• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Update!....Profil Terbaru 10 Negara Anggota ASEAN

Angela

IndoForum Addict A
No. Urut
88
Sejak
25 Mar 2006
Pesan
41.828
Nilai reaksi
24
Poin
0
ASEAN merupakan sebuahorganisasi geopolitik danekonomidari negara-negara di kawasanAsia Tenggara, yg didirikan diBangkok,Thailandpada Tanggal 8 Agustus 1967 berdasarkanDeklarasi BangkokolehIndonesia,Singapura,Filipina,Thailand, danMalaysia. Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkanpertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, & pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya, memajukan perdamaian & kestabilan di tingkatregional, serta meningkatkan kesempatan untuk membahas disparitas di antara anggotanya dengan cara yg damai. ASEAN memiliki luas wilayah daratan seluas 4,46 juta km. Organisasi ASEAN beranggotakan 10 negara, berikut data-data profil terbaru dari 10 negara anggota ASEAN.

Update!....Profil Terbaru 10 Negara Anggota ASEAN


Update!....Profil Terbaru 10 Negara Anggota ASEAN


1. Laos
Update!....Profil Terbaru 10 Negara Anggota ASEAN


Update!....Profil Terbaru 10 Negara Anggota ASEAN

Laos adalah sebuah negara yg terkurung daratan di Asia Tenggara. Laos berbatasan dengan negara Myanmar & Republik Rakyat Tiongkok di sebelah barat laut, Vietnam di timur, Kamboja di selatan, & Thailand di sebelah barat. Luas wilayahnya 236.800 km dengan jumlah populasi 7,532,502 juta orang. Ibukotanya adalah Vientiane, mata uangnya adalah Kip Laos (LAK), bahasa nasionalnya adalah bahasa Lao, lagu kebangsaannya yaitu Pheng Xat Lao. Negara ini adalah satu-satunya Negara di kawasan Asia Tenggara yg tidak memiliki laut. Laos merupakan salah satu negara komunis dengan kepala pemerintahan berupa presiden yg dibantu oleh perdana menteri. Pertanian merupakan kegiatan utama di Laos utama (41% dari pendapatan negara). Hasil pertanian utamanya berupa padi, jagung, tembakau, kapas, kopi, kapas & buah jeruk. Daerah pertanian umumnya berada di daerah dataran rendah khususnya di tepi sungai Mekong. Sungai Mekong merupakan urat nadi perekonomian Laos yg dimanfaatkan penduduk Laos untuk menghasilkan tenaga hydroelectric. Suku bangsa yg paling dominan di Laos adalah suku Lao.

2. Filipina
Update!....Profil Terbaru 10 Negara Anggota ASEAN


Update!....Profil Terbaru 10 Negara Anggota ASEAN

Filipina adalah sebuah negara republik di Asia Tenggara, sebelah utara Indonesia, & timur laut Sabah. Filipina merupakan sebuah negara kepulauan yg terletak di Lingkar Pasifik Barat, negara ini terdiri dari 7.641 pulau dengan luas total daratan diperkirakan 343.448 km. Filipina berbatasan dengan Laut Filipina, di barat dengan Laut Tiongkok Selatan, & di selatan dengan Laut Sulawesi. Ibukotanya adalah Manila, mata uangnya ialah Peso Filipina (PHP), bahasa nasionalnya adalah bahasa bahasa filipino & tagalog, lagu kebangsaannya yaitu lupang hinirang. Jumlah penduduk Filipina sekitar 115,610,087 juta (terpadat ke-13 di dunia) & penduduk aslinya ialah suku Aeta namun sudah terpinggir, & populasinya tinggal 30 ribu orang. Filipina terkenal dengan pertanian padi bukitnya, Padi-padi bukit tersebut terletak di lereng-lereng perbukitan Banaue & Sagada di provinsi Ifugao, & berada di ketinggian 5.000 kaki dpl. Luasnya mencakup 4.000 mil serta diusahakan secara tradisional tanpa penggunaan pupuk.

