, para tahanan diidentifikasi berdasarkan kebangsaan, dengan 47 negara secara total terdaftar menurut abjad, dari "az" untuk Afghanistan untuk "ym" untuk Yaman.
2. Kesehatan

Bagian ini menggambarkan apakah atau tidak tahanan tersebut memiliki masalah kesehatan mental dan / atau masalah kesehatan fisik. Banyak dinilai berada dalam kesehatan yang baik, tetapi ada beberapa contoh yang mengejutkan dari tahanan dengan mental yang berat dan / atau masalah fisik.
3. JTF-GTMO Penilaian

a. Di bawah "Rekomendasi," menjelaskan Satuan Tugas apakah tahanan harus terus diadakan, atau harus dibebaskan. b. Di bawah "Ringkasan Eksekutif," Task Force singkat menjelaskan penalaran, dan, dalam kasus-kasus yang lebih baru, juga menjelaskan apakah napi adalah risiko rendah, menengah atau tinggi sebagai ancaman terhadap AS dan sekutunya dan sebagai ancaman dalam penahanan ( yaitu berdasarkan perilaku mereka di Guantanamo), dan juga apakah mereka dianggap sebagai rendah, nilai intelijen menengah atau tinggi. c. Di bawah "Ringkasan Perubahan," jelas Satuan Tugas apakah telah ada perubahan dalam informasi yang diberikan sejak penilaian terakhir (umumnya, para tahanan dinilai atas dasar tahunan).
4. Rekening tahanan Acara

Berdasarkan kesaksian para tahanan ', bagian ini menempatkan bersama-sama account sejarah mereka, dan bagaimana mereka datang untuk disita, di Afghanistan, Pakistan atau tempat lain, berdasarkan kata-kata mereka sendiri.
5. Informasi Tangkap

Bagian ini menjelaskan bagaimana dan di mana para tahanan disita, dan diikuti dengan deskripsi harta mereka pada saat penangkapan, tanggal transfer mereka ke Guantanamo, dan, spuriously, "Alasan untuk Transfer ke JTF-GTMO," yang berisi daftar dugaan alasan untuk transfer tahanan ', seperti pengetahuan tentang topik-topik tertentu untuk eksploitasi melalui interogasi. Alasan bahwa ini tidak meyakinkan karena, sebagai mantan interogator Chris Mackey (nama samaran) menjelaskan dalam bukunya The Interogator, perintah tinggi AS, yang berbasis di Camp Doha, Kuwait, ditetapkan bahwa setiap tahanan yang berakhir di tahanan AS harus ditransfer ke Guantanamo - dan bahwa tidak ada pengecualian, dalam kata lain, "Alasan untuk transfer" yang dicangkokkan pada setelahnya, sebagai upaya untuk membenarkan sebagian besar acak pembulatan-up tahanan.
6. Evaluasi Rekening Tahanan yang

Pada bagian ini, Gugus Tugas menganalisis apakah atau tidak mereka menemukan rekening tahanan 'meyakinkan.
7. Ancaman tahanan

Bagian ini adalah yang paling signifikan dari sudut pandang intelijen seharusnya digunakan untuk membenarkan penahanan tahanan. Setelah "Penilaian", yang menegaskan kembali kesimpulan di 3b, bagian utama, "Alasan Penahanan Lanjutan," mungkin, sekilas, terlihat meyakinkan, tetapi harus menekankan bahwa, untuk sebagian besar, terdiri dari sedikit lebih dari tidak dapat diandalkan pernyataan yang dibuat oleh sesama tahanan para tahanan '- baik di Guantanamo, atau dalam penjara rahasia yang dijalankan oleh CIA, dimana penyiksaan dan bentuk-bentuk pemaksaan lainnya tersebar luas, atau melalui cara yang lebih halus di Guantanamo, di mana sesuai tahanan yang siap untuk membuat pernyataan tentang sesama tahanan mereka dihargai dengan pengobatan yang lebih baik. Beberapa contoh yang tersedia pada homepage untuk rilis dokumen-dokumen: The Guantanamo Files

Dengan pemikiran ini, perlu dicatat bahwa ada alasan bagus mengapa para pejabat pemerintahan Obama, di Angkatan antar Guantanamo Tinjauan Tugas didirikan oleh Presiden untuk meninjau kasus-kasus 241 tahanan masih ditahan di Guantanamo ketika ia mengambil kantor, menyimpulkan bahwa hanya 36 dapat dituntut.

Bagian akhir dari bagian ini, "Perilaku Tahanan itu," analisis secara rinci bagaimana para tahanan telah berperilaku selama penahanan mereka, dengan angka yang tepat dikutip untuk contoh dari "pelanggaran disiplin."
8. Nilai tahanan Intelijen Penilaian

Setelah mengulangi penilaian intelijen di 3b dan recapping mengenai status para tahanan diduga, bagian ini terutama menilai area mana kecerdasan tetap menjadi "dieksploitasi," menurut Satuan Tugas.
9. EC Status

Catatan Bagian akhir apakah atau tidak tahanan tersebut masih dianggap sebagai "pejuang musuh," berdasarkan temuan Pengadilan Review Status Kombatan, diselenggarakan di 2004-05 untuk memastikan apakah, pada penangkapan, para tahanan telah diberi label dengan benar sebagai "kombatan musuh." Dari 558 kasus, hanya 38 tahanan dinilai sebagai "pejuang musuh tidak lagi," dan dalam beberapa kasus, ketika hasil masuk mendukung tahanan ', militer mengadakan panel baru sampai mendapat hasil yang diinginkan

dah gw translate gan dr versi aslinya Disini
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.