• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Via Dolorosa

effie

IndoForum Staff Personnel
No. Urut
601
Sejak
17 Apr 2006
Pesan
8.576
Nilai reaksi
353
Poin
83
Syalom member Katholik yang diberkati Tuhan :)
Adakah yang bisa menjelaskan Via Dolorosa perjalanan Tuhan Yesus sebelum Dia disalibkan ? Karena saya melihat sewaktu Holyland umat Katholik terlihat lebih khusuk dibanding umat Nasrani. Pastinya ada hal yang menarik yang tidak saya ketahui maknanya :)
Terima kasih sebelumnya, Tuhan memberkati :)
 
Ew.. Bahasa nya rumit..
Bisa kasih sedikit pengertian Via Dolorosa itu apa?
 
hehehe....

mungkin kalo saya bilang "jalan salib" pasti banyak yang langsung : "OooOOoooOOOooo itu.."

dalam Gereja Katolik ada suatu praktek doa yang mungkin bisa dikategorikan sebagai doa permenungan atau meditatif seperti doa rosario *CMIIW*

umat katolik diajak untuk ikut mengenang, menghayati, merenungkan perjalanan Yesus dari rumah pilatus ketika Ia dijatuhi hukuman mati sampai kepada wafat dan kebangkitan Nya..

Jalan salib sangat dianjurkan bagi umat katolik pada waktu masa puasa dan pantang (prapaskah) dimana umat katolik diajak kembali untuk menyadari karya penebusan umat manusia yang berpusat pada sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus.

secara praktek nya, jalan salib berisi renungan dan doa yang di bacakan dan didoakan pada setiap perhentian. dalam bahasa simple.. doa dimulai dan umat berarak atau jika di dalam gereja, umat cukup memandang suatu pemberhentian dan mulai merenungkan peristiwa yang ada dan berdoa agar melalui peristiwa itu kita lebih dikuatkan lalu dilanjutkan lagi pada perhentian berikut nya dan berikut nya sampai selesai.. jadi kalau kita sampai pada perhentian tentang Yesus ditolong Simon dari Kirene, kita diajak untuk merenung bagaimana Yesus ditolong oleh Simon dan kita berdoa agar kita dapat menjadi Simon bagi sesama kita yang menderita..

tidak ada peraturan resmi tentang perhentian-perhentian dalam suatu jalan salib, maka dari itu jangan heran kalo di satu tempat bisa berbeda dengan tempat yang lain.. yang penting adalah urutan dari Yesus dijatuhi hukuman mati sampai Yesus dibangkitkan..

sekitar abad ke 17, ada suatu aturan yang tidak tertulis (keseragaman) dalam perhentian-perhentian jalan salib sebagai berikut:
1. Yesus dijatuhi hukuman mati
2. Yesus memanggul salib
3. Yesus Jatuh untuk pertama kali
4. Yesus berjumpa dengan ibuNya
5. Yesus ditolong dari simon dari Kirene
6. Wajah Yesus diusap oleh Veronika
7. Yesus jatuh untuk kedua kalinya
8. Yesus menghibur perempuan-perempuan yang menangisiNya
9. Yesus jatuh untuk ketiga kalinya
10. Pakaian Yesus ditanggalkan
11. Yesus disalibkan
12. Yesus wafat di salib
13. Yesus diturunkan dari salib
14. Yesus dimakamkan

saat ini banyak tempat ziarah katolik yang menyediakan tempat bagi umat katolik yang ingin melakukan jalan salib. biasa nya setiap perhentian lumayan jauh dan menanjak sehingga kita seolah-olah sedang mengikuti Yesus di jalan salib Nya. atau juga ada yang menghadirkan drama tentang kisah sengsara (biasa nya pada waktu Jumat Agung) sehingga selain kita mengikuti jalan salib, kita juga melihat gambaran Yesus ketika di jalan salib Nya walaupun apa yang ditunjukan oleh tim drama jauh dari kenyataan nya.

salam damai,
 
Syalom member Katholik yang diberkati Tuhan :)
Adakah yang bisa menjelaskan Via Dolorosa perjalanan Tuhan Yesus sebelum Dia disalibkan ? Karena saya melihat sewaktu Holyland umat Katholik terlihat lebih khusuk dibanding umat Nasrani. Pastinya ada hal yang menarik yang tidak saya ketahui maknanya :)
Terima kasih sebelumnya, Tuhan memberkati :)

mungkin alasan umat katolik lebih khusuk dalam via dolorosa (Jalan Salib) adalah karena tradisi yang ada di dalam Gereja yang menjadikan Jalan Salib sebagai suatu sarana doa dan permenungan.

jadi di Holy land, umat katolik merasa suatu kesempatan untuk merenungkan dan menghayati sengsara Yesus secara lebih nyata (karena ditempat asli nya) jadi umat katolik menjadikan via dolorosa sebagai kesempatan doa.

salam damai
 
Ew.. Bahasa nya rumit..
Bisa kasih sedikit pengertian Via Dolorosa itu apa?