3. Vietnam
Update!....Profil Terbaru 10 Negara Anggota ASEAN


Update!....Profil Terbaru 10 Negara Anggota ASEAN

Vietnam adalah sebuah negara paling timur di semenanjung Indochina. Vietnam berbatasan dengan Tiongkok di sebelah utara, Laos di sebelah barat laut, Kamboja di sebelah barat daya, & di sebelah timur terbentang Laut Tiongkok Selatan. Dengan populasi sekitar 98,206,601 juta orang, Vietnam merupakan negara terpadat ke-16 di dunia. Vietnam memiliki luas 332.698 km yg beribukota di Hanoi. Mata uangnya yaitu Dong Vietnam (VND), bahasa nasionalnya adalah bahasa vietnam, lagu kebangsaannya adalah Tin Qun Ca. Vietnam sekarang adalah produsen kacang mete terbesar dengan pangsa 1/3 dari kebutuhan dunia & eksportir beras terbesar kelima di dunia setelah Indonesia. Vietnam memiliki persentasi tertinggi atas penggunaan lahan untuk kepentingan cocok tanam permanen, 6,93%, daripada negara-negara lain di Sub-wilayah Mekong Raya (Greater Mekong Subregion). Selain beras, kunci ekspor adalah kopi, teh, karet & produk-produk perikanan. Orang-orang Vietnam membentuk kelompok etnis terbesar yaitu etnis Viet atau Kinh. Populasi mereka terkonsentrasi pada delta-delta endapan & dataran rendah di tepi pantai.

4. Singapura
Update!....Profil Terbaru 10 Negara Anggota ASEAN


Update!....Profil Terbaru 10 Negara Anggota ASEAN

Singapura adalah sebuah negara pulau di lepas ujung selatan Semenanjung Malaya, 137 kilometer di utara khatulistiwa di Asia Tenggara. Singapura terdiri dari 63 pulau, termasuk daratan Singapura. Negara ini terpisah dari Malaysia oleh Selat Johor di utara, & dari Kepulauan Riau. Penduduknya yg beragam berjumlah 5,976,844 juta orang, terdiri dari Orang Tionghoa, Melayu, India, Arab, berbagai keturunan Asia, & Kaukasoid. Etnis aslinya ialah bangsa melayu. 42% penduduk Singapura adalah orang asing yg bekerja & menuntut ilmu di sana. Pekerja asing membentuk 50% dari sektor jasa. Ibukotanya adalah kota singapura, bahasa nasionalnya yaitu bahasa inggris, lagu kebangsaannya bernama "majulah singapura", mata uangnya adalah Dolar Singapura (SGD). Singapura memiliki ekonomi pasar yg sangat maju, yg secara historis berputar di sekitar perdagangan entrept. Bersama Hong Kong, Korea Selatan & Taiwan, Singapura adalah satu dari 4 Macan Asia. Ekonominya sangat bergantung pada ekspor & pengolahan barang impor, khususnya di bidang industri manufaktur yg mewakili 26% PDB negara, meliputi sektor industri elektronik, pengolahan minyak Bumi, bahan kimia, teknik mekanik & ilmu biomedis. Tahun 2006, Singapura memproduksi sekitar 10% keluaran wafer dunia.

5. Myanmar
Update!....Profil Terbaru 10 Negara Anggota ASEAN


Update!....Profil Terbaru 10 Negara Anggota ASEAN

Myanmar berbatasan dengan India & Bangladesh di sebelah barat, Thailand & Laos di sebelah timur & Tiongkok di sebelah utara & timur laut. Luas wilayahnya sekitar 676.578 km. Negara ini adalah negara berkembang & memiliki populasi 54,190,905 juta orang. Penduduk Myanmar terrier dari beberapa kelompok etnis. Kelompok terbesar adalah etnis Burma turunan TibetBurma sebagai pewaris bangsa-bangsa Pyus & Mon yg menempati wilayah di sektar sunga Irawadi. Ibu kota negara ini sebelumnya terletak di Yangon sebelum dipindahkan oleh pemerintahan junta militer ke Naypyidaw pada tanggal 7 November 2005. Bahasa nasionalnya adalah bahasa burma & inggris, lagu kebangsaannya bernama "Kambha Ma Kye", mata uangnya ialah Kyat (MMK). Ekonomi Burma berasaskan pertanian & fungsi khususnya pada kas & sistem barter. Penduduk Myanmar beberapa akbar bekerja di sektor pertanian meliputi pertanian sawah, tegalan, perkebunan, & ladang. Industri utamanya dikontrol oleh militer yg dikelola perusahaan-perusahaan negara. Kebijakan ekonomi pasar terbuka sudah membawa banjir investasi asing di minyak, gas, kehutanan, pariwisata, & pertambangan.

