• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Warna Mobil Rentan Kecelakaan

Nemesis

IndoForum Activist E
No. Urut
55724
Sejak
26 Okt 2008
Pesan
9.732
Nilai reaksi
503
Poin
113
Berdasarkan penelitian, mengendarai mobil berwarna hitam berisiko tinggi mengalami kecelakaan, termasuk mobil berwarna silver dan abu-abu.

Seperti dikutip dari laman dailymail.co.uk, hasil penelitian dari Monash University di Australia mengungkapkan, mobil berwarna hitam, 47 persen lebih mungkin mengalami kecelakaan.

Sebuah studi yang dilakukan selama 20 tahun ini juga menyimpulkan, mobil hitam termasuk yang paling sering membahayakan pengemudinya, setelah itu menyusul mobil warna silver dan putih.

Lantas, warna mobil apa yang jarang alami kecelakaan? Warna kuning emas, ternyata dinyatakan paling aman untuk dikendarai.

Alasan seringnya terjadi kecelakaan, bukan hanya karena pengemudi lalai, namun bisa juga disebabkan visibilitas kendaraan, kata para peneliti. Hitam, silver, abu-abu, dan putih tidak terlihat dengan latar belakang jalan, pemandangan dan lalu lintas lainnya.

Hal ini karena warna hitam, putih , abu-abu dan silver merupakan warna yang kurang kontras dengan jalan, sehingga bisa menyamarkan mata pengendara lainnya.

Tim peneliti menemukan data polisi yang memeriksa 850.000 kecelakaan mobil, dalam waktu dan jenis malapetaka berbeda-beda. Kendaraan komersial, seperti taksi tidak diikutsertakan dalam penelitian.

Hasilnya, mobil berwarna hitam (sebanyak 47 persen) paling rentan mengalami kecelakaan, terutama di sore dan malam hari. Sedangkan di siang hari, 12 persen kecelakaan terjadi pada mobil putih.

Abu-abu atau silver adalah yang paling berisiko berikutnya, diikuti warna merah dan biru. Hal ini berdasarkan jurnal laporan keselamatan.

Menariknya, penelitian ini mengisyaratkan, mobil oranye mungkin bahkan lebih aman daripada yang putih, meskipun para ilmuwan tidak meyakini 100 persen tentang hal ini.

Akhirnya, para peneliti menyarankan agar lebih berhati-hati mengendarai mobil, terutama saat mengemudi mobil yang warnanya rentan kecelakaan. Solusi sederhana seperti penggunaan lampu di siang hari atau lampu berjalan secara efektif dapat mengurangi risiko. Saran lainnya, dianjurkan para pengemudi tidak mengendarai mobil dalam keadaan mabuk.


Sumber
 
^
WAahhh... nice post!!!

sprtinya ... kbnykan mobil berwarna hitam, merah, biru, putih dri pada warna emas di indonesia!!!!
 
wah, kalo biru gpp kk?
mobilku warna biru neh...
tar ada apa apa polak...
 
wow... kalo ga pake warna gmn? jadi warna stainless/besi.... =))
kant mantul banget tuh klo kena matahari... apalagi klo jadi warna chrome.... =))
 
wah kebetulan kita pakai mobil warna Gold/coklat brwons emas,.... aman deh menurut thread ini :-bd
tapi punya juga mobil warna hitam /wah
nah sebaiknya naik mobil warna apa saja mesti berhati-hati, apabila udah mendekati sore menjelang malam cepat saja nyalakan lampu nya /no1
 
mobil hitam paling rentan kecelakaan di malam hari soalnya warnanya yang gelap ya... /heh
 
Kalau di air brush warna-warni gimana ya /heh

jadi.. besok2 kalau cari yang warna kuning emas... visibilitasnya jadi panduan milih warna /no1
 
wah mantap analisannya, btw kalo warna hitam metalic apa tetap di pengaruhi warna dasar yach ?
 
wah mantap analisannya, btw kalo warna hitam metalic apa tetap di pengaruhi warna dasar yach ?

hitam metalic sy kira sama saja, karena hitam itu pekat ga mudah tampak apalagi dari jarak jauh, tiba2 udah deket kitanya baru lihat /wah

udah gitu dari segi kebersihan menurut sy mobil hitam paling tampak kalau kena debu, jadi harus rajin cuci mobil :(:(
 
saya fikir mobil warna hitam lebih besar persentase kecelakaannya dari pada mobil dengan warna lain karena persentase produksi mobil dengan warna hitam juga jauh lebih besar dibandingkan dengan mobil dengan warna lain...:-?
 
tapi warna biru tuh banyak celakanya tuh liat aja mobil teman gua sering masuk keluar bengkel
 
iiiish serem juga .
jadi mikir2 lagi buat beli mobil warna yg rawan kecelakaan .
mending go green aja kali yee .
 
:D

sebenarnya karena mobil warna hitam dan silver itu warna paling laku di pasaran..
ya jelas paling banyak kecelakaan, karena yang paling banyak beredar ya warna-warna tersebut

siapa juga yang mau beli mobil warna orange atau pink ?
paling 1 - 5 orang dari 100 orang... /heh
 
saya fikir mobil warna hitam lebih besar persentase kecelakaannya dari pada mobil dengan warna lain karena persentase produksi mobil dengan warna hitam juga jauh lebih besar dibandingkan dengan mobil dengan warna lain...:-?

Ane setuju gan... /no1
 
klo begitu dicat saja warna hijau stabilo, dijamin aman dari sengolan
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.