• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

Wajib Lihat Bagi Agan Yang Harap Berlangganan Hosting

Angela

IndoForum Senior A
No. Urut
88
Sejak
25 Mar 2006
Pesan
7.075
Nilai reaksi
2
Poin
0
Wajib Lihat Bagi Agan Yang Ingin Berlangganan Hosting

Ijinkan newbie berbagi informasi ke para senior disini, seputar informasi biasa disparitas hosting.


Hosting sangat diperlukan apabila agan/aganwati sekalian harap menuliskan sebuah blog ataupun berinvestasi pada website.

Pada post kali ini, saya harap berbagi informasi tentang disparitas dari Shared Hosting, VPS, & Dedicated Hosting.


Quote:
1. Shared Hosting

Pertama adalah shared hosting, shared hosting ini merupakan layanan hosting yg disediakan untuk user dalam menempatkan data data ataupun aplikasi.


Untuk pengelolaan layanan biasanya user sudah mendapatkan akses control panel namun tidak memiliki akses root ke servernya.


Dari segi ekonomis, shared hosting ini banyak diminati karena biasanya memiliki harga yg murah & dari segi teknis user sangat dimudahkan untuk pengelolaan layanan karena sudah mengpakai panel.




Spoiler for Kelebihan:
1. Harga berlangganannya relatif murah.

2. Pengelolaan hosting sangat mudah.

3. Fitur yg disediakan biasanya sudah mencukupi kebutuhan user.




Spoiler for Kekurangan:
1. Shared hosting biasanya bersifat shared resource yg artinya resource dari host dipakai oleh user lainnya, seperti IP Address, webserver, mail server.


2. Dikarenakan penggunaan user lain bervariasi, biasanya kita dapat terkena efek apabila IP Address dari shared hosting dipakai untuk tindakan spamming, ataupun konten ilegal.


3. Tidak mendapat akses root.




Quote:
2. VPS

Selanjutnya adalah VPS, jadi VPS ini singkatan dari Virtual Private Server yg biasanya dipakai untuk menaruh data - data atau aplikasi.


Untuk pengelolaan VPS ini mengpakai command line & biasanya ditujukan untuk user yg sudah familiar dalam penggunaan command line seperti install paket aplikasi, tool & lainnya.




Spoiler for Kelebihan:
1. User biasanya mendapat akses root, sehingga dapat leluasa dalam managemen server.


2. User dapat memilih secara berdikari paket paket yg akan diinstalkan pada VPS sehingga paket yg terinstall benar benar dipakai pada server.




Spoiler for Kekurangan:
1. Apabila kurang familiar dalam penggunaan command line, tentunya akan sangat menyulitkan untuk mengerjakan management pada VPS

2. Apabila harap mengerjakan deployment aplikasi seperti website, perlu mengerjakan konfigurasi secara manual, mulai dari tahap install paket, konfigurasi web server, konfigurasi database server, & upload data website.

3. Dari segi keamanan user perlu benar benar memerhatikan permission & ownership pada masing masing folder & file dari aplikasi ataupun port yg terekspos secara publik dikarenakan dapat dimanfaatkan oleh pihak yg tidak berkepentingan untuk mengerjakan sabotase pada server.




Quote:
2. Dedicated Hosting

Terakhir adalah dedicated hosting. Sama seperti VPS, user juga mendapatkan akses root ke server yg sudah dibeli, namun perbedaannya adalah dari sisi pengelolaan server, selain dapat mengpakai command line server dedicated hosting biasanya sudah disediakan control panel didalamnya sehingga user dapat mengelola server mengpakai tampilan GUI.


Fitur pada dedicated hosting biasanya cukup lengkap untuk memenuhi keperluan user seperti mail service, web service ataupun lainnya.




Spoiler for Kelebihan:
1. Management server relatif mudah, karena sudah ada tampilan interfacenya.


Paket - paket yg disediakan cukup lengkap.


2. Dari sisi keamanan biasanya dedicated hosting sudah memiliki ekstensi security tambahan tergantung versi panel yg dipakai.


3. Apabila memerlukan paket tambahan, biasanya sudah terdapat pada menu didalam control panelnya.


4. Resource yg disediakan oleh provider hosting tidak dipakai oleh user hosting lainnya (IP Address, DB Server, Web Server, Dll)




Spoiler for Kekurangan:
1. Dari segi ekonimis, biasanya paket dedicated hosting lebih mahal dibandingkan dengan paket shared hosting ataupun VPS.


2. Paket tools yg terinstall secara bawaan terkadang menciptakan beban kerja berlebih pada server.


3. Sangat tidak disarankan untuk mengerjakan instalasi paket selain dari yg disediakan control panel karena dapat mengganggu konfigurasi pada control panel.



Sekian informasi dari newbie, kalo ada salah tolong jangan di bata.

Terima cendol ya suhu...
emoticon-Cendol Gan



Spoiler for Referensi:
- Blog ane [Perbedaan Shared Hosting, VPS & Dedicated Hosting ]


Hari ini 16:36
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.