• Visit our sister board Kiwi Hub. Memperkenalkan forum terbaru dari kami: Kiwi Hub (tersedia hanya dalam bahasa Inggris)

Underpass Lebih Logis untuk Purwosari, Bukan Flyover

yan raditya

IndoForum Addict E
#1
Pemkot Solo menyatakan pembangunan underpass menjadi pilihan paling logis di perlintasan kereta api (KA) Purwosari, Solo, dibandingkan flyover. Namun untuk realisasinya, Pemkot masih menanti kepastian dari pemerintah pusat tahun depan.

Sejauh ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah melempar sinyal positif ihwal rencana pembangunan infrastruktur berbiaya hingga Rp70 miliar tersebut. Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo, Yosca Herman Soedrajad, memprediksi akhir bulan ini Pemkot sudah mendapat kepastian soal anggaran tersebut.

Menurut Yosca, underpass menjadi pilihan paling logis di Purwosari dibanding flyover. Selain telah memiliki detail engineering design (DED), pembangunan underpass berbiaya lebih murah. Yosca menjelaskan pembangunan flyover butuh dana hingga tiga kali lipat dibandingkan underpass, merujuk pada kebutuhan ruangan.

“Kalau underpass butuh 200 m2, flyover bisa 600 m2. Selain itu, underpass lebih mendukung tata ruang kota. Di negara maju seperti Singapura dan Korea Selatan, flyover telah dihancurkan. Diganti underpass.”
 

Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact us untuk memulai.
Top