6. Indonesia
Update!....Profil Terbaru 10 Negara Anggota ASEAN


Update!....Profil Terbaru 10 Negara Anggota ASEAN

Indonesia adalah sebuah negara kepulauan di Asia Tenggara yg dilintasi garis khatulistiwa & berada di antara benua Asia & benua Australia, sehingga Indonesia diketahui sebagai negara lintas benua, serta di antara Samudra Pasifik & Samudra Hindia. Indonesia merupakan negara terluas ke-14 sekaligus negara kepulauan terbesar di dunia dengan luas wilayah sebesar 1.904.569 km dengan jumlah penduduk mencapai 275,552,257 juta. Indonesia merupakan negara beragama Islam terbanyak & terbesar di dunia, dengan penganut lebih dari 231 juta orang. Indonesia beribukota di Jakarta, bahasa nasionalnya bahasa indonesia, lagu kebangsaannya bernama Indonesia Raya & mata uangnya adalah Rupiah Indonesia (IDR). Indonesia mempunyai sumber daya alam yg akbar di luar Jawa, termasuk minyak mentah, gas alam, timah, tembaga, & emas. Indonesia pengekspor gas alam terbesar kelima. Hasil pertanian utamanya adalah beras, teh, kopi, rempah-rempah, & karet. Sektor jasa adalah penyumbang terbesar PDB, yg mencapai 45,3% untuk PDB negara. Sedangkan sektor industri menyumbang 40,7%, & sektor pertanian menyumbang 14,0%. Indonesia merupakan negara yg kaya akan kelompok etnis, dengan sekitar 1.340 suku bangsa. Suku bangsa yg ada di Indonesia diantaranya Suku Jawa, Sunda, Melayu, Batak, Madura, & lainnya. Suku jawa jadi suku terbesar di Indonesia. Sejumlah etnis Asia, seperti etnis Tionghoa, Arab, & India, sudah lama datang ke Nusantara & kemudian menetap & berasimilasi jadi bagian dari Warga Negara Indonesia (WNI).

7. Kamboja
Update!....Profil Terbaru 10 Negara Anggota ASEAN


Update!....Profil Terbaru 10 Negara Anggota ASEAN

Kamboja berbatasan dengan Thailand di sebelah barat, Laos di utara, Vietnam di timur, & Teluk Thailand di selatan. Sungai Mekong & Danau Tonle Sap melintasi negara ini. Gunung tertinggi di Kamboja adalah Gunung Phnom Aoral yg berketinggian sekitar 1.813 mdpl. Kamboja mempunyai area seluas 181.035 km dengan jumlah penduduk sekitar 16,772,884 juta. Ibukotanya adalah Phnom Penh. Agrikultur masih jadi andalan utama kehidupan ekonomi masyarakat khususnya bagi masyarakat desa, selain itu bidang pariwisata & tekstil juga jadi bidang andalan dalam perekonomian di Kamboja. Bahasa nasionalnya adalah bahasa khmer, lagu kebangsaannya bernama "Nokor Reach", mata uangnya yaitu Riel Kamboja (KHR). Penduduk Kamboja beberapa akbar berasal dari etnis khmer dengan presentase 97,6%. Mayoritas penduduk Kamboja adalah penganut Buddha.