Jalan Salib

( Juga disebut Stasi Salib, Via Crucis, dan Via Dolorosa). Nama ini digunakan untuk menandakan baik satu rangkaian gambar-an maupun tablo [yang] mewakili peristiwa tertentu di dalam Penderitaan Kristus, masing-masing yang sesuai dengan peristiwa tertentu , atau format devosi yang khusus dihubungkan dengan representasi/gambaran seperti itu.

Diambil [dari] Pengertian yang terdahulu, Stasi[atau stasi] mungkin (adalah) batu, kayu, atau logam, diukir atau dipahat, atau mereka mungkin [adalah] lukisan atau ukiran. Beberapa Stasi adalah karya-karya seni yang berharga, [ketika] itu, sebagai contoh, di dalam katedral Antwerp, yang telah banyak dicopy di tempat lain. Mereka pada umumnya disusum berselang-seling di sekitar dinding suatu gereja, meskipun [demikian] kadang-kadang mereka (diharapkan) untuk ditemukan yang di udara terbuka, [yang] terutama pada jalan [yang] mengarah kepada suatu gereja atau tempat suci. Di dalam biara mereka sering ditempatkan tersendiri . Pendirian dan penggunaan Stasi tidak menjadi sama sekali umum sebelum akhir abad ketujuhbelas, tetapi mereka kini ditemukan hamper di tiap-tiap gereja. Dahulu, jumlah mereka sangat bervariasi pada tempat berbeda tetapi[jumlah] empat belas kini ditentukan oleh otoritas. Mereka adalah sebagai berikut:

1. Kristus dihukum mati
2. Kristus memanggul salin
3. Kristus jatuh untuk pertama kali
4. Kristus berjumpa dengan ibuNya
5. Kristus ditolong Simon dari Kirene
6. Veronika mengusap wajah Yesus
7. Kristus jatuh kedua kalinya
8. Kristus bertemu wanita-wanita Yerusalem;
9. Kristus jatuh ketiga nya;
10. Pakaian nya ditanggalkan
11. Kristus dipaku di kayu salib
12. Kristus wafat di salib
13. Kristus diturunkan dari salib
14. Kristus dimakamkan.

Obyek Stasi adalah untuk membantu orang beriman untuk mencapai roh, sebagaimana, suatu ziarah kepada peristiwa utama dari kematian dan penderitaan Kristus, dan ini telah menjadi salah satu devosi agama Katolik yang paling populer. [Devosi Itu] dilaksanakan dari Stasi ke Stasi, dengan doa tertentu pada masing-masing[stasi] dan meditasi [yang] tulus pada berbagai peristiwa sesuai gilirannya. [Itu] adalah [yang] sangat umum, ketika devosi dilakukan di depan umum, untuk bernyanyi suatu bait " Stabat Mater" selagi melewati dari satu stasi ke stasi berikutnya.

Karena/lantaran Jalan Salib, yang dibuat dengan cara ini, [mendasari] suatu miniatur ziarah kepada tempat suci di Yerusalem, asal devosi ini mungkin ditiru dari Tanah Suci. Via Dolorosa pada Yerusalem ( meskipun tidak disebut dengan nama itu sebelum abad keenambelas) dihormati, ditandai dari zaman yang paling awal dan telah menjadi cita-cita [dari] peziarah-peziarah saleh sejak zaman Constantine

...
 
oh begitu rupanya ....
iya saya ini juga membuka buku tentang Via Dolorosa memang ada 14 perhentian dimana 9 diantaranya berhubungan dengan ajaran dan 5 lainnya berhubungan dengan tradisi.
2 bagian pertama berada diantara situs Antonia, 7 lainnya berlokasi dijalan-jalan yang ada dan 5 bagian yang terakhir berlokasi digereja dari Makam Kudus.
waktu di Jerusalem saya melihat banyak grup Katholik mereka begitu khusuk berhenti disetiap stasi dan berdoa disetiap stasi, bahkan ada yang memanggul salib seperti Tuhan Yesus. ternyata ada arti2 nya....
sedang umat Nasrani hanya berjalan, foto dan merekam saja.

juga ketika umat Katholik melewati patung Maria entah patung Yesus dimana saja, kenapa mereka berhenti dan berdoa, boleh saya tahu doa apa yang mereka naikkan ?
 
