• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

Waspada, Mungkin Hal Ini yang Jadi Penyebab Otak Lemot!

jennywijaya

IndoForum Newbie D
No. Urut
288379
Sejak
10 Nov 2020
Pesan
70
Nilai reaksi
0
Poin
6
Otak merupakan salah satu organ yang menggunakan lebih banyak energi daripada organ lainnya dalam tubuh manusia dan glukosa adalah sumber utama bahan bakar. Namun, apa yang terjadi ketika kita melakukan berbagai hal yang dapat menjadi penyebab otak lemot?


Nah, untuk mengetahui apa saja hal yang dapat menyebabkan otak Anda menjadi lemot, artikel berikut akan membahas apa saja hal yang bisa menyebabkan otak Anda menjadi lemot.

Penyebab otak lemot

Pada dasarnya banyak hal yang menyebabkan otak lemot. Mulai dari makanan, kebiasaan, hingga beberapa penyakit. Nah, berikut beberapa penyebab otak lemot, meliputi:

  1. Usia
Usia menjadi salah satu hal yang dapat menyebabkan otak menjadi lemot. Kecepatan pemprosesan yang melambat seiring bertambahnya usia itu instuitif bagi kebanyakan orang. Banyak lansia menyadari bahwa mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk memecahkan suatu masalah atau membuat keputusan daripada saat mereka masih muda. Namun, alasan otak lemot terkait usia dalam pemrosesan informasi ini tidak sepenuhnya dipahami dan mungkin berbeda dari orang ke orang.

Beberapa bukti kuat menunjukkan bahwa penurunan tersebut mencerminkan keausan materi putih di otak, yang terdiri dari semua kabel, atau akson, yang menghubungkan satu bagian otak ke bagian lain. transfer informasi yang lambat di sepanjang akson dapat menghambat kecepatan pemrosesan.

  1. Penyakit
Pada beberapa orang yang mengidap diabetes, merokok, tekanan darah tinggi atau disebut faktor risiko vascular dapat merusak pembuluh darah yang memberi makan materi putih otak, menyebabkan akson kekurangan oksigen dan glukosa yang sangat dibutuhkan dan bisa mempengaruhi kecepatan otak.

Selain itu, kecepatan pemrosesan yang melambat bisa menjadi tanda pertama penyakit neurodegenerative, seperti Alzheimer. Trauma kepala, termasuk gegar otak, penyakit Parkinson, dan demensia mungkin berperan dalam penyebab otak lemot.

  1. Jarang melatih otak
Salah satu penyebab otak lemot adalah jarangnya melatih otak itu sendiri. Otak yang jarang dilatih untuk berpikir ternyata dapat menyebabkan turunnya kinerja otak. Nah, untuk menghindarinya Anda dapat memainkan permainan yang dapat mengasah otak, seperti catur atau teka-teki silang.

  1. Stres
Stres menjadi salah satu penyebab berbagai macam penyakit, pun demikian dengan melemahnya otak atau otak lemot. Stres yang berlebihan ternyata dapat menurunkan daya ingat dan kinerja otak, otak lemot salah satunya. Hal tersebut terjadi karena adanya perubahan mood dan stres yang dapat menyerang ingatan special yang berfungsi untuk membantu kamu mengingat tempat dan mengaitkannya dengan objek tertentu. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan memanage stres itu sendiri.

  1. Jarang olahraga
Tidak hanya olahraga, kurangnya aktivitas fisik tidak hanya mempengaruhi kesehatan fisik, namun juga kesehatan mental. Pasalnya, tubuh yang jarang melakukan aktivitas fisik atau berolahraga akan terasa kurang sehat, dan kondisi tersebut akan memicu kinerja otak akibat suplai oksigen ke otak dan hasilnya otak menjadi lemot.

  1. Kurang tidur
Perlu Anda ketahui, otak juga membutuhkan istirahat. Jadi, kurangnya istirahat atau tidur akan membuat suplai oksigen otak akan terganggu. Nah, hal inilah menjadi salah satu penyebab otak lemot, karena kesulitan berkonsentrasi bahkan dapat membuat Anda pusing hingga mual.

  1. Konsumsi gula berlebih
Di otak, kelebihan gula dapat merusak keterampilan kognitif dan pengendalian diri kita. Bagi banyak orang, memiliki sedikit gula merangsang keinginan untuk lebih. Tidak hanya otak, kelebihan gula pun sangat berbahaya bagi seluruh tubuh. Bahkan satu contoh peningkatan glukosa dalam aliran darah dapat berbahaya bagi otak, mengakibatkan fungsi kognitif yang melambat dan defisit dalam memori dan perhatian.


Jadi, sebelum otak Anda menjadi lemot, sangat disarankan untuk menghindari beberapa penyebab otak lemot di atas. Jangan gunakan otak secara berlebihan dan jika waktunya istirahat, biarkan Anda tidur dan mengistirahatkan otak.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.