• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

Variasi Nasi Praktis

LoVe_ChiKa

IndoForum Junior A
No. Urut
8777
Sejak
17 Nov 2006
Pesan
3.571
Nilai reaksi
379
Poin
83
Nasi Goreng Jagung Manis

Bahan :
1 piring nasi
3 butir bawang merah, iris halus
2 tangkai daun bawang, iris halus
2 sendok makan jagung manis
1 sendok makan kecap manis
1 butir telor, kocok lepas
1 butir telur dadar
1 sendok makan mentega
garam, merica secukupnya

Cara membuat :
- Bawang merah ditumis dengan mentega sampai harum. beri telur kocok. Masak setengah matang

- Tambahkan bahan2 lain. Masak sampai nasi panas

- Angkat dari api. Beri telur dadar. Langsung dihidangkan.

(untuk : 1 porsi)


Nasi goreng Strawberry

Bahan :
1 piring nasi
2 siung bawang putih, cincang
3 butir bawang merah, iris halus
4 buah strawberry, iris memanjang jadi 3
2 sendok makan saus tomat botol
1 butir telur kocok lepas
2 sendok makan mentega
garam, merica secukupnya

Cara membuat :
-Bawang merah dan putih ditumis dengan mentega sampai harum. Tambahkan telur masak setengah matang
-beri bahan lain. Masak sampai Nasi Panas.
-Angkat dari Api. Langsung di hidangkan.

(untuk 1 porsi)


Nasi Goreng Jamur

Bahan A :
1 piring nasi
2 siung bawang putih, cincang
1 butir telur, kocok lepas
1 sendok makan mentega
Garam, merica secukupnya

Bahan B :
5 buah jamur merang, potong dua
1 siung bawang putih, cincang
1/8 buah nanas, potong dadu
1/2 tangkai daun bawang, iris halus
1/2 sendok makan mentega
Garam, merica secukupnya

Cara membuat A :
-Tumis bawang putih dengan mentega sampai harum. beri garam, merica. Masak sebentar.
-Tambahkan nasi. Masak sampai nasi panas. beri telur. Masak sampai matang. Angkat dari Api. pidanhkan ke piring saji. Sisihkan

Cara membuat B :
-Tumis bawang putih dengan mentega sampai harum. Beri garam, merica. Masak sebentar.
-Tambahkan nanas, daun bawang, jamur merang. Masak sampai matang.
-Angkat dari api. Tuang di atas nasi. Langsung dihidangkan.

(untuk 1 porsi)
 

LoVe_ChiKa

IndoForum Junior A
No. Urut
8777
Sejak
17 Nov 2006
Pesan
3.571
Nilai reaksi
379
Poin
83
masih variasi Nasi nih :p

Nasi Tomat Brokoli

Bahan :
1 piring nasi
1/4 buah bawang bombay, cincang
2 siung bawang putih, cincang
1/2 buah brokoli, potong kuntum
1/2 buah tomat potong dadu
1 buah cabai hijau, potong serong
1/4 dada ayam fillet, potong dadu
5 sendok makan saus tomat botol
200cc kaldu ayam

Bumbu :
1/4 sendok teh minyak wijen
1 sendok teh kecap inggris
garam, merica, gula pasir secukupnya
1 sendok teh sagu kanji + 2 sendok makan air dilarutkan

Cara membuat :
-Tumis bawang bombay sampai harum.beri bumbu masak sebentar
-Masukkan dada ayam. masak sampai matang.
-Beri bahan lain. Masak sampai matang
-Beri larutan sagu. Masak sebentar. Angkat dari Api
-Siram di atas nasi. Langsung dihidangkan

(untuk 1 porsi)

Nasi udang

Bahan :
1 piring nasi hangat
3 ekor udang bago, kupas tinggalkan ekornya
1 iris jahe
1/4 buah bawang bombay, potong membujur
1/2 tangkai daun bawang, iris 2 cm
1/2 buah jamur hioko, rendam air, iris halus
250 cc air
2 siung bawang putih, cincang
minyak secukupnya untuk menumis

Bumbu :
1 sendok teh kecap inggris
2 sendok makan saus tiram
garam, gula pasir, merica secukupnya
1 sendok teh sagu kanji + 2 sendok makan air. Larutkan

Cara membuat :
-Tumis bawang putih, bawang bombay sampai harum. Tambahkan bumbu masak sebentar.
-Beri udang, jahe. Masak sampai berubah warna. Tambahkan bahan lain. Aduk rata.
-Beri larutan sagu. Masak sebentar. Angkat dari Api.
-Siram diatas nasi. Langsung di hidangkan.

( untuk 1 porsi)
 

GreatKamisama

IndoForum Junior C
No. Urut
13664
Sejak
4 Apr 2007
Pesan
2.189
Nilai reaksi
389
Poin
83
wah mayan nih isa masak sendiri kalo nyokap ga ada
tq cc chika
tapi mao nanya nih
udang bago tuh udang apa??
isa dganti pake udang biasa ga??
 

indriani

IndoForum Beginner B
No. Urut
857
Sejak
29 Apr 2006
Pesan
986
Nilai reaksi
84
Poin
28
@GreatKamisama
udang biasa dan udang bago bedanya lebih gede yang udang bago kk...
tapi kalo diganti rasanya tetap sama saja kok :)
 

tommy-ch

IndoForum Newbie A
No. Urut
11387
Sejak
11 Feb 2007
Pesan
306
Nilai reaksi
36
Poin
28
cc bisa masak nda, nasi goreng yang dulu pernah makan di Solo bareng2 itu ?
enak ya cc ....
 