Syalom member Katholik yang diberkati Tuhan :)
Adakah yang bisa menjelaskan Via Dolorosa perjalanan Tuhan Yesus sebelum Dia disalibkan ? Karena saya melihat sewaktu Holyland umat Katholik terlihat lebih khusuk dibanding umat Nasrani. Pastinya ada hal yang menarik yang tidak saya ketahui maknanya :)
Terima kasih sebelumnya, Tuhan memberkati :)

Via Dolorosa = Jalan Sengsara
Via Dolorosa disebut juga The way Of The Cross, Jalan salib

Via Dolorosa dilakukan untuk mengenangkan sengsara dan wafat Tuhan.
Selama masa Lent (prapaskah) biasanya setiap hari Jumat, umat Katolik melakukan hal ini, hingga saat Jumat Agung.

Sebelum disalibkan, Yesus dipaksa memanggul salib sambil melewati beberapa jalan Jerusalem. Peristiwa itu dinamakan Via Dolorosa, yang artinya Jalan Duka atau Jalan Salib. Dalam perjalanan menuju Golgota itu Yesus diikuti oleh ibuNya, beberapa wanita saleh serta murid yang dikasihiNya. Menurut legenda, tidak terlalu lama sesudah penyaliban Yesus, para pengikutNya mulai mengikuti jejak-jejak Yesus sampai ke Golgota. Nama Via Dolorosa menjadi populer sejak abad XVI. Jumlah stasinya, yaitu 14, ditetapkan oleh Ordo Fransiskan pada abad XIX. Via Dolorosa bermula di Benteng Antonia, tempat Yesus dihadapkan kepada Pilatus dan dihukum mati, menuju Kalvari yang dalam bahasa Yunani disebut Golgota, yang pada waktu itu terletak di luar tembok kota.
Bagi setiap orang Katolik, jalan Salib merupakan salah satu kebaktian yang amat membantu lebih mengenal dan mengasihi Yesus yang mengorbankan segala sesuatu demi keselamatan umat manusia.
Di Yerusalem, ibadah ini dipimpin setiap hari Jumat oleh para biarawan OFM dan diikuti oleh banyak peziarah. Stasi I-IX terdapat di jalanan menuju Basilika Makam Suci, stasi X-XIII ada di kapel Kalvari, sedangkan stasi XIV – di kapel Makam Suci.

dari pengalaman pribadiku sih, selama Via Dolorosa... aku bisa merasakan banget.. sampai mesti harus "sangu" tissue banyak banyak :">

:x
 
juga ketika umat Katholik melewati patung Maria entah patung Yesus dimana saja, kenapa mereka berhenti dan berdoa, boleh saya tahu doa apa yang mereka naikkan ?

Rasanya tidak diwajibkan untuk berhenti dan berdoa ketika melewati patung Yesus dan Maria dimana saja (*CMIIW*).Tapi ya boleh2 saja untuk berdoa. Kalo mengenai doanya, ya...tergantung setiap pribadi doanya apa. Jadi setiap orang mungkin tidak sama doanya.
 
Singkatnya, Via Delarosa itu adalah "Jalan Salib". Suatu praktik permenungan dan doa yang dilakukan umat Katholik dalam menyambut masa Paskah(disebut masa pra-paskah).
Untuk apa? Merenungkan, mengingat, dan menghayati perjalanan dan derita Yesus dari rumah Pilatus sampai kepada wafat dan kebangkitan-Nya yang mulia.

yang dilakukan di Holy Land itu adalah meniti perjalanan Yesus dalam pendekatan yang sebenarnya. Dilakukan hampir setiap ziarah, bukan hanya masa prapaskah.

juga ketika umat Katholik melewati patung Maria entah patung Yesus dimana saja, kenapa mereka berhenti dan berdoa, boleh saya tahu doa apa yang mereka naikkan ?
Tidak wajib. kau mau berdoa sembunyi2 juga gak apa2. Tergantung masing2 pribadi mau memanjatkan doa apa.
 
Sebenar nya Doa Jalan Salib bisa dilakukan pada saat apapun... namun karena tradisi dan masa prapaskah merupakan kesempatan yang paling baik untuk merenungkan Kisah Sengsara sebagai persiapan perayaan Paskah Agung, maka banyak dari kita menjumpai Ibadat Jalan Salib yang dilakukan di paroki-paroki pada hari Rabu atau Jumat selama 7 minggu masa Prapaskah...

Salam Damai,
 
hehehe....
yang aku tau artinya jalan salib
lagunya keren banget lho, bisa mengetarkan hatiku
eh ada yang punya lagunya ga?
thx
GBU:D
 
lagu yang mana ya???

sebenar nya kan lagu yang dipake pada ibadat jalan salib adalah lagu pertobatan, lagu masa prapaskah (jika dalam masa prapaskah), atau lagu yang berhubungan dengan kisah sengsara Yesus..

mungkin bisa cari di toko buku rohani kaset lagu-lagu dari Puji Syukur...

salam damai,
 
Kalo lagu bisa dicari ke Pondok Pujian,nama toko kaset lagu rohani
(bener ga yah nama tokonya?)

Biasanya di mall mall ada koQ
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.