Follow along with the video below to see how to install our site as a web app on your home screen.
Catatan: This feature may not be available in some browsers.
Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis. Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
1) Siapakah nama siswa utama Sang Budha yg pada saat setelah Hyang Budha parinibana belum mencapai kesucian arahat?
Ananda
2) Siapakah nama siswa Sang Budha yg meskipun sudah mencapai kesucian arahat, akan tetapi hingga saat ini belum parinibana?
Avalokitesvara bukan ya??? Atau Ajita/ Maitreya??? Kayaknya gak ada deh...
pertanyaan lagi...
maha kassapa tuh dr jaman buddha / cuma gelar aja ?
setau gw sih murid buddha ~.~
kassapa itu dari angulimala khan asalnya ?
trus... klo belum mokad, skr tinggalnya d mana ?
sbenernya semua arahat lom pada parinibanna
yang dah cuma buddha
makanya tadi nya wa bingung mau jawab apa jadi wa jawab itu aja
haha
kasssapa bukan angulimala
kassapa itu ampir sama kaya siddharta dia raja dari 1 kerajaan dia ama istrinya gak mau lagi liat yg namanya bunuh makhluk hidup
dah kassapa pegi ninggalin istrinya ama kerajaannya cari buddha
akhirnya dia nemu buddha terus jadi murid buddha yg paling ngerti apa yg diajarin ama buddha
setelah maha pajapati diperbolehkan jadi bhikuni(pertama kali)
dia memberi tau istrinya dah istrinya jadi bhikkuni
Jawaban wa no 3
maha kassapa lom capai parinibanna soalnya lom jadi buddha
bukan maksudnya dia lom parrinibanna lom meninggal
=================================================
terus semua murid buddha lom ada yg parinibanna
sbenernya semua arahat lom pada parinibanna
yang dah cuma buddha
makanya tadi nya wa bingung mau jawab apa jadi wa jawab itu aja
haha
kasssapa bukan angulimala
kassapa itu ampir sama kaya siddharta dia raja dari 1 kerajaan dia ama istrinya gak mau lagi liat yg namanya bunuh makhluk hidup
dah kassapa pegi ninggalin istrinya ama kerajaannya cari buddha
akhirnya dia nemu buddha terus jadi murid buddha yg paling ngerti apa yg diajarin ama buddha
setelah maha pajapati diperbolehkan jadi bhikuni(pertama kali)
dia memberi tau istrinya dah istrinya jadi bhikkuni
Jawaban wa no 3
maha kassapa lom capai parinibanna soalnya lom jadi buddha
bukan maksudnya dia lom parrinibanna lom meninggal
=================================================
terus semua murid buddha lom ada yg parinibanna
Semua siswa utama sang budha spt sariputra, anada, maugalana, dll yg sudah mencapai araht emreka semua sudah parinibana. Baik samasambudha maupun arahat, sama2 bisa parinibana.
Tp mmaha kasyapa memang blm pariibana. Kl menurut penjelasan di sutra, di diam bersamadhi di dlm suatu gunung. Kl gak salah seh penggunungan himalaya sono, sampai waktunya tiba
kk LomX emank hebat, bisa jawab pertanyaanya!!!
Salut2, dapat dari Sutta atau darimana neh?
Ajarin g donk, g juga mo punya pengetahuan setinggi kk LomX.
Btw dipikir2 bukannya Maha Kassapa uda parinibbana saat Beliau berusia (klo gak salah) sekitar 90 tahun ya?
Mank sumbernya dari Sutta apa neh???
Namaste,
Kisah kemangkatan Maha Kassapa tidak dikisahkan dalam Tipitaka Pali. Tetapi dalam litreatur dari utara (literatur Mahayana), Maha Kassapa tidak parinibbana tetapi bermeditasi di gunung Kukkutagiri untuk menunggu kedatangan Buddha Maitreya dan menyerahkan jubah yang pernah digunakan oleh Buddha Gotama.
yg bener yg nulis tipitaka kan Kassapa
bagaimana bisa dia ada di bagian mahayana
mahayana itu dolo lom ada
terus jubah yg dipakai buddha Gaotama itu juga sudah ikut terbakar dengan tubuh sang buddha
itu tak mungkin di pegang
dan kalo dia emang menunggu di gunung kukkutagiri
pasti orang sudah pada tau dah sudah ada yg menulusurinya bukan?
kalo ketemu dah pasti diambil lah jubahnya
cuman buktinya kan lom ada kalo dia emang menunggu di gunung kukkutagiri
Terbentuknya 2 tradisi besar terjadi setelah Persamuhan Agung ke-3 masa Kekaisaran Asoka. Meskipun terjadi perbedaan dari beberapa ajarannya, tetapi Mahayana memiliki akar yang sama dengan tradisi mainstream yaitu Sthaviravada (leluhur tradisi Theravada) khususnya tentang beberapa nama tokoh yang ada. Jadi tokoh Maha Kassapa juga terdapat dalam Mahayana, hanya saja ada beberapa kisah yang berbeda mengenai Kassapa.
Jika kita mengacu pada tradisi Theravada, bukan Maha Kassapa yang menulis Tipitaka, karena Ia sudah parinibbana. Dan penulisan Tipitaka baru dimulai setelah Persamuhan Agung ke-3, ditulis di daun lontar, tapi sebelumnya Dhamma dan Vinaya hanya disampaikan secara oral (dari mulut ke mulut /dibacakan)
terus jubah yg dipakai buddha Gaotama itu juga sudah ikut terbakar dengan tubuh sang buddha
itu tak mungkin di pegang
dan kalo dia emang menunggu di gunung kukkutagiri
pasti orang sudah pada tau dah sudah ada yg menulusurinya bukan?
kalo ketemu dah pasti diambil lah jubahnya
cuman buktinya kan lom ada kalo dia emang menunggu di gunung kukkutagiri
Jubah yang dimaksud bukan jubah terakhir yang dikenakan oleh Sang Buddha. Pada suatu kesempatan Maha Kassapa memohon untuk menukar jubah luarnya dengan jubah luar Sang Buddha yang sudah usang. Jubah inilah yang dimaksud.
Meskipun diluar logika, kaum Mahayanis mempercayai bahwa Maha Kassapa belum parinibbana tetapi sedang bermeditasi di gunung kukkutagiri, tepatnya di dalam perut gunung kukkutagiri, bukan di permukaan tanah.
Dari Sutra apa tuh?
Kata guru Agama g, Maha Kassapa sudah parinirvana, mungkin saja itu bukan Maha Kassapa tapi diduga2 Maha Kassapa.
Guru g itu Mahayana juga lo...
Tapi dia blg gk pernah denger Maha Kassapa masih hidup, kata guru g Beliau sudah parinirvana.
Guru g seorang penulis Buku Buddhis, Dharmaduta dan Ramani, jadi pengetahuan Buddhismenya gak jelek-jelek banget.
Dari Sutra apa tuh?
Kata guru Agama g, Maha Kassapa sudah parinirvana, mungkin saja itu bukan Maha Kassapa tapi diduga2 Maha Kassapa.
Guru g itu Mahayana juga lo...
Tapi dia blg gk pernah denger Maha Kassapa masih hidup, kata guru g Beliau sudah parinirvana.
Guru g seorang penulis Buku Buddhis, Dharmaduta dan Ramani, jadi pengetahuan Buddhismenya gak jelek-jelek banget.