8. Malaysia
Update!....Profil Terbaru 10 Negara Anggota ASEAN


Update!....Profil Terbaru 10 Negara Anggota ASEAN

Malaysia adalah sebuah negara federal yg terdiri dari 13 negara bagian & 3 wilayah federal dengan luas 330.803 km. Ibu kotanya adalah Kuala Lumpur, sedangkan Putrajaya jadi pusat pemerintahan federal. Jumlah penduduk negara ini mencapai 33,948,990 juta. Negara ini dipisahkan ke dalam 2 kawasan yaitu Semenanjung Malaysia & Malaysia Timur oleh Kepulauan Natuna, wilayah Indonesia di Laut Tiongkok Selatan. Malaysia berbatasan dengan Thailand, Indonesia, Singapura, Brunei, & Filipina. Penduduk Malaysia terdiri dari berbagai kelompok suku, dengan suku Melayu sejumlah 50,4% jadi ras terbesar & bumiputra atau suku indigenos (aborigin) di Sabah & Sarawak sejumlah 11% keseluruhan penduduk. Bahasa nasional Malaysia adalah bahasa Melayu Malaysia, lagu kebangsaannya bernama "Negaraku", mata uangnya yaitu Ringgit Malaysia (MYR). Semenanjung Malaya & pastinya Asia Tenggara jadi pusat perdagangan di kawasan selama berabad-abad. Berbagai komoditas seperti keramik & rempah aktif diperdagangkan bahkan sebelum Kesultanan Melaka & Singapura mengemuka. Malaysia jadi penghasil timah, karet, & minyak sawit terbesar di dunia.

9. Brunei Darussalam
Update!....Profil Terbaru 10 Negara Anggota ASEAN


Update!....Profil Terbaru 10 Negara Anggota ASEAN

Negara ini memiliki wilayah seluas 5.765 km yg menempati pulau Kalimantan dengan garis pantai seluruhnya menyentuh Laut Tiongkok Selatan. Wilayahnya dipisahkan ke dalam negara bagian di Malaysia sarawak. Saat ini, Brunei Darussalam memiliki Indeks Pembangunan Manusia tertinggi kedua di Asia Tenggara setelah Singapura. Jumlah penduduk Brunei Darussalam sekitar 449,107 orang. Kira-kira dua pertiga jumlah penduduk Brunei adalah orang Melayu. Ibukotanya adalah Bandar Seri Begawan, bahasa nasionalnya ialah bahasa melayu Brunei, lagu kebangsaannya bernama "Allah Peliharaan Sultan", mata uangnya yaitu Dolar Brunei (BND). Ekonominya adalah suatu campuran kewirausahaan dalam negeri & asing, pengawalan kerajaan, kebajikan, serta tradisi kampung. Ekonomi Brunei Darussalam bertumpu pada sektor minyak bumi & gas yg menyumbang hampir setengah PDB negara. Kerajaan Brunei membekali semua layanan pengobatan & memberikan subsidi beras & perumahan. Pemerintah Brunei juga mencoba mengerjakan diversifikasi sumber-sumber ekonomi melalui upaya peningkatan di bidang perdagangan & Industri.

10. Thailand
Update!....Profil Terbaru 10 Negara Anggota ASEAN


Update!....Profil Terbaru 10 Negara Anggota ASEAN

Thailand adalah sebuah negara di Asia Tenggara yg berbatasan dengan Laos & Kamboja di timur, Malaysia & Teluk Siam di selatan, & Myanmar & Laut Andaman di barat. Thailand mempunyai luas 513,120 km dengan populasi sekitar 71,700,289 juta. Sebagian akbar orang Thailand tinggal di daerah pedesaan, berkonsentrasi pada area penanaman padi di sekitar pusat. Ibukotanya adalah Bangkok, bahasa nasionalnya adalah bahasa thai, lagu kebangsaannya bernama "Phleng Cht Thai", mata uangnya yaitu Baht Thailand (THB). Mayoritas warga negara Thailand adalah etnis Thai & etnis Lao, yg berjumlah 3/4 dari total penduduk negara. Sektor pariwisata menyumbang banyak kepada ekonomi negara. Thailand saat ini merupakan negara pengekspor terbesar produk pertanian dunia. Ekonomi Thailand bergantung pada ekspor, dengan nilai ekspor sekitar 60% PDB negara. Komoditas pertanian yg dihasilkan adalah beras dengan kualitas super, tapioka, karet, biji-bijian, gula, ikan & produk perikanan lainnya. Thailand adalah produsen sekaligus eksportir untuk beras, gula, karet, kembang potong, bibit tanaman, minyak kelapa sawit, tapioka, buah-buahan & lain-lain produk pertanian, termasuk makanan jadi.
Kemarin 21:12
 
ini adalah kabar baik kondisi yang baik untuk kita semua warga asean. sukses dalam perekonomian dan damai makmur
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.