GreatKamisama

IndoForum Junior C
No. Urut
13664
Sejak
4 Apr 2007
Pesan
2.189
Nilai reaksi
389
Poin
83
@indriani
waw tenx cc indri
bdw dah coba sendiri cc
 

hiro2006

IndoForum Newbie F
No. Urut
16305
Sejak
29 Mei 2007
Pesan
11
Nilai reaksi
0
Poin
1
tanya ni..
kalo ak masak nasi goreng kok nda perna kerasa manis y??tawar gt
padahal uda d kasi kecap manis lo...
bahan na se gini
bawang putih 2 biji, nasi putih 1 piring, kecap manis se cukup nya, saos sambel secukupnya jg, trus daging se ada nya....
kurang apa y??
 

Clow

IndoForum Beginner A
No. Urut
7297
Sejak
25 Sep 2006
Pesan
1.438
Nilai reaksi
78
Poin
48
@atas
garem gk pk mas?
mentega sama telur gk pake?
 

Lovelytze2

IndoForum Senior D
No. Urut
16559
Sejak
3 Jun 2007
Pesan
5.013
Nilai reaksi
187
Poin
63
duh koq agak ribet ya...
gw dah coba... ya hampir enaq sich..
tp masih keasinan.. hohoho..
susah juga ya masak...
 

LoVe_ChiKa

IndoForum Junior A
No. Urut
8777
Sejak
17 Nov 2006
Pesan
3.571
Nilai reaksi
379
Poin
83
cc bisa masak nda, nasi goreng yang dulu pernah makan di Solo bareng2 itu ?
enak ya cc ....
/heh iya tommy, nasi yg di solo itu enak banget ...
aku beberapa kali nyoba bikin nasi goreng dgn bahan yg kira2 mirip tapi rasanya tetap beda :p

Apa mungkin krn emang rasanya khas ya.... atau karena kita makan bareng2...dan di traktir..../heh /heh
 

chocobokiller2

IndoForum Junior E
No. Urut
4326
Sejak
6 Agt 2006
Pesan
1.645
Nilai reaksi
66
Poin
48
kok ribet, paling gampang ya...

telor di dadar, trus di orak arik
masukin nasi
masukin kecap asin/garam
masukin kecap manis

jadi deh...

nasgor
 

riema

IndoForum Newbie E
No. Urut
17983
Sejak
27 Jun 2007
Pesan
51
Nilai reaksi
2
Poin
8
emang enak ya nasi goreng strawbery?
 

LoVe_ChiKa

IndoForum Junior A
No. Urut
8777
Sejak
17 Nov 2006
Pesan
3.571
Nilai reaksi
379
Poin
83
@riema
nasi goreng strawberry enak ko... rasanya manis, sedikit gurh + ada kecut2nya.
Klo aku bilang si nasi goreng starwberry ini rasanya kurang lebih aja klo strawberrynya diganti dengan irisan tomat.
Dan lagi warna nasi gorengnya jadi bervariasi, menambah selera makan /heh
 

peter_winardi

IndoForum Beginner D
No. Urut
8877
Sejak
23 Nov 2006
Pesan
584
Nilai reaksi
15
Poin
18
Salam
Sekedar berbagi, lama tak bersua...

Jika kita ingin rasa asin/manis pada masakan kita, pada umumnya pemberian bumbu / perasa asin / manis diberikan terakhir jika hampir masakan hampir selesai.

mungkin ada beberapa tips jika saat / akan masak :
1. Usahakan sebelum / saat memasak hindari makan / minum dengan rasa yg tajam, spt minum kopi, makan coklat / yg lainnya. Hal ini akan mempengaruhi dominasi (pengaruh yg lebih) pada indra pengecap kita disaat nantinya kita mencicipi.
2. Jika masakan yg akan dimasak mempunyai kuah (masakan mengandung air lebih banyak), berikan perasa (asin/manis) spt garam / gula / merica / kecap pada saat hendak makanan hampir selesai, hal ini menghindari rasa yg semakin tajam (keras) karena menguapnya cairan (kuah) dalam masakan tsb. Jika perasa sebagai modal utama (spt kecap ditumis dgn bawang putih), berikan secukupnya, sisanya jika kurang, bisa ditambahkan pada saat akan selesai.
3. Berikan porsi perasa (asin / manis) secukupnya. Jika hampir selesai dan kita cicipi terasa kurang, tambahkan sesuai selera. Lebih baik kurang daripada kelebihan, karena jika sudah kelebihan akan sulit memperbaikinya.
4. Setahu saya (dari TV), apabila ada bau tidak sedap pada daging (sering terjadi pada daging kambing) hindari penggunaan bawang putih berlebihan, karena ini akan menambah bau yg tidak sedap pada makanan (katanya akan bereaksi antara daging kambing dan bawang putih, katanya lho...)

Itu dulu, bagi rekan2 yg lebih senior bisa berbagi, ini pun saya dapatkan dari rekan2 tukang masak (CDP/Chef) di tempat saya bekerja...

Salam.
 

unknown_inc

IndoForum Beginner C
No. Urut
34080
Sejak
23 Feb 2008
Pesan
789
Nilai reaksi
16
Poin
18
boleh di coba tuh nasgor stroberi..

inget kafe stroberi nih jadinya :>

soalny di medan blum ad,,

ntar nyusul :> :>
 

runningpanda

IndoForum Newbie E
No. Urut
178652
Sejak
5 Agt 2012
Pesan
38
Nilai reaksi
0
Poin
6
langsung ke dapur B-)
thanks tips nya yaaa..
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.