• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Berita Umat Muslim Dilarang Beryoga di Malaysia

roughtorer

IndoForum Senior A
No. Urut
44416
Sejak
24 Mei 2008
Pesan
6.755
Nilai reaksi
174
Poin
63
Sabtu, 22 November 2008 | 16:49 WIB

KUALA LUMPUR, SABTU - Dewan Islam Malaysia, Sabtu, mengeluarkan sebuah maklumat yang melarang umat muslim untuk melakukan yoga.

Kantor berita DPA, Dewan Fatwa Nasional mengeluarkan larangan itu dengan menyebut bahwa praktek yoga melibatkan gerakan fisik, pemujaan dan nyanyian yang dilarang dalam Islam.

Yoga, yang sesungguhnya berasal dari India namun secara luas tersebar di seluruh dunia, cukup populer di antara masyarakat multibudaya Malaysia. Umat muslim adalah dua pertiga dari 27 juta orang penduduk Malaysia.

Keputusan dewan itu tidak mengikat secara hukum, namun kebanyakan umat muslim menerima keputusan itu secara beragam. Keputusan dewan itu diperkirakan akan meningkatkan kemarahan kelompok muslim tertentu dan kelompok muslim yang melakukan dan melatih yoga.

Perdebatan itu muncul baru-baru ini ketika seorang dosen dari Universitas Nasional Malaysia, Zakaria Stapa mengatakan bahwa yoga yang berdasarkan pada elemen Hindu dapat mempengaruhi keimanan umat Muslim yang menjalankannya.

Dia mengatakan bahwa yoga dapat mengakibatkan umat Muslim jauh dari Islam. Namun, organisasi non pemerintah Gerakan Solidaritas Muslim Malaysia telah mempertahankan yoga dengan mengatakan bahwa umat muslim melakukan yoga sebagai bagian dari olah raga.

"Ini hanyalah latihan untuk kesehatan dan kedamaian di jiwa. Tidak lebih dari itu, Ini tidak bertentangan dengan keyakinan Islam," kata Presiden kelompok itu Zulkifli Mohamad baru-baru ini. "Fatwa baru ini tidak sehat," katanya.
 
bingung yh,orang2 yg melakukan yoga terlihat lebih khusuk dibanding org yg shalat...
ah,mgkn gw g boleh menilai dari kulitny... /hmm
 
Astaga naga, manusia jaman sekrang emang bener2 kurang kerjaan, yoga aja dipermasalahkan...
 
Tiap tiap negara punya hak untuk menentukan peraturan apa saja untuk rakyatnya.
 
yoga itu buat kesehatan.
bukan buat ganti agama.../pif
 
tapi nga perlu yoga buat sehat kalo bwt islam..........gerakan sholat lebih ampuh bwt bikin orang sehat dibanding yoga.5 X sehari..........sehat pasti..........
mungkin hikmah fatwa ini adl:daripada lu khusu beryoga,sholat aja lu yg bener...pasti sehat :D
 
tapi nga perlu yoga buat sehat kalo bwt islam..........gerakan sholat lebih ampuh bwt bikin orang sehat dibanding yoga.5 X sehari..........sehat pasti..........
mungkin hikmah fatwa ini adl:daripada lu khusu beryoga,sholat aja lu yg bener...pasti sehat :D

Oh gitu, berarti gak usah fitness, gak usah lari pagi, gak usah senam, aerobic dlll juga dong.... sholat aja lu yang bener... asti sehat...

Gitu?
 
yoga bikin ga sehat... kalo kawin pasti sehat,,keringetan terus sih,... hihihi ;P
 
sebenernya seh gw juga setuju , yoga itu mengosongkan pikiran , pandahal seharusnya kan kita malah mengarahkan pikiran kita pada apa kehendak-Nya hwhwhw
 
sebenernya seh gw juga setuju , yoga itu mengosongkan pikiran , pandahal seharusnya kan kita malah mengarahkan pikiran kita pada apa kehendak-Nya hwhwhw

Salah Om.... Yoga memusatkan pikiran. Olah raga untuk pikiran yah Yoga. Konsentrasi secara benar. Intinya menyadari aktifitas tubuh.... itu saja kok... gak ada hubungannya dengan Tuhan.

Kalo mau ngingat Tuhan yah berdoa, sholat atau sembahyang.... Yoga mah olah raga pikiran.... bukan mengosongkan pikiran. Itu mengapa dalam melaksanakan yoga harus ada pembimbing bagi pemula. Karena kalo salah persepsi, seperti yang om tulis, mengosongkan pikiran.... pikiran kosong bisa masuk kesadaran lain. Kesurupan dsb....
 
setauku sih yoga memang cuma olah raga doank...
:D
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.